Kumpulan Contoh Kartu Nama yang Bisa Dijadikan Referensi Kesuksesan Anda

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kartu nama. Kartu nama saat ini menjadi salah satu tren yang dimiliki oleh banyak orang guna memperkenalkan dirinya. Bahkan, orang-orang yang memiliki kartu nama tidak hanya orang penting saja.

Selain itu, kartu nama juga sering dijadikan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan usaha. Misalnya saja usaha catering, rental mobil ataupun masih banyak lainnya. Nah, kali ini akan dibahas tentang kartu nama dan contoh kartu nama secara lengkap.

Oleh karenanya, untuk Anda yang berencana untuk memiliki kartu nama in bisa tahu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kartu nama itu. Daripada penasaran, yuk langsung saja kepoin informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kartu Nama

Apa sih yang dimaksud dengan kartu nama itu? Berdasarkan pengertiannya, kartu nama adalah sebuah kartu yang dibuat dengan menggunakan kertas. Dalam kartu nama berisikan informasi pribadi milik perorangan maupun perusahaan yang digunakan sebagai pengingat pada saat melakukan perkenalan secara formal.

Misalnya saja seperti pada saat melakukan seminar, job fair, pameran atau acara lainnya. Lantas, jenis kertas apa sih yang digunakan untuk membuat kartu nama? Ternyata kertas yang digunakan bukanlah kertas sembarangan.

Untuk membuat kartu nama, Anda bisa menggunakan kertas karton, art paper, kertas mohawk option, kertas blues white dan masih banyak lainnya.

Fungsi Kartu Nama

Setelah mengetahui pengertian kartu nama, bukankah Anda juga perlu tahu fungsi dari kartu nama ini? Ternyata fungsi kartu nama bisa dikatakan sangat penting yakni untuk memperkenalkan diri kepada orang secara formal.

Bahkan, kartu nama juga dijadikan sebagai pengingat apalagi jika berkenalan hanya berjalan secara singkat. Maka dengan adanya kartu nama akan memudahkan, terlebih jika suatu saat akan melakukan suatu hubungan kerja sama.

Manfaat Kartu Nama

Bicara soal manfaatnya, ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan kartu nama. Mau tahu apa saja manfaatnya? Langsung saja simak di bawah ini.

  1. Memudahkan saat berkenalan
  2. Menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan atau perorangan
  3. Sebagai sumber informasi
  4. Sumber pengingat pada perkenalan formal.

Cara Membuat Kartu Nama

Untuk membuat kartu nama biasanya diberikan pada pihak percetakan. Mengapa? Sebab mereka adalah jasa yang profesional. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri juga tidak masalah. Di sini, Anda bisa menggunakan bantuan Photosop, Corell Draw atauun Ms. Word.

Namun, jika Anda akan membuat dalam jumlah yang banyak, ada baiknya gunakan jasa percetakan saja. Sebab, mereka lebih tahu apa yang Anda butuhkan. Selain itu, kualitasnya juga sudah dipastikan lebih bagus dibandingkan dengan membuatnya sendiri.

Contoh-Contoh Kartu Nama

Memiliki kartu nama mungkin hanya akan terpikirkan untuk orang-orang yang beekrja di kantor saja. Namun, di zaman yang sudah semakin maju ini, siapa saja bisa memiliki kartu nama meskipun seorang anak sekolah.

Kartu nama ini bisa digunakan sebagai ajang untuk keperluan bisnis atau hanya untuk belaga keren saja. Tentu saja hal ini sah-sah saja dan boleh dilakukan. Apalagi Anda sebagai anak muda yang kekinian, tentunya juga butuh kartu nama untuk bergaul bersama teman-teman.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk memiliki kartu nama sendiri, kali ini akan disajikan contoh-contoh kartu nama yang cocok untuk Anda. Penasaran seperti apa saja kartu nama tersebut? Daripada penasaran langsung saja kepoin selengkapnya di bawah ini.

Baca juga :   16 Kreasi Hiasan Dinding Cantik dan Mudah Dibuat di Rumah

Contoh Kartu Nama Perusahaan

Kartu nama perusahaan sering disebut juga dengan nama kartu bisnis. Jenis kartu ini tentunya sangat profesional dan memiliki ukuran yang kecil. Biasanya tampilannya menggambarkan secara visual baik posisi atau pekerjaan dari seseorang.

Jenis kartu nama ini biasanya banyak digunakan oleh para tenaga profesional baik itu pengusaha atau lainnya pada saat bertemu dengan klien. Kartu nama ini juga tidak disusun dengan menggunakan tulisan dan warna putih saja. Namun, kartu nama ini disajikan dengan desain yang lebih modern, menonjol dan juga segar, sehingga terlihat kesan yang positif di dalamnya.

Untuk kartu nama perusahaan ternyata memiliki standar ukuran khusus di tiap-tiap negara. Mau tahu seperti apa ukuran standarnya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Hongkong, Malaysia, Singapore memiliki standar ukuran 90 mm x 54 mm.

Eropa: 85 mm x 55 mm.

Indonesia, Denmark, Australia, Sweden, India, Vietnam, Colombia memiliki ukuran 90 mm x 55 mm.

Jepang: 91 mm x 55 mm

Kanada, Amerika, belanda 89 mm x 51 mm

Inggris, Perancis, Spanyol, Italia : 85 mm x 55 mm

Ceko dan Hungaria : 90 mm x 50 mm.

Sedangkan untuk ukuran berdasarkan Standar Nasional Indonesia atau SNI, ukuran dari kartu nama yang ada di Indonesia menggunakan ukuran 90mm x 55 mm. Sedangkan untuk versi percetakannya sendiri adalah 88 cm x 53 mm atau 90 mm x 55 mm.

Sedangkan untuk jenis kertas yang digunakan adalah kertas Art Paper atau Art carton yang memiliki berat 260 gsm. Di bagian permukaannya biasanya licin sehingga tidak bisa dibubuhi tinta pulpen. Adapun contoh kartu nama perusahaan antara lain adalah sebagai berikut.

Kartu Nama Tour and Travel

Untuk Anda yang ingin membuat kartu nama jenis ini. Maka disini Anda bisa menyertakan logo usaha yang dimiliki, nama usaha, alamat kantor, nomor ponsel, website dan masih banyak lainnya.

Biasanya kartu nama untuk jenis usaha ini akan dicetak bolak-balik dengan desain yang menarik. Meskipun demikian, kartu nama ini harus informatif untuk menyampaikan pesannya.

Kartu Nama Caleg

Saat pesta demokrasi tiba, banyak caleg yang berlomba-lomba untuk membuat kartu nama. Beragam contoh kartu nama ini juga dibuat. Namun, biasanya yang termuat dalam kartu nama ini adalah foto calon yang disertai dengan nomor urut serta gambar partai politik yang mengusungnya.

  • Kartu Nama Notaris

Dibandingkan dengan kartu nama lainnya, kartu nama yang dimiliki oleh notaris jauh lebih formal. Di sini bisnaya akan disebutkan nama lengkap di notaris beserta dengan gelar, jabatan, alamat kantor, fax, nomor telepon, email dan juga biasanya disertai dengan lambang pancasila.

  • Kartu Nama Usaha Dagang Makanan dan Minuman

Usaha dagang dan minuman saat ini sedang tren di masyarakat. Nah, untuk Anda yang ingin membuat kartu nama ini biasanya dibuat semenarik mungkin untuk para customer yang akan membeli.

Contoh Kartu Nama pribadi

Memiliki kartu nama tidak harus bekerja di suatu perusahaan. Namun, memiliki kartu nama pribadi juga perlu lho. Jika Anda ingin membuat kartu nama pribadi, ada nih beberapa contoh kartu nama yang bisa diikuti.

The Fox yards Company

Jenis kartu nama yang satu ini dibuat oleh Jukebox Print. Kartu nama ini didesain dengan menggunakan ultra tebal yang mana menawarkan desain embossed 3D ke dalam meja. Bahkan, detail yang ditawarkan juga sangat indah dimana ukuranya juga sangat pas namun tetap terlihat unik.

Zoos

Jika Anda ingin membuat kartu nama pribadi, mungkin desain kartu nama Zoss bisa dijadikan pilihan. Kartu nama ini bisa dikatakan sederhana, namun nyatanya tetap mengedepankan orisinalitas. Karena itu sangat cocok digunakan untuk kartu nama pribadi.

Bailey H Robinson

Ini adalah sebuah kartu nama yang dirancang tradisional dan bahkan sudah ada sejak tahun 1901. Kartu nama ini sangat unik dan menarik, namun tidak membosankan. Karena itu, ia sangat cocok dijadikan sebagai kartu nama pribadi.

Baca juga :   Inilah Top Hobi yang Bikin Kamu Lebih Cerdas

Contoh Kartu Nama Keren

Anda tentunya ingin memiliki kartu nama yang keren sebagai tanda pengenal saat berkenalan dengan orang lain. nah, untuk Anda yang ingin membuat kartu nama, ada nih beberapa kartu nama yang bisa dicoba, diantaranya sebagai berikut.

Stefan Leitner

Ini adalah kartu nama yang didesain oleh seorang fotografer yang bernama Stefan Leitner. Kartu nama ini sendiri terinspirasi dari kepribadiannya sendiri. Salah satu ciri utama dari kartu nama ini adalah ia memiliki logotype yang tebal sehingga akan terlihat menonjol ketika diberikan kepada orang lain.

Budaya Garasi

Jenis kartu nama ini dirancang oleh Rodrigo Cuberas yang mana digunakan untuk garasi sepeda Custom yang ada di Buenos Aires. Salah satu ciri utama dari kartu nama ini adalah terlihat sangat nyata karena dibuat dengan menggunakan kertas Artisanal yang berat.

Le Balance

Masih mau mencari contoh kartu nama keren? Mungkin kartu nama Le Balane ini bisa Anda jadikan referensi. Salah satu ciri utama dari kartu nama ini adalah dimana di dalamnya terdapat erangko dengan tinta berwarna namun terlihat begitu keren dan menarik.

Contoh Kartu Nama Bayi

Rasa bahagia orang tua yang baru saja memiliki bayi memang tidak ada tandingannya. Bahkan, saat memberikan nama si bayi, banyak orang tua yang ingin memberitahukan kabar bahagia itu pada orang-orang yang terdekat.

Oleh karenanya, dibuatlah kartu nama bayi. Nah, kartu nama bayi ini berisikan informasi mulai dari nama bayi, nama panggilannya, kapan dia lahir, hingga nama orang tuanya juga. bahkan, kartu nama ini juga biasanya disertai dengan foto.

Biasanya kartu nama bayi ini diberikan bersamaan dengan proses aqiqah si anak. Kartu nama ini diselipkan di hadiah yang diberikan pada tamu undangan. Nah, untuk Anda yang berencana untuk membuat kartu nama bayi, ada nih beberapa contoh kartu nama yang bisa dibuat. Namun, sebelum itu, Anda juga perlu tahu bahwa ukuran kartu nama bayi berbeda dengan ukuran kartu nama pada umumnya.

Ukuran kartu nama ini lebih besar. Selain itu, kertas yang digunakan juga lebih tipis. Sebab, biasanya kartu nama ini dicetak dengan menggunakan kertas HVS saja. Adapun contoh kartu nama bayi antara lain adalah sebagai berikut.

Tokoh kartun

Anda bisa menggunakan konsep tokoh kartun untuk membuat kartu nama bayi. Kartun identik dengan anak-anak, karena itu katun sangat cocok diterapkan pada kartu nama jenis ini.

Ada banyak tokoh kartun yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. Mulai dari Doraemon, Hello Kitty, Spongebob, Upin-Ipin dan masih banyak lainnya. Sesuaikan juga tokoh kartun yang dipilih dengan jenis kelamin anak. Dijamin deh kartu nama ni bakal lucu banget.

Sederhana

Selain mengusung tema kartun, Anda juga bisa mengusung tema kartu nama yang sederhana. Kartu nama sederhana ini biasanya dibuat se-simple mungkin dimana tidak membutuhkan banyak aksen di dalamnya.

Yang paling penting adalah semua komponen penting dari kartu nama ada seperti nama bayi dan tanggal lahirnya. Meskipun sederhana, namun Anda juga harus memperhatikan desain yang dipilih.

Bunga

Menggunakan konsep bunga pada kartu nama bayi juga sangat cantik lho. Bahkan, konsep ini sangat cocok untuk bayi perempuan yang terkenal feminim.

Nah, bagi Anda yang berencana menggunakan tema ini, maka Anda bisa menentukan jenis bunga apa yang akan dipilih serta pesan yang terkandung di dalamnya. Pikirkan pulau harapan apa yang ingin disampaikan dari adanya kartu nama bayi ini.

Contoh Kartu Nama Catering

Untuk Anda yang memiliki usaha catering, salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda pada orang lain adalah dengan menggunakan kartu nama. Kartu nama ini bisa menjadi hal yang sangat ampuh sebagai media promosi lho.

Contoh pembuatan kartu nama ini juga mudah dimana di sini Anda harus mencetak di bagian depan dan belakang bahkan, Anda juga harus menyuguhkan logo maupun lambang usaha, alamat, nomor telepon serta layanan pemesanan yang bisa dihubungi.

Baca juga :   Latar Belakang Bandung Lautan Api Secara Singkat | Kronologi, Penyebab, dan Tokoh Dibelakngnya

Untuk jenis catering yang bisa dijadikan solusi membuat kartu ini juga banyak. Mulai dari catering nikahan, catering ulang tahun, atau catering aqiqah juga bisa. Yang pastinya bisa disesuaikan dengan usaha yang sedang Anda jalankan saat ini.

Contoh Kartu Nama Rental Mobil

Memiliki usaha rental mobil? Untuk memasarkan dan memperkenalkan usaha yang Anda jalani maka Anda bisa melakukannya dengan membuat kartu nama. Kartu nama ini bisa dibagikan kepada orang agar ketika butuh mobil maka bisa langsung menghubungi jasa rental Anda.

Pada kartu nama ini, Anda harus membubuhkan alamat serta nama rental mobil milik Anda dengan sejelas-jelasnya. Bahkan, ada baiknya juga kartu nama ini didesain bolak-balik sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Contoh Kartu Nama Anak Sekolah

Percaya tidak jika anak sekolah itu memiliki kartu nama? Mungkin Anda mengira bahwa yang memiliki kartu nama hanya kalangan profesional saja. Namun, tahukah Anda jika pelajar saat ini juga banyak lho yang memiliki kartu nama.

Tentunya, kartu nama aini berbeda dengan kartu nama pada umumnya. Sebab, kartu nama ini belum bersifat formal dan biasanya hanya digunakan untuk gaya-gayaan saja. mau tahu seperti apa contoh kartu nama anak sekolah? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Kartu Nama Mainan

Saat Anda duduk di bangku sekolah, pernahkah Anda memiliki kartu nama mainan? Jika iya, seperti apa sih desain kartu nama asinan ini? biasanya kartu nama aini berupa selembar kertas yang sudah otomatis bertuliskan nama, alamat dan nomor telepon.

Selanjutnya, Anda sendiri yang harus mengisi data diri Anda. Kartu nama aini juga biasanya memiliki bentuk dan desain yang lucu-lucu. Apalagi jika digunakan oleh anak-anak SD, tentunya kartu nama harus dibuat semenarik mungkin.

Kartu Pelajar

Sebagai seorang anak sekolah, Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya kartu pelajar. Setiap pelajar pasti memiliki kartu pelajar. Nah, kartu pelajar juga termasuk dalam kategori kartu nama lho. Namun, jenis kartu nama yang satu ini lebih formal karena dibuat langsung oleh sekolah sebagai identitas dari siswa.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu nama? Ada banyak contoh kartu nama yang bisa Anda pilih di atas. Semoga informasi ini bisa membantu dan memudahkan Anda yang sedang berencana untuk membuat kartu nama.

Leave a Comment