cara membuat molen

Cara Membuat Molen Aneka Rasa yang Mudah dan Praktis

Cara membuat molen aneka rasa memang cukup mudah, tidak perlu punya keahlian khusu untuk bisa membuatnya. Dengan bahan-bahan yang ada di dapur, Anda sudah bisa menghidangkan camilan sehat dan enak untuk keluarga.

Roti molen adalah makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa yang lezat, dengan tekstru roti yang lembut dan cryspi, membuat roti ini banyak dicari para wisatawan lokal dan mancanegara untuk dibawa pulang ke kampunng halamannya.

Roti molen pisang adalah makanan yang terbuat dari bahan baku pisang, dilapisi dengan lembaran-lembaran adonan tepung terigu dan cara memasaknya dengan cara digoreng.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka dengan roti moleh, mebuat para produsen roti banyak berinofasi menciptakan roti molen yang beraneka rasa.

Ada banyak jenis roti molen yang bisa kita temukan di pasaran seperti, kue molen pisang, kue molen keju, kue molen coklat, bahkan ada yang namanya kue molen Arab asli buatan Indonesia.

Asal Usul Roti Molen

alat-berat07.blogspot.co.id

Anda pasti pernah makan roti molen, tapi apakah Anda tahu kenapa roti yang satu ini disebut sebagai roti molen?

Kalau Anda belum tahu, mungkin penjelasan berikut bisa membantu menjawab rasa penasaran Anda.

Kata “molen” sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti “gudang yang ada kincir anginnya” atau bahasa Inggris disebut dengan Mill.

Di Indonesia, kata molen dianggap sebagai benda yang bisa bergerak berputar. Kita sering menggunakannya untuk menyebut truk pengaduk semen atau truk molen.

Itulah sebabnya, kenapa roti ini disebut sebagai roti molen, karena bentuknya yang menyerupai truk pengaduk semen.

Toko Kartika Sari adalah toko yang pertama kali mempopulerkan pembuatan roti ini. Semakin lama, roti ini semakin dikenal masyarakat dan akhirnya pembuatan roti molen diikuti oleh toko-toko yang lain dengan versi mereka sendiri

Toko Kartika Sari terletakk di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekarang toko ini memiliki 9 cabang yang tersebar seluruh dipenjuru Kota Bandung dan sebagian berada di luar kota.

Selain menjual roti molen, toko ini juga menjual banyak makanan khas Bandung, seperti kacang hijau bollen, almond cookies, brownies kusus original, bagelen special keju, dan masih banyak lagi jenis roti khas Bandung yang dijual di toko ini.

Baca juga :   Inilah Top Hobi yang Bikin Kamu Lebih Cerdas

Kalau Anda ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke toko ini untuk melihat berbelanja makanan khas Kota Bandung sebagai oleh-oleh keluarga Anda di rumah.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke toko Kartika Sari untuk membeli oleh-oleh, seperi turis dari  Malaysia, Singapura, Brunai dan masih banyak lainnya. Mereka mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asalnya. Meskipun banyak jenis roti yang dijaul di toko Kartika, roti yang menjadi primadona adalah roti molen.

Jenis-jenis Roti Molen

cara membuat molen
ratukuliner.com

Roti molen yang asli terbuat dari bahan baku pisang. Tetapi, semakin berkembangnya kuliner di Indonesia, banyak bermunculan roti molen dengan cita rasa yang beraneka ragam.

Beberapa jenis roti molen yang populer dimasyarakat seperti, kue molen pisang, kue molen ubi, strawberry, keju, coklat, nanas bahkan ada roti molen Arab.

Pada dasarnya, bahan dasar pembuatan roti molen berasal dari tepung terigu, mentega, telur, gula pasir, baking power, sedangkan untuk isinya bisa diganti-ganti sesuai selera.

Diantara aneka roti mole yang ada di Indonesia, roti molen Arab memiliki bentuk yang paling besar. Roti ini dibuat oleh seorang mahasiswa yang berasal dari Medan, namanya Syariful Burha. Berawal dari kesukaannya dengan roti molen, dia membuat rori molen versinya sendiri.

Awalnya, Burhan merasakan kalau roti molen yang biasa ia makan berukuran kecil, sehingga perlu makan beberapa biji untuk bisa kenyang. Akhirnya dia membuat roti molen dengan ukuran yang besar dan panjang, sehingga dalam sekalai makan, orang yang memakannya akan langsung merasa kenyang.

Untuk membuat roti moleh Arab yang enak, Buarhan melakukan uji coba sampai 7 kali. Setelah itu, dia menguji roti molen cipataanya dengan menawarkan kepada teman sekampusnya. Ternyata, temannya langsung tertarik dan menanyakan harga roti tersebut untuk membelinya.

Dengan ukurannya yang cukup besar, roti molen Arab dibandrol seharga Rp 3000 per biji.

Cara Membuat Molen

cara membuat molen aneka rasa
youtube.com

Cara membuat molen aneka rasa boleh dibilang cukup mudah, kita bisa membuatnya dirumah dengan bahan-bahan yang bisa kita dapatkan di toko-toko klontong.

Baca juga :   Cara Membuat Garam dari Berbagai Metode

Persiapan bahan

Untuk membuat molen yang enak, dibutuhkan bahan-bahan yang berkwalitas. Bahan utama yang digunakan adalah pisang, tapi semakin hari, banyak orang yang berinofasi dalam membuat roti molen, sehingga buah pisang diganti dengan bahan yang lain sebagai pengganti isi roti.

Isi molen yang berbeda-beda tidak merubah nama dari roti tersebut, karena menurut sejarah, roti moleh dibukus dengan kulit crispy yang menyerupai truk molen. Jadi, selama bentuknya masih menyerupai truk molen, maka namanya masih dianggap sebagai roti  molen.

Bahan yang di guanakan

molen arab bandung
pusatroti.wordpress.com

1. Pisang raja yang sudah masak sebagai isi (bisa disesuaikan dengan kebutuhan) atau bisa diganti dengan bahan yang lainnya.
2. Tepung terigu 500 gram.Gunakan tebung terigu yang kualitasnya bagus untuk mendapatkan citra rasa yang enak. Sebaiknya tepung diayak terlebih untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
3. Baking power (pengembang kue) kurang lebih 2 sendok.
4. Gula halus (gula bubuk) kurang lebih 120-140 gram.
5. Telur ayam ukuran sedang (+ 2-3 butir)
6. Air dingin secukupnya ( yang dibutuhkan cuma sekitar 2 sendok).
7. Miyak goreng.

Cara membuat adonan molen

cara membuat molen crispy
foodnetwork.com

1. Pertama, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan roti.
2. Masuukan tepung terigu, gula bubuk, dan pengembang kue (dua sendok). Aduk-aduk sebentar sampai semua tercampur.
3. Ayak ketiga bahan tadi, jika ada kotoran bisa tersaring supaya tidak terikut ke dalam adonan.
4. Campurkan margarin dan telur ke dalam adonan bersama ketiga bahan tadi. Aduk semua bahan sampai menggumpal.
5. Masukan air matang dingin sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan semua bahan sampai rata dan kalis.

Membuat kulit molen

resep pisang molen

1. Siapkan gilingan yang bisa digunakan untuk membuat mie atau roll pin, bisa juga menggunnakan botol kaca yang tidak terpakai. Tetapi, kalau menggunakan botol kaca, agak sulit mendapatkan ukuran yang tepat.
2. Masukkan adonan ke dalam penggilingan untuk membuat kulit molen dengan lebar sekitar 1-1,5 cm, atau bisa disesuaikan dengan selera.
3. Potong pisang yang sudah disiapkan menjadi kecil-kecil sebagai isi molen.
4. Bungkus pisang yang sudah dipotong dengan kulit molen yang sudah digiling menjadi tipis.
5. Masukkan minyak agak banyak ke dalam penggorengan. Panaskan minyak sampai benar-benar panas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Masukkan pisang molen kedalam penggorengan setelah minyak benar-benar panas.
7. Sesekali bolak-balik molen supaya tidak gosong dan matang secara merata.
8. Kalau molen sudah berwarna kuning kecoklantan, tandanya molen sudah matang.
9. Angakat dan tiriskan molen dari penggorengan, hidangkan di piring.
10. Molen siap disantap.

Baca juga :   Fakta Kain Sutra yang Harus Anda Ketahui

Begitulah cara membuat molen pisang. Cukup mudah kan ?
Untuk pembuatan molen dengan rasa yang lainnya, kurang lebih sama saja. Tapi ada sedikit treatment yang berbeda untuk membuatnya.

Cara membuat monlen aneka rasa

cara membuat roti molen pisang aneka rasa
brilio.net

Untuk cara membuat molen aneka rasa, seperti molen ubi, nanas, keju, dan coklat, tidak jauh berbeda dengan membuat molen pisang.

Untuk molen keju dan coklat, bisa langsung dimasukkan di sela-sela pisang yang diguanak sebagai isi. Sedangkan untuk membuat molen ubi atau nanas, karena bentuknya yang tidak cair, maka ubi dan nanas tersebut digunakan sebagai isi yang menggantikan pisang.

Kita juga bisa berkreasi membuat molen versi kita sendiri, misalnya bahan nanas + coklat, sehingga menjadi molen nanas coklat. Begitulah cara membuat molen aneka rasa yang bisa Anda buat di rumah.

Untuk cara membuat molen Arab memang agak sedikit berbeda, karena molen arab memiliki ukuran yang besar dan panjang.

Anda bisa mempertebal kulit mempertebalkan kulit molen dan memperbanyak isinya, sehingga ukuran molen akan menjadi lebih besar.

Demikian informasi cara membuat molen aneka rasa yang bisa saya baikan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada saudara Anda supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.

Terimakasih.

 

Leave a Comment