Contoh Brosur Lengkap Beserta Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Cirinya, yang Akan Memudahkan Pekerjaan Anda

Dalam menjalankan sebuah usaha, promosi menjadi salah satu elemen penting yang dapat mendobrak pesat kemajuan usaha. Sehingga dalam melakukan kegiatan promosi ini harus direncanakan dengan matang, baik media yang digunakan, strategi promosi yang tepat dan sebagainya agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Kegiatan promosi sendiri banyak bentuknya, bisa dengan menyelenggarakan seminar, memperkenalkan produk secara langsung ataupun dengan media brosur. Promosi dengan media brosur menjadi satu dari bentuk promosi yang paling banyak digunakan. Di bawah ini ada beberapa contoh brosur untuk berbagai bidang usaha yang bisa Anda jadikan referensi.

Pengertian Brosur

Pernahkah Anda mendengar kata brosur? Ya, brosur salah satu media promosi terbaik yang sering digunakan para pengusaha atau produsen. Anda pasti sering menemukan brosur di berbagai tempat. Terkadang penyebaran brosur ini diberikan secara langsung kepada calon konsumen, tetapi ada juga yang hanya menyebarnya di jalan agar siapa yang menemukannya untuk membacanya, brosur kredit kendaraan roda dua misalnya.

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan promosi baik produk, jasa atau layanan tertentu. Brosur ini memiliki fungsi yaitu untuk memberikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen.

Umumnya, brosur berbentuk selebaran kertas yang berisi barisan kata atau kalimat, serta informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan ditambah sedikit gambar pendukung untuk memberikan tambahan daya tarik bagi yang membacanya.

Brosur ini biasanya dibagikan secara gratis alias tanpa membayarnya sedikitpun agar seseorang yang menerimanya dapat membaca informasi dari produk dan jasa yang ditawarkan secara gratis.

Contoh brosur yang sering ditemukan biasanya jenis brosur makanan, brosur promosi produk, brosur kecantikan, brosur promosi sekolah, brosur Bahasa Inggris dan sebagainya. Biasanya produsen akan contoh brosur ini dalam jumlah yang cukup banyak agar dapat diterima oleh banyak orang.

Semakin banyak orang yang menerima dan membaca isi promosi yang terdapat dalam brosur maka semakin besar juga kemungkinan produk Anda akan terjual lebih banyak.

Fungsi Brosur

Sebelum membahas contoh brosur, sebenarnya apa sih fungsi dari brosur itu sendiri? Secara garis besar, brosur ini memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai berikut.

Fungsi Informatif

Yaitu contoh brosur digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum yang berkaitan dengan perusahaan Anda. Secara mudahnya brosur dikatakan sebagai presentasi perusahaan Anda, layanan produk dan jasa yang ditawarkan, ataupun perubahan terbaru agar diketahui oleh banyak orang.

Fungsi Iklan

Brosur juga berfungsi sebagai iklan atau media promosi yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Penggunaan contoh brosur sebagai media promosi atau iklan tentu lebih hemat tenaga karena Anda tidak perlu menjelaskannya secara detail dan hanya sebagian saja yang disampaikan karena selebihnya tulisan dalam brosur Anda yang akan memberikan informasi selengkapnya.

Fungsi Identifikasi

Yang dimaksud brosur sebagai fungsi identifikasi adalah contoh brosur yang mengharuskan Anda untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur dari perusahaan Anda.

Dengan demikian, perusahaan Anda memiliki ciri khas tertentu dalam gambaran promosinya. Hal ini bermanfaat agar perusahaan Anda mudah diidentifikasi atau mudah dikenal oleh kebanyakan orang. Tentunya hal ini juga akan mengangkat kredibilitas perusahaan Anda.

Bukan hanya membuat contoh brosur dengan konsep yang matang tetapi sebaiknya juga menggunakan logo khusus yang dirancang dengan baik agar seseorang semakin mudah mengenali produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Ciri-Ciri Brosur

Jika Anda mengamati beberapa contoh brosur yang pernah Anda terima, brosur ini memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh media promosi yang lain. Di antara ciri-ciri brosur adalah sebagai berikut.

  • Memiliki pernyataan pesan tunggal, dalam arti hanya memuat satu tujuan saja yaitu sebagai promosi produk atau jasa
  • Susunan katanya bersifat ajakan, bujukan atau mempengaruhi orang lain yang membacanya untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga disusun dengan kata-kata yang dapat memikat calon konsumen
  • Brosur harus dibuat menarik agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, sehingga memerlukan konsep yang matang baik dari segi desain, pemberian logo dan tujuan penyebaran brosur
  • Memiliki sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya
  • Copy-nya harus jelas serta dibuat dengan konsep dan desain yang menarik.
Baca juga :   Peluang Usaha Tahun 2020 Terbaru Yang Menjanjikan, Hanya Dengan Modal Kecil Dijamin Laris

Contoh Brosur Makanan

Usaha yang bergerak dalam bidang makanan memerlukan kegiatan promosi untuk memajukan usaha. Tanpa adanya promosi produk makanan yang Anda jual tidak akan dikenal oleh banyak orang, dalam arti calon konsumen Anda berada dalam cakupan yang sempit.

Dalam hal ini Anda memerlukan brosur sebagai media promosi. Penggunaan brosur ini sangat menarik karena dapat memperkenalkan usaha Anda ke calon konsumen dalam cakupan yang luas dan terjadi dalam waktu yang singkat. Jangan lupa sertakan gambar dan beberapa keunggulan dari produk makanan yang Anda promosikan agar semakin menarik calon konsumen.

Misalnya saja banyaknya rasa yang disediakan, harga paket yang lebih murah, tampilan yang menarik, tempat yang higienis, delivery order, atau bisa juga dengan pemberian diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Usahakan Anda memiliki cita rasa yang khas untuk makanan yang Anda produksi, dengan kata lain rasa lezat itu hanya bisa didapatkan di produk Anda dan tidak bisa ditemukan di produk makanan yang lain.

Contoh Brosur Sekolah

Teknik pembuatan brosur sekolah hampir sama dengan teknik pembuatan brosur-brosur lainnya, hanya saja dalam pembuatan brosur sekolah ini lebih terfokus pada promosi lembaga pendidikan dan keunggulannya. Penggunaan contoh brosur sekolah ini biasanya ditemukan saat musim pendaftaran siswa baru.

Keunggulan yang disertakan seperti keunggulan akademik dan prestasi yang telah diraih, sample alumni yang telah sukses, keunggulan saspras yang memadai, kualitas tenaga kependidikan, kualitas gedung sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan lain sebagainya.

Melakukan kegiatan promosi sekolah dengan media brosur ini sangat penting dilakukan agar banyak orang yang tau tentang keunggulan-keunggulan yang dimiliki instansi pendidikan tersebut. Promosikan dalam jangkauan yang luas agar pendapatan murid juga semakin banyak.

Contoh Brosur Bahasa Inggris

Penggunaan bahasa yang digunakan dalam membuat sebuah brosur disesuaikan dengan jenis produk atau jasa yang dipromosikan.

Misalnya saja Anda mempromosikan produk makanan maka bolehlah gunakan kata-kata yang semakin memperjelas kualitas rasa, misalnya mantap, sedap, menggoyang lidah, pedasnya membakar, gurih, krenyes-krenyes dan sebagainya yang membawa pembaca seakan hanyut dalam rasa nikmat makanan yang Anda produksi.

Sama halnya ketika Anda membuat contoh brosur sebagai media promosi untuk layanan kesehatan, tentunya Anda menggunakan bahasa yang membahas tentang bahaya suatu penyakit dan cara mengobatinya.

Untuk jenis brosur yang lebih berkelas lagi Anda bisa menggunakan contoh brosur Bahasa Inggris dengan menyematkan Bahasa Inggris dalam penggunaan kata-kata promosinya. Misalnya keep your health, be slim be happy, be romantic with your soul, dan lain sebagainya.

Dalam Bahasa Inggris sendiri brosur biasa dikenal dengan nama brocure. Anda pasti sudah akrab dengan kata ini bukan? Ada kemiripan pengucapan dengan nama dalam Bahasa Indonesia ya.

Dalam Bahasa Indonesia, beberapa contoh brosur ini dikenal sebagai suatu media yang digunakan untuk mempromosikan produk, jasa atau layanan yang di dalamnya memuat informasi secara global, keunggulan produk atau layanan, dan biasanya disuguhkan dalam bentuk kertas.

Contoh Brosur Kreatif

Dalam membuat contoh brosur promosi produk ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah desain brosur. Konsep desain brosur ini dengan sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian calon konsumen Anda. Kualitas penampilan brosur Anda memiliki peran yang cukup besar dalam menggaet hati para konsumen.

Baca juga :   Begini Cara Mengusir Tikus yang Ampuh Agar Tidak Balik Lagi

Dalam membuat desain yang menarik ini meliputi pemilihan warna, perpaduan garis dan elemen gambar jika diperlukan serta desain tulisan yang menarik dan unik. Selain warna tulisan dan desain tulisan, Anda juga harus pandai dalam memilih kata yang tepat.

Gunakan kata atau kalimat yang simpel tetapi mencakup maksud dan tujuan penulisan. Bahasa yang digunakan harus bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan menggunakan kata atau kalimat yang bertele-tele sehingga membuat orang yang membacanya merasa tidak tertarik.

Contoh Brosur Wisata

Memperkenalkan wahana wisata juga bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur wisata. Anda pasti pernah melihat beberapa contoh brosur wisata yang mempromosikan wahana wisata terbaru di suatu daerah.

Apakah Anda mengamati bagaimana teknik penulisan brosur wisata tersebut? Apakah Anda juga mengamati bagaimana rangkaian kata yang digunakan untuk menggaet calon pengunjung? Dalam membuat brosur wisata ini biasanya menyertakan beberapa sampel gambar wahana wisata yang disuguhkan.

Selain itu, biasanya disertakan juga harga tiket masuk serta harga tiket untuk masing-masing wahana wisatanya. Tidak ketinggalan alamat wisata yang dimaksud. Bisa juga Anda sertakan rute menuju lokasi wisata, supaya apabila calon pengunjung berlokasi jauh dari lokasi wisata dapat dengan mudah menuju tempat wisata yang dipromosikan tersebut.

Contoh Brosur Hotel

Saat ini memang segala hal sudah serba mudah dan instan. Tidak semua orang tahu tentang bagaimana cara memesan kamar hotel. Tetapi tidak jarang juga justru dari pihak hotel sendiri yang menyampaikan beberapa informasinya lewat media promosi. Sebut saja media promosi dengan menggunakan sebuah brosur.

Hotel sendiri biasanya menyediakan kamar hotel dengan berbagai tingkatan, mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi. Dengan adanya contoh brosur hotel ini calon tamu hotel akan lebih mudah untuk memutuskan tempat penginapan.

Jangan lupa sertakan alamat hotel secara lengkap dan nomor telepon hotel yang dapat dihubungi agar jika sewaktu-waktu orang yang menerima brosur tersebut ingin bertanya lebih lengkap atau ingin memesan kamar hotel bisa menghubungi secara langsung pada nomor telepon yang tertera pada brosur.

Contoh Brosur Sederhana

Dalam membuat brosur yang simpel tentunya tidak membutuhkan kerumitan yang lebih dibandingkan dengan membuat contoh brosur yang kreatif. Anda tidak perlu memikirkan beragam warna atau gambar yang akan digunakan.

Anda cukup mengonsepnya secara sederhana, baik tulisan yang digunakan tulisan yang simple. Jikalau menambahkan sebuah gambar, hanya menambahkan gambar seperlunya saja. Kertas yang digunakan pun bukan kertas yang tebal tetapi kertas tipis tanpa banyak warna. Tentu saja biayanya relatif lebih murah dibandingkan jenis brosur lainnya.

Contoh Brosur Produk Kecantikan

Wanita memang sangat dekat dengan dunia make up dan kecantikan. Wanita mana sih yang tidak mau tampil cantik dan menarik di mata pasangan? Pasti semuanya ingin terlihat paling cantik dan menawan di mata pasangannya masing-masing.

Terutama perawatan produk kecantikan untuk wajah, bukan hanya banyak lagi, tapi mungkin Anda sampai bingung untuk memilihnya. Terlalu banyak produk-produk kecantikan berkualitas yang ditawarkan, baik melalui media sosial, seminar atau bisa juga menggunakan brosur kecantikan.

Banyak sekali contoh brosur kecantikan yang ditawarkan, dengan desain yang dibuat semenarik mungkin dan seindah mungkin untuk menggaet calon konsumennya.

Jika Anda ingin mempromosikan produk kecantikan Anda menggunakan brosur kecantikan, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat referensi contoh brosur kecantikan yang media internet, pelajari bagaimana titik terpentingnya dan hal-hal yang tercakup di dalamnya.

Biasanya wanita memiliki tingkat emosional yang tinggi, dimana dia akan mudah terpengaruh dan mudah tertarik pada suatu hal dalam waktu yang singkat. Apalagi kalau hal ini berhubungan dengan dunia kecantikan, sangat sulit untuk menolak godaan itu pastinya.

Baca juga :   Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Sebagai salah satu daya tariknya khusus contoh brosur kecantikan yang akan Anda buat adalah sertakan beberapa contoh testimoni terbaik yang nyata. Misalnya dari keadaan sebelum menggunakan produk kecantikan Anda yang wajahnya penuh jerawat, kusam dan berminyak misalnya, dan gambar setelah pemakaian menjadi bersih tanpa jerawat beserta bekasnya, flek hitam hilang dan wajah cerah merona.

Melihat sampel before after tersebut pasti banyak kaum wanita yang memiliki beberapa masalah pada kecantikan wajahnya akan tergoda dan tanpa berpikir panjang akan segera membeli produk kecantikan yang Anda tawarkan. Anda akan hemat tenaga dalam mempromosikan produk menggunakan kekuatan brosur ini. Tanpa capek-capek berbicara panjang lebar, biarkan tulisan dalam brosur yang berbicara.

Oleh karenanya, ciptakan konsep sebaik mungkin dalam mempromosikan produk Anda dengan contoh brosur kecantikan ini. Baik kata yang akan digunakan, gambar, dan sebagainya. Sertakan juga cara pemesanan produk dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Contoh Brosur Simple

Membuat brosur sebagai media promosi juga tidak selamanya membutuhkan kerumitan yang tinggi. Bagi Anda yang tidak ingin ribet, bisa juga kok menggunakan brosur yang simple dan sederhana.

Seperti apa contoh brosur yang simple dan sederhana tersebut? Pertama dari bahan kertas yang digunakan, jika ingin membuat brosur yang simple Anda bisa menggunakan kertas yang tipis saja dan tidak berwarna. Kalaupun kertas tersebut berwarna, hanya menggunakan warna sedikit, satu atau dua warna saja tanpa memiliki banyak perpaduan warna yang membutuhkan pemikiran lebih.

Selain dari segi pemilihan kertas dan warna, Anda juga tidak perlu menggunakan banyak gambar di dalamnya. Yang terpenting, informasi yang akan Anda sampaikan bisa tercakup di dalam tulisan yang tertera pada brosur yang Anda buat.

Sesederhana dan sesimpel apapun brosur, tetap Anda tidak boleh melupakan fungsinya sebagai media promosi, sehingga gunakanlah kalimat atau kata yang menarik dan dapat menghipnotis calon konsumen Anda untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Itulah informasi terlengkap tentang brosur sebagai media promosi, baik pengertian brosur itu sendiri, ciri-ciri, fungsi dan juga beberapa contoh brosur untuk berbagai bidang yang bisa Anda jadikan referensi. Bagaimana? Tertarik mempromosikan produk atau jasa perusahaan Anda dengan menggunakan brosur?

 

Leave a Comment