Cara Screenshot di Laptop Pada Sistem Operasi Windows, Mac dan Linux No ratings yet.

7 min read

Cara Screenshoot Di Laptop Pada Sistem Operasi Windows Mac dan Linux

Bagi Anda yang pekerjaan kesehariannya berhadapan dengan layar laptop pasti sudah paham betul tentang tata cara penggunaan laptop, termasuk fungsi-fungsi jalan pintas pada tombol keyboard laptop, termasuk mendengar istilah Screenshot di laptop. Bukan hanya paham, mungkin juga kegiatan Screenshot pada laptop sudah sering Anda lakukan.

Tetapi bagi orang yang tidak terbiasa berhadapan dengan layar laptop mungkin masih sedikit asing dengan hal ini, bahkan cara Screenshot di laptop pun belum mengetahuinya. Mengapa sih harus tahu bagaimana cara untuk Screenshot di laptop dan seberapa pentingnya mengetahui hal ini dalam penggunaan laptop? Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengapa Screenshot Pada Laptop?

Penggunaan laptop itu banyak sekali, bagi orang yang baru mengenal laptop mungkin baru memfungsikannya sebagai papan ketik dan menyimpan file saja, tetapi bagi Anda yang sudah mahir bergelut dengan layar laptop, mungkin penggunaannya melebihi pengetahuan itu saja, untuk browsing atau membuat video YouTube misalnya yang sekarang sedang menjadi trend hobi masa kini yang mendatangkan banyak jumlah rupiah.

Dalam penggunaan laptop, dikenal juga istilah Screenshot pada laptop. Apakah Anda juga pernah mendengarnya? Kira-kira apa fungsi dari Screenshot itu sendiri dan seberapa penting melakukan hal ini?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, laptop itu bervariasi penggunaannya, bukan hanya sebagai papan ketik juga nyaman untuk melakukan penelusuran jaringan Google. Misalnya saja Anda melakukan browsing materi atau informasi penting ke internet.

Anda tentu paham dong segala pertanyaan bisa dijawab dengan baik oleh Google. Google akan memberikan jawaban atas pertanyaan Anda dalam waktu yang singkat, dan dengan jawaban yang detail bahkan beberapa macam pilihan jawaban. Asalkan Anda memiliki kuota yang cukup dan kekuatan sinyal yang memadai.

Kembali ke pembahasan awal, melakukan penelusuran Google, sebut saja materi dalam PDF atau Word, tidak semuanya bisa di-copy paste. Ada beberapa alamat web yang memberikan proteksi terhadap materi atau informasi yang diberikan baik dalam bentuk Word ataupun PDF. Sedangkan Anda membutuhkan informasi tersebut dan butuh juga untuk menyimpannya.

Di saat seperti demikian, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan menuliskan informasi tersebut dalam Word baru, kemudian menutup laman webnya ataukah membacanya sekilas kemudian setelah sedikit memahami baru akan menutup laman web?

Cara ini boleh-boleh saja Anda lakukan, tetapi tahukah Anda ada cara lain yang lebih praktis dan mudah bahkan bisa Anda simpan dalam bentuk dan rupa yang sama. Cara ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin membacanya lagi, tetapi belum sempat mengabadikan informasi dengan mengetiknya terlebih dahulu.

Apakah cara yang dimaksud? Benar sekali, yaitu dengan melakukan Screenshot pada laptop. Anda bisa men-Screenshot bagian laman web yang diperlukan kemudian menyimpannya. Ada hal penting lagi nih, ketika Anda men-secreenshot, mungkin bisa dikatakan perintah ini seperti perintah “Cut” dimana harus ada tempat untuk meletakan atau mem-paste-nya.

Nah, setelah men-secreenshot bagian yang Anda inginkan, maka sebelum menyimpannya, Anda bisa membuka aplikasi “Paint”, kemudian paste pada aplikasi “Paint” tersebut kemudian baru bisa menyimpannya. Tentukan ruang penyimpanan terbaik yang Anda pasti ingat dimana tempatnya ketika ingin membukanya kembali.

Itulah salah satu pentingnya dapat melakukan Screenshot pada laptop. Masih banyak alasan lain mengapa dapat melakukan Screenshot pada laptop ini penting, dan Anda harus bisa melakukannya.

Itu hanya satu dari banyaknya alasan mengapa orang melakukan Screenshot pada laptop. Intinya ketika seseorang ingin menyimpan tampilan yang sama dari sebuah laman atau file atau gambar dan tidak bisa meng-copy-nya, maka cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan Screenshot.

Baca juga :   Akankah Manusia Masih Dibutuhkan dengan Munculnya Robot-Robot Ini ?

Sudah tahu salah satu alasan pentingnya, lalu bagaimana cara Screenshot di laptop? Apakah untuk setiap operating system memiliki langkah yang sama dalam cara untuk Screenshot di laptop? Semakin penasaran kan? Makanya baca terus sampai bawah ya!

Cara Screenshot di Laptop Windows

Mengambil Screenshot atau yang juga dikenal dengan istilah screen capture merupakan sebuah langkah untuk mengambil citra gambar tidak bergerak pada layar, baik pada layar PC, Linux, Mac ataupun smartphone dan tablet.

Gambar yang Anda Screenshot bisa berupa apa saja, mulai dari tampilan aplikasi. berita dan website, atau apapun yang Anda butuhkan untuk disimpan atau akan dikirim ke seseorang.

Langkah mudah cara Screenshot di laptop yang biasanya dilakukan adalah mengambil citra layar kemudian menyimpannya dalam bentuk file foto, atau ditempel atau paste pada beberapa aplikasi tertentu seperti aplikasi Paint, Microsoft Word, Photoshop atau PDF.

Teknik Screenshot di laptop atau layar komputer ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan atau tergantung sistem operasi yang digunakan. Seperti yang Anda ketahui, sistem operasi atau operating system itu banyak jenisnya, misalnya Linux, Mac ataupun Windows yang bisa digunakan kebanyakan orang.

Yang pertama akan dibahas adalah cara Screenshot di laptop pada Windows atau laptop yang menggunakan Operating Systemnya Windows. Bagaimana sih caranya? Cara untuk Screenshot di laptop pada Windows SO bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti berikut ini.

Snipping Tool

Cara Screenshot di laptop pada Windows SO yang pertama adalah melalui Snipping Tool. Apa itu Snipping Tool? Snipping Tool adalah aplikasi bawaan dari Windows yang sudah tersedia secara free atau gratis, sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.

Letak aplikasi Snipping Tool sendiri berada di Windows Accessories untuk Windows 8 dan Windows 10 dan terletak di Accessories untuk Windows 7.

Memang letaknya berbeda-beda tergantung pada jenis Windowsnya, jika Anda bingung dimana letaknya, tinggal cari saja di kolom pencarian, ketikan Snipping Tool pada papan pencarian maka akan muncul letak aplikasi yang Anda inginkan.

Cara Screenshot di laptop dengan aplikasi Snipping Tool melalui beberapa tahapan. Untuk dapat melakukannya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

  • Pertama, buka layar atau bagian yang akan Anda Screenshot.
  • Buka aplikasi Snipping Tool kemudian klik New
  • Kemudian, lakukan seleksi bagian yang akan Anda simpan atau gunakan dengan menyeret, atau menggeser mouse pada bagian layar yang ingin di-Screenshot, kemudian lepaskan.
  • Jika sudah benar dan sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol Disket (save snip) untuk menyimpan.

Dengan Tombol Prnt Scrn

Di dalam papan ketik laptop atau tombol keyboard terdapat sebuah tombol yang tulisannya Prnt Scrn atau Prnt Sc Sysrq. Biasanya terdapat pada urutan ketiga dari kanan pojok kiri atas.

Penggunaan tombol Prnt Scrn sebagai jalan pintas cara Screenshot di laptop pastinya sudah banyak diketahui oleh para pekerja layar laptop. Terutama para pengguna Windows yang sebagian besar menggunakan cara ini untuk mengambil Screenshot layar.

Pada dasarnya, cara untuk Screenshot di laptop dengan tombol kombinasi Screenshot layar Windows dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • PrntScrn yaitu untuk mengambil Screenshot untuk keseluruhan gambar pada layar laptop
  • Alt+PrntScrn yaitu untuk mengambil Screenshot hanya pada jendela yang aktif saja

Untuk mengambil Screenshot layar menggunakan tombol PrntScrn sendiri ada beberapa kombinasi berbeda tergantung anatomi keyboard yang Anda gunakan. Pada sebagian laptop untuk melakukan Screenshot ini perlu untuk menambahkan kombinasi tombol Fn atau tombol Windows khusus laptop merk Hp sebagai ganti memberikan perintah fungsi PrntScrn.

Jadi kombinasi tombol keyboard yang Anda perlukan adalah Fn+PrntCrn atau bisa juga dengan menggunakan Fn+Alt+PrnScrn. Setelah menekan tombol PrntScrn ini kemudian Anda perlu membuka aplikasi pendukungnya seperti Photoshop, Paint, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menempelkan gambar yang Anda screen.

Baca juga :   Komponen Komputer Lengkap Dengan Fungsi dan Gambarnya

Caranya sangat mudah, pertama Anda membuka dokumen baru, sebut saja pada aplikasi Ms Word, setelah membuka dokumen baru kemudian tempelkan hasil Screenshot layar pada dokumen baru tersebut dengan menggunakan perintah paste.

Perintah paste atau tempelkan ini bisa dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+V, atau bisa juga dengan mengklik kanan sembarang bagian pada layar dokumen kemudian pilih paste dan Screenshot Anda akan tertempel di sana.

Sebenarnya banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan sebagai cara Screenshot di laptop seperti Lightshot. Namun kedua cara yang telah disebutkan di atas sepertinya sudah cukup sebagai cara Screenshot di laptop termudah untuk Windows yang bisa Anda praktikkan sendiri secara langsung setelah ini.

Cara Screenshot di Laptop Mac

Berbeda SO atau sistem operasi atau Operation System yang digunakan maka berbeda juga cara penggunaan untuk masing-masing perintahnya. Jika tadi sudah dijelaskan cara untuk Screenshot di laptop pada Windows, lalu bagaimana melakukan Screenshot laptop pada Mac? Apakah sama caranya ataukah memiliki sedikit perbedaan?

Berbeda dengan Windows dimana cara Screenshot di laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan Snipping Tool atau menggunakan tombol PrntScrn atau dengan beberapa kombinasi tombol, melakukan Screenshot layar laptop pada SO Mac ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana.

Cara Screenshot di laptop pada Operation System Mac dapat Anda lakukan dengan beberapa pilihan cara di bawah ini.

Menggunakan Timer

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan timer dengan memanfaatkan aplikasi Grab. Aplikasi Grab sendiri merupakan salah satu aplikasi bawaan dari OS X.

Aplikasi Grab ini berfungsi untuk mengambil Screenshot baik untuk mengambil Screenshot satu layar penuh, mengambil Screenshot hanya pada wilayah yang diseleksi ataupun mengambil Screenshot untuk jendela yang sedang aktif saja. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Grab ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil Screenshot menggunakan timer.

Pertanyaannya sudah tahukah caranya menggunakan aplikasi Grab ini dalam mengambil Screenshot layar pada laptop? Berikut caranya:

  • Masuk ke folder utilities kemudian cari aplikasi Grab
  • Jalan aplikasi Grab tersebut dan tekan Ctrl+Shift+Z untuk mengambil timed Screenshot.

Fungsi ini sangat bermanfaat ketika Anda tidak dapat mengambil Screenshot ketika shortcut sebuah aplikasi menimpa shortcut pengambilan Screenshot.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara Screenshot di laptop pada Mac dengan menggunakan tombol kombinasi bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Ctrl+Alt+3 untuk mengambil Screenshot pada satu layar penuh
  • Ctrl+Shift+4 untuk mengambil tangkapan layar hanya pada area yang diseleksi
  • Ctrl+Shift+4+Space untuk mengambil tangkapan layar hanya pada jendela tertentu misalnya Screenshot untuk Safari saja tekan tombol Ctrl+Shift+4 kemudian tekan Space maka akan muncul sebuah kamera kecil. Pilih jendela yang Anda inginkan untuk di Screenshot lalu hasilnya akan muncul pada desktop.

Cara Screenshot di Laptop Linux

Setelah tadi sudah mengetahui perbedaan cara untuk Screenshot di laptop di OS Mac dan Windows, ketahui juga bagaimana perbedaan cara Screenshot dalam OS Linux. Sebenarnya, mengambil Screenshot gambar pada Sistem Operasi Linux hampir sama dengan Windows atau Mac dari sisi kombinasi tombol. Adapun penjelasan secara lebih lengkap seperti di bawah ini.

Tombol PrntScrn

  • Tombol PrntScrn untuk mengambil Screenshot layar secara penuh atau menyeluruh
  • Alt+PrntScrn untuk mengambil Screenshot hanya pada jendela yang menyala saja

Hanya saja ketika Anda telah menekan tombol kombinasi tersebut kemudian akan muncul tampilan layar dengan perintah Klik Save untuk langsung menyimpan dalam format PNG atau pilihan Open With untuk membuka hasil tangkapan Screenshot Anda, dan menggunakan software editing gambar untuk pengolahan lebih lanjut.

Menggunakan Terminal

Selain menggunakan kombinasi tombol, Anda juga bisa menggunakan Terminal sebagai salah satu cara Screenshot di laptop. Langkah penggunaan Terminal ini untuk Screenshot adalah sebagai berikut.

  • Gunakan kombinasi tombol CTRL+Alt+T untuk membuka aplikasi Terminal
  • Jika aplikasi Gnome Screenshot belum tersedia ditandai dengan notifikasi yang berbunyi The Program gnome Screenshot is currently not installed. Ketik perintah sudo apt install gnome Screenshot
  • Kemudian, jika aplikasi ini belum tersedia dan Anda ingin menggunakannya, untuk mengunduh aplikasi ini Anda bisa melakukannya lewat Terminal dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  • Jika sudah selesai, ulangi perintah gnome-Screenshot untuk mengambil tangkapan layar kembali
Baca juga :   Komputer Generasi Ketiga | Sejaran, Penjelasan, dan Kelebian Disertai Gambar

Ada beberapa kombinasi perintah untuk mengambil Screenshot melalui Terminal ini sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Beberapa perintah yang bisa Anda gunakan seperti di bawah ini;

  • Untuk mengambil Screenshot jendela yang aktif gunakan perintah gnome-Screenshot-w kemudian tekan Enter
  • Setelah itu klik jendela yang ingin Anda Screenshot, sesegera mungkin setelah menekan tombol Enter
  • Untuk mengambil tangkapan layar atau Screenshot pada area yang diinginkan saja Anda bisa menggunakan perintah gnome-Screenshot-a
  • Untuk mengambil tangkapan layar dengan pilihan yang lebih interaktif Anda bisa menggunakan perintah gnome-Screenshot-i. Dengan menggunakan perintah ini akan muncul jendela pop-up beberapa pilihan perintah yaitu sebagai berikut:
  1. Grab the whole screen yaitu perintah untuk mengambil tangkapan layar secara keseluruhan
  2. Grab the current windows yaitu perintah untuk mengambil tangkapan layar hanya pada jendela yang aktif saja
  3. Grab are to grab yaitu perintah untuk mengambil tangkapan layar pada area yang diseleksi saja.

Pilih salah satu perintah di atas kemudian tekan klik Take Screenshot. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

  • Name fungsinya untuk mengganti nama file jika diperlukan
  • Save in folder untuk tata letak penyimpanan file gambar hasil tangkapan layar
  • Jika sudah kemudian klik Save untuk menyimpannya.

Itulah beberapa cara Screenshot di laptop baik untuk Operation System Windows, Mac ataupun Linux. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan mengambil Screenshot pada ketiga OS terkenal di atas. Kalau sudah tahu manfaat dari Screenshot ini pasti Anda akan sering-sering menggunakan perintah ini. Gunakan pilihan cara termudah dan terbaik menurut Anda untuk melakukan tangkapan layar. Semoga bermanfaat.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *