Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah pada Windows, Mac OS, dan Linux 5/5 (2)

7 min read

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah pada Windows Mac OS dan Linux

Komputer merupakan sebuah komponen yang rumit dan dapat menampung berbagai jenis file dalam jumlah yang banyak. File yang ada pada komputer jenisnya sangat beragam, dan ada saatnya kita ingin mengubah atau meng-convert salah satu jenis file ke jenis file lainnya.

Entah itu karena urusan pekerjaan atau untuk memudahkan diri sendiri saat mengerjakan tugas. Maka dari itu, Anda memerlukan cara mengubah PDF ke Word agar hasilnya sesuai keinginan.

File PDF sendiri merupakan jenis file yang tidak mudah untuk diedit. Sedangkan file Microsoft Word merupakan jenis file yang cara pengeditannya sangat mudah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengubah file dari PDF menjadi Word. Berikut ini akan dibahas tentang cara mengubah PDF ke Word, baik itu pada komputer Windows, Mac OS, dan juga Linux.

Alasan Orang Men-convert PDF ke Word

Alasan orang ingin mengubah PDF ke Word dikarenakan file Word lebih mudah diedit daripada PDF. Seperti yang sudah diketahui, jika file yang sudah berbentuk PDF biasanya akan sulit sekali diedit. Sekalipun kita sudah menggunakan aplikasi Adobe Acrobat.

Mungkin jika hanya mengedit PDF beberapa kata atau merevisi bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi jika Anda hendak mengedit banyak akan sulit untuk dilakukan. Contohnya saat hendak menambahkan kolom atau baris di file PDF maka akan sangat sulit apabila tidak diubah terlebih dahulu menjadi file Word. Mengubah file PDF menjadi file Word juga bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Mengubah PDF ke Word memang menjadi hal yang penting untuk dilakukan saat Anda hendak mengedit sebuah dokumen dengan mudah. Berikut ini beberapa cara untuk mengubah PDF menjadi MS Word baik itu di Windows, Mac OS, dan Linux. Anda bisa memilih masing-masing cara sesuai dengan keinginan masing-masing.

Cara Mengubah PDF ke Word pada Windows

Di Windows Anda bisa meng-edit dokumen PDF menjadi Word secara online maupun offline. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi ataupun tidak menggunakan aplikasi. Berikut ini cara mengubah PDF ke Word pada Windows.

Cara Mengubah PDF ke Word Offline dengan UniPDF

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah menggunakan software uniPDF. UniPDF merupakan aplikasi convert PDF to Word offline yang bisa Anda pilih. Aplikasi gratis ini khusus untuk mengubah file PDF ke berbagai format lain seperti image, Word, html, dan text. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama adalah mengunduh dari laman http://uniPDF.com/download/ kemudian install di komputer Anda.
  • Jalankan aplikasi uniPDF lalu pilih tab settings dan pastikan pada Word Format yang terpilih adalah doc, bukan rtf. Apabila belum diubah maka Anda bisa mengubahnya terlebih dahulu menjadi Doc, lalu “Save”.
  • Kemudian cari file yang akan diubah menjadi Word dengan klik tombol “add” atau “drag and drop” dari Windows Explorer.
  • Apabila nama file dan jumlah halaman sudah muncul pada list, selanjutnya pilih “Word” pada opsi Output Format.
  • Langkah yang terakhir adalah pilih tombol “convert” dan tunggu sampai proses selesai. Untuk dapat melihat hasilnya klik tombol “open output file path” lalu “ok”.
Baca juga :   Cara Cerdas Mengelola Pinterest dengan Viraltag

Saat Anda hendak menambahkan file PDF pada uniPDF, kemudian pada tab status terdapat tulisan need password atau pada Total Pages kosong menandakan jika file PDF tersebut diproteksi agar tidak bisa diedit atau di-copy, sehingga Anda tidak bisa mengubah file PDF tersebut menjadi MS Word dengan uniPDF.

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Office 2013-2016

Khusus untuk Anda yang memiliki software Word 2013 atau 2016 maka langkah-langkah mengubah file PDF menjadi Word bisa dilakukan tanpa aplikasi, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukannya.

Berikut ini cara mengubah PDF ke Word tanpa aplikasi:

  • Langkah yang pertama adalah menjalankan aplikasi Word 2013 atau 2016, kemudian pilih Menu File Open. Cari file PDF yang akan Anda convert.
  • Pada saat hendak membuka file PDF, maka akan muncul pemberitahuan file akan diubah dulu menjadi Word, pilih “ok” untuk melanjutkannya.
  • Selanjutnya, tunggu sampai proses convert selesai, lamanya tergantung pada jumlah halaman yang di-convert.
  • Saat proses sudah selesai, maka file PDF tersebut akan menjadi format docx.
  • Langkah yang terakhir pilih save untuk menyimpan file MS Word tersebut.

Cara ini merupakan salah satu cara mengubah PDF ke Word yang mudah, namun tidak semua orang memiliki aplikasi MS Office 2016 dan 2013, sehingga tidak semuanya bisa melakukan dengan cara ini.

Cara Mengubah PDF ke Word Online

Cara yang selanjutnya adalah mengubah file PDF ke Word secara online. Anda bisa melakukan cara yang satu ini melalui PC ataupun smartphone. Salah satu situs yang bisa Anda kunjungi adalah convertonlinefree.com. Hasil convert PDF ke Word dari situs ini menghasilkan ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih menguntungkan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama adalah membuka halaman convertonlinefree.com.
  • Lalu klik tombol “browse” dan cari dokumen yang akan dikonversi menjadi Word.
  • Klik tombol “convert” dan tunggu sampai proses upload selesai. Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses convert secara otomatis.
  • Jika proses sudah selesai, maka Anda bisa langsung mengunduhnya ke komputer.

Anda bisa mengubah file PDF ke Word secara online melalui situs ini dengan ukuran maksimal 50 MB, sehingga untuk file PDF yang berukuran sangat besar tidak bisa dilakukan.

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Adobe Acrobat PRO DC

Untuk Anda yang memiliki software Adobe Acrobat PRO maka bisa menggunakan cara yang satu ini. Adobe Acrobat PRO sendiri saat ini sudah berganti nama menjadi Adobe Acrobat DC. Aplikasi ini berbeda dengan Adobe Acrobat Reader, sehingga Anda jangan sampai salah menggunakan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Langkah yang pertama adalah menjalankan software Adobe Acrobat DC, kemudian buka dokumen PDF yang akan diubah.
  • Jika file PDF sudah diubah, langkah yang selanjutnya pilih menu Tools lalu Export PDF.
  • Kemudian, Anda bisa memilih format yang diinginkan, apakah Word document ingin dijadikan doc atau docx.
  • Langkah yang terakhir pilih tombol “export” lalu pilih juga lokasi penyimpanan. Tekan tombol “save”.

Cara Mengubah PDF ke Word Pada Mac OS

Untuk Anda pengguna Mac OS yang ingin mengubah file PDF menjadi Word tidak perlu bingung, karena terdapat banyak aplikasi converter gratis yang bisa dipilih. Anda dapat dengan mudah mendapatkan ekstraksi teks dari file PDF, kemudian mengubahnya menjadi Word.

Selain itu, terdapat pula aplikasi yang mendukung OCR, sehingga PDF hasil scanning bisa dikonversi menjadi doc. Berikut cara-caranya yang bisa dipilih.

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Doxillion Document Converter Software by NCH Software

Untuk Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara mengubah PDF ke Word pada Mac OS, maka aplikasi yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini cukup sederhana, sehingga mudah digunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis ini untuk mengubah PDF ke Word pada OS X minimal Tiger. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Langkah yang pertama adalah membuka aplikasi Doxillion Document Converter Software by NCH Software.
  • Kemudian, klik pada tombol Add files/Add Folder untuk memilih file PDF yang akan diubah menjadi Word.
  • Anda bisa memilih folder output yang sama dengan folder input ataupun yang berbeda.
  • Adapun pilihan format output yang tersedia meliputi: docx, doc, html, PDF, odt, txt, rtf, bmp, xml, tif, jpg, png, dan gif. Pilihlah format output doc atau docx, sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Selanjutnya pada opsi Document Setting Anda bisa mengubah pengaturan marginnya.
  • Lalu pada tab Preferences, ubah pengaturan lain seperti format output, opsi overwrite, error, dan masih banyak opsi lainnya.
  • Langkah yang terakhir adalah klik tombol “convert”.
Baca juga :   Cara Membuat Software di Komputer dan Android

Aplikasi yang satu ini mendukung konversi OCR, sehingga file PDF yang berupa scan bisa diubah menjadi file Word. Untuk hasilnya juga lumayan bagus, layout bawaan PDF juga masih bisa terbaca.

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Automator

Cara kedua untuk mengubah PDF ke Word pada Mac adalah dengan menggunakan aplikasi Automator. Automator merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan berbagai tugas.

Selain itu, Automator adalah aplikasi bawaan dari OSX, sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti:

  • Langkah yang pertama adalah membuka aplikasi Automator.
  • Kemudian, pilih opsi untuk membuat sebuah Service, Application, atau Workflow.
  • Selanjutnya, di bawah tab Library pilih opsi Files & Folder, lalu pilih Ask for Finder Items. Drag ke bagian bawah window Automator yang ukurannya lebih besar.
  • Pada tab Library, pilih opsi PDFs. Lalu Drag and drop Extract PDF Text ke window yang selanjutnya. Pilihlah opsi output yang diinginkan, bisa dengan Plain Text atau Rich Text. Atur pula lokasi output dan nama file output. Lalu simpan workflow-nya dengan nama tertentu dan pilih “save as application on service”.
  • Drag and drop file PDF yang sudah dibuat menjadi aplikasi tadi dan aplikasi akan mengekstrak teks dari file PDF menjadi Word.

Cara Mengubah PDF ke Word dengan LiberOffice

Untuk Anda yang sedang mencari cara mengubah PDF ke Word gratis pada Mac maka aplikasi yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. LiberOffice merupakan jenis aplikasi yang sederhana, sehingga mudah untuk digunakan. Anda bisa mengubah file PDF menjadi Word pada Mac OS X minimal Mountain Lion.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama adalah membuka file PDF menggunakan LiberOffice.
  • Setelah file PDF terbuka, maka Anda bisa mengedit teks dan gambarnya. Opsi lain yang bisa dilakukan seperti menambahkan teks dan gambar, layout, ukuran font, font, serta pengaturan lainnya yang bisa diubah.
  • Layout bawaan dari PDF bisa dipertahankan. Gambar yang ada di dalamnya juga bisa tetap bagus.
  • Lalu akan ada pilihan akan menyimpan file tersebut ke PDF, otg, odg, atau fodg.
  • Apabila akan menyimpannya sebagai doc, maka lakukan pengaturan terlebih dahulu pada tab Preferences. Lalu Load/Save, pilih tab General. Pilih opsi Always Save As. Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih.

PDF-to-Word-Free

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah PDF-to-Word-Free. Aplikasi ini juga mendukung OCR. Namun, versi gratisnya hanya membatasi konversi dua halaman pertama dari PDF ke Word. PDF-to-Word-Free bisa digunakan untuk konversi banyak file sekaligus. Mac OS X minimal Lion merupakan versi yang kompatibel dengan aplikasi ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama buka aplikasi PDF-to-Word-Free
  • Kemudian klik tombol “Add” dan pilih akan menggunakan mode cepat ataukah tidak. Pada mode cepat layout pada PDF tidak diikutkan, sedangkan pada mode normal, layout dan elemen lain akan diikutkan.
  • Anda juga bisa memilih opsi untuk file yang diproteksi, tidak bisa diedit, dicetak, dan membutuhkan passWord.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih bahasa.
  • Format konversi yang bisa dipilih yaitu, doc (OCR), docx, dan docx (OCR).
Baca juga :   Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC Tanpa Software dengan Mudah

Cara Mengubah PDF ke Word pada Linux

Mengubah file PDF menjadi Word merupakan hal penting yang sering dilakukan oleh para pekerja ataupun pelajar. Mengedit file PDF merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga Anda harus mengubahnya menjadi Word. Berikut ini cara mengubah PDF menjadi Word pada sistem operasi Linux yang bisa Anda lakukan:

Cara Mengubah PDF ke Word dengan LiberOffice

Cara mengubah PDF ke Word secara gratis pada Linux adalah dengan menggunakan LiberOffice. Caranya sangat mudah, sehingga Anda bisa melakukannya sendiri dengan benar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen PDF menggunakan LiberOffice.
  • Jika dokumen sudah terbuka, maka klik tombol Toolbar dan pilih Export Directly as Word.
  • Tekan tombol “save”. Maka file PDF akan menjadi file Word yang siap diedit.

Cara Mengubah PDF ke Word Tanpa Aplikasi

Anda juga dapat mengubah file PDF ke Word tanpa menggunakan aplikasi. Caranya cukup sederhana, sehingga Anda tidak akan kesulitan melakukannya. Untuk Anda para pengguna sistem operasi Linux bisa mencoba cara berikut ini:

  • Langkah yang pertama buka browser lalu kunjungi website SmallPDF.
  • Kemudian, klik kolom berwarna biru untuk upload file PDF.
  • Lalu pilih file PDF yang akan diubah menjadi Word.
  • Tunggu beberapa saat sampai SmallPDF selesai mengkonversi PDF menjadi Word.
  • Lamanya mengkonversi tergantung pada ukuran file yang Anda upload. Semakin besar ukuran file maka akan semakin lama.
  • Jika proses konversi sudah selesai, langkah yang selanjutnya adalah mengunduh file Word dengan klik tombol “Unduh file”. Anda bisa membukanya dan mulai mengedit file Word yang sudah didownload tadi.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengubah file PDF menjadi MS Word. Oleh karena itu, Anda bisa memilih cara yang paling mudah untuk dilakukan, sehingga pada saat membutuhkannya sudah bisa menggunakan dengan baik. Aplikasi-aplikasi di atas merupakan aplikasi convert PDF to Word terbaik yang bisa Anda gunakan. Hasil konversinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Itulah beberapa cara mengubah PDF ke Word pada sistem operasi Windows, Mac OS, dan Linux yang bisa Anda jadikan panduan saat hendak mengkonversi dokumen PDF. Dengan memperhatikan setiap langkah-langkahnya maka Anda akan mendapatkan dokumen Word yang berkualitas baik.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *