Kata-Kata Bijak dengan Makna yang Begitu Dalam, Wajib Anda Share Ke Orang Tercinta No ratings yet.

7 min read

kata kata bijak cinta

Dalam hidup, kata-kata bijak menjadi motivasi yang cukup ampuh bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Kata-kata tersebut akan memberikan dampak positif disegala segi kehidupan. Baik itu dalam hal percintaan, karir, dan lain sebagainya.

Jika Anda saat sedang mencari kata-kata bijak untuk memotivasi diri sendiri, berikut ada beberapa contoh kata-kata bijak tentang cinta, kehidupan, kata mutiara untuk meraih cita-cita dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kata-Kata Bijak tentang Cinta

  • “Jika Kamu sedang benar-benar jatuh cinta, apa yang terlihat diluar tidaklah penting. Karena rumah terbaik adalah tempat yang Kamu bangun di hati masing-masing.”

Saat seseorang sedang jatuh cinta, apapun yang ada pada dirinya pun akan terlihat indah sekalipun itu adalah kekurangannya. Oleh karena itu, kata-kata ini memberikan penekanan bahwa rumah terbaik adalah apa yang dibangun di hati masing-masing. Itulah yang bisa memberikan kekuatan bagi hubungan cinta yang sedang dijalani.

  • “Denganmu, hatiku telah menemukan ritmenya.”

Jatuh hati dengan seseorang memang bisa membuat Anda merasa bahwa Anda telah menemukan belahan jiwa. Ini karena tidak sedikit orang yang merasa cocok ketika bertemu dengan orang yang dicintainya karena ada persamaan di antara kedua orang tersebut.

  • “Selamat pagi Kamu yang disana, meski hanya lewat ruang dan maya kita saling sapa. Namun selalu ada harap temu yang nyata dan segalanya telah ku titipkan pada do’a.”

Kata-kata bijak yang satu ini ialah kata-kata untuk mereka yang menjalin hubungan jarak jauh. Salah satu kunci untuk menjaga hubungan jarak jauh tersebut tentu saja adalah sebuah komunikasi yang baik satu sama lain.

Sering memberikan kabar seperti ucapan selamat pagi, atau yang lainnya memang dirasa cukup ampun agar komunikasi tetap bisa berjalan dengan baik. Tak hanya harus menjalin komunikasi dengan baik saja, namun kekuatan do’a juga menjadi senjata yang tiada duanya.

  • “Aku mencintaimu bukan karena siapa Kamu. Tapi aku mencintaimu karena siapa aku ketika bersamamu.”

Saat seseorang benar-benar tulus mencintai Anda, maka ia tidak akan pernah mempermasalahkan apa yang ada dalam diri Anda sendiri. Dia bahkan tidak menuntut diri Anda sendiri untuk menjadi orang lain bahkan untuk menjadi apa yang ia inginkan. Oleh karena itu, cintailah dia yang mencintai Anda apa adanya.

  • “Cinta sejati bukan tentang bagaimana Kamu memaafkan, tetapi bagaimana Kamu melupakan, bukan apa yang Kamu lihat tapi apa yang Kamu rasakan, bukan bagaimana Kamu mendengarkan tapi tentang bagaimana Kamu mengerti, dan bukan bagaimana Kamu melepaskan tapi tentang bagaimana Kamu bertahan.”

Nah, ungkapan kata-kata bijak yang telah disampaikan di atas merupakan sebuah ungkapan untuk cinta sejati. Memang benar, cinta sejati itu tidak bisa dilihat ataupun di dengar. Namun, cinta sejati itu sendiri adalah ia yang bisa dirasakan.

  • “Lepaskanlah. Maka esok lusa, jika ia cinta sejatimu, maka ia akan kembali dengan cara yang mengagumkan.”

Saat mencintai seseorang, terus menggenggamnya dengan erat bukanlah sebuah hal yang baik untuk dilakukan. Mungkin, sebagian orang akan berpikir bahwa terus menggenggam ia yang dicintai akan membuatnya terus bertahan untuk mencintai Anda.

Padahal nyatanya, terus menggenggamnya hanya akan menciptakan luka diantara kalian. Oleh karena itu, lepaskan ia yang Anda cintai. Jika memang benar dia adalah jodoh yang sudah ditakdirkan untuk Anda, maka ia akan kembali dengan cara yang mengagumkan.

  • “Cinta itu sederhana, selama ia bahagia, aku juga bahagia.”

Mungkin, hal yang paling sederhana di dunia ini adalah cinta. Ya, ungkapan di atas memberikan makna bahwa apapun yang dilakukan orang yang Anda cintai, selama dia bahagia, maka Anda pun akan merasakan bahagia.

Terkadang, kata-kata bijak tentang cinta yang satu ini mengandung arti kerelaan dan kepasrahan untuk melepaskan dia yang dicintai bersama dengan yang lain.

  • “Jadilah alasan mengapa seseorang tersenyum. Jadilah alasan mengapa seseorang merasa dicintai dan percaya pada kebaikan orang lain.”
Baca juga :   Situs dan Akun Instagram Penyedia Lowongan Kerja Terpercaya

Dalam hidup, Anda juga harus menjadi alasan mengapa orang lain bisa tersenyum, dan juga alasan mengapa orang lain merasa dicintai oleh kebaikan yang Anda lakukan.

Kata-Kata Bijak tentang Kehidupan

  • “Apapun yang hilang, bukanlah milikmu.”

Seringkali orang merasa sangat sedih karena ia telah kehilangan apa yang ia anggap sebagai miliknya. Baik itu kekasih, orang tua, anak, hewan peliharaan, harta atau bahkan yang lainnya. Padahal sejatinya, apa yang dimiliki di dunia ini hanyalah titipan Tuhan dan sewaktu-waktu bisa diambil oleh-Nya kapanpun Ia menghendakinya.

  • “Dunia ini berisi orang baik. Namun, jika Kamu tidak menemukan satupun, maka jadilah orang baik itu.”

Jika Anda tidak menemukan orang baik dalam kehidupan Anda sendiri, maka jadilah orang baik itu. Lakukan hal-hal baik kepada orang lain atau diri Anda sendiri. Jangan pernah mencari orang baik jika diri Anda sendiri pun belum menjadi baik.

  • “Jangan hanya mau menjadi katak yang hanya dalam tempurung. Terus mengurung dalam diri dan tidak mau menunjukkan jati dirinya.”

kata-kata bijak satu ini cocok bagi Anda yang ragu untuk menunjukkan siapa Anda di depan banyak orang. Jika Anda tidak bisa membuktikan siapa diri Anda di depan orang lain, hal tersebut malah akan membuat diri sendiri terlihat lemah.

Oleh karena itu, keluarkan potensi baik yang Anda miliki untuk membuktikan kepada orang lain bahwa diri Anda sendiri juga layak untuk dihargai.

  • “Bermimpilah dalam hidup jangan hidup dalam mimpi.”

Semua orang pasti punya mimpi, namun tidak semua orang mampu mewujudkannya. Jika Anda ingin menjadi orang besar, maka jangan pernah hidup dalam mimpi. Wujudkan apa cita-cita dan mimpi Anda selama ini. Jangan pernah takut untuk mewujudkan apa yang Anda mimpikan selama ini.

  • “Jika kehidupan membuat Anda menangis, ingatlah bahwa ada banyak sekali kenangan yang bisa membuat Anda tersenyum.”

Seringkali seseorang lupa bahwa kenangan yang dimilikinya mampu membuat ia bahagia meski apa yang sedang dihadapi saat ini membuatnya menangis. Maka, jangan pernah terpaku pada kesedihan dan kesusahan yang dialami saat ini. Hal tersebut hanya akan membuat Anda terus merasa terpuruk dan tidak bisa menjalani hidup dengan baik.

  • “Lebih indah hidup sederhana tapi apa adanya, daripada hidup mewah dengan hutang dimana-mana.”

Kunci menjalani hidup yang bahagia ialah dengan mensyukuri apa yang dimiliki saat ini. Namun, terkadang orang merasa gengsi karena tidak memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain.

Alhasil, tidak sedikit dari mereka yang berhutang untuk bisa memiliki hidup yang terlihat mewah. Padahal, hal tersebut adalah sebuah keputusan yang salah dan bisa berakibat ketidaktenangan dalam menjalani hidup karena terjerat hutang di mana-mana.

Kata-Kata Bijak Islami

  • “Tidak ada orang yang memburu dunia dia akan sukses, justru dia ditunggu dengan masalah-masalah yang akan menimpanya.”

Tidak sedikit manusia yang lupa akan Tuhannya, bahkan terus mengejar dunia karena terlalu ambisius untuk mengejar kesuksesan. Hal tersebut membuat banyak orang lebih mementingkan urusan dunia ketimbang urusan akhirat.

Padahal, hal tersebut merupakan suatu kesalahan yang besar karena sengaja melupakan Tuhannya. Tak heran, jika orang-orang tersebut selalu diburu oleh masalah-masalah dalam hidupnya dan tidak pernah merasa tenang serta puas.

  • “Dipilih karena rupa memang membanggakan, namun dipilih karena agamanya jauh lebih mengagumkan.”

Dipilih karena memiliki paras yang cantik atau rupawan memang membuat sebagian besar orang merasa bangga. Akan tetapi, tidak semua orang yang dianugerahi dengan paras yang elok belum tentu memiliki agama dan akhlak yang baik.

Oleh karena itu, memilih seseorang karena agamanya merupakan satu keputusan yang sangat baik untuk bisa bahagia di dunia dan akhirat.

  • “Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, yaitu cantik luar yang dilindungi dengan hijab syar’i dan cantik dalam karena akhlak yang terpuji.”
Baca juga :   Langkah-Langkah Pembuatan Paspor Online di Indonesia

Wanita cantik memang menjadi pujian bagi siapa saja, terutama bagi kaum laki-laki. Tak heran jika kebanyakan wanita saat ini berlomba-lomba untuk mempercantik diri mulai dari tanam bulu mata, melakukan perawatan kecantikan di salon yang mahal, menggunakan baju yang memperlihatkan lekuk tubuh dan lain sebagainya.

Padahal, kecantikan yang sejati dari seorang wanita muslimah ialah karena hijab syar’I yang menutupi auratnya dan akhlak terpuji yang ia miliki. Tentu, kedua hal tersebut sangat jarang ditemukan di zaman ini.

  • “Sahabat ialah yang ketika ia bersama kita, dia menguatkan kita dan apabila tidak di sisi kita mereka yang selalu mendo’akan kebaikan untuk kita.”

Seorang sahabat yang baik ialah ia yang selalu mengajak Anda untuk melakukan hal-hal yang baik, bukan malah menjerumuskan Anda dalam jurang kenistaan. Tak hanya itu, sahabat yang baik juga ia yang senantiasa mendo’akan kebaikan untuk diri Anda agar selalu berada dalam lindungan-Nya.

  • “Ciri dari kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika diuji dan jarang bersyukur ketika mendapat nikmat.”

Kata-kata bijak ini memperlihatkan kenyataan yang banyak terjadi saat ini. Orang yang celaka bukanlah mereka yang selalu memiliki nasib buruk, namun mereka yang selalu mengeluh karena ujian yang mereka hadapi.

Padahal, boleh jadi lewat ujian tersebut Allah akan menghapus segala dosa yang telah lalu, atau meningkatkan derajat orang tersebut.

Tak hanya itu, tidak sedikit pula orang yang tidak pernah bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan. Padahal, jika Anda mau bersyukur, maka Allah akan menambahkannya.

  • “Yang paling aku takutkan atas umatku ini adalah orang yang berilmu akan tetapi dia munafik.”

Di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang berilmu, mengenyam pendidikan tinggi hingga ke luar negeri, berguru pada ulama-ulama besar, namun ia malah memiliki sifat munafik dalam dirinya. Tentu saja, hal tersebut tidak hanya akan menghancurkan dirinya sendiri namun juga bisa merugikan orang lain dan menghancurkan negaranya sendiri.

Kata-Kata Mutiara untuk Memberikan Semangat Hidup

  • “Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar, pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan.”

Dalam bekerja, Anda harus mengeluarkan apa saja yang Anda bisa. Terus berkembang dan bekerja keras meski gaji yang Anda dapat sedikit dan bahkan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Padahal, jika Anda dapat bekerja lebih dari apa bayaran saat ini, maka suatu saat Anda akan mendapatkan bayaran lebih dari apa yang dikerjakan.

  • “Jangan tanyakan pada diri Anda sendiri dengan apa yang dibutuhkan di dunia. Bertanyalah tentang apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias.”

Terkadang, orang selalu terjebak atas kehidupan yang dijalaninya sendiri. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang bingung bagaimana harus menjalani kehidupan ini. Padahal, melakukan sesuatu yang disenangi adalah salah satu kunci untuk membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia.

Tak hanya itu, bahkan hal tersebut juga bisa membuat diri Anda sendiri merasa lebih antusias dengan kehidupan Anda.

  • “Ambilah resiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan oleh orang lain aman. Berilah perhatian yang lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal.”

Salah satu kunci untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam hidup ialah berani mengambil resiko yang besar dan mau bermimpi tinggi. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa ragu dengan mimpinya itu. Padahal, apa yang diyakini, hal tersebutlah yang akan membentuk pola pikir dalam diri.

Baca juga :   Daerah Penghasil Kayu Jati Terbesar di Indonesia

Oleh karena itu, ubahlah pola pikir Anda untuk bisa lebih berani dan menghadapi segala macam rintangan dalam hidup.

  • “Tindakan menyalahkan hanya akan membuang-buang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang Anda timpakan kepada orang lain, dan sebesar apapun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah dunia.”

Terus menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi pada diri sendiri bukanlah suatu hal yang baik untuk dilakukan. Justru, hal tersebut hanya akan membuat masalah baru dan membuat diri Anda tidak bisa berkembang.

Kata-Kata Motivasi untuk Meraih Cita-Cita

  • “Masa depan tidak ditentukan oleh garis tangan. Bahkan orang yang tidak punya tangan pun memiliki masa depan yang lebih baik.”

Banyak orang yang lebih percaya dengan masa depan lewat garis tangan yang mereka sendiri. Padahal, masa depan yang baik hanya dimiliki oleh mereka yang mau bekerja keras dan mau meraih apa yang mereka impikan. Bukan malah bergantung pada nasib garis tangan mereka sendiri.

  • “Suatu saat ketika Kamu telah berhasil, maka Kamu akan merasa lebih puas atas usaha yang Kamu lakukan saat ini.”

Kepuasan akan keberhasilan bukan karena seberapa besar kesuksesan yang diraihnya. Namun, kepuasan itu sendiri hadir karena usaha yang telah dilakukan. Jadi, jika sampai saat ini Anda belum berhasil meraih apa yang diinginkan, teruslah berusaha dan pantang menyerah.

  • “Ada dua pilihan dalam hidup ini mau manis di akhir atau pahit di akhir.”

Dalam hidup, hanya akan dua pilihan. Yakni manis di akhir atau pahit di akhir. Tentu saja, kedua pilihan tersebut harus Anda pilih sendiri. Jika Anda memilih untuk manis di akhir, maka Anda harus siap dengan kepahitan hidup yang akan dijalani terlebih dahulu.

Namun, jika Anda memilih manis di awal dan terlalu banyak bersenang-senang, maka jangan salahkan Tuhan jika kehidupan akhir Anda terasa begitu pahit.

Ada begitu banyak kata-kata bijak yang bisa Anda baca untuk meningkatkan semangat dalam hidup. Tentu saja, kata-kata bijak yang telah dituliskan di atas memiliki makna yang begitu dalam sehingga bisa membuat Anda bangkit lagi dari keterpurukan yang selama ini mengurung diri Anda sendiri. Semoga kata-kata bijak ini bermanfaat untuk Anda.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *