Inilah Beberapa Contoh Undangan Pernikahan yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Setiap insan yang sedang menjalin hubungan asmara pastinya ingin melangkah ke tahap selanjutnya secepat mungkin. Namun hal ini bukan perkara sepele, untuk masuk ke jenjang pernikahan butuh banyak persiapan.

Persiapan paling utama dan pertama tentunya mental, sebab mental yang sudah benar-benar matang kan membawa rumah tangga menjadi lebih tentram dan damai. Selain itu, persiapan finansial juga tak kalah penting, terlebih lagi biaya untuk menikah bisa dikatakan tak sedikit.

Begitu banyak hal yang harus Anda siapkan, seperti catering, sewa gedung, make up dan pakaian, potograpi, hingga undangan pernikahan. Ya salah satu persiapan yang harus diurus jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan adalah undangan.

Undangan pernikahan sendiri bisa dibuat sesuai dengan keinginan dan budget. Bagi Anda yang memiliki skil khusus membuat undangan pernikahan atau memiliki budget minim untuk persiapan ini, Anda bisa membuatnya sendiri.

Begitu banyak contoh undangan pernikahan yang bisa Anda jadikan referensi, sehingga tak ada lagi kerepotan untuk masalah desain ataupun format penulisannya.

Bagian-Bagian Undangan Pernikahan

Sama seperti penulisan surat resmi, undangan pernikahan juga terdiri dari beberapa bagian penting yang tak boleh terlewatkan. Apa saja bagian-bagian itu? Berikut beberapa diantaranya.

Nama Terundang

Pada bagian depan dari surat undangan, biasanya akan tertulis nama orang atau kelompok yang diundang lengkap dengan alamatnya. Semisal “Kepada Bapak Suratman di Kalikajar”.

Jika Anda mengundang satu instansi atau kelompok secara full, Anda bisa menghemat undangan dengan menggunakan nama kelompok/instansi terkait. Dengan begitu Anda tak lagi harus membagikan undangan satu persatu.

Salam Pembuka

Untuk salam pembuka pada undangan pernikahan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Semisal untuk undangan pernikahan islami maka bisa menggunakan “Assalamu’alaikum wr.wb”.

  1. Pembuka

Di bagian ini, pembukaan ringan seperti pujian terhadap Tuhan bisa Anda tuliskan secara singkat, kemudian dilanjutkan dengan tujuan Anda memberikan undangan ini, yakni untuk mengundang di acara pernikahan kedua mempelai.

Isi

Bagian inti dari undangan pernikahan, yakni nama kedua mempelai lengkap dengan nama kedua ayah dan keterangan tanggal akad nikah. Keterangan akad nikah ini juga akan disertai dengan waktu dan tempat penyelenggaraan, sehingga tamu bisa mengetahui dengan detail kapan dan dimana akad berlangsung.

Penutup dan Salam Penutup

Penutup undangan pernikahan biasanya berupa ucapan terimakasih pada calon tamu undangan dan juga harapan kehadiran dari yang bersangkutan. Selanjutnya pada bagian bawahnya akan diikuti dengan salam penutup yang disesuaikan dengan salam pembuka.

Tanggal Undangan

Di sisi lain dari tanggal akad, Anda akan menjumpai serangkaian tanggal, waktu dan juga tempat resepsi. Sebenarnya sebagai pihak tamu yang perlu diperhatikan adalah bagian ini.

Selain menunjukkan tanggal, waktu dan tempat, beberapa jenis undangan juga menyertakan keterangan lain semisal hiburan atau lainnya.

Yang Mengundang

Kerap kali Anda mendapatkan undangan namun kurang paham pihak manakah yang mengundang Anda secara langsung. Nah untuk menghindari hal ini, Anda juga perlu mencantumkan nama-nama pihak yang mengundang, semisal keluarga kedua mempelai atau saudara kedua mempelai yang mengusulkan beberapa tamu undangan khusus dalam acara pernikahan Anda.

Beberapa bagian utama dari undangan pernikahan tersebut harus ada semua dan tersusun rapi. Dengan begitu tamu yang diundang bisa lebih paham siapa yang mengundang dan kapan harus datang pada acara tersebut.

Komponen Undangan Pernikahan

Selain memiliki bagian-bagian penting yang tak boleh terlewatkan, undangan pernikahan juga terdiri dari beberapa komponen yang tak kalah pentingnya. Selain berperan penting, komponen-komponen ini juga berfungsi sebagai pelengkap dan pemanis tampilan undangan pernikahan.

Baca juga :   Informasi Terlengkap BPJS Ketenagakerjaan Secara Detail dan Jelas

Amplop

Bagian paling luar dari undangan pernikahan adalah amplop. Sebenarnya bagian ini tidak penting, sebab saat ini juga banyak undangan pernikahan yang tak menggunakan amplop.

Hanya saja bagi Anda yang ingin menggundangan, tentu undangan pernikahan Anda akan tampak lebih menarik dan elegan. Dari bagian amplop ini akan tertulis nama terundang atau orang yang diundang serta alamat.

Bentuk amplop undangan pernikahan sendiri sudah sangat variatif dan tak selalu tertutup di seluruh bagiannya.

Cover

Selanjutnya ada bagian cover yang ada di sisi paling depan dari undangan pernikahan. Cover undangan pernikahan sendiri bisa diisi dengan nama terundang ataupun hanya sekedar cover tanpa keterangan apapun.

Meskipun terdengar sepele, tapi bagian inilah yang bisa membuat undangan pernikahan terkesan indah atau sebaliknya. Jadi tak heran jika desainnya akan dibuat semaksimal mungkin.

Teks Undangan Pernikahan

Sebenarnya bagian-bagian undangan pernikahan seperti keterangan di atas masuk ke teks undangan pernikahan. Dimana Anda bisa menuliskan pembuka, isi hingga penutup di bagian dalam undangan ini.

Ragam bentuk dan sisinya pun beragam, bisa berupa dua halaman undangan, tiga atau hanya satu bagian saja.

Komponen undangan tersebut sifatnya bisa optional, disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan budget Anda.

Contoh Undangan Pernikahan

Nah buat Anda yang ingin membuat undangan pernikahan sendiri, beberapa contoh undangan pernikahan berikut mungkin bisa menginspirasi.

Contoh Undangan Pernikahan 1

Maha Suci Allah yang telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan.

Ya Allah perkenankanlah putra putri kami :

Azmi bin Amir

dengan

Zulaika binti Ridwan

Untuk melaksanakan syariat Mu dan mengikuti sunah Rosul Mu dalam membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, maka izinkanlah kami menikahkan mereka.

 

 Akad Nikah akan dilaksanakan pada :

Hari Ahad, 6 Januari 2020

Pukul 08.00 WIB

Bertempat di kediaman mempelai wanita.

Contoh Teks Undangan Bagian Kedua : Undangan resepsi.

Bali, 20 Februari 2020

Bismillahirrahmaanirrahiim.

ssalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, kami bermaksud menyelenggarakan Resepsi pernikahan putra-putri kami yang insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari : Senin 25 Februari 2020

Pukul : 10.00 – 15.00 WIB

Bertempat di Gedung Balai Budaya 

Jl. Ngurahrai No. 4 Bali.

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan do’a dan restunya kepada kedua mempelai.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Keluarga Mempelai Pria            Keluarga Mempelai Wanita

Kedua Mempelai.

Contoh Undangan Pernikahan 2

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya. Serta shalawat yang senantiasa kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang selalu kita nantikan sysfaatnya kelak di hari akhir.

Dengan ini kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i dalam acara resepsi pernikahan putra kami:

Imam Arifin Adi, S.Ag.
Bin Kosyim

Dengan

Alika Asiyah, S.Pd.
Binti H. Ahmad Zanul

Acara Resepsi Pernikahan ini insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal    : Senin, 5 Februari 2020

Waktu        : Pukul 11.00 – selesai
Tempat    : Rumah Bapak Kosyim, jalan Angkatan No. 45 Bandung

Merupakan suatu kehormatan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir pada acara tersebut dan memberi restu kepada kedua mempelai. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Hormat kami,
Bapak Kosyim sekeluarga

Contoh Undangan Pernikahan 3

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kita curahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan yang telah menciptakan setiap makhlukNya berpasang – pasangan. Serta shalawat yang senantiasa kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk turut hadir dalam acara Resepsi Pernikahan putri kami:

Ananda Handayani, S.E.
Binti Ahmad Mujiono

dengan

Rizki Ilham, M.Pd.
Bin Sulaiman

    Yang insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal    : Jumat, 10 Mei 2020
Waktu        : Pukul 13.00 – selesai
Tempat    : Kediaman Bapak Ahmad Mujiono, Desa Jati Kering Rt 7, Rw 5, Karanganyar

Merupakan suatu kehormatan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir pada acara tersebut dan memberi restu kepada putra dan putri kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.


Wassalamu’alaikum wr. wb.

Hormat kami,

Bapak Ahmad Mujiono

Contoh Undangan Pernikahan 4

Assalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga :   35+ Gambar Kayu Jati yang Unik, Terbesar, Termahal di Dunia

Dengan memohon rahmat dan ridho Allah, kami bermaksud melaksanakan acara Walimatul Ursy/Tasyakurn Pernikahan anak kami, yang Insya Allah akan diselenggarakan besok pada:

Hari & Tanggal  : Rabu, 16 Agustus 2019

Waktu                : 09.00 WIB – Selesai

Tempat               : Gedung Mawar, Jalan Pemuda No. 05 Nganjuk

Merupakan suatu kebahagiaan apabila Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada mempelai.

Atas kehadiran dan Do’a restu Bapak/Ibu/Saudara/Saudari kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kami yang berbahagia

Bp.Supardi – Ibu Lilik

“Aprilianni Kartika Sari – Sulthon Zafarrudin“

Contoh Undangan Pernikahan 5

Maha suci Allah yang telah menciptakan mahluk-Nya berpasang-pasangan.
Ya Allah, perkenankanlah kami merangkaikan kasih sayang yang Kau ciptakan diantara putra-putri kami

(NAMA PENGANTIN WANITA)
Elisa Anita

Binti Bapak Salim

dengan

Ibnu Ashari

Bin Bapak Alim

untuk melaksanankan syariat agama-Mu, mengikuti sunnah rasul-Mu

dalam membentuk rumah tangga Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah dalam ikatan pernikahan

yang insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari, tanggal    : Jumat, 11 April 2020

Waktu   : Pukul 14.00 – Selesai
Tempat    : Kediaman Bapak Alim, Gunung Tugel Rt 6, Rw 5, Garung, Ngawi

Atas kehadiran dan doa restu Bapak/Ibu/Saudara/i kami ucapkan terima kasih
Kami yang berbahagia
Bapak Salim – Ibu Amaliah

Elisa – Ibnu

Contoh Undangan Pernikahan 6

Dalam do’a dan kasih sayang
Kami besarkan putra putri kami, dan Allah SWT mempertemukan hati mereka
untuk berbagi cinta, harapan, dan kehidupanYa Allah, semoga Engkau memperkenankan Putra putri kami:

(NAMA PENGANTIN WANITA)
Nama Ayah mempelai wanita
dan
(NAMA PENGANTIN PRIA)
Nama Ayah mempelai pria

Untuk mengikuti sunnah rasul-Mudalam membentuk dan membina rumah tangga Sakinah, Mawaddah Wa Rahmahdalam ikatan pernikahan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

HARI/TANGGAL/BULAN/TAHUN :
JAM :
TEMPAT  :

Merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada kedua mempelai

Yang berbahagia:

(NAMA AYAH & IBU PENGANTIN WANITA) (NAMA AYAH & IBU PENGANTIN PRIA)

(NAMA PENGANTIN WANITA & PENGANTIN PRIA)

Contoh Undangan Pernikahan 7

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon Ridho serta Rahmat Allah SWT, kami bermaksud menyelenggarakan Resepsi Pernikahan putra-putri kami:

(NAMA PENGANTIN WANITA)
Nama Ayah dan Ibu mempelai wanita
dengan
(NAMA PENGANTIN PRIA)
Nama Ayah dan Ibu mempelai pria

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:
HARI/TANGGAL/BULAN/TAHUN :
JAM :
TEMPAT :

Terukir kesan yang dalam dihati kami apabila Saudara,

Kerabat dan Handai Taulan berkenan hadir untuk mengiringi,serta memberikan do’a restu kepada putra-putri kami
dalam menapaki lembaran baru perjalanan hidup mereka.

Contoh Undangan Pernikahan 8

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Dengan memohon Ridho serta Rahmat Allah SWT, kami bermaksudmenyelenggarakan Resepsi Pernikahan putra-putri kami:

(NAMA PENGANTIN WANITA)
Putri ke… dari (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)
dengan

(NAMA PENGANTIN PRIA)
Putra ke.. dari (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:
HARI/TANGGAL/BULAN/TAHUN :
JAM :
TEMPAT  :
Kehadiran anda adalah silaturahmi,Do’a restu anda adalah kado terindah

Bagi kami kehadiran anda adalah merupakan doa’ restu yang tak ternilai harganya. Jazakumullahu Khairan Katsiran, hanya kepada Illahi Robbi tercurah do’a sebagai ungkapan terima kasih kami

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Kami yang berbahagia
(NAMA AYAH & IBU PENGANTIN WANITA) (NAMA AYAH & IBU PENGANTIN PRIA)

(NAMA PENGANTIN WANITA & PENGANTIN PRIA)

Contoh Undangan Pernikahan 9

Dalam do’a dan kasih sayang
Kami besarkan putra putri kami, Allah SWT mempertemukan hati mereka untuk berbagi cinta, harapan, dan kehidupan

Ya Allah, semoga Engkau memperkenankan Putra putri kami:

(NAMA PENGANTIN WANITA)
Nama Ayah dan Ibu mempelai wanita

Baca juga :   Kumpulan Situs Terbaik Nonton Movie Untuk Anda yang Doyan Film

dan

(NAMA PENGANTIN PRIA)
Nama Ayah dan Ibu mempelai pria
untuk mengikuti sunnah rasul-Mudalam membentuk dan membina rumah tangga Sakinah, Mawaddah Wa Rahmahdalam ikatan pernikahan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:
HARI/TANGGAL/BULAN/TAHUN :
JAM :
TEMPAT  :
Merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada kedua mempelai

Yang berbahagia:
(NAMA AYAH & IBU PENGANTIN WANITA) (NAMA AYAH & IBU PENGANTIN PRIA)
(NAMA PENGANTIN WANITA & PENGANTIN PRIA)

Contoh Undangan Pernikahan 10

He has made everything beautiful in His time, beautiful when He unites us… beautiful when He rises the love…and beautiful when He be so kind as to join our love into Holy Matrimony

(NAMA PENGANTIN WANITA)
The ..st/nd/th daughter of… (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)

with

(NAMA PENGANTIN PRIA)
The ..st/nd/th son of… (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)

Wedding reception:

(Day/Date/Month/Year) :
(Time) :
(Place) :

Our joy will be more complete with your presence and blessing in this celebration of love

Sincerely yours

(NAMA AYAH & IBU PENGANTIN WANITA) (NAMA AYAH & IBU PENGANTIN PRIA)
(NAMA PENGANTIN WANITA & PENGANTIN PRIA)

Contoh Undangan Pernikahan 11

It is our moment to celebrate the love that unite us
(NAMA PENGANTIN WANITA)
The ..st/nd/th daughter of… (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)
with
(NAMA PENGANTIN PRIA)
The ..st/nd/th son of… (NAMA AYAH) & (NAMA IBU)

We invite you to share with us this joyous
Celebration of love at our marriageon:

(HARI/TANGGAL/BULAN/TAHUN)
(JAM)
(TEMPAT)

Our joy will be more complete with your presence and blessing in this celebration of love
Sincerely yours
(NAMA AYAH & IBU PENGANTIN WANITA) (NAMA AYAH & IBU PENGANTIN PRIA)

(NAMA PENGANTIN WANITA & PENGANTIN PRIA)

Itu dia beberapa contoh penulisan undangan pernikahan. Tentunya setiap contoh undangan pernikahan di atas memiliki susunan atau format yang berbeda, namun dengan bagian-bagian penting yang lengkap di setiap contohnya.

Selain memperhatikan teks pada undangan pernikahan, Anda juga perlu memilih desain yang cantik. Untuk desainnya pun Anda bisa membuat sendiri menggunakan software desain grafis. JIka pun Anda tak memiliki kemampuan menggunakan software serupa, Anda dapat memanfaatkan situs online yang menawarkan desain undangan pernikahan secara grafis, sehingga Anda hanya perlu mengedit bagian teksnya saja.

 

Leave a Comment