16 Kreasi Hiasan Dinding Cantik dan Mudah Dibuat di Rumah

Siapa sih yang tak ingin selalu merasa nyaman di rumah? Setiap orang tentu mendambakan hal ini. Tapi yang jadi pertanyaanya, bagaimana rumah tersebut bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya? Salah satu caranya adalah dengan mendekor rumah secantik mungkin.

Keindahan rumah tak selalu identik dengan furniture yang mewah dan desain yang modern. Dengan hiasan yang Anda buat sendiri pun ruangan bisa tampak lebih artistik dan tidak monoton.

Banyak bahan bekas yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat hiasan dinding yang indah, mulai dari kertas, botol bekas, stik es krim dan lain sebagainya. Tentunya bahan-bahan bekas ini harus diolah dengan kreatifitas tinggi sehingga menghasilkan karya yang indah dan bisa membuat ruangan terasa lebih hidup.

Membuat Hiasan Dinding Sendiri Ternyata Mudah

Nah bagi Anda yang ingin membuat ruangan menjadi lebih indah dengan hiasan-hiasan dari bahan bekas, yuk langsung simak cara pembuatannya.

Hiasan Dinding Tema Kupu-Kupu

Hiasan Dinding gambar 1 sumber Cintai Hidup
@Sumber Cintai Hidup
hiasan dinding tema kupu-kupu ini sangat cocok buat Anda pajang di kamar ataupun di ruang tengah. Dengan bentuk yang begitu cute, dijamin rumah Anda akan terasa lebih indah dan nyaman.

Dinding dengan cat polos akan tampak lebih hidup dengan hiasan kupu-kupu yang penuh warna. Jadi dijamin Anda tak akan jenuh meski harus seharian di dalam ruangan.

Hiasan ruangan berbentuk kupu-kupu ini bisa Anda buat dengan cukup mudah. Pertama Anda harus menyiapkan kertas asturo atau kertas karton terlebih dahulu lengkap dengan double tape untuk merekatkannya ke dinding.

Setelah itu, buat pola gambar kupu-kupu pada kertas asturo yang sudah disiapkan tadi. Setelah itu gunting dan lipat gambar sesuai dengan pola yang telah dibentuk tadi. Pasang perekat di salah satu sayapnya.

Selanjutnya tempelkan hiasan tersebut pada dinding kamar atau ruang tengah sesuai arah yang Anda inginkan. Agar terlihat cantik, Anda bisa menggunakan beberapa warna sekaligus, sehingga terlihat lebih colorfull.

Hiasan Dinding Bunga Awetan

Hiasan Dinding gambar 2 sumber home.co .id
@home.co.id
Hayo siapa disini yang suka bunga? Nah buat para pecinta bunga, Anda bisa membuat hiasan ruangan satu ini. Hanya dengan menggunakan kertas asturo Anda bisa membuat rangkaian bunga yang cantik dan colorfull pastinya.

Pertama-tama gunting kertas menjadi segiempat dengan ukuran 10×10 cm, kemudian bentuk menjadi segitiga (corong) dan rekatkan menggunakan lem kertas. Ambil beberapa segitiga kertas yang sudah jadi kemudian satukan di bagian tengahnya hingga membentuk seperti bunga yang tengah mekar.

Biar lebih cantik, Anda bisa memberi hiasan kertas putih di bagian dalamnya. Tempelkan hiasan bunga kertas ini pada dinding menggunakan double tape atau dengan menggantungnya pada jendela.

Hiasan Dinding Bunga Anggrek

Hiasan Dinding gambar 3 sumber Bukalapak
@Bukalapak
Berbicara tentang hiasan dinding berbentuk bunga memang tak ada habisnya. Begitu banyak kreasi hiasan dengan konsep flowers yang begitu cantik dan tampak elegan. Seperti hiasan bunga anggrek ini.

Anda membutuhkan kertas bungkus kue, kertas wadah makanan dan kertas tutup gelas untuk membuat hiasan ini. Setelah itu buat sketsa bunga anggrek, gunting sesuai sketsa yang sudah Anda buat, selanjutnya tempelkan pada dinding.

Biar lebih artistic, Anda bisa memasangkan sterofoam pada dinding, sebelumnya cat terlebih dahulu dengan warna kesukaan Anda. Setelah itu tempelkan hiasan bunga anggrek tadi menggunakan paku warna-warni.

Baca juga :   Fakta Kain Sutra yang Harus Anda Ketahui

Paku warna-warna di bagian tengah bunga akan tampak seperti serbuk sari, jadi makin cantik bukan?

Hiasan Dinding Minimalis dari Kayu

Hiasan Dinding

Buat Anda yang mendambakan ruangan dengan konsep minimalis, hiasan dinding ini bisa jadi pilihan yang tepat. Hiasan ini buka hanya akan membuat ruangan tampak lebih cantik lho, tapi juga bisa difungsikan sebagai rak.

Disini Anda bisa membuat hiasan dari kayu dengan beberapa pilihan bentuk. Untuk bentuk paling sederhana yakni persegi atau persegi panjang. Cara pembuatannya sangat simple.

Pertama siapkan papan kayu untuk rak, kemudian potong sesuai ukuran yang Anda inginkan. Selanjutnya satukan dengan paku (pilih jenis kayu yang tidak mudah retak), atau menggunakan bor (semua jenis kayu).

Setelah itu, pasang T pada dinding dan pasangkan rak kayu tadi pada dinding kamar, ruang tengah ataupun ruang tamu. Dari rak ini Anda bisa memajang berbagai hiasan kecil, seperti pigura photo, jam weker mini, vas bunga dan lain sebagainya.

Hiasan Dinding dengan Lilin

Hiasan Dinding gambar 5 sumber Jual Beli
Hiasan Dinding gambar 5 sumber Jual Beli
Suasana romantis dan hangat akan lebih terasa jika Anda menggunakan hiasan dinding satu ini. Disini Anda bisa menggunakan lilin biasa ataupun lilin aromaterapi. Sementara untuk tempat lilinnya Anda bisa memanfaatkan bekas kaleng bekas.

Jika Anda memiliki kaleng-kaleng bekas, semisal kaleng sarden, kaleng kue atau makanan kaleng lain, Anda bisa menggunakannya. Buat cover kaleng sama dengan melapisinya menggunakan kertas kado, sementara untuk bagian dalamnya bisa dicat dengan warna senada, semisal gold atau hitam (tergantung efek cahaya yang ingin Anda dapatkan).

Setelah pasang kaleng bekas di dinding dengan posisi alas kaleng menempel pada dinding dan bagian atas berada di luar dinding. Selanjutnya posisikan lilin di dalam kaleng (beri lem pada dasarnya agar tidak mudah goyang). Beri hiasan pita pada kaleng agar lebih cantik dan terakhir nyalakan lilin tersebut.

Hiasan Dinding dari Tutup Botol

Hiasan Dinding gambar 6 sumber YouTube
@YouTube
Jika Anda sering mengonsumsi minuman botol, saying sekali jika bekas botol dan tutupnya dibuang begitu saja. Sebab bahan bekas ini bisa dimanfaatkan jadi hiasan dinding yang cantik dan unik.

Kumpulkan beberapa tutup botol yang Anda miliki, tak masalah jika berbeda merk atau warna. Setelah itu siapkan papan triplek dengan ukuran 30 x 30 cm atau sesuai selera. Berikutnya buat sketsa pada kertas karton bunga, lebah, kupu-kupu atau hiasan lain yang Anda inginkan.

Potong kertas sesuai sketsa lalu tempelkan bekas tutup botol tadi pada kertas hingga menutupi semua bagiannya. Jika sudah merekat sempurna, selanjutnya tempelkan kertas karton pada papan triplek dan bisa digantungkan di dinding.

Jika warna tutup botol yang Anda gunakan beragam, Anda bisa mengreasikannya hingga membentuk hiasan yang tampak abstrak.

Hiasan Dinding dari Kain

Hiasan Dinding gambar 7 sumber Bandingkan Kelebihan Kelemahan Kekurangan
@Bandingkan
Salah satu hiasan dinding paling gampang dibuat, yakni hiasan dari kain. Namun untuk membuatnya tampak lebih cantik dan penuh seni, Anda bisa memanfaatkan kain perca yang kemudian dijahit menjadi hiasan unik.

Disini Anda bisa membuat semacam lukisan sederhana atau gambar simple dari kain perca. Pertama siapkan kain dasar berwarna putih dan juga kain hitam untuk list atau seperti pigura foto.

Setelah itu buat pola bunga atau love pada kain perca yang memiliki beragam motif dan warna. Setelah itu jahitkan potongan kain perca tadi pada kain dasar menggunakan benang wol. Anda bisa menggunakan teknik jahit luar untuk memberikan detail tambahan pada hiasan.

Terakhir setrika hiasan dinding ini dan tempelkan pada dinding ruangan.

Hiasan Dinding Dengan Puluhan Foto

Hiasan Dinding gambar 8 sumber rukita
@rukita
Punya banyak koleksi foto bagus? Sayang ya pastinya ika hanya disimpan dalam bentuk softcopy saja. Anda pun bisa membagikan keindahan foto tersebut pada dinding ruangan di rumah Anda.

Baca juga :   Cara Ampuh Mengecilkan Perut dengan Jeruk Nipis yang Pasti Ampuh

Semisal untuk kamar tidur, Anda bisa menggunakan foto pernikahan, mulai dari acara prewedding, wedding hingga honeymoon. Foto-foto terbaik Anda dan pasangan bisa dicetak dalam ukuran yang beragam, kemudian ditempel langsung pada dinding.

Anda bisa memasangnya secara acak, namun pastikan semua bagian dinding tertutup oleh foto. Jadi biar tak terlalu banyak hingga ratusan foto, Anda bisa mencetaknya dengan ukuran sampai 10R lebih, dan bisa dengan konsep foto hitam putih.

Hiasan Dinding Dengan Benang Wol

Siapa bilang benang wol hanya bisa digunakan untuk merajut pakaian atau benda lain, benang wol juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat hiasan dinding lho. Seperti hiasan dinding ini yang bisa Anda buat sangat mudah.

Pertama kumpulkan benang wol dengan warna yang beragam, kemudian siapkan juga benang wol putih dengan jumlah yang lebih panjang, yang terakhir paku warna-warni. Untuk membuatnya, cukup buat bentuk bunga, lonceng ataupun pompom dengan benang wol warna-warni tadi, kemudian gunakan benang wol putih sebagai gantungannya.

Di bagian atas, siapkan papan sterofoam memanjang (sepanjang dinding atau sesuai keinginan) dan tancapkan paku warna-warna yang Anda miliki. Gantungan hiasan benang wol tadi pada paku yang sudah ditancapkan pada sterofoam yang menempel dinding.

Hiasan Dinding Wall Sticker

Hiasan Dinding gambar 4 sumber Lazada
@Lazada
Satu lagi kreasi hiasan dinding yang banyak disukai saat ini, khususnya oleh kaum muda-mudi karena desainnya yang sangat variatif. Untuk hiasan ini Anda tak perlu membuatnya sendiri, karena Anda bisa membelinya langsung di toko pernak-pernik ataupun di toko furniture.

Anda bisa memilih wall sticker dengan berbagai gambar menarik atau bisa disesuaikan dengan konsep ruangan. Selain itu, wall sticker juga bisa disesuaikan dengan fungsi ruang tersebut, semisal untuk ruang tidur anak maka bisa menggunakan wall sticker dengan pola karakter kartun kesukaan anak.

Hiasan Dinding dari Bekas CD

Hiasan Dinding gambar 11 sumber lost in blockchain
@lost in blockchain
Di jaman sekarang, compact disk atau CD sudah tidak banyak digunakan lagi. Hal ini berkaitan dengan perkembangan teknologi yang membuat manusia banyak beralih ke media software atau hanya dengan streaming lagu saja.

Tapi koleksi CD yang menumpuk di rumah pastinya saying ya jika harus dibuang begitu saja. Terlebih dulu Anda pun membelinya dengan harga mahal. Nah daripada harus membuangnya Anda bisa lho memanfaatkan CD bekas ini jadi hiasan dinding yang cantik.
Caranya cukup mudah, Anda bisa langsung menempelkannya pada dinding dengan double tape. Bentuk pola atau sket yang Anda inginkan. Biar semakin menarik, sebaiknya pasangkan pada area dinding yang terkena paparan sinar matahari, sehingga CD akan memperlihatkan pantulan warna yang cantik.

Hiasan Dinding Bentuk Love 3 Dimensi

Hiasan Dinding gambar 12 sumber bluepillproject
@bluepillproject
Kreasi lain yang bisa Anda buat dengan mudah adalah hiasan berbentuk love 3 dimensi. Yap, bukan hanya sekedar gambar yang ditempel pada dinding saja, namun hiasan ini tampak timbul dan lebih artistic.

Untuk membuatnya Anda hanya membutuhkan kertas asturo/karton warna merah hati, lem kertas, double tape dan juga gunting. Selanjutnya buat pola hati pada kertas karton dan gunting sesuai pola. Pada bagian tengah atas, gunting lebih dalam kemudian satukan kembali dengan menggunakan lem. Ini akan membentuk love dengan bagian tengah yang mengerucut atau lebih timbul.

Setelah jadi, langsung tempelkan pada tembok menggunakan double tape. Anda bisa membuat beberapa love dengan ukuran berbeda dan disusun secara acak saja.

Hiasan Dinding Bentuk Awan 3 Dimensi

Hiasan Dinding gambar 14 sumber Bukalapak
@Bukalapak
Masih dengan kreasi hiasan dinding 3D, kali ini Anda bisa membuat awan dari kertas karton putih. Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama bentuk pola awan pada kertas karton dengan gunting mengikuti pola. Buat dalam beberapa varian ukuran.

Setelah itu susun awan dengan ukuran terbesar di bagian paling bawah dan diikuti dengan ukuran yang lebih kecil (bisa 2-3 lapis). Lem tepat di bagian tengahnya saja, kemudian lipat awan bagian atas menjadi dua bagian. Setelah itu atur agar awan tampak menyerupai sekat-sekat, dan terakhir tempelkan pada dinding menggunakan double tape.

Baca juga :   Resep Kue Kering Unik dan Murah? Cocok Banget Nih Buat Kamu yang Ingin Buat Hidangan Spesial Waktu Lebaran!

Kreasi awan 3 dimensi ini paling cantik dipadukan dengan rintik-rintik hujan. Biar lebih menarik, Anda bisa menggunakan karton warna-warni untuk rintik hujannya. Cukup bentuk kertas karton warna-warni menyerupai tetesan air, kemudian tempelkan secara acak di bawah awan 3 dimensi.

Hiasan Dinding Bentuk Balon Udara 3 Dimensi

Tampaknya kreasi hiasan 3 dimensi menggunakan kertas karton memang tak ada habisnya. Kali ini Anda bisa mencoba membuat balon udara 3 dimensi. Pada dasarnya cara membuat balon 3 dimensi sama seperti cara pembuatan awan.

Pertama-tama, bentuk pola balon udara kemudian gunting sesuai pola, hanya saja kali ini And atak perlu membuat beberapa varian ukuran. Setelah itu susun 2 lembar kertas dan lem bagian tengahnya saja.

Lipat bagian atas agar menyerupai sekat. Selanjutnya langsung tempelkan pada dinding menggunakan double tape. Nah biar makin mirip dengan balon udara, Anda harus memberikan ruang di bagian bawah balon. Cukup buat bentuk persegi panjang kecil dan tempelkan tepat di bawah balon udara.

Hiasan bentuk balon udara ini juga cantik lho dipadukan dengan hiasan 3 dimensi bentuk awan.

Hiasan Dinding Dari Botol Kaca Kecil

Hiasan Dinding gambar 15 sumber Lazada
@Lazada
Punya banyak botol kaca kecil di rumah yang tak terpakai? Yuk buat jadi hiasan yang cantik dan elegan. Pertama kumpulkan botol kaca kecil yang Anda miliki, selanjutnya siapkan juga bunga plastic atau asli dengan ukuran kecil saja atau bisa disesuaikan dengan ukuran botol kaca.

Setelah itu, buat tatakan atau semacam rak pada dinding menggunakan kayu kecil, lebarnya bisa disesuaikan dengan bagian alas botol kaca. Setelah itu isi botol kaca dengan pasir warna-warni khusus untuk tanaman dalam ruangan. Tanam bunga hias yang Anda miliki tadi dan letakkan pada rak-rak yang sudah disiapkan tadi.

Disini Anda bisa mengkreasikan penyusunan rak kayu sesuai yang Anda inginkan. Semisal disusun rata ke bawah, atau membentuk zigzag di dinding dan lain sebagainya.

Hiasan Dinding Menggunakan Kertas Kue

Hiasan Dinding gambar 16 sumber Qupas
@Qupas
Seni hiasan dinding memang tak pernah ada matinya, segala macam bahan seakan bisa disulap menjadi hiasan cantik yang dapat merubah kesan pada hunian Anda. Seperti hiasan dari kertas kue ini.

Anda bisa membuat bentuk bunga, pertama gunting kertas kue menjadi bentuk lingkaran, selanjutnya lipat-lipat agar terbentuk seperti plisket. Di bagian tengahnya Anda bisa hiasan lingkaran kecil menggunakan spidol saja.

Buat lingkaran dengan beberapa ukuran, setelah itu tempelkan pada dinding. Nah untuk kreasi bunga ini, Anda bisa memadukannya dengan benang wol warna coklat (benang wol sudah dibuat berlapis). Kreasikan benang wol tersebut seakan menjadi tangkai pohon dan bunga-bunga dari kertas kue tadi dipasangkan pada bagian ujung tangkai.

Wah ternyata begitu banyak kreasi hiasan dinding yang bisa dicoba dengan mudah. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapatkan, bahkan beberapa diantaranya justru menggunakan barang bekas.

Yuk mulai asah kreatifitas Anda dan ciptakan hunian cantik tanpa perlu mengeluarkan budget banyak.

Leave a Comment