Perbedaan Kamera iPhone 5s dan kamera iPhone 5

Secara tertulis, kamera iPhone 5s terlihat mirip dengan kamera iPhoe 5. Keduannya memiliki 8 megapixel, namun Apple telah membuat perubahan yang signifikan pada kamera iPhone 5s untuk dapat menangkap gambar lebih baik meskipun pada kondisi rendah cahaya.

Perubahan ini dilakukan dengan memperbesar sensor kamera dari 1/ 3,2 ke 1/3, dimana dengan perubahan ini mengakibatkan penambahan ukuran pixel dari 1,4 microns menjadi 1,5 microns.

Metode pengembangan ini sama seperti yang dilakukan oleh HTC One, meskipun dengan hasil yang dipata dari HTC lebih beragam, karena resolusi yang lebih rendah dibanding iPhone 5s, yaitu 4 megapixel, setengahnya dari iPhone 5s.

 

Perbedaan iPhone 5 dan 5s secara fisik

kamera iPhone 5s sensor
areamobile.de

Perbedaan antara kamera iPhone 5 dan 5s secara fisik memang tidak terlalu terlihat. Mungkin, sekilas mata, terlihat perbedaan pada bentuk flash kamera iPhone 5s yang terbagi menjadi 2 bagia, yaitu warna putih dan kuning.

Selain peningkatan pada kamera, Apple juga meng-upgrade beberapa bagian untuk meningkatkan performa. Beberapa bagian yang mendapatkan peningkatan kapasitas yaitu :

iPhone 5s : iOS 7 (OS), 1570mAH (kapasitas baterai), Apple A7 (64-bit ARMv8) (Prosesor).

Sedangkan pada versi sebelumnya,

iPhone 5 : iOs 6.1.4 (OS), 1440mAh (kapasitas baterai), Apple A6 (Prosesor).

Terlihat jelas, bahwa pada versi yang terbaru terjadi peningkatan kapasitas pada beberapa bagaian.

 

Perbincangan yang paling ramai dibicarakan oleh para netizen tentang iPhone 5s adalah tentang peningkatan kamera dan kuliatas gambar. Berikut akan kita bahas satu-persatu faktor yang mempengaruhinya.

1. Sensor kamera iPhone 5s yang lebih besar

kamera iPhone 5s hasil sensor
unsplash.com

Kamera iPhone 5s dan iPhone 5 memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dimana kemampuan pada iPhone 5s lebih ditingkatkan. Apple sendiri lebih memilih meningkatkan kemampuan sensor daripada meningkatkan besar pixel kamera ditengah persaingan gatget yang terus meningkatkan besarnya Pixel kamera untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

Peningkatan ini bertujuan supaya tone warna lebih banyak, serta transisi lebih bagus dan noise teredupsi. Peningkatan ini membuat banyaknya cahaya yang didapat dalam satu waktu.

 

Baca juga :   Cara Membuat Software di Komputer dan Android

2. Prosesor A7 yang memiliki ISP (Image Stabiliizer Processor)

kamera iPhone 5s prosesor
kingofwallpapers.com

Perbedaan selanjutnya adalah, kamera iPhone 5s memiliki ISP yang bertugas memproses gambar yang ditangkap oleh kamera untu mendapatkan hasil jepretan yang stabil.

Dalam proses pengolahannya, prosesor A7 memperhatikan beberapa variabel yang ditunakan, seperti color corection, white balance, konversi format dll.

Sensor ini juga memungkinkan kamera mengambil banyak gambar dalam satu detik. Kecepatan pengambilan gambar sampai 10fps (10 gambar per detik). Dengan kecepatan pengambilan gambar yang cukup cepat, membuat kita dapat mengambil gambar terus-menerus tanpa batas selama memori kita masih muat.

Dengan kecepatan pengambilan gambar pada kamera iPhone 5s, kita bisa memilih-milih foto yang paling kita sukai.

kamera iPhone 5s brust
apple.com

Jika menggunakan mode brust, pengguna tidak perlu menyortir gambar yang bagus atau menghapus gambar yang buram, karena kamera iPhone 5s secara otomatis akan memilihkan gambar yang berbaik meluli filter blur, face detection, smile detection, red eye, dll.

 

3. Flash dua warna (True Tone Flash)

kamera iPhone 5s true tune flah
safa.ps

 Kamera iPhone 5s memiliki dua flash yang berguna menyesuaikan pencahayaan di lingkungan sekitar. Patokanya adalah cahaya matahari, kedua warna flash ini akan menyesuaikan warna hasil jepretan seperti jepretan di bawah sinar Matahari.

Ide dari pemasangan dua flash ini adalah untuk meningkatkan corak warna yang tertangkap kamera dan untuk mendapatkan warna kulit yang akurat disebabkan oleh pantulan cahaya lampu flash.

kamera iPhone 5s true tune flah result
apple.com

Dengan dua flash yang terpasang pada kamera iPhone 5s, gambar yang dihasilkan akan terlihat natural meskipun berada di ruang yang berbeda.

 

4. Image Stabilization

kamera iPhone 5s image stabilization
apple.com

IS yang terpasang pada kamera iPhone 5s fungsinya sama dengan IS yang terpasang pada kamera digital pada umumnya. IS digunakan untuk mengurangi efek buram karena gerak pengguna saat mengambil gambar dalam  kondisi rendah cahaya.

Kamera iPhone mengambil banyak foto kemudian akan mengambil bagian-bagian yang paling tajam, dan pada akhirnya akan menghasilkan foto yang memiliki ketajaman maksimal.

Baca juga :   Komputer Generasi Ketiga | Sejaran, Penjelasan, dan Kelebian Disertai Gambar

 

5. Video slow motion

kamera iPhone 5s slow moton
iskysoft.com

Tanpa menggunakan aplikasi tambahan, kamera iPhone 5s bisa membuat video slow motion yang bisa kita setting sediri posisi efek gambarnya.

iPhone  5s bisa merekam video HD 720 p dalam frame rate 120fps yang bisa diputar ulang dengan kecepatan 30fps, sehingga bisa menampilkan gerak lambat sekitar 25%.

6.  Panorama

kamera iPhone 5s panorama
blog.fattonybmx.com

Perbedaan yang terakhir aterletak pada penyempurnaan hasil jepretan mode panorama. 

Pengambilan gambar pada iPhone 5s ditingkatkan lebih halus melalui fitur koreksi exposure secara otomatis untuk setiap frame-nya, kemudian dari beberapa frame digabungkan dalam sebuah foto panorama.

Hasilnya, iPhone 5s mampu menangkap foto pemandangan exposure lebih halus antara area gambar yang berbeda.

 

Leave a Comment