Bingung Dengan Masa Pensiun? Ini 20 Peluang Usaha Yang Menjanjikan No ratings yet.

0 Shares

Tidak ada salahnya jika seorang karyawan punya penghasilan sampingan yang dimulai dari rumah. Apalagi jika modal yang dibutuhkan tidak banyak. Sejatinya modal terbesar dan terbaik untuk memulai bisnis adalah tekad kuat dan konsistensi. Selain penghasilan tambahan, ini alasan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis sampingan terutama yang masih di usia produktif

Persiapan pensiun

Pensiun adalah gambaran berhenti atau berkurangnya pendapatan bagi seorang karyawan. Apalagi karyawan swasta. Bisnis sampingan yang dirintis semasa menjadi karyawan akan menjadi alternatif pendapatan Anda di masa pensiun nanti.

Pemasukan tambahan

Kebutuhan hidup semakin lama semakin meningkat. Menuntut kita memerlukan pendapatan lain di luar pendapatan pokok kita. Kelebihan pendapatan ini tak hanya memenuhi kebutuhan pokok saja namun dapat memenuhi kebutuhan lain seperti tabungan, investasi, bahkan kebutuhan darurat/mendadak.

Peluang yang luas

Era disruptif seperti sekarang ini membuat siapapun dapat menjadi apapun. Semua berjalan begitu cepat dan mudah. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan di era milenial ini, alangkah baiknya kita dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Aktualisasi diri

Bisnis sampingan mungkin menjanjikan sesuatu hal yang berbeda dari apa yang Anda sudah dapat. Tak semua karyawan bekerja sesuai dengan passion dan atau kompetensinya. Bisnis sampingan ini bisa jadi wadah mengekspresikan diri Anda. Karena kepuasan dan kebahagian lebih berharga dari uang sekalipun.

Ide yang unik

Semakin unik sesuatu maka akan semakin menarik bagi kita. Semakin mudah bagi kita untuk men-trademark-nya. Tahukah Anda bahwa kebanyakan perusahaan yang mendunia berawal dari bisnis sampingan yang dikembangkan dari ide unik? Bila ide unik tersebut sudah ada di benak Anda, desainlah strategi terbaik untuk mengaktualisasikannya.

Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil

peluang bisnis modal kecil

Anda masih bingung mau bisnis apa? Berikut beberapa peluang usaha bermodal kecil yang bahkan bisa Anda kerjakan di rumah Anda.

1. Agen pembayaran online

Bisnis ini merupakan bisnis paling menarik bagi seorang pemula. Modal kecil dan resiko kecil pula. Anda hanya perlu menyiapkan komputer/laptop dan sambungan internet. Daftarlah menjadi agen pada suatu agensi pembayaran online. Ada menjadi penyedia jasa pembayaran tagihan rumahan seperti pulsa HP, listrik, PDAM, TV kabel, internet, cicilan kredit dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan konsumen? Anda bisa tawarkan ke rekan kerja Anda ataupun ke tetangga rumah Anda.

2. Freelance penulis online

Blogger yang baik harus rajin meng-update situsnya agar kunjungan situsnya tidak berkurang. Beberapa blogger tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan konten-konten berkualitas untuk situsnya. Situasi inilah yang membuat para blogger mencari freelance penulis artikel online. Peluang bisnis ini terbuka sangat luas dan memiliki prospek yang sangat bagus terutama di era internet seperti sekarang ini. Kemampuan yang harus Anda miliki yaitu penguasaan dasar-dasar SEO (Search Engine Optimation) agar tulisan Anda tak hanya enak dibaca tapi berkualitas SEO.

Baca juga :   Pengertian Debit dan Kredit dalam Laporan Keuangan

3. Dropshiper

Anda tidak punya barang untuk dijual? Dropshiper solusinya. Modalnya pun sangat minim. Anda hanya perlu mencari mitra yang memiliki produk/barang yang bisa dijual. Lalu jalin kesepakatan persentase bagi hasil keuntungannya. Selanjutnya, Anda akan menawarkan barang tersebut kepada calon konsumen. Konsumen akan memesan barang melalui Anda. Setelah terjadi kesepakatan pembayaran, Anda akan memesan barang kepada mitra suplier Anda. Jika mitra suplier Anda menerima jasa dropshiper, biasanya dia akan bersedia menerima permintaan barang dari Anda. Bahkan, barang tersebut bisa dikirim langsung ke konsumen dengan atas nama Anda. Bukan mitra suplier.

4. Reseller

Persamaan reseller dengan dropshiper adalah sama-sama tidak memiliki barang/produk. Anda bekerja sama/bermitra dengan suplier. Lalu, apa perbedaannya? Biasanya reseller menyediakan barang terlebih dahulu baru dijualkan ke konsumen. Keunggulan dari reseller adalah bisa mengatur sendiri besar keuntungan dari barang yang dijualnya. Bagi beberapa suplier seringkali menyediakan harga khusus bagi reseller barang/produk mereka.

5. Jasa pembuatan souvenir pernikahan

Untuk Anda yang menyukai kerajinan bisa mencoba bisnis ini. Pernikahan adalah momen terindah bagi pasangan anak manusia. Oleh karena itu, pernikahan akan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Salah satu pernik dalam pernikahan adalah souvenir bagi tamu undangan. Diantaranya gantungan kunci, pin, kipas, bros, dan masih banyak lagi. Buatlah hasil karya Anda semenarik mungkin sehingga bisa diunggah di media sosial.

6. Jasa antar jemput

Peluang usaha yang membutuhkan modal tidak sedikit kecuali Anda sudah memilikinya. Anda hanya perlu menyiapkan mini-van atau kendaraan yang dapat memuat banyak orang. Jasa ini bisa ditawarkan ke sekolah-sekolah ataupun kepada orang tua wali murid. Bahkan, beberapa karyawan pabrik di pelosok daerah masih menggunakan jasa ini karena murah dan belum terjangkau ojek online.

7. Les privat/bimbingan belajar

Inilah peluang usaha yang bisa dikatakan tanpa modal. Anda hanya perlu mempromosikan jasa Anda sesuai bidang kompetensi seperti bimbingan belajar, les menggambar, les musik, dan lainnya. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial maupun jejaring WhatsApp. Luangkan waktu khusus, biasanya sore sepulang kerja atau hari-hari di akhir pekan.

8. Jasa pencucian motor/mobil

Musim hujan justru dapat meningkatkan omzet jasa ini menjadi berkali-kali lipat. Saat ini sudah era nya manusia tidak memiliki banyak waktu sehingga usaha di bidang jasa meningkat permintaannya. Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Anda perlu alat yang mahal jika membayangkan pencucian mobil yang perlu desain tempat khusus maupun pengadaan hidrolik. Tapi tidak jika untuk pencucian motor. Pastikan jasa Anda menarik dengan hasil yang baik dan tinggalkanlah kesan positif kepada customer.

9. Jasa penyewaan motor

Anda punya motor lebih di rumah? Usaha ini menjanjikan untuk menambah penghasilan Anda secara pasif. Cukup siapkan motor yang layak pakai dan promosikan kepada tetangga, rekan kerja atau kerabat terdekat Anda. Beri tawaran menarik dengan memberikan diskon bagi yang menyewa pekanan atau bulanan.

10. Toko online

Meski toko online sudah menjamur di Indonesia, tak ada salahnya Anda mencoba usaha ini. Anda hanya perlu menyiapkan website atau situs yang memudahkan para customer berbelanja secara online. Percayakan pembuatan dan pemeliharan situs Anda kepada yang ahli. Lalu, Anda bisa bekerja sama dengan suplier barang/produk untuk menjualkan barang mereka.

Baca juga :   Pengen Cepet Kaya? Ini Tips Terbaik Untuk Bisnismu

11. Jasa desain/percetakan/editing

Jasa ini menuntut Anda memiliki keahlian khusus, yaitu desain grafis. Namun, untuk membidik pasar yang lebih luas, Anda dituntut untuk memiliki kreatifitas. Hasil karya yang tak hanya menarik tapi juga bernilai jual. Sesuaikan hasil karya kepada calon customer. Karena setiap customer memiliki ciri khas dan kebutuhan yang berbeda. Anda harus cerdas membaca kebutuhan pasar dan nilai lebih Anda dibanding kompetitor. Mengingat usaha ini sedang digandrungi.

12. Fotografi

Apa yang ada dalam benak Anda untuk usaha jenis fotografi? Kamera mahal? Tidak juga. Banyak pelaku jasa fotografi yang terkenal justru bermodalkan kamera HP saja. Peluang ini terbuka luas mengingat HP sudah bukan barang mewah dan menjadi kebutuhan primer. Kebanyakan HP pun sudah memiliki perangkat kamera dengan kualitas baik. Tak perlu repot-repot jadi wedding fotografer. Sekarang ini sudah banyak yang bisa dijual dengan fotografi seperti makanan, pemandangan, objek wisata, pakaian dan masih banyak lagi.

13. Jasa rias pengantin

Jasa ini memang harus memiliki keterampilan khusus. Namun, perkembangan zaman membuat Anda bisa lebih mudah mendapatkan ilmu dari mana saja. Melalui internet, Anda bisa mempelajari tutorial make-up, tools apa saja yang digunakan, jenis-jenis make-up dan lain –lain. Kuatkan tekad Anda untuk menguasai keterampilan ini. Akan lebih mudah jika Anda sudah menyukai dunia seni rias ini. Bergabunglah dengan komunitas dan kursus yang dapat meningkatkan kemampuan Anda.

14. Pertamini

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal jauh dari SPBU. Apalagi sudah banyak ditemui jenis usaha pengisian bahan bakar mini ini. Kuncinya adalah amati, tiru dan kembangkan. Sesuaikan dengan kebutuhan di tempat tinggal Anda. Bagi kawasan pelosok, jualah BBM jenis pertalite atau premium. Di kawasan industri, tambahkan jenis solar/bio solar. Di kawasan elit perumahan, tambahkan jenis pertamax. Pasarkan melalui mulut ke mulut atapun media sosial. Profitnya sangat menjanjikan, prosesnya sederhana. Hanya saja perlu modal untuk pengadaan alat pengisiannya. Jika belum ada modalpun, ada bisa memulai berjualan melalui botol-botol yang diisi BBM.

15. Laundry/jasa setrika

Mencuci pakaian sudah menjadi pekerjaan yang ‘berat’ dilakukan di zaman sekarang. Sekalipun ada mesin cuci, kadangkala waktu dan tenaga yang tidak ada. Maka peluang ini bagus sekali dikerjakan di rumah Anda. Berilah juga jasa setrika pakaian. Meskipun mencuci lebih mudah dengan bantuan mesin cuci namun untuk menyetrika masih dilakukan secara manual. Apalagi jika Anda tinggal di kompleks perumahan atau di kawasan kantor/kampus. Peluang usaha ini sangat menjanjikan. Jagalah kepercayaan customer dengan merawat baik-baik pakaian mereka. Berilah pelayanan terbaik dan mereka akan menjadi marketer dengan merekomendasikan jasa Anda dari mulut ke mulut.

16. Ternak/budidaya hewan

Untuk Anda yang punya lahan berlebih di rumah Anda, cobalah untuk beternak atau membudidayakan hewan tertentu. Bisa dari hewan ternak seperti ayam, kambing, sapi. Atau berbudidaya ikan konsumsi seperti lele, nila, bawal. Pelajarilah kemampuan beternak dari peternak sekitar rumah Anda. Anda juga bisa belajar melalui internet. Bidik pasar yang sesuai dengan minat atau kebutuhan di sekitar Anda. Butuh ketelatenan dan jangan mudah menyerah. Anda pasti menemukan solusi dari permasalahan jika Anda sudah benar-benar melakukannya.

Baca juga :   35+ Gambar Kayu Jati yang Unik, Terbesar, Termahal di Dunia

17. Jasa menjahit/butik

Jenis usaha yang akan terus berkembang setiap waktu. Setiap era memiliki mode yang berbeda-beda sehingga usaha ini akan terus dibutuhkan sampai kapanpun. Selain keahlian seni jahit, Anda juga harus mampu memiliki kreatifitas sehingga kelak Anda akan memiliki brand sendiri. Peluang pemasaran juga terbuka luas mulai dari mulut ke mulut hingga media sosial. Apalagi pada musim tertentu seperti hari raya dan tahun ajaran baru sekolah yang dapat meningkatkan profit usaha ini berkali-kali lipat.

18. Service AC

AC sudah menjadi kebutuhan wajib di hampir setiap bangunan. Entah itu gedung perkantoran hingga kawasan perumahan. Suhu udara yang gerah dan lembab membuat kehadiran AC sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang punya keahlian di bidang mekanik mungkin bisa melirik peluang usaha ini. Apalagi di kawasan kota-kota besar. AC atau pendingin ruangan memerlukan perawatan yang rutin seperti mengganti freon, pembersihan filter, kebocoran selang dan lain sebagainya. Tidak usah kuatir dengan para kompetitor. Berikan pelayanan yang terbaik, harga yang menarik dan promosi yang unik maka customer akan mempercayakan AC mereka pada Anda. Menariknya, jika Anda mampu masuk ke gedung perkantoran, boleh jadi seluruh AC dalam gedung itu akan dipercayakan kepada Anda. Begitu pula jika di lingkungan perumahan. Berapa rumah yang bisa Anda kerjakan kelak. Karena potensi yang besar, jasa ini menuntut bagaimana Anda bisa merawat customer dan membayar kepercayaan mereka.

19. Jasa catering/camilan

Usaha ini merupakan kebutuhan primer sehingga selalu dicari dan dibutuhkan. Untuk Anda yang punya hobi memasak, peluang ini sangat menarik dan menyenangkan. Selain menyalurkan hobi, Anda juga sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Anda tidak perlu memiliki pengalaman di event besar seperti pernikahan atau seminar. Mulailah menawarkan usaha Anda melalui acara yang memiliki skala kecil seperti syukuran, pengajian atau rapat RT. Promosikan juga melalui media sosial. Ambil gambar yang semenarik mungkin sehingga dapat menarik minat customer.

20. Franchise/waralaba

Untuk Anda yang kebingungan memulai bisnis apa, waralaba bisa menjadi salah satu solusinya. Ada hanya perlu menyiapkan modal lebih. Usaha ini biasanya sudah memiliki brand yang dikenal umum. Selain membeli usaha yang sudah berjalan, Anda juga secara tidak langsung sudah membeli pelanggan atau customer. Pelajari dan pahami strategi bisnis waralaba itu. Kembangkan dengan melihat potensi di lingkungan sekitar. Boleh jadi usaha Anda justru meraih profit yang lebih besar dibandingkan pemilik waralaba.

Please rate this

0 Shares

Leave a Comment