Begini Cara Mengusir Tikus yang Ampuh Agar Tidak Balik Lagi

Siapa sih yang tidak tahu tikus? Semua orang pasti tahu. Ya, hewan yang satu ini dianggap sebagai salah satu hama. Mengapa? Sebab ia itu memiliki sifat mengganggu, sumber penyakit, pembawa masalah dan pastinya menjijikkan.

Tikus biasanya ditemukan di tempat-tempat yang kotor misalnya seperti di tempat sampah, got, pipa, sawah atau bahkan di rumah. meskipun rumah sudah dibersihkan setiap hari, tetap saja si tikus ini datang.

Hal inilah yang membuat banyak orang stres dan kewalahan saat mencoba cara mengusir tikus. Sebab, si tikus ini begitu lincah dan bahkan sudah dijebak dengan berbagai cara tidak kunjung hilang. Apalagi jika tikus ini memakan barang-barang penting yang ada di rumah.

Misalnya saja seperti ijazah, sertifikat rumah, surat penting dan masih banyak lainnya. Maka yang Anda rasakan pasti emosi yang sangat besar. ya, mau marah namun marah kepada tikus pun percuma.

Dari pada Anda marah-marah dan nantinya bisa darah tinggi, maka kali ini akan diberikan solusi bagaimana sih cara mengusir tikus yang tepat dan cepat. namun sebelum itu, Anda harus menyimak informasi di bawah ini terlebih dahulu.

Kemungkinan Terburuk Akibat Adanya Tikus

Adanya tikus di rumah tentunya sudah dipastikan mengganggu. Selain mengganggu, tahukah Anda jika ada kemungkinan terburuk yang diakibatkan oleh tikus. Bahkan, hal ini juga bisa berdampak serius lho.

Mau tahu apa saja kemungkinan terburuk itu? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Tikus Berbahaya Bagi Kesehatan

Tahukah Anda jika tikus bisa menularkan penyakit ke manusia. Cara penularan penyakit ini juga dilakukan dengan banyak cara, mulai dari gigitan, penyakit yang merambat ke tubuh, mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan kotoran tikus, ataupun digigit oleh kutu yang sebelumnya sudah pernah menggigit tikus.

Adapun beberapa penyakit yang disebabkan oleh adanya tikus diantaranya adalah sebagai berikut.

Alergi dan Asma

Tahukah Anda jika kotoran tikus bisa menyebabkan seseorang alergi atau bahkan asmanya kumat. Hal ini biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak terutama yang masih suka merangkak atau main di lantai. Mereka sangat rentan untuk terinfeksi penyakit ini.

Leptosiporis

Mungkin penyakit ini kurang gejalanya tidak terlalu jelas. Namun ternyata ini juga termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh tikus. Beberapa gejala yang sering muncul seperti hilangnya nafsu makan, sakit kepala, demam, nyeri otot atau bahkan ada yang menggigit.

Namun, ada juga orang yang terkena penyakit ini sampai mengalami gangguan yang serius. Misalnya saja seperti penyakit kuning, batuk darah, nyeri pada dada, hingga sesak napas.

Penyakit Pes

Ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh gigitan kutu yang mana kutu tersebut sudah pernah menggigit tikus sebelumnya. Adapun penyakit ini sendiri hadir dalam tiga bentuk yakni pes yang menyerang kulit, pes pada paru-paru serta pes yang menyerang darah.

Virus Hanta

Ini juga menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh tikus. Ketika Anda terinfeksi virus ini, maka gejala yang sering dialami adalah demam, nyeri otot, menggigil, kelelahan, mual, muntah, pusing, sakit kepala hingga sakit perut.

Namun, setelah beberapa hari, Anda akan mengalami batuk atau bahkan mengalami sesak napas. Biasanya orang yang terkena penyakit ini sudah melakukan kontak langsung dengan tikus yang telah terinfeksi virus hanta.

Tularemia

Jenis penyakit ini biasanya memiliki gejala yang tidak terdeteksi. Bahkan, gejalanya akan terdeteksi ketika sudah terinfeksi selama 3 sampai 5 hari. Adapun efek samping yang terjadi karena terinfeksi penyakit ini adalah munculnya borok pada kulit, sakit kepala, batuk, demam, menggigil, kelelahan, diare, muntah hingga sakit pada tenggorokan.

Baca juga :   Fungsi Garam dengan Berjuta Manfaat Yang Belum Kamu Ketahui

Tikus Mengotori Rumah

Selain berbahaya bagi kesehatan, tikus juga memberikan dampak buruk bagi rumah yakni membuat rumah menjadi kotor. Kebiasaan tikus yang membuang kotoran sembarangan tentu sangat mengganggu.

Apalagi urin tikus sangat berbau menyengat dan bahkan membuat rumah terlihat lebih kumuh. Lebih parahnya lagi, rumah yang ada tikusnya di dalam juga sering barang-barangnya diinjak oleh tikus. Hal ini tentunya secara langsung sangat tidak baik bagi kesehatan.

Dan yang paling parah, tikus juga sering memakan baju yang ada di lemari. Bahkan, dokumen-dokumen penting seperti sertifikat rumah, ijazah juga banyak yang dimakan oleh tikus. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa terganggu.

Namun, masih banyak pemiliknya yang kurang menjaga kebersihan rumah, sehingga rumah dijadikan sebagai sarang untuk para tikus-tikus.

Tikus Merugikan Petani

Selain itu, tikus juga merugikan banyak petani. Karena itu, tikus dianggap sebagai hama sawah yang banyak diburu oleh petani. Bahkan, karena ulah tikus, banyak petani yang gagal panen.

Sebab, seharusnya hasil panen berlimpah namun tanaman atau buahnya dimakan oleh tikus. Sebut saja seperti panen padi atau jagung, banyak petani yang merugi karena belum sampai panen sawahnya sudah hancur karena ulah tikus.

Cara Mengusir Tikus Ampuh dan Tidak Kembali Lagi

Cara mengusir tikus di rumah dan tikus di sawah ada dasarnya hampir sama saja. bedanya di rumah Anda harus rajin membersihkan rumah. sedangkan di sawah, maka Anda harus rajin menutup rumah tikus yang mengganggu.

Namun, ternyata ada cara ampuh untuk mengusir tikus yang bisa Anda coba. Caranya ada dua jenis yakni dengan menggunakan obat-obatan dan ada juga yang menggunakan cara yang alami. Mau tahu seperti apa cara yang bisa Anda lakukan? Dari pada penasaran, langsung saja simak cara mengusir tikus curut di bawah ini selengkapnya.

Cara Mengusir Tikus Menggunakan Obat

Sudah melakukan berbagai cara mengusir tikus namun tak kunjung berhasil? Tenang saja, karena saat ini ada beberapa rekomendasi racun tikus yang bisa Anda coba dan dijamin manjur banget.

Tidak hanya digunakan untuk membunuh tikus saja, namun racun tikus ini juga bisa membasmi hewan pengerat lainnya. Penasaran obat tikus apa yang bisa Anda gunakan? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Petrokum Bodifakum

Ini adalah salah satu obat tikus yang dapat membunuh tanpa mengeluarkan bau. Hal inilah yang menjadikan bat ini berbeda dengan obat tikus lainnya. Bahkan, kemampuan dari racun ini adalah ia bisa membunuh tikus sampai kering tanpa mengeluarkan bau busuk sedikit pun.

Menariknya lagi, jenis obat yang satu ini bisa digunakan untuk membunuh segala macam tikus. Bahkan, ia juga bisa digunakan di mana saja baik itu di sawah, di rumah, hotel maupun tempat lainnya.

Cara menggunakan obat ini juga mudah lho dimana untuk menggunakannya Anda harus menggunakan sarung tangan terlebih dahulu. Setelah itu, potong obat ini menjadi 2 atau 3 bagian. Setelah itu, letakkan ada tempat yang sering dilalui tikus.

Coba lihat perkembangannya, jika Anda sudah tidak menemukan tikus yang berlalu lalang, berarti obat ini berhasil membunuh tikus yang ada di rumah Anda. Lantas berapa harga obat ini? tenang saja, murah banget kok dimana Anda bisa memilikinya dengan harga Rp. 15.000 saja.

Racun Tikus Cair

Selain obat di atas, Anda juga bisa membasmi tikus dengan menggunakan racun tikus botol gepeng. Ini adalah salah satu racun tikus yang paling mudah untuk digunakan. Bahkan, harganya juga terjangkau dimana Anda bisa membawa pulang obat tikus ini dengan harga Rp. 25.000 per botolnya saja.

Baca juga :   Kumpulan Situs Terbaik Nonton Movie Untuk Anda yang Doyan Film

Untuk cara menggunakannya juga mudah banget lho, Anda bisa menggunting bagian atas dari botol ini. setelah itu, teteskan obat ini pada umpan yang sudah Anda sediakan.

Di sini, Anda bisa meneteskan racun secukupnya saja ya, karena walaupun Cuma sedikit ia tetap akan berfungsi secara maksimal.

Mao Wong

Racun tikus selanjutnya yang bisa Anda gunakan berasal dari Cina dengan merek Mao Wong. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh racun tikus ini adalah ia bisa membunuh tikus sampai mati kering.

Lebih menariknya lagi, untuk menggunakannya Anda tidak perlu memotong karena sudah bisa digunakan secara langsung. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Ternyata caranya mudah banget lho.

Anda bisa meletakkan 10 butir racun tikus ini di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Sebagai tambahan Anda bisa memberikan air di sekitar lokasi karena biasanya tikus akan mencari air setelah mengonsumsi obat ini. adapun harga obat ini juga mudah yakni hanya Rp. 20.000 saja.

Kamper

Hewan pengerat seperti tikus sangat tidak suka dengan hal-hal yang berbau menyengat. Oleh sebab itu salah satu cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kamper.

Kamper atau kapur barus ini memiliki bau yang wangi. Bahkan harganya juga murah dimana Anda bisa memilikinya dengan modal Rp 15.000 saja sudah isi banyak. Untuk menggunakan obat satu ini juga mudah. Anda hanya perlu meletakkan kamper ini di tempat yang biasanya disinggahi oleh tikus.

Dora

Bisa dikatakan ini adalah salah satu jenis racun tikus yang paling banyak disukai oleh tikus. Jenis obat ini akan membuat tikus ingin dan terus memakannya. Mengapa? Sebab bentuknya besar sehingga membuat tikus merasa tertarik.

Untuk menggunakan obat ini juga mudah lho. Anda hanya perlu meletakkannya pada tempat yang biasa tikus berlalu lalang. Jangan lupa letakkan pada wadah, jika obat ini mulai jais, beranda jika aka banyak tikus yang mati.

Nah, untuk masalah harga, teang saja, harga obat ini cukup terjangkau kok. Bahkan Anda bisa membawanya dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 9.000 an sampai dengan Rp. 35.000 an saja.

Cara Mengusir Tikus Dengan Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan obat-obatan seperti racun tikus yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa mengusir tikus dengan menggunakan cara alami lho. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana dan pastinya Anda memilikinya di rumah.

Mau tahu apa saja bahan yang bisa digunakan? Dari pada penasaran, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Bubuk kopi

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Jadi, tikus ini tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan oleh bubuk kopi. Karena itu, dia biasanya akan menghindari area yang terdapat bubuk kopi.

Lantas, bagaimana sih cara mengusir tikus dengan bubuk kopi? Ternyata caranya sangat mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan bubuk kopi secukupnya terlebih dahulu.

Setelah itu, coba taburkan bubuk ini di setia sudut rumah yang biasanya dilalui oleh tikus. Sederhana bukan? Dengan begitu tikus-tikus akan kabur dari rumah Anda seketika.

Cangkang Telur

Selain menggunakan kopi, cara mengusir tikus selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cangkang telur. Mungkin Anda mengira cangkang telur hanya sebuah sampah yang tidak bisa dimanfaatkan.

Padahal, ini menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengusir tikus ampuh lho. Lantas, bagaimana cara mengusir tikus menggunakan cara ini? mudah saja, pertama Anda harus menyiapkan cangkang telur terlebih dahulu dalam jumlah yang cukup banyak.

Setelah itu, keringkan cangkang terlebih dahulu dengan cara dijemur atau masukkan ke dalam oven. Tumbuh cangkang sampai benar-benar halus atau jika perlu diblender hingga menjadi bubuk.

Jika sudah, langsung saja taburkan bubuk cangkang ini di area yang sering dilewati oleh tikus. Bahkan tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir tikus saja, melainkan bubuk ini juga bisa digunakan untuk mengusir semut dan kecoa atau serangga lainnya.

Baca juga :   Langkah-Langkah Pembuatan Paspor Online di Indonesia

Buah Mengkudu

Cara mengusir tikus selanjutnya yang bisa Anda lakukanlah dengan menggunakan buah mengkudu. Buah ini tentunya memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda jika buah ini juga bisa digunakan untuk mengusir tikus lho.

Bagaimana caranya? Langsung saja Anda memotong buah mengkudu ini menjadi beberapa bagian. Setelah itu, letakkan potongan buah ini di area rumah yang sering menjadi sarang tikus.

Agar tikus cepat kabur, pastikan Anda selalu mengganti potongan buah ini secara teratur jika dirasa sudah mulai mengering. Dengan begitu tikus di rumah akan kabur dan tidak akan balik lagi.

Bawang Putih

Jika biasanya bawang putih digunakan untuk memasak, maka kali ini Anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengusir tikus. Bahkan, cara mengusir tikus dengan menggunakan bawang putih cukup mudah lho.

Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memotong bawang putih menjadi beberapa bagian. Setelah itu, langsung saja bungkus bawang putih dengan menggunakan kain kasa. Tugas Anda adalah meletakkan kain kasa ini di area yang sering dilalui oleh tikus. Dengan begitu, tikus akan kabur dan tidak balik lagi.

Cuka Putih dan Bola Kapas

Untuk mengusir tikus selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan cuka putih dan bola kapas. Bahan yang satu ini sangat tidak disukai oleh tikus karena baunya yang sangat menyengat.

Untuk menggunakannya juga mudah banget, Anda hanya perlu menyiapkan cuka putih, bola kapas, wadah dan juga sarung tangan karet. Setelah itu, celupkan kapas. Setelah itu, letakkan bola kapas ini di area sarang tikus dan tikus akan mati dan bahkan pergi jauh-jauh.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda harus melakukan hal ini sering-sering. Selain itu, Anda juga harus menggunakan sarung tangan agar cuka tidak membahayakan tangan Anda.

Masih bingung dengan cara mengusir tikus yang ada di rumah? kini Anda tidak perlu bingung lagi karena dengan menggunakan cara di atas Anda bisa mengusir tikus seketika dan langsung pergi. Jangan lupa untuk melakukannya secara berulang-ulang agar tikus tidak balik lagi.

Leave a Comment