Cara Membuat Email Sesuai dengan Prosedur yang Tepat serta Cara Kerjanya No ratings yet.

7 min read

Cara Membuat Email Sesuai dengan Prosedur yang Tepat serta Cara Kerjanya

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan sangat pesat, sehingga berpengaruh terhadap berbagai segi kehidupan manusia. Salah satunya adalah kehadiran internet yang menjadikan perubahan cara kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Berbagai jenis pekerjaan dan komunikasi bisa dilakukan dengan mudah melalui internet, contohnya adalah email. Cara membuat email yang benar sebaiknya Anda ketahui agar bisa membuatnya sendiri.

Saat ini, memiliki email merupakan hal yang penting, karena berbagai jenis pekerjaan memerlukan email sebagai langkah awal pengerjaan. Seperti contohnya saat hendak mendaftarkan akun Google di smartphone, menginstal aplikasi, serta berbagai jenis media online lainnya.

Agar bisa membuat email dengan mudah dan sesuai dengan yang kita inginkan sebaiknya simak ulasan cara membuat email di bawah ini.

Pengertian Email

Mungkin sudah banyak orang yang pernah mendengar istilah email. Namun, untuk orang yang baru mengenal internet tentu saja belum mengetahui apa itu sebenarnya email. Email disebut juga sebagai surat elektronik yang dijadikan sarana mengirim dan menerima pesan atau surat dengan format digital. Email bisa dikirim apabila terdapat jaringan internet, komputer ataupun HP.

Pesan digital yang berupa surat elektronik tersebut bisa dibuat lalu dikirim ke alamat email lainnya menggunakan komputer/ laptop dan gadget asalkan terdapat sambungan internet.

Akan tetapi, sambungan internet ini memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah email. Dengan sambungan internet yang lancar maka Anda bisa mengirimkan dan menerima email dengan lebih cepat pula. Oleh karena itu, untuk Anda yang sering menggunakan email untuk kegiatan sehari-hari sebaiknya pilih provider yang mampu menyediakan sambungan internet cepat dan stabil.

Dulu orang apabila mengirim surat menggunakan kertas dan tinta yang pengirimannya membutuhkan waktu berhari-hari. Namun, saat ini untuk mengirim pesan melalui email hanya butuh waktu beberapa detik saja, sehingga dapat disimpulkan jika mengirim pesan melalui email merupakan cara yang paling murah, cepat, dan efisien.

Cara Membuat Email

Cara membuat email bisa dengan cara gratisan ataupun berbayar. Namun, cara membuat email gratis paling sering dilakukan. Untuk bisa mengakses berbagai situs di internet maka kita harus memiliki email terlebih dahulu. Seperti contohnya saat hendak masuk ke Facebook, Twitter, atau Google Plus maka kita harus memasukkan alamat email terlebih dahulu.

Fungsi alamat email disini adalah sebagai alat komunikasi digital yang bisa dijadikan sebagai identitas online seseorang. Berikut ini langkah-langkah membuat email gratis yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat Email di Gmail

Gmail.com merupakan salah satu layanan email gratis yang menjadi favorit banyak orang. Selain bisa memiliki akun Gmail secara gratis, kita juga akan mendapatkan akun Google+ juga. Cara membuat email di Gmail juga termasuk mudah, sehingga orang yang masih pemula pun bisa membuatnya.

Berikut ini langkah-langkah membuat email di Gmail:

  1. Langkah yang pertama adalah mengunjungi situs Google Mail.
  2. Lihat halaman Gmail sebelah kanan atas, lalu klik tombol “Buat akun” atau “Create an account”.
  3. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman baru untuk mengisi data diri. Isilah kolom-kolom pada halaman pendaftaran sebagai berikut:
  • Nama: isi dengan nama lengkap, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna: isi dengan alamat email yang diinginkan
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang unik, tidak mudah ditebak, tetapi mudah diingat.
  • Konfirmasi sandi: ulangi kembali memasukkan sandi yang telah dibuat
  • Tanggal lahir: isi dengan tahun lahir, bulan lahir, dan tanggal lahir Anda
  • Gender: pilih sesuai dengan jenis kelamin
  • Ponsel: isi dengan nomor HP yang aktif
  • Alamat email saat ini: bisa dibiarkan kosong
  • Lokasi: pilih sesuai dengan negara tempat tinggal
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Gmail
  • Lalu klik tombol “Langkah berikutnya”.
  1. Kemudian akan muncul Pop up yang berisi informasi tentang Privacy dan Persyaratan. Scroll informasi tersebut hingga ke bawah lalu klik tombol “Saya Setuju”.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan selamat datang. Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail”.
Baca juga :   Fakta Kain Sutra yang Harus Anda Ketahui

Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Layanan email gratis yang selanjutnya yaitu Yahoo Mail. Yahoo Mail juga merupakan layanan email yang menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain mendapatkan email gratis, dengan mendaftar Anda juga akan otomatis memiliki akun Yahoo Messenger yang bisa digunakan untuk chatting. Berikut ini langkah-langkah membuat email di Yahoo Mail:

  1. Langkah yang pertama yaitu dengan mengunjungi situs Yahoo Mail
  2. Lalu akan muncul halaman login Yahoo. Pada bagian bawah halaman tersebut klik tombol “Sign up”.
  3. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran akun Yahoo mail. Isi kolom-kolom yang tersedia dengan memasukkan data-data secara lengkap seperti:
  • Kolom First name & Last name: diisi dengan nama depan dan nama belakang Anda
  • Kolom Email address: diisi dengan nama pengguna yang sekaligus menjadi alamat email
  • Password: masukkan kata kunci yang unik dan mudah diingat
  • Mobile Phone Number: masukkan nomor HP yang masih aktif
  • Birth Month, Day, & Year: masukkan tanggal, bulan, serta tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih jenis kelamin
  • Klik tombol “Continue” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  1. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Cek kembali nomor HP yang dimasukkan tadi untuk verifikasi akun. Apabila sudah benar maka klik tombol “Text me an Account Key”.
  2. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP Anda. Apabila belum menerima kode verifikasi maka Anda bisa memintanya kembali dengan klik tombol Re-send.
  3. Jika sudah berhasil, maka Anda akan melihat halaman Congratulations di layar monitor, selanjutnya klik tombol “Let’s get started”.

Cara Membuat Email di Yandex Mail

Yandex Mail merupakan layanan penyedia email gratis yang berasal dari situs Yandex.com. Yandex.com merupakan search engine yang sangat populer di Rusia, bahkan mengalahkan Google.com. Fitur yang tersedia juga tidak jauh berbeda dengan Gmail, Yahoo Mail, serta Hotmail. Berikut ini langkah-langkah membuat email di Yandex Mail:

  1. Langkah yang pertama adalah membuka situs www.mail.yandex.com. Kemudian klik tombol “Create Account” untuk membuat akun email baru.
  2. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran. Terdapat beberapa kolom yang harus diisi dengan benar, meliputi Nama depan dan belakang, Username/alamat email yang diinginkan, password, serta ketik ulang password, Nomor HP yang aktif.
  3. Anda akan menerima sms konfirmasi ke nomor HP yang telah dimasukkan tadi. Masukkan kode konfirmasinya kemudian klik tombol “Send”.
  4. Jika ingin menjadikan nomor HP sebagai alamat email ubah tombol off ke on. Namun, jika tidak langsung saja klik tombol “Create Account”.
  5. Akan muncul Pop up jika email baru telah selesai dibuat.

Cara Membuat Email di Hotmail

Layanan email gratis yang selanjutnya adalah Hotmail. Dimana Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang Hotmail tidak sebegitu populer seperti Gmail dan Yahoo Mail, akan tetapi fitur-fitur yang tersedia sangat layak untuk digunakan. Berikut ini langkah-langkah membuat email di Hotmail:

  1. Langkah yang pertama adalah membuka situs Hotmail di browser yang Anda gunakan.
  2. Lalu klik link “Buatlah Akun” yang ada pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.
  3. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran yang berisi kolom-kolom identitas. Kolom-kolom tersebut harus diisi dengan benar yang meliputi:
  • Nama depan dan Nama belakang: diisi dengan nama depan dan nama belakang
  • Nama Pengguna: diisi dengan alamat email yang Anda inginkan
  • Sandi: isi dengan password yang unik dan mudah diingat
  • Masukkan ulang password: ulangi untuk memasukkan email Anda
  • Negara: pilih negara tempat Anda tinggal
  • Tanggal Lahir: isi dengan tanggal lahir, bulan lahir, serta tahun lahir Anda
  • Jenis Kelamin: pilih jenis kelamin Anda
  • Kode Negara: pilih kode negara, misalnya +62 (Indonesia)
  • Nomor telepon: isi dengan nomor telepon yang digunakan dan masih aktif
  • Alamat email alternatif: bisa dibiarkan kosong
  • Masukkan karakter yang Anda lihat: isikan kode captcha yang tertera di sana
  • Anda bisa mencentang ataupun menghapus centang yang ada pada opsi “kirimkan saya tawaran promosi dari Microsoft”.
  • Jika semua kolom sudah terisi maka klik tombol “Buat Akun Baru”.
  1. Langkah yang selanjutnya yaitu klik tombol tanda anak panah yang ada di bagian kanan untuk melihat fitur Outlook dan melakukan pengaturan di awal.
  2. Apabila telah melakukan pengaturan awal maka langkah yang selanjutnya adalah masuk ke halaman kerja akun email di Hotmail dengan klik tombol “Mari kita mulai”.
Baca juga :   Cara Membuat Anak Untuk yang Baru Menikah dan Anda Yang SUSAH Memiliki Keturunan

Cara Kerja Email

Setelah mengetahui tentang cara membuat email baru, maka Anda juga harus mengetahui pula cara kerja email. Seperti apakah cara kerja email ini? Sebenarnya email memiliki cara kerja yang sederhana, yakni sama seperti saat kita menulis surat untuk orang lain. Yang membedakannya adalah pada cara pengirimannya yang lebih cepat serta bisa melampirkan file tertentu yang kita inginkan.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah cara kerja email secara singkat:

  1. Cara kerja yang pertama adalah pemilik email membuka email lalu menuliskan isi pesan yang hendak dikirimkan.
  2. Kemudian, pengguna email memberikan perintah pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan tersebut kepada alamat email yang dituju.
  3. Setelah itu, email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan tersebut dan mengirimkannya ke email server lain yang lokasinya dekat dengan lokasi alamat tujuan. Terkadang sebuah email juga dikirim melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.
  4. Apabila pesan email sudah terkirim ke alamat email penerima maka isi pesan tersebut akan tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Jika penerima membuka pesan di inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mendownloadnya ke dalam komputer penerima email.
  6. Maka, penerima email akan dapat membaca dan melihat isi pesan yang didownload tadi.

Fungsi dan Manfaat Email

Berdasarkan pada pengertian email yang sudah diulas di atas, maka fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan kepada orang lain. Berikut ini fungsi dan manfaat email yang akan dibahas lebih lanjut.

Mengirim dan Menerima Pesan

Kegunaan email yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima pesan email dari orang lain, dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Pesan tersebut dapat terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Kecepatan mengirim dan menerima email tersebut tergantung pada kecepatan internetnya, baik itu pengirim atau penerima.

Mengirim dan Menerima File

Selain untuk mengirimkan pesan, ternyata fungsi email yang selanjutnya adalah untuk mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital. Jenis file yang bisa dikirim seperti foto, video, teks, dan lain-lain dengan ukuran tertentu. File tersebut bisa dikirimkan dengan ditambahkan dalam lampiran pada email.

Sebagai Identitas Diri

Fungsi email yang berikutnya adalah sebagai identitas diri di internet. Melalui alamat email tersebut, maka orang lain dapat menghubunginya dengan lebih mudah.

Di beberapa aspek, bahkan penggunaan email akan menjadi sebuah keharusan. Email sering dijadikan sebagai syarat untuk proses aktivasi layanan digital seperti aktivasi smartphone, layanan berlangganan surat, dan lain-lain.

Baca juga :   Contoh Slip Gaji Pekerja Swasta yang Akan Mensukseskan Bisnis Anda

Email untuk Mendaftar di Berbagai Situs

Saat ini banyak sekali layanan website yang mengharuskan penggunanya memiliki email untuk bisa melakukan berbagai aktivitas di website tersebut. Pengguna harus mendaftarkan diri menggunakan email di berbagai situs seperti media sosial, game online, situs e-commerce, situs forum, dan berbagai situs layanan lainnya.

Situs-situs tersebut membutuhkan verifikasi dari para penggunanya. Dan hal tersebut bisa dilakukan jika penggunanya telah memiliki alamat email yang aktif dan valid.

Email untuk Media Pemasaran

Jenis pemasaran secara online saat ini juga sudah banyak dilakukan melalui email. Banyak pebisnis online yang melakukan pemasaran melalui email untuk mendongkrak penjualan. Pemasaran melalui email atau disebut dengan email marketing ini termasuk salah satu jenis pemasaran online yang sangat efektif untuk dilakukan.

Jenis-Jenis Email

Masih berdasarkan pada pengertian email di atas, maka email bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, webmail, dan forward mail. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis email tersebut.

POP Mail

POP Mail atau Post Office Protocol merupakan jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan. Atau dalam kata lain adalah alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada para pegawainya.

Webmail

Berdasarkan namanya, webmail merupakan email yang berbasis website. Pengguna email webmail ini harus terlebih dahulu membuka halaman situs penyedia layanan email untuk bisa membuka email miliknya.

Forward Mail

Forward Mail merupakan salah satu jenis layanan email yang meneruskan atau memforward email yang diterima pengguna kepada alamat email yang lain. Forward mail ini sering digunakan oleh orang yang sering berganti alamat email.

Dengan begitu pentingnya fungsi email, maka sudah sepatutnya Anda memiliki email dan bisa membuat email sendiri dengan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah membuat email yang sudah dijelaskan di atas maka Anda akan bisa membuat email sesuai dengan ketentuan.

Demikianlah ulasan tentang pengertian email, cara membuat email, cara kerja email, fungsi dan manfaat email, serta jenis-jenis email yang bisa Anda jadikan panduan saat hendak membuat email. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang akan membuat email dengan cara-cara yang tepat.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *