Contoh Slip Gaji Pekerja Swasta yang Akan Mensukseskan Bisnis Anda

Sebagai seorang karyawan baik yang bekerja di sebuah perusahaan, instansi, lembaga maupun pemerintahan, tentunya setiap bulannya Anda akan mendapatkan slip gaji. Slip gaji ini akan diterima bersamaan dengan gaji bulanan yang Anda terima setiap bulannya.

Dengan adanya slip gaji ini, maka Anda akan mengetahui berapa jumlah gaji pokok yang diterima, tunjangan ataupun potongan yang harus dibayarkan seperti untuk membayar BPJS, pajak atau keperluan lainnya, sehingga nantinya akan muncul yang namanya gaji bersih.

Bicara soal slip gaji, saat ini sudah banyak contoh slip gaji yang beredar di internet. Bahkan, untuk mengetahui itu adalah slip gaji juga sangat mudah. Nah, kali ini Anda akan mengetahui secara lebih dalam apa yang dimaksud dengan slip gaji dan manfaatnya beserta dengan contohnya.

Mau tahu seperti apa informasinya? Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Apa itu Slip Gaji?

Apa yang anda ketahui tentang slip gaji? Mungkin untuk Anda para karyawan sudah terbiasa dengan yang namanya slip gaji. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa yang dimaksud dengan slip gaji itu.

Slip gaji merupakan sebuah bukti otentik atau bukti resmi dari penerimaan gaji diberikan oleh sebuah perusahaan kepada para pegawainya. Dalam sebuah slip gaji yang diberikan oleh perusahaan biasanya terdiri dar beberapa bagian nominal tertentu yang sudah dirinci ataupun dirangkum.

Meskipun sebuah perusahaan memberikan gaji dalam bentuk Take Home Pay, namun tetap saja diterbitkan slip gaji ini. Apa sih sebenarnya fungsi dari slip gaji itu? Bagi sebuah perusahaan, slip gaji yang diberikan kepada pegawainya merupakan sebuah dokumen yang penting, yang digunakan sebagai catatan pengeluaran yang harus dibayarkan oleh sebuah perusahaan.

Slip gaji juga dijadikan sebagai sebuah bukti resmi bahwa perusahaan telah melaksanakan kewajibannya kepada karyawannya, dengan memberikan gaji sesuai dengan nominal yang sudah berlalu dan menjadi kesepakatan. Adapun perintah slip gaji bagi sebuah perusahaan juga diatur dalam Pasal 17 Ayat 2 peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Adapun bunyi pasal ini adalah, “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat sudah dibayarkan”. Karena sudah ada dasar hukumnya, maka wajib bagi sebuah perusahaan untuk memberikan gaji kepada karyawan sesuai dengan yang tertulis ada slip gaji.

Sedangkan bagi ara bekerja, slip gaji digunakan sebagai sebuah bukti yang otentik bagi proses penggajian yang biasanya digunakan untuk informasi pemotongan pajak. Tidak hanya manfaat ini saja, namun ada banyak manfaat lain dari slip gaji yang bisa Anda ketahui seperti di bawah ini.

Digunakan Untuk Mengajukan Kredit Elektronik

Tahukah Anda jika slip gaji juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kredit pada barang-barang elektronik. Misalnya saja seperti membeli mesin cuci, televisi, kulkas, atau peralatan elektronik lainnya secara kredit.

Biasanya, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah adanya slip gaji. Slip gaji ini digunakan sebagai bentuk pertimbangan apakah orang yang melakukan kredit bisa membayar cicilan setiap bulannya atau tidak.

Selain itu, adanya slip gaji juga biasanya digunakan untuk mempengaruhi lama tidaknya jangka cicilan yang harus diambil. Karena itu, jika Anda memiliki slip gaji maka Anda bisa memanfaatkannya untuk hal ini.

Mengajukan KPR

Ingin memiliki rumah namun tidak bisa membelinya secara cash, maka mengajukan KPR adalah solusi yang paling tepat. Salah satu syarat jika seseorang akan mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah dengan memiliki slip gaji.

Baca juga :   Cara Membuat Garam dari Berbagai Metode

Slip gaji ini nantinya akan dianalisa oleh bank dimana digunakan untuk mengetahui kemampuan dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya. Idealnya, gaji yang dimiliki harus lebih besar tiga kali lipat dibandingkan dengan angsuran yang akan diambil.

Mengajukan Kredit Kendaraan

Mengajukan kredit kendaraan sudah dianggap biasa bagi sebagian orang. Nah, untuk melakukan pengajuan kredit kendaraan juga diperlukan syarat yakni dalam bentuk slip gaji. Biasanya syarat ini berlaku untuk jenis kendaraan yang memiliki harga yang mahal seperti mobil.

Mengapa harus menggunakan slip gaji? Sebab, slip gaji ini dijadikan sebagai bukti bahwa si pembeli memang sanggup dan dapat membayar cicilan setiap bulannya. Dengan begitu, pihak kredit tidak akan merugi.

Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Slip gaji ini sangat bermanfaat untuk mengajukan kredit. Bahkan, Anda juga bisa mengajukan kredit tanpa agunan dengan menggunakan slip gaji ini. Jadi, jika Anda memiliki hobi kredit, tinggal tunjukan saja slip gajinya dan pasti langsung di ACC jika gajinya memenuhi syarat.

Melamar Pekerjaan yang Baru

Tahukah Anda jika slip gaji juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan yang baru lho. Biasanya slip gaji ini akan diminta oleh pihak HRD pada saat melakukan negosiasi gaji. Dengan slip gaji ini para pelamar bisa mematok gaji yang lebih besar dibandingkan dengan kantor lamanya.

Meskipun demikian, namun dengan slip gaji ini Anda juga tidak bisa berbohong dan mematok gaji selangit di kantor baru, sehingga Anda akan terikat dengan gaji lama. Meskipun demikian, biasanya pihak perusahaan akan tetap melihat kemampuan dibandingkan dengan gajinya.

Setelah melihat ulasan di atas, kini Anda sadar bahwa slip gaji ini memiliki banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan. Nah, untuk Anda yang belum tahu seperti apa sih slip gaji itu, kali ini akan dibahas beberapa contoh slip gaji yang bisa diketahui. Mau tahu apa saja? langsung saja simak selengkapnya di sini.

Contoh Slip Gaji Guru

Menjadi guru menjadi salah satu jenis pekerjaan yang mendapatkan slip gaji setiap bulannya. Nah, slip gaji guru biasanya sama dengan slip gaji lainnya hanya saja formatnya saja yang berbeda. Pada slip gaji guru biasanya terdiri atas kumpulan dari sektor yang didalamnya berisikan kontribusi pokok, tunjangan, BPJS, uang trainor, uang makan dan lainnya.

Sebuah slip gaji yang lengkap akan membuat penerimanya merasa lebih tenang dan merasa dihargai karena rincian gajinya jelas. Nah, slip gaji guru juga biasanya dibuat dengan menggunakan Ms Excel. Ini adalah cara yang paling mudah dan rinci karena di Ms Excel biasanya sudah memiliki perhitungan otomatis.

Dalam contoh slip gaji ini juga harus ada nama sekolah, alamat sekolah, hingga nama guru yang menerima gaji. Selain itu, periode pembayarannya di bulan apa juga harus tercantum dengan jelas. Dar slip gaji inilah nantinya akan terlihat berapa gaji bersih yang diterima oleh guru setelah dipotong beberapa hal.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Tidak hanya guru saja, karyawan kantor atau karyawan swasta juga mendapatkan slip gaji. Biasanya slip gaji ini memiliki tujuan yang sama yakni digunakan untuk menunjukkan rincian gaji yang diterima oleh karyawan selama satu bulan bekerja.

Dalam slip gaji ini juga terdapat potongan apa saja, sehingga nanti akan muncul yang namanya gaji bersih. Slip gaji pada karyawan biasanya berisikan tentang nama perusahaan, nama yang menerima, periode pembayaran, serta jumlah gaji.

Nah, jumlah gaji ini juga meliputi gaji pokok, tunjangan, bonus, potongan BPJS, dan masih banyak lainnya sehingga ketemu yang namanya gaji bersih. Biasanya contoh slip gaji karyawan juga hanya satu lembar saja, dan bahkan beberapa perusahaan masih menggunakan cara manual dengan menuliskannya secara langsung.

Adapun contoh slip gaji ini antara lain adalah sebagai berikut.

Baca juga :   Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Sarat Makna yang Bisa Anda Jadikan Referensi

PT. Merdeka Sejahtera

Kode : 54 Periode : Oktober 2019

Nama : Muhammad Siregar No Ref: 00098765

Jabatan: Staff

Sistem pembayaran: Transfer

Gaji pokok: 1.700.000

Penambahan gaji: 2.400.000

Pengurangan gaji: 150.000

Potongan pinjaman: 0

Tabungan: 0

Total gaji: Rp. 3.950.000

Jakarta, 25 Oktober 2019

Disetujui oleh diterima oleh

Direktur Muhammad Siregar

Keterangan di atas merupakan salah satu dari contoh slip gaji yang biasanya diterima oleh para karyawan. Dari slip gaji di atas sudah jelas terdapat rincian berapa jumlah gaji pokok, bonus, potongan dan masih banyak lainnya, sehingga terdapat jumlah gaji bersih yang akan diterima.

Saat karyawan menerima gaji ini maka dia akan tahu mengapa jumlah gaji yang diterima jumlahnya segitu. Sehingga muncullah sebuah kepercayaan antara karyawan dengan pihak perusahaan berdasarkan gaji yang diterima.

Contoh Slip Gaji Sederhana

Slip gaji sederhana biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan yang masih kecil. Slip ini digunakan dengan tujuan sebagai rincian gaji yang harus diterima oleh para karyawan setiap bulannya.

Untuk membuat slip ini juga mudah karena sifatnya sederhana jadi komponen yang ada di dalamnya juga sedikit tidak seperti slip pada umumnya. Mau tahu seperti apa contoh slip gaji yang saat ini? langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

PT. AGUS TRI MUKTI

Jln. KH. Ahmad Dahlan, Jawa tengah

Hal: Surat Keterangan Gaji

No: 77/HRD/66/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Suyatno

Jabatan: Manajer HRD

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama: Iqbal Ramadhan

Jabatan: Marketing

Sampai saat ini tanggal 25 Oktober 2019 perusahaan kami telah memberikan penghasilan dengan rincian sebagai berikut:

Gaji pokok : Rp. 4.000.000

Tunjangan makan : Rp. 1.000.000

Tunjangan perumahan: Rp. 700.000

Tunjangan transportasi: Rp. 500.000

Sehingga total gaji yang diterima saudara adalah Rp. 6.200.000. demikian surat keterangan penghasilan ini semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami

Manager HRD

Suyatno

Dari contoh slip gaji diatas sudah tampak jelas keterangan gaji yang diterima oleh karyawan mulai dari gaji pokok hingga tunjangannya.

Contoh Slip Gaji PNS

Pada dasarnya, slip gaji milik PNS maupun karyawan lainnya hampir sama saja. Bahkan, jika dilihat sekilas sama saja hanya saja keterangan isinya yang berbeda. Meskipun demikian, fungsinya tetap sama yakni digunakan sebagai informasi gaji yang diterima oleh karyawan.

Jika karyawan menerima gaji dari perusahaan, maka ara PNS atau Pegawai Negeri Sipil menerima gaji dari pihak pemerintah. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan slip gaji PNS ini, kali ini akan disajikan contoh slip gaji PNS yang bisa Anda lihat.

Slip Gaji

Nama: Hendra Kurniawan Alamat: Wonosobo

Jabatan: Guru Telepon: 08765432907

Gaji pokok : 3.500.000

Tunjangan anak : 500.000

Tunjangan rumah : 700.000

BJS : 100.000

Gaji bersih : Rp. 4.600.000

Penerima

Hendra Kurniawan

Hampir sama saja antara slip gaji miliki PNS maupun karyawan biasa jika melihat contoh di atas. Yang penting nominalnya benar,sebab jika terlalu banyak potongan tana diketahui fungsi slip gaji ini bisa digunakan untuk mencari kebenaran dari hak gaji yang harus Anda terima.

Contoh Slip Gaji JNE

Jne merupakan sebuah perusahaan pengiriman barang yang saat ini sedang naik daun. Tidak heran jika banyak orang yang melamar kerja dan meniti karir di perusahaan ekspedisi ini. nah, untuk Anda yang berencana untuk mendaftar di JNE, bukankah Anda perlu tahu kisaran gaji yang didapatkan?

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menemukannya melalui contoh slip gaji yang ada di bawah ini. sudah penasaran dan ingin tahu seperti apa? Yuk langsung saja simak contoh slip gaji JNE di bawah ini.

Slip Gaji

Tanggal:

Nama:

Jabatan

Gaji pokok : Rp. Xxxx

Tunjangan jabatan : Rp. Xxxx

Bonus tahunan : Rp. Xxxx

Potongan denda kerusakan barang : Rp. Xxxx

Jumlah : Rp. xxxx

Dari contoh di atas pada dasarnya slip gaji Jne selalu ada logo JNE di bagian atasnya. Dari slip gaji ini sudah tertera dengan jelas dimana karyawan akan menerima gaji pokok. Tunjangan jabatan, bonus tahunan dan pengurangan dari denda suatu kerusakan barang.

Baca juga :   Pengertian, Penyebab, Akibat, Macam-Macam dan Contoh Pencemaran Air Lengkap

Baru deh dari situ dijumlah total gaji bersih yang diterima oleh karyawan setiap bulannya. Dengan demikian, karyawan akan lebih jelas menerima jumlah gaji yang diterima setiap bulan sesuai dengan jabatannya selama menjadi karyawan.

Contoh Slip Gaji Kimia Farma

Kimia farma merupakan sebuah sebuah perusahaan di bawah BUMN yang beroperasi dalam bidang farmasi. Perusahaan yang satu ini tentunya menghasilkan banyak produk yang berkualitas. Tidak heran jika banyak orang yang yang menginginkan kerja di sana.

Nah, setiap orang yang bekerja di perusahaan ini, tentunya mereka akan mendapatkan slip gaji sebagai bukti bahwa gaji telah dibayarkan. Dalam slip ini juga tertera dengan jelas berapa nominal gaji yang diberikan sesuai dengan jabatannya.

Sama halnya dengan gaji pada perusahaan lainnya, perusahaan Kimia farma juga menggunakan slip gaji sebagai bentuk rincian gaji bulanan untuk para karyawannya. Dalam slip gaji ini juga berisikan tentang nama perusahaan, nama penerima, tanggal, jabatan, serta keterangan nominal gaji yang diterima.

Adapun contoh slip gaji kimia farma antara lain adalah sebagai berikut:

PT. Kimia Farma

Slip Gaji

Tanggal:

Nama:

Jabatan:

Keterangan gaji

Gaji pokok : Rp. Xxx

Tunjangan jabatan : Rp. Xxxx

Uang transport : Rp. Xxxx

Uang makan : Rp. Xxx

Uang lembur : Rp. Xxx

Bonus bulanan : Rp. Xxx

BPJS Ketenagakerjaan : Rp. XXXX

Jumlah : Rp. Xxxx

Accounting

Dengan melihat pembahasan di atas serta melihat contoh slip gaji yang sudah disebutkan di atas menunjukkan bahwa keberadaan slip gaji ini sangat penting. Terutama jika digunakan untuk hal-hal yang darurat.

Slip gaji bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti halnya pengajuan KPR. selain itu, dengan adanya slip gaji juga Anda menjadi tahu informasi gaji yang diterima sesuai dengan kinerja yang dilakukan.

Karena itu, cobalah mulai saat ini menyimpan slip gaji yang dimiliki. Jangan langsung buang begitu saja setelah mendapatkan gajian. Namun siapa siapa tahu slip gaji ini bisa bermanfaat terutama dalam hal-hal darurat seperti pengambilan kredit.

 

Leave a Comment