Cari Contoh Makalah yang Baik dan Benar? Ini dia, Pembahasannya yang Sudah Teruji No ratings yet.

7 min read

Pembahasan Tentang Makalah dan Contoh Makalah

Bagi Anda para pelajar atau mahasiswa, pasti seringkali mendapat tugas makalah yang diberikan oleh guru atau dosen. Untuk membuat sebuah tugas makalah, tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus menggunakan sebuah struktur makalah yang baik dan benar.

Saat ini, memang ada banyak sekali contoh makalah yang bisa Anda temukan. Akan tetapi, tidak semua contoh yang bisa Anda temui tersebut baik dan benar. Lalu, bagaimana contoh makalah yang baik dan benar?

Nah, sebelum membahas lebih dalam tentang contoh dari makalah itu sendiri, alangkah baiknya jika Anda memahami pengertian makalah dan semua hal yang berkaitan dengan makalah terlebih dahulu.

Pengertian Makalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat dua pengertian makalah. Yang pertama, makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang mana ditujukan untuk dibaca di muka umum pada suatu persidangan serta yang sering disusun untuk diterbitkan.

Sementara itu, pengertian kedua dari makalah sendiri adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah ataupun perguruan tinggi.

Definisi dari makalah ini sendiri tidak hanya sebatas pada Kamus Besar Bahasa Indonesia saja. Namun, beberapa ahli juga memberikan pengertian dari makalah secara lebih dalam.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh W.J.S Poerwadaminta (1994). Beliau memberikan pengertian bahwa makalah ialah uraian tertulis yang membahas tentang suatu masalah tertentu dan dikemukakan untuk bisa mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Sedangkan, Tanjung dan Ardial memberikan pengertian bahwa makalah merupakan karya tulis pemikiran tentang suatu masalah ataupun topik tertentu yang ditulis dengan cara sistematis serta disertai dengan menggunakan analisis yang logis dan objektif.

Badan Standarisasi Nasional (BSN) juga memberikan pengertian bahwa sebuah karya tulis akan disebut makalah apabila memenuhi beberapa syarat seperti: makalah merupakan pemikiran sendiri; belum pernah dipublikasikan; mengandung unsur kekinian serta bersifat ilmiah.

Ciri-Ciri Makalah

Untuk membuat sebuah makalah yang baik, tentu Anda tidak hanya memahami pengertiannya saja. Ciri-ciri makalah juga menjadi sebuah hal yang penting bagi Anda jika ingin membuat sebuah makalah. Lalu, apa saja ciri-ciri makalah yang baik dan benar?

Akurat serta Menyeluruh (Comprehensive)

Hal ini berarti, makalah harus dibuat dengan fakta serta inspirasi secara akurat. Tak hanya itu, bahkan, makalah tersebut juga harus bisa mengupas masalah yang ada secara lengkap dan tuntas.

Memiliki Sumber Info yang Baik

Ciri yang satu ini merupakan ciri yang harus ada dalam sebuah makalah yang baik dan benar. Jadi, jika Anda menemukan contoh makalah yang tidak didasarkan pada sumber info yang baik, bisa jadi makalah tersebut bukanlah sebuah makalah yang baik dan benar.

Dalam membuat sebuah makalah, Anda harus bisa memanfaatkan berbagai macam sumber info yang ada. Tentu saja, semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, akan semakin baik pula makalah yang dibuat. Namun pastikan bahwa info yang Anda dapat tersebut masih berkaitan dengan tema makalah yang sedang Anda bahas.

Seimbang

Yang dimaksud dengan seimbang ialah, makalah tersebut harus mengupas fakta, gagasan serta sudut pandang yang dibicarakan dengan cara yang objektif serta seimbang, dan tentu saja dengan memperhatikan kemampuan serta kelemahan masing-masing.

Kreatif

Dalam membuat sebuah makalah yang baik, Anda tidak hanya akan menyajikan faktanya saja. Akan tetapi, Anda juga harus menyajikan info yang dikarang atau tidak berdasarkan fakta.

Namun tetap, dalam membuat karangan tersebut Anda harus didasarkan oleh sebuah asumsi dengan menggunakan langkah yang inovatif, kreatif serta orisinal.

Baca juga :   Cara Mengecilkan Perut yang Efektif dan Tidak Menyiksa untuk Anda Coba

Penulisan Benar

Makalah yang baik maka akan memiliki penulisan yang benar secara teknis. Dengan begitu, makalah tersebut akan terhindar dari kekeliruan atau kesalahan tata bahasa, gaya bahasa, sinyal baca, dan pemanfaatan kata seperti dalam kata pengantar ataupun dalam ejaan.

Tertata dengan Baik

Contoh makalah yang baik tentu harus memenuhi ciri satu ini. Hal tersebut berarti bahwa makalah itu sendiri memiliki tujuan yang jelas. Makalah yang berkualitas akan ditata dengan logis dan menggunakan kalimat transisi yang baik.

Jenis-Jenis Makalah

Ternyata, makalah itu terdiri atas 3 jenis makalah, yakni makalah deduktif, makalah induktif dan makalah campuran. Tentu saja, ketiga jenis makalah tersebut memiliki pengertian yang berbeda satu sama lain.

Nah, apa saja pengertian dari ketiga jenis makalah itu sendiri? Berikut pembahasannya.

Makalah Deduktif

Makalah deduktif ialah makalah yang dibuat atas dasar kajian teoritis (pustakanya relevan dengan masalah yang sedang dibahas).

Makalah Induktif

Makalah induktif ialah makalah ialah makalah yang disusun atas dasar data empiris. Dimana data tersebut harus bersifat objektif serta diperoleh dari lapangan secara langsung dan relevan dengan masalah yang sedang dibahas.

Makalah Campuran

Untuk makalah campuran ini ialah makalah yang ditulis atas dasar kajian teoritis dan digabung dengan menggunakan data empiris serta relevan dengan masalah yang sedang dibahas.

Tahapan-Tahapan Dalam Membuat Makalah

Dalam membuat makalah, tentu Anda harus mengetahui tahapan-tahapannya. Meski Anda sudah melihat contoh makalah, namun jika Anda belum melihat tahapan-tahapannya belum bisa dipastikan bahwa Anda bisa membuat sebuah makalah yang baik dan benar. Nah, apa saja tahapannya?

  1. Mempelajari atau menganalisa topik yang akan dibuat menjadi sebuah makalah
  2. Menyusun pola pikir, seperti:
  3. Pokok masalah yang ada di dalam topik.
  4. Menentukan tujuan serta ruang lingkup.
  5. Mengumpulkan bahan-bahan materi (referensi).
  6. Menulis dan menyusun makalah, namun hal tersebut harus:
  7. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  8. Membuat susunan kalimat yang mudah untuk dipahami.
  9. Membuat rangkaian uraian yang saling berkaitan.
  10. Kalimat harus singkat, padat serta jelas dalam uraian.
  11. Tidak menyusun makalah dengan panjang kalimat yang tidak memiliki isi yang jelas.

Struktur Makalah

Bagian terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan dalam membuat sebuah makalah ialah strukturnya. Dengan menggunakan struktur yang baik, tentu pembaca akan lebih paham tentang apa yang Anda tulis dalam makalah tersebut. Bagaimana struktur makalah yang baik? Berikut pembahasannya.

Cover

Cover merupakan sampul dari makalah yang mana memuat judul, logo, identitas penulis, dan tempat serta tahun terbit. Dalam pembuatan cover ini, dianjurkan untuk menggunakan format rata tengah (center) agar cover yang Anda buat terlihat lebih rapi.

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan hal yang wajib ada dalam sebuah makalah. Fungsi dari adanya kata pengantar ini sendiri ialah untuk memberikan gambaran secara umum tentang makalah yang Anda buat.

Daftar Isi

Berikutnya ada daftar isi. Daftar ini sendiri berada di satu halaman tertentu dan berisikan tentang informasi halaman dari konten yang ada dalam makalah. Dengan adanya daftar ini, tentu pembaca akan lebih mudah menemukan informasi tertentu karena Anda telah memberikan keterangan halaman pada setiap bab ataupun sub bab.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini hanya terdiri atas yakni latar belakang masalah, rumusan masalah serta tujuan. Masing-masing bagian tersebut memiliki pengertian dan tujuannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Latar Belakang

Latar belakang merupakan jawaban dari beberapa pertanyaan yang mengarah pada pembuatan makalah tersebut. Contohnya ialah:

  • Mengapa Anda membahas topik tersebut?
  • Untuk apa Anda melakukan penelitian tersebut?
  • Apa yang membuat Anda ingin menyelesaikan masalah tersebut?

Dalam membuat sebuah latar belakang, haruslah jelas dan mudah untuk dimengerti. Latar belakang tak hanya memuat tentang berbagai macam pertanyaan, namun juga harus memuat beberapa data ataupun fakta yang mendukung.

Baca juga :   7+ Contoh CV yang Baik dan Benar di Berbagai Bidang Pekerjaan

Rumusan masalah

Rumusan masalah berisikan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijelaskan pada bagian pembahasan. Pertanyaan yang Anda ajukan tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 atau 3 pertanyaan saja. Yang terpenting pertanyaan tersebut merupakan hasil pengerucutan dari latar belakang yang telah Anda tulis sebelumnya.

Tujuan

Tujuan berisi tentang tujuan dari dibuatnya makalah tersebut. Untuk tujuan sendiri bisa Anda tuliskan secara singkat serta memberikan gambaran secara umum kepada para pembaca tentang isi dari makalah yang Anda tulis.

Pembahasan (Isi)

Pembahasan ini merupakan bagian inti dari sebuah makalah. Pembahasan merupakan bagian yang berisikan uraian pokok dari masalah yang sedang Anda bahas. Nah, contoh makalah yang benar tentu pada bagian pembahasannya sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan yang telah Anda buat sebelumnya.

Isi dari bagian pembahasan ini sendiri mencakup tentang landasan teori, uraian materi dan solusi atau penyelesaian masalah dari sebuah permasalahan yang sedang dibahas.

Penutup

Bagian penutup biasanya terdiri atas dua sub bab, yakni kesimpulan dan saran.

Kesimpulan

Kesimpulan berisikan tentang ringkasan atau summary dari hasil pembahasan makalah yang sudah Anda buat. Tips untuk menulis bagian satu ini ialah Anda harus bisa menganalisis beberapa poin penting yang ada pada bagian-bagian sebelumnya agar dapat menghasilkan kesimpulan dari permasalahan yang Anda bahas.

Saran

Saran adalah bagian yang ditujukan untuk para pembaca. Saran juga bisa berisikan harapan dari penulis kepada para pembaca agar makalah yang dibuatnya bisa memberikan manfaat.

Contoh Makalah

Setelah Anda membaca dan memahami pengertian, ciri-ciri, jenis, tahapan dan struktur makalah, di bawah ini akan diberikan contoh makalah yang baik dan benar.

Contoh Makalah Kewirausahaan:

PELUANG BISNIS ONLINE

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan

Dosen Pengampu: Suhadi Yanto, M.Pd.

LOGO INSTANSI/UNIVERSITAS

Disusun oleh:

Muhammad Iqbal Maulana

Kelas PAI 1

NIM 983256

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JURUSAN TARBIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA

KUDUS

2017

Cover…………………………………………………………………………………………………….i

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………….ii

Kata Pengantar……………………………………………………………………………………..1

BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………………………………………………..2

  1. Latar Belakang Masalah…………………………………………………………………..2
  2. Rumusan Masalah……………………………………………………………………………4
  3. Tujuan……………………………………………………………………………………………..4

BAB 2 ISI………………………………………………………………………………………………..5

  1. Peluang Bisnis Online……………………………………………………………………….5

BAB 3 PENUTUP……………………………………………………………………………………..20

Kesimpulan…………………………………………………………………………………………….21

Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………..22

Kata Pengantar

Puji syukur di panjatkan kepada Tuhan Semesta Alam, atas berkat dan nikmatnya saya diizinkan untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah yang berjudul “Peluang Bisnis Online” bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Kewirausahaan yang diampu Bapak Uhadi Yanto, M.Pd. Ucapan terimakasih juga saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah membantu.

Makalah yang saya buat tentu saja memiliki berbagai kesalahan dan kekurangan, sehingga saya sangat mengharap kritik yang membangun dari pembaca. Saya berharap makalah ini dapat memberi pengetahuan dan informasi kepada seluruh pembaca. Selain itu, juga bisa diterapkan atau dipraktekkan.

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Bisnis di era sekarang tidak harus dilakukan dengan cara berjualan di pinggir jalan ataupun dengan membuka kios. Dengan berbagai macam teknologi bisa dilakukan dengan cara online. Banyak sekali contoh orang sukses via online. Namun, semua itu butuh proses dan juga keuletan dalam menjalankan bisnisnya.

Selain itu juga, peluang bisnis online juga sangat lebar sekali terutama pasar untuk produk yang dijualnya. Banyak ide yang bisa dijual di pasar online. Bisa berupa pakaian, makanan, aksesoris dan lain sebagainya. Akan tetapi, peluang bisnis online banyak diremehkan orang karena laba yang didapatkan sedikit. Tapi bagi sudah yang menjalankan, hal tersebut akan dibantah.

  1. Rumusan Masalah

Bagaimana peluang bisnis online?

  1. Tujuan

Untuk mengetahui seberapa besar peluang bisnis online.

BAB 2

PEMBAHASAN (ISI)

Peluang Bisnis Online

Bisnis banyak dilakukan orang karena tuntutan ekonomi atau hanya sekedar iseng. Tapi bagi para orang sukses, bisnis merupakan usaha yang ditekuni dan dilakukan dengan penuh keseriusan. Peluang bisnis online merupakan cara terbaru di era digital ini. Bagaimana dengan peluangnya? Justru peluang dari bisnis online ini sangatlah besar. Hal tersebut karena telah didukung dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Baca juga :   Ingin Memiliki Rumah Minimalis? Temukan Banyak Tips MURAH di Sini

Saat ini, orang lebih memilih cara yang lebih praktis untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti belanja baju, kebutuhan makanan dan lainnya secara online. Hal itulah yang membuat bisnis online kian melesat. Tak hanya itu saja, bahkan ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk berjualan online tanpa harus menggunakan modal yang besar.

BAB 3

PENUTUP

Kesimpulan

Bisnis online menjadi peluang yang besar bagi para pemula ataupun bagi para pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya. Karena kemajuan teknologi yang ada saat ini, bisa dikatakan bahwa orang lebih menyukai cara yang praktis. Oleh sebab itu, peluang bisnis online menjadi sangat besar.

Daftar Pustaka

Simo, Harahab. 2015. Bisnis Online. Bandung. Kompas

Perbedaan Makalah dengan Jurnal Ilmiah

Tentu saja, makalah dan jurnal ilmiah memiliki perbedaannya masing-masing. Hal tersebut didasarkan atas karakteristik dari kedua karya tulis tersebut. Lalu, apa saja karakteristik dari makalah dan jurnal ilmiah? Berikut pembahasannya.

  1. Karakteristik Makalah
  • Makalah menelaah atau membahas tentang suatu kajian literatur yang sudah ada atau berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di lapangan.
  • Makalah pada umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada sebuah seminar, sidang ataupun diskusi.
  • Ada beberapa bagian pokok yang harus ada dalam sebuah makalah, yaitu Pendahuluan, Isi serta Kesimpulan.
  1. Karakteristik Jurnal Ilmiah
  • Jurnal ilmiah ialah media kumpulan karya ilmiah yang hanya diterbitkan pada setiap waktu tertentu.
  • Sebelum jurnal ilmiah dipublikasikan, karya tulis harus melewati sebuah proses peer review yang bertujuan untuk menyeleksi serta menentukan apakah paper atau makalah yang di-submit ke dalam jurnal ilmiah tersebut layak untuk diterbitkan ataupun tidak. Untuk proses peer review ini biasanya dilakukan oleh satu ataupun beberapa orang pemeriksa yang merupakan ahli atau akademisi dari bidang yang akan diuji.

Demikian pembahasan mengenai makalah dan contoh makalah yang baik dan benar. Dengan adanya penjelasan ini diharapkan Anda mampu membuat sebuah karya tulis seperti makalah yang sesuai dengan fakta dan bermanfaat untuk orang lain.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *