Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan Cara Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar No ratings yet.

6 min read

surat lamaran kerja yang baik dan benar

Saat melamar sebuah pekerjaan, surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen yang wajib untuk dilampirkan. Biasanya, surat lamaran ini ditujukan untuk pemimpin perusahaan atau bagian HRD.

Dalam menulis sebuah surat lamaran kerja tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Selain Anda harus memperhatikan cara penulisannya, Anda juga harus menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar.

Saat ini, sudah ada banyak contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda tiru.

Namun, bagi Anda yang ingin membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, Anda tidak hanya memperhatikan contohnya saja.

Akan tetapi, Anda juga harus paham dengan pengertian dari surat lamaran kerja, syarat-syarat surat lamaran kerja, fungsi serta cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja adalah sebuah surat dari seseorang yang sedang membutuhkan pekerjaan kepada orang lain yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran kerja bersifat formal atau resmi.

Melalui surat ini, pelamar meminta agar diberi pekerjaan oleh pihak perusahaan atau tempat yang membuka lowongan pekerjaan. Tentu saja, isi dari surat tersebut tentang permohonan agar pelamar bisa diterima oleh pihak yang membuka lowongan pekerjaan.

Syarat-Syarat Surat Lamaran Pekerjaan

Sebelum Anda melihat berbagai macam contoh surat lamaran pekerjaan, Anda juga harus mengetahui syarat-syarat dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri. Lalu, apa saja syarat yang harus Anda penuhi agar bisa membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar?

  1. Surat lamaran kerja harus dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Surat lamaran kerja ditulis tangan dan haru rapi (namun kini juga banyak ditemukan surat lamaran kerja yang diketik, asal tetap rapi).
  3. Surat lamaran kerja harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang sopan serta simpatik.
  4. Surat lamaran kerja yang dibuat harus berisikan tentang identitas pelamar, riwayat pendidikan, maksud pelamar serta lampiran.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari contoh surat lamaran pekerjaan, pastikan bahwa surat lamaran kerja tersebut harus memenuhi keempat syarat yang sudah dijelaskan di atas. Dengan memenuhi keempat syarat yang sudah disebutkan, tentu hal tersebut menandakan bahwa contoh tersebut merupakan surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Secara umum, fungsi dari surat lamaran kerja ini sebagai permohonan dari pelamar untuk diterima kerja oleh pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Akan tetapi, apakah fungsi dari surat lowongan kerja itu sendiri hanya sebatas cukup sampai disitu saja? Ternyata tidak.

Ada beberapa fungsi dari surat yang satu ini. Kira-kira, apa saja fungsi lain dari surat lamaran kerja? Berikut pembahasannya.

Sebagai Bahan Pertimbangan untuk Penerimaan Pekerjaan

Bagi pihak perusahaan, mempertimbangkan calon karyawan yang akan mereka rekrut tentu merupakan sebuah kewajiban. Tes demi tes pun dilakukan untuk bisa mendapatkan karyawan yang mumpuni dan seperti yang mereka inginkan.

Nah, surat lamaran yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak perusahaan atau instansi tertentu sebelum merekrut karyawan.

Sebagai Alat Komunikasi

Ternyata, surat lamaran kerja tidak hanya sebatas sebagai bahan pertimbangan saja. Akan tetapi, surat yang satu ini juga digunakan sebagai alat komunikasi. Mengapa demikian? Hal tersebut karena di dalam surat lamaran pekerjaan pasti akan dilampirkan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja dan lain sebagainya.

Baca juga :   5+ Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar Beserta Ulasan Lengkapnya

Dokumen yang dilampirkan tersebutlah yang tidak sengaja akan menjadi alat komunikasi tidak langsung bagi pihak yang membuka lowongan pekerjaan. Mereka akan mengetahui identitas dari si pelamar pekerjaan, pendidikan terakhir bahkan pengalaman kerja atau prestasi apa saja yang pernah ia raih.

Bukti Tertulis Atas Pengajuan Surat Permohonan Pekerjaan

Nah, fungsi ketiga yang dimiliki oleh surat lamaran pekerjaan yang satu ini ialah sebagai bukti tertulis atas pengajuan surat permohonan pekerjaan. Lewat surat lamaran pekerjaan yang diberikan kepada pemberi lowongan pekerjaan, pelamar akan menuliskan identitas yang dimilikinya mulai dari nama, umur, tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, disertakan juga beberapa lampiran seperti daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, foto, ijazah sebagai bukti telah lulus sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, ada pula tanda tangan yang merupakan bentuk dari pertanggung jawaban atas beban yang akan dipikul nantinya.

Tentu saja, contoh surat lamaran pekerjaan yang baik harus memiliki ketiga fungi di atas. Oleh karena itu, Anda wajib memilih contoh surat yang baik dan benar.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah membahas pengertian, syarat dan fungsi dari surat lamaran kerja, mungkin Anda sudah mengetahui sebagian dari contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Akan tetapi, dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik sebelum membuat surat lamaran. Di bawah ini akan dijelaskan tentang beberapa cara menulis sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Apa saja itu? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Kerapian dan Kebersihan

Kerapian dan kebersihan adalah hal utama yang harus Anda perhatikan saat akan membuat sebuah surat lamaran pekerjaan. Mengapa poin yang satu ini menjadi poin yang harus Anda perhatikan dengan baik? Karapian dan kebersihan yang dibuat akan mencerminkan kepribadian Anda.

Hal tersebut juga sangat membantu pihak perusahaan atau instansi yang terkait untuk menilai calon karyawan yang akan dipilihnya. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik surat lamaran yang akan Anda kirimkan. Jangan sampai Anda menggunakan amplop yang kusam dan sudah terlipat-lipat untuk mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan.

Tuliskan Identitas Diri Secara Lengkap

Dalam berbagai macam contoh surat lamaran pekerjaan tentu saja dilengkapi dengan menggunakan identitas diri. Pastinya, identitas diri adalah sebuah hal penting yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan.

Oleh sebab itu, Anda harus memberikan informasi selengkap mungkin pada surat yang dilampirkan. Hal ini akan membantu pihak perusahaan untuk menghubungi Anda terkait panggilan interview, hasil kelulusan tes yang didapatkan dan berbagai macam informasi lainnya.

Tujuan Dari Surat Lamaran Pekerjaan

Selain kedua cara yang telah disebutkan di atas, cara lainnya ialah dengan menuliskan dengan benar kemana tujuan dari surat lamaran tersebut. Pastikan bahwa Anda melampirkan tujuan surat dengan jelas agar surat yang Anda buat bisa sampai ke tujuan.

Sebenarnya, menulis sebuah surat lamaran pekerjaan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, asal Anda mau memperhatikan ketiga cara yang sudah dijelaskan di atas. Nah, jika Anda sudah memperhatikan ketiga poin tersebut, maka Anda bisa membuat sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali contoh surat lamaran pekerjaan. Akan tetapi, Anda tidak bisa menggunakan sembarang contoh. Pilihlah surat yang memenuhi syarat dan memiliki fungsi yang baik. Dengan begitu, Anda bisa melamar pekerjaan dengan menggunakan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Di bawah ini akan disajikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar:

Baca juga :   Jenis Genteng yang Harus Adan Ketahui Sebelum Membelinya

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1


Jakarta, 30 Mei 2015

Hal : Lamaran pekerjaan

Lampiran : 1 berkas

Kepada : Yth. Kepala bagian personalia

PT Nusantara Jaya Abadi

Jalan Melati Kusuma Bangsa, Semarang

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan:

Nama : Muhammad Budi Santoso

Tempat tanggal lahir : Semarang, 13 Juni 1987

Pendidikan terakhir : SMK Negeri 45 Surabaya, Teknik Mesin

Status : Belum Kawin

Alamat : Jln. Kusuma Baru No. 34, Semarang, Indonesia, 34256

No HP : 089765432466

Dengan datangnya surat ini, saya bertujuan mengajukan lamaran di perusahaan bapak/ibu pimpin. Saya memiliki pengalaman sebagai seorang teknisi dalam bidang mesin di perusahaan mesin terkemuka di Kota Jakarta.

Untuk pertimbangan bapak/ibu, bersama dengan surat ini saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup.
  2. Fotokopi kartu identitas (KTP).
  3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir.
  4. Fotokopi SKCK dari kepolisian
  5. Pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.
  6. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dan pas foto ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya bisa diterima bekerja di perusahaan bapak/ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang telah diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Muhammad Budi Santoso

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 2 (Posisi Sebagai Tim Accounting)


Jakarta, 16 Februari 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Manajer HRD

PT. Bhakti Husada

Jl. M. Husni Thamrin No. 19

Jakarta Utara

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan PT. Bhakti Husada, pada harian Republika tanggal 12 Februari 2019. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Accounting di PT. Bhakti Husada. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama : Siti Nur Aisyah, SE.

Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 23 Juli 1990

Usia : 29 tahun

Pendidikan Terakhir : Universitas Indonesia (S1)

Alamat : Jln. Raya Kusuma, No. 24 Jakarta Timur

Nomor Telepon : 082 534764876

Alamat Email : [email protected]

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, serta lancar berbahasa Inggris baik secara lisan ataupun tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff accounting di PT. Sejahtera Abadi. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  3. Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.

Besar harapan saya kepada bapak/ibu untuk bersedia meluangkan waktu dan memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan secara terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan terima kasih atas bantuan bapak/ibu.

Hormat saya.

Siti Nur Aisyah, SE.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 3 (Posisi sebagai Asisten Apoteker)


Medan, 10 September 2016

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan Instansi Farmasi

Rumah Sakit Griya Husada

Di – Medan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa Instansi Farmasi yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Asisten Apoteker. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Data singkat saya seperti berikut:

Nama : Adinda Tiara Rahma

Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 20 Desember 1995

Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Farmasi, Universitas Negeri Medan

Alamat : Jln. Kapitan Pattimura No. 45 Rt 5 Rw 6, Kota Medan

Nomor Telepon (HP) : 085 4367165435

Alamat email : [email protected]

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy transkrip nilai S1 Farmasi.
  3. Foto copy STRTTK SMK Farmasi.
  4. Foto copy STRTTK S1 Farmasi (menyusul).
  5. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  6. Foto copy ijazah S1 Farmasi
  7. Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Demikianlah surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya, kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Baca juga :   Pengen Cepet Kaya? Ini Tips Terbaik Untuk Bisnismu

Hormat saya.

Adinda Tiara Rahma

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan (Posisi untuk Mengisi Kekosongan Jabatan atau Formasi)


Karawang, 23 Desember 2015

Kepada Yth,

Direktur PT. Mutiara Sejati

Jl. Piere Tendean No. 13 Karawang

Perihal : Lamaran Kerja

Lampiran : Enam (6) berkas

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Najib Abdillah

Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 23 Juli 1989

Alamat : Jl. Raya Melati Sukma, No. 08, Karawang, Jawa Barat

Nomor Telepon : 081 234567876

Alamat email : [email protected]

Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan office seperti Excel, Ms. Word, PowerPoint, Outlook, Access dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik lisan maupun tertulis. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas berikut ini:

  1. Foto Copy Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL.
  2. Foto Copy Sertifikat Kursus Komputer.
  3. Daftar Riwayat Hidup.
  4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Foto Copy Ijazah Terakhir.
  6. Pas Foto Berwarna Ukuran 3×4 Sebanyak 3 Lembar.

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya Bapak/Ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Najib Abdullah


Demikian beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda tiru. Tentu saja, berbagai macam contoh yang disajikan di atas sudah sesuai dengan syarat dan memiliki fungsi yang baik.

Namun, bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja sendiri, Anda bisa menyimak cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Jadi, bagi Anda yang akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi tertentu, kini Anda tak perlu bingung lagi.

Untuk bisa membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik, Anda tinggal melihat contoh surat lamaran pekerjaan yang sudah disajikan di atas. Semoga bermanfaat.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *