Cara Membuat Website dan Pentingnya Memiliki Website Profesional No ratings yet.

7 min read

Cara Membuat Website dan Pentingnya Memiliki Website Profesional

Perkembangan internet yang semakin pesat di dunia memang membuat berbagai perubahan pada berbagai segi kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri, internet telah masuk ke berbagai segi kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah hadirnya website yang memungkinkan untuk bertukar informasi secara cepat dan murah. Untuk itulah, cara membuat website yang benar banyak dicari oleh orang yang menekuni dunia internet.

Kemudian yang menjadi pertanyaannya ialah mengapa website begitu penting? Saat ini banyak sekali perusahaan yang telah memiliki website resmi yang dikelola dengan baik. Namun, masih ada juga perusahaan besar yang belum memiliki website.

Dengan adanya website akan membuat perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan dampaknya usaha yang ditekuni akan semakin berkembang. Berikut ini artikel lengkap tentang website untuk Anda.

Mengapa Membuat Website Itu Penting?

Website merupakan sarana untuk bertukar informasi secara cepat, sehingga sangat tepat dijadikan salah satu media promosi kepada masyarakat. Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan jika sudah memiliki website. Berikut ini alasan mengapa membuat website itu penting.

Sarana Informasi Penjualan Produk dan Jasa

Dengan memiliki website maka Anda bisa mengenalkan produk barang atau jasa kepada masyarakat secara luas. Di sini website berfungsi sebagai salah satu media pemasaran barang atau jasa kepada masyarakat melalui dunia internet.

Internet memang memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga peluang untuk mendapatkan calon pembeli juga semakin besar. Namun, Anda harus terlebih dahulu mempelajari tentang cara membuat website bisnis agar nantinya terlihat lebih profesional.

Branding atau Merek Perusahaan

Bagi perusahaan, membangun branding menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya branding, maka masyarakat akan semakin mengenal jenis produk atau jasa yang Anda miliki. Dalam hal membangun branding bisa Anda lakukan melalui bisnis. Anda bisa mendesain website secara khusus agar menjadi ciri khas dari perusahaan.

Menimbulkan Kesan Profesional

Kesan perusahaan yang profesional juga akan didapatkan apabila telah memiliki website resmi yang dikelola dengan baik. Para calon konsumen juga akan melihat rekam jejak perusahaan melalui website yang dimiliki. Untuk itulah, memiliki website begitu penting agar perusahaan yang Anda kelola menjadi lebih profesional.

Mencari Partner Baru

Bagi Anda yang mengelola sebuah perusahaan pastinya membutuhkan partner guna perkembangan bisnis yang lebih maju. Dengan adanya website maka akan semakin banyak pula orang yang mengetahui tentang perusahaan Anda. Dari sinilah partner bisnis yang cocok akan Anda dapatkan.

Cara Membuat Website yang Mudah

Untuk membuat website maka Anda harus mempelajari cara membuat website sendiri yang benar. Dengan mempelajarinya terlebih dahulu, maka website yang profesional akan Anda miliki. Website dapat dibuat melalui website builder ataupun coding. Membuat web melalui website builder cenderung lebih mudah dilakukan oleh orang awam. Sedangkan membuat website melalui coding bisa dilakukan dengan html dan CSS.

Berikut ini beberapa cara membuat website yang mudah untuk Anda lakukan.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Awalnya WordPress merupakan platform website yang khusus untuk membuat blog. Namun, seiring perkembangan internet saat ini WordPress merupakan website yang bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan. Langkah-langkah membuat website di WordPress adalah sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama adalah klik link www.wordpress.com. Kemudian akan muncul kolom yang dapat Anda gunakan untuk memilih nama blog. Nama tersebut akan digunakan orang lain untuk mengunjungi website Anda. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik tombol “Buat Situs web”.
  2. Langkah yang selanjutnya adalah mengisi form yang berbentuk kolom-kolom. Isilah dengan informasi yang benar, seperti nama pengguna dan password. Nama pengguna dan password harus diingat dan dicatat agar saat hendak login Anda tidak kebingungan.
  3. Lalu, pada kolom Email pastikan mengisikan alamat email yang aktif dan sering dibuka. Hal ini dikarenakan WordPress akan mengirimkan konfirmasi melalui alamat email tersebut.
  4. Sedangkan pada kolom username pastikan memilih nama yang disukai. Nama pengguna hanya bisa digunakan oleh satu pengguna, sehingga pada saat ditolak Anda harus mencari nama lain yang bisa diterima.
  5. Lalu, pada kolom kata sandi buatlah yang unik agar mudah diingat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  6. Apabila username tadi diterima oleh WordPress maka pada kolom Alamat Blog akan tertera blog Anda dan ada centang warna hijau. Apabila sudah tidak tersedia maka akan ada centang merah.
  7. Apabila kolom-kolom tersebut sudah selesai diisi, selanjutnya scroll ke bawah dan klik tombol “Buat Blog”. WordPress akan mengirimkan konfirmasi ke alamat email yang sudah Anda cantumkan.
  8. Lalu Anda bisa melakukan penyesuaian terhadap blog yang sudah dibuat tersebut. Penyesuaian tersebut meliputi sesuaikan judul blog, pilih tema blog, sesuaikan tema yang sudah dipilih, dan menghubungkan dengan social media.
  9. Kemudian klik tombol “Langkah Berikutnya” sampai muncul notifikasi verifikasi alamat email.
  10. Buka email dan klik link aktivasi dari WordPress.com. Jika akun sudah aktif maka akan muncul pesan dari WordPress.com.
Baca juga :   Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah pada Windows, Mac OS, dan Linux

Cara Membuat Website dengan Blogspot

Untuk Anda yang sedang mencari tahu cara membuat website gratis, maka Blogger merupakan website builder yang tepat. Blogger ini merupakan website builder yang cocok untuk pemula, pengoperasian lebih mudah, leluasa mengedit template, dan lain sebagainya. Sebelum membuat website, Anda harus memiliki alamat email terlebih dahulu.

Berikut ini cara membuat website dengan Blogger:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan mengunjungi alamat www.blogger.com.
  2. Kemudian, halaman pendaftaran akan terbuka. Lihat bagian kanan bawah dan ubah ke bahasa Indonesia agar lebih mudah.
  3. Selanjutnya, login menggunakan username dan password email yang sudah Anda miliki.
  4. Lalu, isilah formulir yang tersedia meliputi nama tampilan (nama yang tampil pada profil blog), jenis kelamin, dan penerimaan persyaratan (beri ceklist). Apabila sudah, selanjutnya klik tombol “Lanjutkan”.
  5. Isilah formulir yang muncul, meliputi judul (judul blog yang diinginkan, alamat (alamat blog yang tidak dapat diedit lagi), dan template (pilih template yang disukai). Lalu, klik tombol buat blog.
  6. Agar tidak terkena spam filter sebaiknya Anda segera klik tulisan “Mulai Mengeposkan”.

Cara Membuat Website dengan Coding

Anda juga bisa membuat website dengan html atau CSS, dimana kedua cara ini biasa disebut dengan coding. Untuk bisa membuat website dengan coding, maka Anda harus memiliki notepad dan browser sebagai penampil halaman web.

Berikut langkah-langkah membuat website dengan coding:

  1. Buka program notepad pada komputer dengan klik windows – All Program – Accessories – Notepad.
  2. Apabila Notepad sudah terbuka maka Anda bisa mengetik skrip atau meng-copy skrip yang sudah tersedia di internet untuk membuat website.
  3. Jika skrip website sudah jadi, selanjutnya adalah klik tombol file lalu save. Saat halaman save muncul ketikkan nama file index.html atau yang penting belakangnya diakhiri dengan .html. Kemudian pilih tombol save.
  4. Pada bagian dropdown pilih jenis file yang akan disimpan dan pastikan pilihannya adalah All files.
  5. Jika file sudah disimpan dalam bentuk html, selanjutnya buka file dengan double klik. Akan muncul browser yang menampilkan halaman web sesuai skrip tadi.
  6. Selanjutnya Anda bisa mengatur layout dengan menggunakan skrip CSS.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Dengan berbagai alasan yang menjadikan website begitu penting, maka sudah seharusnya Anda memiliki website. Namun, untuk bisa membuat website yang menarik dan terlihat profesional bukanlah perkara yang mudah. Anda harus terlebih dahulu mempelajari dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Baca juga :   Jenis-jenis Pesawat Tempur Tercanggih Dunia Lengkap dengan Video

Mungkin sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang cara membuat website di Google. Akan tetapi, untuk orang yang menekuni sebuah bisnis hal ini tidak sempat untuk dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan jasa pembuatan website yang sudah terpercaya. Agar tidak salah pilih, berikut ini tips memilih jasa pembuatan website yang sudah profesional:

Perhatikan Legalitas dan Kredibilitas

Pada saat memilih jasa pembuatan website Anda harus memperhatikan legalitas dan kredibilitasnya terlebih dahulu. Hal ini merupakan bagian terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilihnya. Pastikan jika jasa pembuatan website tersebut merupakan usaha yang legal.

Banyak juga jasa pembuatan website yang kurang bertanggung jawab, sehingga Anda harus cermat. Jasa pembuat website yang memiliki kredibilitas baik biasanya memiliki banyak klien yang merasa puas dengan hasil kerja mereka.

Harga yang Sesuai

Harga yang sesuai juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk memilih jasa pembuatan website yang berkualitas. Bukannya harus memilih harga yang sangat murah, namun Anda harus memperhatikan harga yang ditawarkan harus sesuai dengan fasilitas yang diberikan nantinya.

Apabila memiliki dana lebih, Anda bisa memilih jasa pembuat website dengan harga yang lebih tinggi. Namun, pastikan jika hasilnya memang sesuai dengan apa yang dijanjikan sebelumnya.

Tingkat Keamanan Data

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya Anda harus menjaga keamanan data dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi jika Anda memiliki online shop yang terhubung dengan internet.

Berbagai jenis hal-hal seperti data pembelian, data stock barang, identitas customer, serta deskripsi produk harus benar-benar aman dan jangan sampai diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk keamanan datanya Anda bisa menyerahkan kepada webmaster.

Tersedia Fitur Lengkap

Untuk bisa memiliki website yang profesional tentunya Anda juga harus menyediakan fitur yang lengkap pula. Untuk sebuah toko online, fitur yang lengkap ini akan memudahkan para calon pembeli untuk melihat deskripsi produk, proses pembelian, dan memilih jenis barang yang hendak dibeli.

Dengan fitur-fitur yang lengkap tersebut maka para pembeli akan merasa nyaman dan dimudahkan dalam berbelanja secara online. Untuk itulah segera cari jasa pembuatan website yang mampu membuat fitur-fitur lengkap untuk website Anda.

Menawarkan Support dan Garansi

Dalam memilih jasa pembuatan website, Anda juga harus memperhatikan support dan garansi yang ditawarkan. Apabila kedua jenis layanan ini disediakan, maka Anda bisa memilihnya. Garansi ini dibutuhkan apabila sewaktu-waktu terdapat gangguan teknis terkait website yang dibuat. Pilih pula jasa yang bisa diajak berdiskusi dengan nyaman agar keinginan Anda bisa terealisasikan.

Lihat Demo Website

Untuk Anda yang sedang mencari jasa pembuatan website pastikan untuk melihat demo website terlebih dahulu. Cermati apakah vendor tersebut telah menyediakan website yang sesuai dengan keinginan Anda ataukah belum. Terlebih lagi untuk website toko online, pastinya harus dibuat dengan tampilan yang menarik agar banyak pembeli yang berdatangan.

Komunikatif

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan saat sedang mencari jasa pembuat website adalah komunikatif. Anda harus memilih vendor yang komunikatif. Dengan begitu, maka suatu saat terjadi kendala yang tidak diinginkan mereka akan dengan sigap membenarkannya. Tidak hanya sekedar memberikan solusi berupa ucapan saja, namun action langsung ke website yang mengalami kendala.

Website Penyedia Affiliate

Program affiliasi merupakan program dimana Anda bisa mendapatkan komisi saat terjadi transaksi melalui channel yang Anda buat sendiri. Untuk bisa bergabung di program affiliasi tidak dikenakan biaya atau gratis.

Keuntungan program affiliasi ini adalah sifatnya yang tanpa modal dan produknya yang banyak. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pendapatan dari internet melalui jalur affiliasi marketing ini. Berikut ini beberapa website penyedia affiliate yang bisa Anda pilih.

Baca juga :   Cara Cerdas Mengelola Pinterest dengan Viraltag

Weebly

Website penyedia affiliate yang selanjutnya adalah weebly.com. Weebly ini merupakan situs pembuat website gratis yang berasal dari San Fransisco. Sudah terdapat jumlah klien lebih dari 50 juta perusahaan dan personal dari berbagai negara di dunia. Di weebly Anda bisa mengatur tampilan website sendiri dengan ratusan template yang tersedia.

Meskipun tombol pengaturan yang tersedia tidak begitu detail, namun sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan digital marketing bagi sebuah perusahaan. Weebly merupakan situs yang user-friendly, sehingga mudah untuk digunakan. Sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki pengetahuan tentang SEO.

3Dcart

Untuk bisa mengunjungi 3Dcart Anda bisa membuka alamat www.3dcart.com. Harga yang ditawarkan mulai dari $ 19. Harga ini termasuk harga yang terendah untuk sebuah platform e-commerce. Dengan menggunakan 3Dcart maka Anda bisa membuat toko online yang memberikan keunggulan dalam hal SEO.

Shopify

Dengan menggunakan Shopify maka akan memungkinkan Anda untuk membangun situs e-commerce tanpa harus menulis satu baris kode. Shopify akan membantu segalanya, seperti pemrosesan pembayaran, pembuatan faktur, serta pengelolaan katalog. Semua yang dibutuhkan untuk menjalankan toko online akan mendapat bantuan dari pihak Shopify.

Wix

Wix.com adalah salah satu situs pembuatan website yang dikhususkan untuk orang yang belum pernah membuat website sebelumnya. Di sini Anda hanya tinggal men-drag dan men-drop desain yang telah disediakan oleh wix.com.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membuat hosting terlebih dahulu, karena dengan mendaftar di wix.com maka akan mendapatkan hosting sesuai dengan keinginan.

Site123

Website penyedia affiliate yang selanjutnya adalah Site123. Di situs Site123 Anda akan bisa online dengan cepat, tanpa dipusingkan dengan berbagai pilihan. Terdapat 11 template yang bisa dipilih. Site123 sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat portofolio, blog, serta bisnis digital dengan lebih cepat dan efisien.

Adapun kelebihan Site123 adalah situs yang mudah diakses, template yang responsive, serta layanan support 24 jam saat ada keluhan.

Demikianlah artikel tentang cara membuat website, pentingnya memiliki website, tips memilih jasa pembuatan website, serta website penyedia affiliate yang terpercaya. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari cara untuk membuat website yang baik dan benar.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *