Cara Membuat Molen Aneka Rasa yang Mudah dan Praktis 5/5 (1)

cara membuat molen

Cara membuat molen aneka rasa memang cukup mudah, tidak perlu punya keahlian khusu untuk bisa membuatnya. Dengan bahan-bahan yang ada di dapur, Anda sudah bisa menghidangkan camilan sehat dan enak untuk keluarga.

Roti molen adalah makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa yang lezat, dengan tekstru roti yang lembut dan cryspi, membuat roti ini banyak dicari para wisatawan lokal dan mancanegara untuk dibawa pulang ke kampunng halamannya.

Roti molen pisang adalah makanan yang terbuat dari bahan baku pisang, dilapisi dengan lembaran-lembaran adonan tepung terigu dan cara memasaknya dengan cara digoreng.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka dengan roti moleh, mebuat para produsen roti banyak berinofasi menciptakan roti molen yang beraneka rasa.

Ada banyak jenis roti molen yang bisa kita temukan di pasaran seperti, kue molen pisang, kue molen keju, kue molen coklat, bahkan ada yang namanya kue molen Arab asli buatan Indonesia.

Asal Usul Roti Molen

alat-berat07.blogspot.co.id

Anda pasti pernah makan roti molen, tapi apakah Anda tahu kenapa roti yang satu ini disebut sebagai roti molen?

Kalau Anda belum tahu, mungkin penjelasan berikut bisa membantu menjawab rasa penasaran Anda.

Kata “molen” sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti “gudang yang ada kincir anginnya” atau bahasa Inggris disebut dengan Mill.

Di Indonesia, kata molen dianggap sebagai benda yang bisa bergerak berputar. Kita sering menggunakannya untuk menyebut truk pengaduk semen atau truk molen.

Itulah sebabnya, kenapa roti ini disebut sebagai roti molen, karena bentuknya yang menyerupai truk pengaduk semen.

Toko Kartika Sari adalah toko yang pertama kali mempopulerkan pembuatan roti ini. Semakin lama, roti ini semakin dikenal masyarakat dan akhirnya pembuatan roti molen diikuti oleh toko-toko roti dan pengusaha catering Bandung lainnya dengan versi mereka sendiri

Toko Kartika Sari terletakk di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekarang toko ini memiliki 9 cabang yang tersebar seluruh dipenjuru Kota Bandung dan sebagian berada di luar kota.

Selain menjual roti molen, toko ini juga menjual banyak makanan khas Bandung, seperti kacang hijau bollen, almond cookies, brownies kusus original, bagelen special keju, dan masih banyak lagi jenis roti khas Bandung yang dijual di toko ini.

Kalau Anda ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke toko ini untuk melihat berbelanja makanan khas Kota Bandung sebagai oleh-oleh keluarga Anda di rumah.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke toko Kartika Sari untuk membeli oleh-oleh, seperi turis dari  Malaysia, Singapura, Brunai dan masih banyak lainnya. Mereka mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asalnya. Meskipun banyak jenis roti yang dijaul di toko Kartika, roti yang menjadi primadona adalah roti molen.

Jenis-jenis Roti Molen

cara membuat molen
ratukuliner.com

Roti molen yang asli terbuat dari bahan baku pisang. Tetapi, semakin berkembangnya kuliner di Indonesia, banyak bermunculan roti molen dengan cita rasa yang beraneka ragam.

Beberapa jenis roti molen yang populer dimasyarakat seperti, kue molen pisang, kue molen ubi, strawberry, keju, coklat, nanas bahkan ada roti molen Arab.

Pada dasarnya, bahan dasar pembuatan roti molen berasal dari tepung terigu, mentega, telur, gula pasir, baking power, sedangkan untuk isinya bisa diganti-ganti sesuai selera.

Diantara aneka roti mole yang ada di Indonesia, roti molen Arab memiliki bentuk yang paling besar. Roti ini dibuat oleh seorang mahasiswa yang berasal dari Medan, namanya Syariful Burha. Berawal dari kesukaannya dengan roti molen, dia membuat rori molen versinya sendiri.

Awalnya, Burhan merasakan kalau roti molen yang biasa ia makan berukuran kecil, sehingga perlu makan beberapa biji untuk bisa kenyang. Akhirnya dia membuat roti molen dengan ukuran yang besar dan panjang, sehingga dalam sekalai makan, orang yang memakannya akan langsung merasa kenyang.

Untuk membuat roti moleh Arab yang enak, Buarhan melakukan uji coba sampai 7 kali. Setelah itu, dia menguji roti molen cipataanya dengan menawarkan kepada teman sekampusnya. Ternyata, temannya langsung tertarik dan menanyakan harga roti tersebut untuk membelinya.

Dengan ukurannya yang cukup besar, roti molen Arab dibandrol seharga Rp 3000 per biji.

Cara Membuat Molen

cara membuat molen aneka rasa
youtube.com

Cara membuat molen aneka rasa boleh dibilang cukup mudah, kita bisa membuatnya dirumah dengan bahan-bahan yang bisa kita dapatkan di toko-toko klontong.

Persiapan bahan

Untuk membuat molen yang enak, dibutuhkan bahan-bahan yang berkwalitas. Bahan utama yang digunakan adalah pisang, tapi semakin hari, banyak orang yang berinofasi dalam membuat roti molen, sehingga buah pisang diganti dengan bahan yang lain sebagai pengganti isi roti.

Isi molen yang berbeda-beda tidak merubah nama dari roti tersebut, karena menurut sejarah, roti moleh dibukus dengan kulit crispy yang menyerupai truk molen. Jadi, selama bentuknya masih menyerupai truk molen, maka namanya masih dianggap sebagai roti  molen.

Bahan yang di guanakan

molen arab bandung
pusatroti.wordpress.com

1. Pisang raja yang sudah masak sebagai isi (bisa disesuaikan dengan kebutuhan) atau bisa diganti dengan bahan yang lainnya.
2. Tepung terigu 500 gram.Gunakan tebung terigu yang kualitasnya bagus untuk mendapatkan citra rasa yang enak. Sebaiknya tepung diayak terlebih untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
3. Baking power (pengembang kue) kurang lebih 2 sendok.
4. Gula halus (gula bubuk) kurang lebih 120-140 gram.
5. Telur ayam ukuran sedang (+ 2-3 butir)
6. Air dingin secukupnya ( yang dibutuhkan cuma sekitar 2 sendok).
7. Miyak goreng.

Cara membuat adonan molen

cara membuat molen crispy
foodnetwork.com

1. Pertama, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan roti.
2. Masuukan tepung terigu, gula bubuk, dan pengembang kue (dua sendok). Aduk-aduk sebentar sampai semua tercampur.
3. Ayak ketiga bahan tadi, jika ada kotoran bisa tersaring supaya tidak terikut ke dalam adonan.
4. Campurkan margarin dan telur ke dalam adonan bersama ketiga bahan tadi. Aduk semua bahan sampai menggumpal.
5. Masukan air matang dingin sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan semua bahan sampai rata dan kalis.

Membuat kulit molen

resep pisang molen

1. Siapkan gilingan yang bisa digunakan untuk membuat mie atau roll pin, bisa juga menggunnakan botol kaca yang tidak terpakai. Tetapi, kalau menggunakan botol kaca, agak sulit mendapatkan ukuran yang tepat.
2. Masukkan adonan ke dalam penggilingan untuk membuat kulit molen dengan lebar sekitar 1-1,5 cm, atau bisa disesuaikan dengan selera.
3. Potong pisang yang sudah disiapkan menjadi kecil-kecil sebagai isi molen.
4. Bungkus pisang yang sudah dipotong dengan kulit molen yang sudah digiling menjadi tipis.
5. Masukkan minyak agak banyak ke dalam penggorengan. Panaskan minyak sampai benar-benar panas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Masukkan pisang molen kedalam penggorengan setelah minyak benar-benar panas.
7. Sesekali bolak-balik molen supaya tidak gosong dan matang secara merata.
8. Kalau molen sudah berwarna kuning kecoklantan, tandanya molen sudah matang.
9. Angakat dan tiriskan molen dari penggorengan, hidangkan di piring.
10. Molen siap disantap.

Begitulah cara membuat molen pisang. Cukup mudah kan ?
Untuk pembuatan molen dengan rasa yang lainnya, kurang lebih sama saja. Tapi ada sedikit treatment yang berbeda untuk membuatnya.

Baca juga : Kue Ulang Tahun

Cara membuat monlen aneka rasa

cara membuat roti molen pisang aneka rasa
brilio.net

Untuk cara membuat molen aneka rasa, seperti molen ubi, nanas, keju, dan coklat, tidak jauh berbeda dengan membuat molen pisang.

Untuk molen keju dan coklat, bisa langsung dimasukkan di sela-sela pisang yang diguanak sebagai isi. Sedangkan untuk membuat molen ubi atau nanas, karena bentuknya yang tidak cair, maka ubi dan nanas tersebut digunakan sebagai isi yang menggantikan pisang.

Kita juga bisa berkreasi membuat molen versi kita sendiri, misalnya bahan nanas + coklat, sehingga menjadi molen nanas coklat. Begitulah cara membuat molen aneka rasa yang bisa Anda buat di rumah.

Untuk cara membuat molen Arab memang agak sedikit berbeda, karena molen arab memiliki ukuran yang besar dan panjang.

Anda bisa mempertebal kulit mempertebalkan kulit molen dan memperbanyak isinya, sehingga ukuran molen akan menjadi lebih besar.

Demikian informasi cara membuat molen aneka rasa yang bisa saya baikan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada saudara Anda supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.

Terimakasih.

 

Please rate this

Wisata Kuliner Bandung yang Enak dan Murah Meriah, Tempat Nongkrong, Cafe, Restoran Recommended No ratings yet.

kuliner bandung colenak

KULINER BANDUNG – Siapa sih yang nggak kenal Bandung! Yaa, ane yakin kalian pasti udah pada tau. Selain terkenal tempat wisatanya ria atau labih sering dikenal dengan istilah Paris van Java ternyata Bandung juga mempunyai sejuta wisata kuliner yang enak-enak dengan harga bersahabat.

Ngomong-ngomong masalah bersahabat tentu nggak lepas dari yang namanya Anak Kos, loh kok bisa? Iya dong “ane kan sesepuh anak kos” hehe. Udah lah dari pada kebanyakan curhat, langsung aja kita liat-liat apa saja wisata kuliner di Bandung yang enak dan cocok buat masa depan dompetmu 😀

Kuliner Bandung Surabi Paling Recommended

kuliner bandung surabi
kuliner bandung surabi ©nibble.id

Pertama kita akan membahas tentang surabi, iya memang benar bahwa jajanan pasar tradisional ini sangat banyak ditemukan di Bandung. Pada mulanya surabi hanya memiliki 3 varian rasa yaitu original dengan sedikit tambahan toping kinca, telor, dan oncom.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman maka muncul berbegai macam ide di mana banyak berdiri warung-warung baru dengan memodifikasi menu rasa surabi, tak hanya satu varian tetapi ada beberapa toping tersedia yang bisa kamu jumpai pada warung di bawah ini.

Surabi Radja Kedai

Kamu dapat menemukan warung ini di Jl. Pluto Raya No 1 Maragahayu Raya atau sekitar jembatan penyebrangan by pass Jalan Soekarno Hatta.

Surabi Tenda Durian

Ini merupakan surabi khas di mana topingnya memakai durian dengan aroma yang begitu menggoda. Lokasinya ada di Jl. Prof. Eyckman.

Surabi Imut

Surabi imut atau bisa dibilang surabi enhaii, surabi ini merupakan pioner dalam pembuatan surabi modern yang dimodifikasi sedemikian rupa. Di namakan enhai karena letaknya yang berdekatan dengan kampus NHI (National Hotel Institute) tepatnya di Jl. Setiabudi no 194 Bandung.

Kuliner Bandung Bajigur

kuliner bandung ajigur
kuliner bandung bajigur ©tournesia.com

Selanjutnya kita akan kenalan dengan minuman hangat khas masyarakat Sunda khususnya daerah Jawa Barat, Indonesia. Untuk membuat minuman macam ini prosesnya cukup mudah dan bahannya juga mudah dicari di warung-warung atau pasar.

Bahan utama untuk membuat bajigur adalah santan dan gula aren, untuk menambah cita rasa khas, campurkan sedikit jahe, garam, serta bubuk vanili.

Pada umumnya bajigur dijajakan menggunakan gerobak yang dipasang kompor di bawahnya. Minuman ini sangat cocok apabila diminum pada saat cuaca dingin atau cuaca basah setelah hujan.

Biasanya orang menjadikan pisang, ubi rebus, atau kacang rebus untuk menemani segelas minuman bajigur ini.

Karena rasanya yang menggoda, tak jarang bajigur ini sering dihidangkan oleh para vendor kuliner catering Bandung pada acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya.

Kuliner Bandung Nasi Kalong

kuliner bandung nasi kalong
©pergikuliner.com

Judulnya bikin kepo hehe, mungkin bagi sebagian kalian banyak yang belum tahu apa itu nasi kalong atau bahkan nggak tau sama sekali. Sesuai namanya warung nasi ini dibuka mulai jam 18.00 dan lokasinya berada di Jl. RE Martadinata.

Nasi kalong sangat cocok dijadikan sebagai menu ketika keroncongan di malam hari, dan nggak perlu takut untuk datang ke sini di malam hari, karena semakin malam tempat ini akan semakin rame dengan menu yang paling digemari yaitu nasi berwarna hitam dan ada 20 lebih jenis lauk yang bisa kamu pilih.

Pada dasarnya nasi berwana hitam itu adalah nasi merah yang dimasak menggunakan kluwek, ditambah cabai, daun salam, bawang merah, kelapa parut goreng, dan bumbu lainnya. Apabila kamu enggan memakan nasi hitam ini jangan kuwatir karena juga tersedia banyak nasi putih.

Bandung Maja House

tempta wisata bandung
tempta wisata bandung ©panduwisata.id

Maja house merupakan tempat wisata kuliner yang paling digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitar. Selain menawarnkan masakan yang enak, restoran ini juga sangat cocok untuk makan siang dan makan malam. Dengan pesona keindahan dan hawa sejuk yang ditawarkan.

Restoran ini berlokasi di Jl. Sersan Bajuri no. 72 letaknya satu lokasi dengan hotel Stevie G, tak hanya menyediakan satu tempat duduk saja, tempat ini juga menyediakan kasur dan selimut buat kamu yang nggak tahan dengan hawa dingin di sana.

Kuliner Bandung Colenak

kuliner bandung colenak
kuliner bandung colenak ©tutugo.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang Sunda itu paling seneng dalam singkat-menyingkat, hal ini tercermin dalam setiap makanan khas Sunda seperti yang akan kita bahasa ini. Colenak sendiri merupakan singkatan dari kalimat dicocol enak (bahasa Sunda).

Makanan ini terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar lalu disajikan menggunakan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

Makanan ini mudah sekali untuk gosong karena karena kandungan gula yang ada di dalam tape tersebut, walau begitu bagian yang gosong ini merupakan bagian terenak bagi beberapa orang. Di Bandung sendiri saat ini terlihat sudah jarang terlihat iorang yang menjualnya.

Kuliner Khas Jawa Barat Bandrek

kuliner bandung jawa barat bandrek
kuliner bandung bandrek ©homefood.blogspot.com

Baandrek merupakan salah satu minuman tradisional masyarakat Sunda, minuman ini biasa dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh dan minumnya pun sering dinikmati pada kondisi cuaca dingin, seperti ketika hujan atau gerimis di malam hari.

Bahan dasar dari minuman ini adalah jahe dan gula merah, namun di daerah-daerah tertentu mereka menambahkan rempah-rempah tersendiri guna memperkuat rasa rasa hangat, bahan tambahan yang sering digunakan itu biasanya berupa merica, serai, pandan, telur ayam kampung, dan yang semisal.

Tak hanya itu, susu juga bisa ditambahkan dengan ukuran sesuai dengan selera si penikmat minuman. Bandrek dipercaya mempunyai khasiat sebagai penyembuh penyakit ringan seperti sakit tenggorokan.

Baca juga : Masakan Padang yang Menggoyang Lidah!

Please rate this

Tempat Wisata Kuliner di Malang di Pagi dan Malam Hari Yang Pastinya Mantap! No ratings yet.

hok lay malang

KULINER MALANG – Paling tidak terdapat tiga alasan Mengapa mayoritas pelancong atau pendatang mau datang menuju kota Malang Raya. Alasan pertama adalah sebab kota Malang bagian selatan mempunyai sederet pantai yang memukau.

Sepanjang pesisir, para pelancong dapat merasakan deburan ombak, melihat pantai pasir warna putih, sampai snorkeling ketika ingin mengamati keindahan bawah laut.

Alasan berikutnya kenapa Malang jadi buruan ialah karena saking banyaknya hiburan dan tempat wisata yang ada di sana, terutama Kota Batu.

Sebenarnya Malang terdapat banyak sekali tempat wisata kuliner yang mempersembahkan hidangan yang unik, nikmat dan tentunya amat sayang apabila kita lewatkan begitu saja.

Ketika ke Malang, jangan lewatkan juga untuk pergi ke wisata kuliner khususnya di tempat tempat terbaik yang tersaji di bawah ini.

1. Kuliner Malang Bakso President

bakso presiden malang
wisata kuliner malang bakso presiden / dolandolen.com

Untuk para wisatawan yang sering berkunjung ke Malang, bakso presiden pilihannya. Lantaran di sana merupakan tempat kuliner legendaris dan harus dikunjungi. Di tempat kuliner Malang tersebut, Anda dapat merasakan kenikmatan berbagai aneka olahan bakso khas Malang yang pastinya rasanya sudah cocok dan juara.

Jenisnya pun bermacam-macam dan tidak bikin bosan, diantaranya yaitu bakso beserta jeroan, bakso bakar yang disajikan dengan bumbu khas, dan bakso orisinal yang rasanya akan bikin Anda mau lagi dan lagi.

Adapun Kedai Bakso President berlokasi di Jalan Batanghari No. 5 Malang. Tempatnya ada pada pinggir rel kereta, dengan begitu ketika dijumpai kereta lewat, anda dapat merasakan sensasi bergetar yang lumayan kuat.

Adapun harga bakso ini berkisar antara harga Rp10.000-25.000 ini.

2. Kuliner Malang Pecel Kawi

kuliner malang pecel kawi
kuliner malang pecel kawi / travelingyuk.com

Untuk kalangan orang Jawa Timur sendiri, tentunya pecel telah termasuk kuliner khas yang pada umumnya dikonsumsi di pagi hari. Malang sendiri, pecel telah mengalami perkembangan yang lumayan cepat dan salah satu rekomendasi wisata kuliner di Malang yaitu pecel Kawi yang berlokasi di Jalan Kawi atau berdekatan dengan perempatan arah Jalan Besar Ijen.

Pecel Kawi sendiri sudah dibuka pertama kali di tahun 1975. Semenjak puluhan tahun yang lalu kedai ini selalu menghidangkan sajian pecel yang otentik, lengkap dengan lauknya yang beraneka macam. Beberapa lauk yang bisa Anda nikmati di sana yaitu tahu, ayam goreng, sapi, jeroan sampai empal goreng garing dan rasanya yang nikmat.

Tidak hanya jual pecel saja, tempat kuliner Malang yang senantiasa rame didatangi ketika jam sarapan ini sekaligus juga menyediakan rawon, lodeh, serta berbagai makanan tradisional Jawa yang lain. Harganya lumayan beragam sesuai dengan pesanan makanan anda. paket pecel lengkap memiliki harga tidak lebih dari Rp20.000 per porsi.

Pecel selin menjadi makanan khas di kota Malang, pencel juga bisa ditemui di tempat-tempat kuliner Bandung, Madiun, catering Bandung, dan daerah-daerah lainnya.

3. Kuliner Malang Hok Lay

hok lay malang
kuliner hok lay malang / cdns.klimg.com

Kuliner Malang tentunya amatlah beraneka ragam, dari yang tradisional sampai yang peranakan Tionghoa. Di salah satu sudut Kota Malang tepatnya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10, terdapat satu buah kedai tradisional yang sudah jadi legenda sampai saat kini. Pertama kali resmi dibuka tahun 1946, seiring perkembangan waktu terus saja Hok Lay mempersembahkan kuliner-kuliner otentik yang tidak cuma saja rasanya lezat namun juga termasuk murah.

Beberapa makanan khas dari Hok Lay sampai dapat bertahan lebih dari 70 tahun yaitu 3 jenis makanan. Pertama adalah cwiemie yang pengolahannya dengan presisi sekali. Kuah olahan mie tersebut memiliki rasa yang gurih sekali dan mie yang dipakai pun lembut. Berikutnya topping yang dipakai pula dapat menyatu dengan sempurna sampai anda tidak merasa puas bilamana sekedar makan 1 mangkuk saja.

Berikutnya lumpia khas Hok Lay yang rasanya tidak kalah enak. 1 porsi lumpia memuat 2 lumpia goreng yang berisi ayam serta rebung yang tidak ada baunya. Lumpia tersebut sama persis rasanya seperti yang ada di kota Semarang walau acar dan sausnya lumayan khas.

Kemudian yang paling akhir, Hok Lay yang lokasinya berdekatan dengann alun-alun ini mempunyai minuman yang disebut fosco. Pembuatan minuman tersebut amatlah tradisional dan biasa setiap hari sajiannya senantiasa berganti-ganti. Campuran cokelat dan susu yang terdapatpada fosco bisa bikin lumpia dan cwiwmie dan lumpia yang Anda makan jadi bertambah mantap.

4. Kuliner Malang Soto Geprak Mbah Djo

Kuliner Malang Soto Geprak Mbah Djo
kuliner malang soto geprak mbah djo / pinimng.com

Biasanya bukanya antara jam 08.00 hingga 18.00. Lokasi Soto Gebrak Mbah Djo yang berada di Jalan M.T. Haryono ini menghidangkan soto yang begitu enak sekali. Campuran antara bumbu yang penuh rempah dan lembutnya daging yang dipakai bisa bikin siapa saja akan ketagihan dan ingin berkunjung lagi menuju kuliner Malang yang sudah ada semenjak tahun 1936 silam.

Disamping menyediakan soto daging sekaligus ayam yang enak dan telah jadi legenda, kedai ini pula jual berbagai kuliner tradisional. Anda dapat beli nasi ayam penyet, nasi gurami, pecel, bakso, dan berbagai minuman seperti teh dan jus. Satu porsi soto di sini kira kira dipatok dengan harga antara Rp20.000-an lengkap beserta minumannya.

Oh iya, bilamana anda bertanya-tanya kenapa kedai tersebut dinamakan geprak. Sejak waktu dulu, Mbah Djo biasa menggeprak meja ketika lagi motong daging sotonya. Kebiasaannya memotong dan membuat empuk daging tersebut lah yang membuat kedai ini kemudian diberi nama soto geprak dan dapat eksis sampai saat kini.

Please rate this