Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Beserta Jenis dan Keuntungannya 5/5 (1)

7 min read

Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Beserta Jenis dan Keuntungannya

Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi yang terdapat di hampir seluruh negara-negara di dunia. Kemudahan, kenyamanan, dan harga yang terjangkau menjadi alasan mengapa jenis transportasi ini banyak diminati oleh masyarakat.

Saat hendak bepergian menggunakan Kereta Api, maka Anda harus membeli tiket Kereta Api terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara yang tepat agar bisa memperoleh tiket Kereta Api dengan mudah?

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tiket Kereta Api ini. Untuk Anda yang belum terbiasa sebaiknya memperhatikannya dengan cermat, agar nantinya saat hendak membeli tiket Kereta Api tidak akan kesulitan. Pastinya Anda harus membeli tiket Kereta Api resmi agar bisa naik Kereta Api dengan nyaman dan tenang. Berikut ini ulasan lengkap mengenai tiket Kereta Api.

Pengertian Tiket Kereta Api

Tiket Kereta Api merupakan tiket yang dikeluarkan secara resmi oleh operator Kereta Api, sehingga orang yang memegang tiket tersebut dapat melakukan perjalanan pada lintas yang dimiliki operator tersebut.

Tahukah Anda jika tiket Kereta Api pada awalnya memiliki bentuk seperti mata uang. Namun, masih tetap dikeluarkan oleh operator, dijual oleh agen, dan diperiksa oleh kondektur. Selanjutnya operator Kereta Api mencatat jumlah tiket yang terjual, sehingga dapat mengetahui besarnya pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Jenis-Jenis Tiket Kereta Api

Setelah mengetahui pengertian tiket Kereta Api, selanjutnya akan dibahas tentang jenis-jenis tiket Kereta Api. Dari masing-masing jenis tiket Kereta Api yang anda beli akan menentukan fasilitas dan kenyamanan yang Anda dapatkan saat sudah naik di atas Kereta Api. Berikut jenis-jenis tiket Kereta Api Indonesia.

1. Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan tarif yang murah, maka tiket Kereta Api kelas ekonomi ini merupakan pilihan yang tepat. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan tiket kelas ekonomi merupakan tiket Kereta Api dengan harga yang murah namun memiliki fasilitas yang baik.

Tiket Kereta Api ini selalu menjadi incaran bagi banyak penumpang, sehingga sering sekali kehabisan. Pastinya Anda bertanya-tanya, apakah naik Kereta Api kelas ekonomi terasa panas dan gerah. Ternyata saat ini Kereta Api ekonomi juga sudah dilengkapi dengan AC, sehingga lebih nyaman. Kursi yang tersedia yaitu susunan 2-2 dan 3-3. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Tiket Kereta Api Kelas Bisnis

Tiket Kereta Api kelas berikutnya yaitu kelas bisnis. Apabila dibandingkan dengan kelas ekonomi, maka kelas Kereta Api yang satu ini lebih nyaman dan juga memiliki harga yang lebih mahal pula.

Susunan kursi yang ada di Kereta Api kelas bisnis adalah 2-2, sehingga para penumpang akan lebih menikmati perjalanan. Dan yang pasti memiliki kursi lebih empuk daripada kelas ekonomi. Kursi tersebut juga bisa diputar, sehingga Anda bisa berhadapan dengan kursi penumpang yang lain.

3. Tiket Kereta Api Kelas Eksekutif

Nah, ini dia tiket Kereta Api yang terkenal sangat nyaman untuk dipilih. Betul sekali, tiket Kereta Api kelas eksekutif memang menjadi jenis kelas yang paling nyaman dari semua jenis kelas Kereta Api. Bagaimana tidak? Para penumpang akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah yang ada di dalam kereta.

Di sini terdapat gorden, selimut, dan bantal yang nyaman. Tentu saja para penumpang bisa tidur dengan pulas karena merasa nyaman. Kursinya pun juga bisa dimundurkan, sehingga lebih nyaman digunakan untuk tidur. Sama seperti kelas bisnis, kelas Kereta Api yang satu ini juga memiliki susunan kursi 2-2.

Baca juga :   Cara Membuat Anak Untuk yang Baru Menikah dan Anda Yang SUSAH Memiliki Keturunan

Meskipun tarif Kereta Api kelas eksekutif menjadi yang paling mahal, namun Anda akan merasa puas, karena fasilitasnya dan lebih cepat sampai di lokasi tujuan.

Cara Pesan Tiket Kereta Api

Di zaman yang serba modern ini Anda bisa memesan tiket Kereta Api secara online. Memesan secara online cenderung lebih praktis, karena Anda tidak akan kehabisan tiket dan tidak perlu mengantri terlalu lama tentunya. Berikut ini cara memesan tiket Kereta Api secara online.

  1. Buka website KAI di situs http://www.kai.id/
  2. Di pojok sebelah kiri terdapat kolom untuk pemesanan tiket. Lengkapi data stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah tiket yang dipesan. Lalu pilih pesan dan cari kereta.
  3. Kemudian akan muncul informasi tentang jadwal kereta, seperti nama Kereta Api, waktu keberangkatan, waktu kedatangan, lama perjalanan, dan harga tiket kereta. Anda bisa memilih salah satunya dan pilih pesan di pojok sebelah kanan.
  4. Apabila sudah dipilih maka akan muncul pemberitahuan. Untuk Anda yang sudah memiliki akun kai.id maka bisa langsung masuk dengan mengisi nomor telepon atau e-mail serta password. Apabila belum memiliki maka pilih pesan dan daftar.
  5. Selanjutnya akan keluar informasi terkait pemesanan tiket Kereta Api yang Anda lakukan. Lakukan pengecekan data kembali. Apabila sudah benar lanjutkan dengan memberi tanda centang pada kolom kecil persyaratan dan ketentuan. Lalu pilih lanjutkan.
  6. Isilah data diri Anda dengan benar dan lengkap lalu pilih tombol selanjutnya.
  7. Masuk ke tahap pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui BCA KlikPay, ATM, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, Danamon Online Banking, e-Pay BRI, serta Visa MasterCard. Bisa juga dengan metode pembayaran lainnya seperti melalui bank atau minimarket. Jika sudah pilih tombol selanjutnya.
  8. Catat kode pembayaran untuk bisa melakukan pembayaran. Jangan buang struk pembayaran, karena terdapat kode pemesanan yang diperlukan pada saat nanti mencetak tiket di stasiun.

Keuntungan Menggunakan Kereta Api

Dari berbagai jenis moda transportasi yang ada di Indonesia ternyata Kereta Api menjadi jenis transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Tentu saja, karena banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika Anda bepergian menggunakan Kereta Api. Selain harga tiket Kereta Api murah, masih banyak keuntungan lain yang mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan Kereta Api.

Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan bisnis atau liburan, baik itu jarak dekat ataupun jarak jauh lebih baik menggunakan Kereta Api agar perjalanan lebih nyaman. Berikut ini keuntungan yang akan anda dapatkan jika bepergian menggunakan Kereta Api.

1. Lebih Aman

Keuntungan naik Kereta Api yang pertama adalah lebih aman. Tentu saja Anda sering sekali bukan melihat ataupun menyaksikan kecelakaan yang terjadi pada bus atau kendaraan pribadi lainnya. Sedangkan kecelakaan yang terjadi pada Kereta Api sangat jarang sekali terjadi.

Untuk itulah, Anda bisa memilih Kereta Api sebagai jenis transportasi yang aman untuk digunakan. Memang tingkat keamanan yang ada di Kereta Api sudah sangat tinggi, sehingga para penumpang dapat mempercayainya dan naik kereta dengan tenang.

2. Lebih Nyaman

Keuntungan naik Kereta Api yang selanjutnya adalah lebih nyaman. Apakah Anda sudah pernah naik Kereta Api sebelumnya? Apabila sudah maka Anda bisa membedakan bagaimana perbedaan antara naik Kereta Api, bus, serta kendaraan umum lainnya.

Banyak orang yang berpendapat jika naik Kereta Api itu lebih nyaman dibandingkan jenis transportasi yang lain. Kereta Api memiliki laju yang cenderung stabil dan tidak akan berhenti dengan mendadak, sehingga penumpang tidak akan kaget saat sedang terlelap di dalam kereta.

Jenis transportasi lain seperti bus dan kendaraan pribadi cenderung sering membuat pusing dan mabuk, karena berhenti mendadak dan lajunya yang tidak stabil.

3. Jarang Mabuk

Mabuk kendaraan memang menjadi hal yang menyebalkan saat kita tengah melakukan perjalanan yang jauh. Rasa pusing, lemas, mual, dan tidak berdaya bercampur aduk menjadi satu, sehingga membuat perjalanan menjadi tidak begitu menyenangkan.

Baca juga :   Informasi Terlengkap BPJS Ketenagakerjaan Secara Detail dan Jelas

Dengan menggunakan Kereta Api maka Anda tidak akan mengalami yang namanya mabuk kendaraan. Seperti yang sudah disinggung di atas, Kereta Api memiliki laju yang stabil, tidak berbelok-belok, dan tidak berhenti secara mendadak, sehingga para penumpang tidak akan merasa pusing dan mabuk kendaraan.

4. Bisa Jalan-Jalan

Keuntungan naik Kereta Api yang berikutnya yaitu bisa jalan-jalan di dalam kereta. Berbeda seperti saat Anda naik bus atau kendaraan lainnya pastinya hanya duduk diam di kursi yang telah disediakan. Dengan berjalan-jalan di dalam kereta maka bisa bermanfaat untuk melepas penat saat sedang melakukan perjalanan.

Badan juga tidak akan kaku, karena tubuh tidak hanya berdiam diri di satu tempat seperti pada saat menggunakan bus dan transportasi roda empat lainnya. Saat berada di dalam Kereta Api Anda bisa jalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong yang lain, sehingga rasa bosan, pegal-pegal, dan kaku dapat dihindari.

5. Fasilitas yang Lengkap

Keuntungan menggunakan Kereta Api yang berikutnya adalah adanya fasilitas yang lengkap. Meskipun harga tiket Kereta Api termasuk murah, namun fasilitas yang akan Anda dapatkan sangat lengkap. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih naik Kereta Api daripada jenis transportasi publik lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap maka perjalanan Anda akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk dilakukan. Di dalam Kereta Api tersedia secara lengkap toilet di setiap gerbong serta ada pula gerbong restorasi yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Bagaimana? Sangat nyaman bukan melakukan perjalanan dengan menggunakan Kereta Api ini.

6. Adanya Gerbong Restorasi

Saat Anda sedang melakukan perjalanan yang jauh menggunakan Kereta Api dan lupa tidak menyiapkan makanan dan minuman yang cukup maka jangan khawatir. Karena di dalam Kereta Api terdapat gerbong restorasi yang menyediakan berbagai kebutuhan makanan dan minuman untuk para penumpang.

Kereta Api dari kelas ekonomi sampai kelas eksekutif telah menyediakan gerbong restorasi. Di sini terdapat makanan dan minuman yang beragam, sehingga Anda tidak akan merasa kelaparan saat berada di dalam Kereta Api.

7. Tepat Waktu

Keuntungan naik Kereta Api yang selanjutnya adalah durasi perjalanannya yang tepat waktu. Waktu sampai di stasiun awal dan di stasiun tujuan juga selalu tepat waktu, sehingga para penumpang menjadi lebih bisa efisien waktu. Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan kereta yang hendak dinaiki.

Selain menggunakan pesawat terbang, Kereta Api merupakan jenis transportasi yang bebas macet, sehingga bisa Anda jadikan sebagai alternatf terbaik untuk sampai di lokasi tujuan dengan lebih cepat. Terlebih lagi di kota-kota besar yang sering terjadi kemacetan seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan sebagainya maka menggunakan Kereta Api menjadi pilihan yang tepat.

Tips Membeli Tiket Kereta Api

Tiket Kereta Api online saat ini menjadi salah satu cara pembelian tiket yang banyak dipilih oleh masyarakat. Membeli tiket secara online dinilai lebih praktis dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu dan biaya. Berbeda halnya jika Anda harus ke stasiun untuk membeli tiket Kereta Api. Pastinya membutuhkan perjalanan yang jauh dan lelah juga karena harus mengantri di sana.

Namun, untuk Anda yang hendak memesan tiket Kereta Api secara online sebaiknya memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu agar nantinya bisa mendapatkan tiket yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini tips membeli tiket Kereta Api secara online.

1. Reservasi Tiket Kereta Api Dibuka Sejak H-90

PT KAI biasanya selalu menjual tiket Kereta Api sejak H-90 sebelum keberangkatan. Ketersediaan tiket ini berlaku di semua tempat yang menjual tiket Kereta Api, seperti di situs resmi, loket KAI, serta jaringan penjualan tiket resmi yang bekerja sama dengan PT KAI.

Waktu ketersediaan tiket yang lama ini harus Anda manfaatkan untuk memesannya jauh-jauh hari agar nantinya saat hendak berangkat tidak kehabisan tiket. Selain itu, dengan memesan tiket jauh-jauh hari juga akan membuat Anda merasa tenang, karena tidak takut kehabisan tiket pada saat hari keberangkatan.

Baca juga :   SSE Pajak? Ketahui Pengertian, Cara Daftar, Prosedur, Manfaat dan Keuntungannya yang Wajib Anda Dapatkan

2. Pesan Tiket dengan Perhitungan Waktu yang Tepat

Penjualan pertama tiket Kereta Api biasanya dibuka untuk umum pada pukul 00.00 WIB setiap harinya. Waktu tersebut merupakan waktu puncak bagi para calon penumpang kereta untuk membeli tiket. Terdapat ratusan hingga ribuan orang yang akan berebut membeli tiket Kereta Api.

Apabila Anda tidak berhasil mendapatkan tiket pada waktu tersebut maka bisa mencobanya lagi dua atau tiga jam kemudian pada saat lalu lintas data di situs tidak terlalu ramai.

PT. KAI memberikan waktu pelunasan tiket pesanan dalam kurun waktu 3 jam. Apabila dalam kurun waktu tersebut ada orang yang gagal menyelesaikan pembayaran maka tiket akan tersedia untuk orang lainnya.

3. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Mudah

Sistem pemesanan tiket Kereta Api secara online ini memang memudahkan para calon penumpang untuk mendapatkan tiket. Selain itu, tersedia pula berbagai metode pembayaran yang semakin menambah mudah proses pembelian tiket Kereta Api.

Dari berbagai jenis cara pembayaran tiket Kereta Api yang telah disebutkan di atas Anda bisa memilih salah satu cara yang paling efektif. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat menyelesaikan proses pembayaran dan mendapatkan tiket yang dibutuhkan.

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Saat hendak membeli tiket secara online Anda juga harus memastikan jika memiliki koneksi internet yang stabil. Mengapa hal ini perlu diperhatikan? Tentu saja perlu dan menjadi hal yang sangat vital. Mengingat kestabilan koneksi internet akan berpengaruh terhadap keberhasilan Anda mendapatkan tiket.

5. Cari Situs Lain Selain KAI

Anda juga bisa memesan tiket Kereta Api di situs lain untuk menghindari lalu lintas data yang terlalu padat di situs KAI. Salah satu contohnya adalah di Traveloka yang sudah terkenal memiliki fasilitas dan kemudahan dalam membeli tiket Kereta Api dan tiket-tiket lainnya.

Demikianlah ulasan tentang tiket Kereta Api yang bisa Anda jadikan sebagai sumber informasi saat hendak membeli tiket dan juga naik Kereta Api. Dengan memperhatikan hal-hal di atas nantinya Anda akan dengan mudah mendapatkan tiket Kereta Api yang sesuai dengan keinginan.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *