Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung yang Membandel? Temukan Jawabannya Disini

Bagi sebagian orang, wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami masalah. Mulai dari munculnya jerawat, wajah berminyak, kering, kusam, bekas jerawat, hingga masalah komedo juga sering terjadi.

Adanya komedo di wajah sering kali membuat banyak orang merasa terganggu dan tidak percaya diri. Bahkan, adanya komedo juga bisa merusak hasil riasan, apalagi jika komedo sudah menghitam. Karena itu, banyak orang yang sedang mencari cara menghilangkan komedo sebagai suatu solusi.

Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo mulai dari yang alami hingga yang menggunakan alat. Semuanya tentunya memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu cara menghilangkan komedo dengan tepat, kali ini akan dibahas informasi secara lengkap mengenai komedo. Daripada Anda penasaran, langsung saja simak ulasan informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Komedo

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan komedo itu? Apakah komedo itu sama dengan jerawat atau berbeda? Berdasarkan pengertiannya, komedo merupakan sebuah benjolan atau popular kecil yang berada di permukaan kulit.

Ternyata, komedo merupakan salah satu jenis jerawat lho, hanya saja komedo merupakan jerawat ringan. Jika biasanya komedo itu muncul di permukaan kulit wajah, namun ternyata komedo juga muncul di permukaan kulit lainnya.

Misalnya saja seperti di bahu, di leher, di lengan, dada dan juga punggung. Nah, komedo yang sudah terlalu lama biasanya warnanya akan berubah menjadi warna hitam. Adapun penyebab dari komedo yang berwarna hitam karena adanya sel kulit mati di bagian atas yang terbuka dan terpapar udara.

Dari mana sih datangnya komedo, kenapa komedo bisa muncul pada permukaan wajah? Jika ditinjau dari asalnya, ternyata komedo itu muncul karena adanya sel kulit mati yang bercampur dengan minyak sehingga terkumpul pada ujung folikel rambut kulit.

Faktor Munculnya Komedo

Setelah membaca informasi seputar pengertian komedo di atas, Anda kini sudah tahu apa yang dimaksud dengan komedo. Selain itu, Anda juga perlu tahu faktor yang menjadi penyebab munculnya komedo.

Tanpa disadari, ternyata komedo muncul karena kebiasaan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Karena kebiasaan inilah yang menjadikan kulit menjadi berkomedo. Mau tahu apa saja faktor penyebab munculnya komedo? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Produk Kecantikan yang Berbahaya

Munculnya komedo juga bisa disebabkan karena faktor produk kecantikan yang Anda gunakan. Saat Anda menggunakan produk yang berbahaya, maka kulit akan merespon. Sehingga jumlah sebum pada wajah menjadi bertambah. Apalagi jika bercampur dengan sel kulit mati, maka nantinya akan timbul yang namanya komedo.

Perubahan Hormon

Manusia sering kali mengalami perubahan hormon. Dampak dari perubahan hormon bisa menyebabkan jumlah minyak pada wajah bertambah. Karena hal ini juga ternyata bisa mengakibatkan munculnya komedo.

Karena Bakteri

Selain itu, komedo juga bisa muncul karena bakteri. Adapun bakteri yang menyebabkan komedo adalah bakteri propioni bacterium acnes yang terdapat pada permukaan kulit. Perkembangan bakteri ini dalam jumlah yang banyak dan bahkan tidak terkendali juga bisa menyebabkan munculnya komedo pada wajah.

Tertimbunya Sel Kulit Mati

Sel kulit mati pada wajah yang tertimbun dan tidak dibersihkan juga bisa menyebabkan munculnya komedo. Apalagi dengan bercampurnya minyak berlebih membuat komedo juga bermunculan.

Kulit Wajah yang Terlalu Kering

Penyebab lain munculnya komedo adalah karena wajah yang terlalu kering. Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini ialah dengan lebih banyak meminum air putih setiap harinya.

Baca juga :   Sistem Koordinasi Pada Manusia | Penjelasan Lengkap Fungsi Alat Indra

Jika Anda memiliki banyak komedo di wajah, coba deh lhat lagi apakah penyebab komedo di atas terjadi pada kulit Anda. Jika iya, maka ubah kebiasaan tersebut menjadi lebih baik agar komedo tidak muncul.

Macam-Macam Komedo

Setelah Anda mengetahui faktor penyebab komedo di atas, tentunya Anda juga perlu tahu macam-macam komedo itu apa saja. ternyata komedo dibagi menjadi dua macam dan dua macam ini tentunya Anda sudah mengetahuinya.

Komedo Hitam

Pernahkah Anda memiliki komedo yang berwarna hitam? Jenis komedo ini biasanya muncul di area hidung. Adapun komedo hitam merupakan sebuah komedo yang memiliki sifat terbuka.

Komedo ini ditandai dengan membesarnya pori-pori kulit yang tertutup oleh sekumpulan kotoran dari kulit dan sebum. Secara sekilas, jenis komedo ini terlihat seperti pori-pori yang menghitam dan membesar.

Komedo Putih

Anda tentunya juga sudah biasa dengan komedo yang berwarna putih. Jenis komedo yang satu ini terlihat lebih tidak tampak dibandingkan dengan komedo hitam. Untuk menemukan komedo ini biasanya harus melakukan penekanan terlebih dahulu ada kulit baru dia akan keluar.

Kebanyakan orang menganggap bahwa jenis komedo hitam merupakan komedo yang paling mengganggu penampilan. Sebab, komedo ini terlihat dengan sangat jelas dan membuat pori-pori kulit juga membesar.

Beberapa orang sudah banyak yang mencoba untuk menghilangkan komedo ini dengan berbagai cara. Nah, untuk Anda yang ingin tahu cara menghilangkan komedo, kali ini akan dibahas secara lengkap cara tersebut untuk Anda. Sudah penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Alat Vakum

Cara untuk menghilangkan komedo yang utama adalah dengan menggunakan alat vakum. Baru-baru ini muncul alat vakum yang memang didesain untuk mengangkat komedo pada kulit terutama bagian wajah.

Alat ini kecil dan sangat mudah untuk dipegang. Bahkan desiannya juga sangat pas, sehingga memudahkan Anda dalam mengangkat komedo. Tentunya alat ini memiliki sistem kerja sama halnya seperti vacum cleaner yang akan menyedot komedo dari pori-pori Anda.

Mungkin terdengar menakutkan, namun tahukah Anda jika ini adalah cara menghilangkan komedo yang paling cepat dan bisa Anda coba. Sebab, dengan menggunakannya saja semua komedo di bagian yang Anda inginkan bisa terangkat semuanya meskipun kulit terasa seperti tertarik-tarik.

Alat ini juga saat ini terjual dengan bebas dan sangat mudah untuk Anda temukan. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki alat ini, maka Anda bisa membelinya dengan mudah.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Produk Bioaqua Masker Komedo dan Jerawat

Selain menggunakan alat vakum, Anda juga bisa menggunakan masker dari bioaqua yang satu ini. ini adalah masker wajah yang memang dibuat untuk mengangkat komedo pada kulit. Masker ini dibuat dengan menggunakan bahan yang aman dan tentunya manjur sekali, harganya juga murah lho.

Adapun ciri-ciri dari masker ini memiliki warna hitam yang mana akan memudahkan Anda dalam melihat komedo yang sudah terangkat. Tidak hanya digunakan untuk mengangkat komedo saja. Namun, nyatanya masker ini juga bisa mengangkat semua kotoran yang ada di wajah Anda terutama yang ada di pori-pori.

Untuk menggunakan masker ini juga mudah yakni sama seperti menggunakan masker pada umumnya. Pertama Anda harus pastikan bahwa wajah dalam keadaan yang bersih. Setelah itu, gunakan masker ini secukupnya saja dan pastikan hindari penggunaan pada bagian bulu mata, alis, kumis ataupun jenggot.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit atau sampai kering. Jika sudah kering, Anda bisa mengangkatnya dengan cara ditarik. Lihatlah sendiri komedo akan terangkat. Setelah itu, Anda bisa membersihkan wajah hingga bersih. Dengan rajin menggunakan masker ini, maka wajah Anda akan terbebas dari yang namanya komedo.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Produk Wardah Acne Derm Pore Blackhead

Selain menggunakan masker, Anda juga bisa menggunakan produk dari Wardah yang satu ini. Ini adalah balm yang akan membantu mengurangi jumlah komedo ada wajah. Dengan menggunakan produk ini secara teratur, maka komedo di wajah Anda akan minggat.

Baca juga :   Kumpulan Nama Bayi Perempuan Terbaik Modern, Islami, Jawa, dan Pastinya Unik

Lebih menariknya lagi, produk dari Wardah ini benar-benar brand lokal dan dijamin halal. Sehingga sangat aman untuk digunakan. Selain itu, produk ini juga menawarkan harga yang terjangkau untuk Anda. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan produk ini.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menghilangkan komedo dengan menggunakan cara yang alami. Tentunya cara yang alami memiliki kelebihan yang mana jauh lebih aman digunakan. Namun, perlu Anda tahu bahwa cara yang alami itu membutuhkan proses yang panjang dan tidak bisa berjalan dengan instan begitu saja.

Untuk Anda yang tertarik dengan cara ini, kali ini akan diulas cara menghilangkan komedo secara alami selengkapnya. Sudah penasaran? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Perasan Air Lemon, Madu dan Gula Pasir

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan lemon, madu dan gula pasir. Bahan-bahan ini tentunya sangat mudah untuk Anda temukan. Penasaran bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cara ini, simak selengkapnya di bawah ini.

Sediakan lemon, 1 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok makan madu. Setelah itu, siapkan wadah dan campurkan semua bahan tersebut menjadi satu sehingga bentuknya berubah seperti pasta.

Jika sudah, bersihkan wajah terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Oleskan masker ini ada bagian wajah yang berkomedo. Setelah itu, pijatlah secara perlahan dengan arah yang melingkar. Diamkan kurang lebih 5 hingga 10 menit, setelahnya bersihkan dengan menggunakan kain basah.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 1 sampai 2 kali saja dalam satu minggu. Selain digunakan untuk menghilangkan komedo, cara ini juga digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Menggunakan Masker Putih Telur

Selain menggunakan masker di atas, anda juga bisa menghilangkan komedo di wajah dengan menggunakan masker dari putih telur. Selain menghilangkan komedo, masker ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat sekaligus mengencangkan wajah.

Bagaimana cara membuat dan menggunakan masker ini? Langsung saja simak di bawah ini.

Pertama siapkan satu butir telur, Anda bisa menggunakan telur ras atau bisa juga menggunakan telur kampung. Namun, jika ingin hasil yang lebih maksimal, ada baiknya gunakan telur kampung saja.

Setelah itu, pisahkan kuning telur dengan bagian putihnya. Ambillah secukupnya kemudian aduk-aduk hingga merata. Jika sudah, langsung aplikasikan putih telur pada seluruh wajah atau pada bagian wajah yang berkomedo.

Setelah itu diamkan 15 menit atau sampai kering. Jika sudah bersihkan dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, baru deh Anda bisa menggunakan secara teratur jika ingin komedo segera hilang.

Scrub Kopi dan Gula

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan membuat masker kopi dan gula. Kopi dan gula merupakan bahan dapur yang biasanya digunakan sebagai minuman.

Namun, kali ini Anda bisa memanfaatkan kedua bahan ini sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Mau tahu bagaimana caranya? Simak selengkapnya sampai habis di sini.

Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan wadah. Kemudian tuangkan satu sendok bubuk kopi dengan setengah sendok gula pasir. Campurkan dengan sedikit air hingga bentuknya berubah menjadi pasta.

Setelah itu, bersihkan wajah Anda dan oleskan masker ini ke wajah terutama bagan komedo secara merata. Diamkan kurang lebih 15 menit atau sampai kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih sambil digosokkan secara perlahan pada wajah Anda.lakukan langkah ini secara teratur dan Anda akan memiliki wajah bebas dari komedo.

Pasta Gigi

Jika biasanya pasta gigi digunakan untuk sikat gigi, maka kali ini pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Hal ini karena dalam pasta gigi terdapat kandungan mineral dan fluoride yang baik untuk mengangkat komedo pada wajah.

Baca juga :   Contoh Ucapan Pernikahan Terlengkap Untuk Teman, Sahabat, Adik, Kakak, Rekan Kerja, Teman Kampus dan Mantan

Hanya saja, cara ini tentunya tidak alami karena pasta gigi mengandung bahan kimia. Nah, untuk Anda yang khawatir, maka Anda bisa menggunakan pasta gigi herbal sebagai pilihan keduanya.

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan komedo dengan menggunakan pasta gigi? Pertama silahkan Anda bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pasta gigi ke bagian wajah yang ada komedonya. Diamkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Es Batu

Selain menggunakan pasta gig, Anda juga bisa menghilangkan komedo dengan menggunakan es batu. Namun, es batu yang dimaksud disini bukanlah es batu biasa. melainkan air jeruk nipis yang sudah direbus dengan mendidih dan dijadikan es.

Cara ini sangat ampuh ternyata untuk menghilangkan komedo amuun jerawat pada wajah. Namun, sebelum Anda menggunakannya, pastikan bahwa wajah sudah dalam keadaan yang bersih.

Jika sudah, langsung saja aplikasikan es batu tersebut pada wajah Anda dengan cara menekan wajah dengan menggunakan es batu. Dengan rajin melakukan ini ternyata bisa membuat komedo hilang dan jerawat juga mengering juga lho.

Uap Garam

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan uap garam. Ini adalah salah satu cara yang mudah, murah dan juga sangat praktis.

Pertanyaannya adalah mengapa uap garam bisa digunakan untuk menghilangkan komedo? Hal ini karena di dalam garam terdapat banyak ion positif dan negatif yang nantinya akan membentuk senyawa netral.

Kandungan seperti inilah yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo pada wajah. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan menggunakan uap garam? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pertama Anda harus mendidihkan air sebanyak 1-1,5 liter terlebih dahulu. Kemudian masukkan tiga sendok makan garam. Setelah itu, osisikan wajah pada wadah yang berisi air garam hingga uapnya mengenai wajah Anda. Lakukan hal ini selama 5 sampai 10 menit.

Namun, perlu Anda tahu bahwa cara ini bisa mengakibatkan sesak napas. Karena itu, jika Anda akan melakukannya, pastikan lakukan secara bertahap dan mengambil napas serta istirahat sejenak jika sudah merasakan pengap.

Bagaimana? Kini Anda memiliki solusi untuk menghilangkan komedo membandel di wajah. Dengan menggunakan cara menghilangkan jerawat ini tentunya Anda bisa lebih percaya diri karena komedo di wajah bisa hilang dan tidak kembali lagi.

Leave a Comment