Fungsi Garam dengan Berjuta Manfaat Yang Belum Kamu Ketahui

Fungsi Garam dengan Berjuta Manfaat Yang Belum Kita Ketahui – Garam merupakan benda yang sering kita jumpai setiap hari. Kita mengetahui garam sebagai bumbu masak yang bisa membuat makanan menjadi terasa sedap. Beberapa orang bahkan tidak napsu makan kalau kalau masakan tidak terasa asin.

Tapi, asal temen-temen tahu, fungsi garam tidak hanya untuk bumbu masak saja. Garam memiliki banyak fungsi untuk kehidupan kita sehari-hari yang mungkin kita belum tahu sampai sekarang. Ada yang digunakan untuk kecantikan wajah, perawatan kulit, perawatan tanaman dan masih banyak lagi .

Pada kesempatan kali, saya akan memaparkan beberapa manfaat garam yang bisa kita aplikasihan untuk kehidupan kita sehari-hari.

Fungsi Garam untuk Merawat Kulit danWajah

fungsi garam untuk wajah

independent.co.uk

Tubuh kita mengandung konsentrasi  mineral dan nutrisi yang hampir sama seperti air laut, sehingga tidak heran jika garam laut adalah zat alami untuk melindungi,menyeimbangkan, dan memulihkan tubuh kita.

Salah satu perbedaan utama antara garam laut dengan garam biasa adalah kandungan mineralnya. Garam laut sarat akan mineral, termasuk magnesium, kalsium, natrium, dan kalium, yang merniral tersebut memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Ketika keseimbangan mineral dalam kulit kita menurun, gejala seperti kekeringan, kusam dan iritasi sewaktu-waktu bisa menghampiri. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengkonsumsi air garam yang dapat membantu keseimbangan kadar, meningkatkan hidrasi, memperkuat antibodi kulit, serta memperlambat penuaan. Berikut beberapa fungsi garam yang perlu kamu ketahui.

1. Fungsi garam untuk mengurangi jerawat

fungsi garam untuk menyembuhkan jerawat

livestrongcdn.com

Garam memiliki manfaat untuk meneyembuhkan wajah berjerawat, dimana garam memiliki kandungan potasium dan belerang untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit.

Garam juga bisa menghilangkan kotoran di wajah yang bisa menyebabkan pembengkakan kulit dan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu sediakan garam sekitar 2-3 sendok kemudian larutkan dalam air hangat.

Celupkan tisu atau handuk kecil ke dalam air tersebut lalu tempelkan dimuka yang berjerawat. Tunggu selama kurang lebih 15 menit lalu angkat handuk dari wajah. Lakukan hal ini rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Fungsi garam untuk menghilangkan bopeng di wajah

fungsi garam

thesun.co.uk

Garam juga memiliki manfaat untuk  mengobati wajah bopeng, kandungan mineral yang terdapat dalam garam dapat memperbaiki jaringan kulit sehingga wajah bopeng sedikit demi sedikit akan kembali normal.

Untuk cara penggunaannya, hampir sama seperti sebelumnya. Siapkan garam 2-3 sendok, larutkan dalam air hangat. Kemudian handuk yang sudah disiapkan dicelupkan ke dalam air garam, lalu tempelkan di wajah kamu, biarkan + 15 menit.

Selesai membersihkan wajah dengan air garam. Oleskan minyak zaitun di wajah, pijat perlahan secara memutar. Lakukan hal ini dua kali seminggu maka wajah kamu perlahan akan menjadi normal.

3. Manfaat air garam untuk wajah berminyak

fungsi garam untuk wajah

amazonaws.com

Memiliki wajah yang berminyak pasti membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi kalau kamu lagi kumpul bersama teman-teman atau sedang menjadi MC di acara publik. Pasti keberadaan minyak berlibih pada wajah akan mengurangi performa kamu.

Sama seperti menghilangkan jerawat, kandungan potasium dan belerang yang ada di dalam garam bisa mengontol minyak yang ada di wajah kita. Perawatannya pun hampir sama, kamu bisa membasuh atau menguapi wajah kamu dengan air garam secara rutin.

4. Fungsi garam sebagai detoks wajah

fungsi garam untuk perawatan wajah

thgblogs.com

Perlu kamu ketahui, garam juga memiliki fungsi sebagia detoks wajah, yaitu  menghilangkan segala jenis kotoran yang ada di wajah. Caranya cukup mudah, kamu bisa membuat air garam untuk wajah yang akan di bersihkan.

Kamu bisa membuat masker garam dengan mencelupkan tisu yang sudah kamu bentuk menjadi masker, ke dalam larutan garam. Tempelkan masker garam ke wajah selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan hal ini rutin 2 hari sekali.

5. Mengelupas sel kulit mati

fungsi garam kulit mengelupas

miracell.com

Kamu puya kulit kusam?, pasti akan terasa tidak enak dilihat dan terkesan kuyu. Garam dapur yang bisa digunakan ibu kita untuk memasak ternyata bisa mengatasi kulit kusam. Giaman caranya ?.

Mudah saja, kamu cukup melarutkan air garam pada air kemudian pijat wajah kamu dengan air garam dan minyak zaitun. Dijamin, kulitmu akan menjadi lebih lembut, kenyal dan terlihat bersinal alami. Memijat kulit dengan air garam dan minyak zaitun bisa memberikan efek ekspoliasi yang bisa mengangkat sel kulit mati.

6. Air garam bisa digunakan untuk relaksasi

fungsi garam untuk Relaksasi

essentiallybareclinic.com

Ketika kamu sudah capek seharian bekerja, pastinya kamu ingin mengistirahatkan tubuh  dan badanmu supaya fit kembali. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mandi air garam hangat. Cara ini terbukti manjur bisa menghilagkan rasa pegal setelah beraktifitas seharian.

Caranya, siapkan air hangat secukupnya dalam ember, kemudian campur dengan air garam (sekitar satu genggam kecil) aduk-aduk sampai merata. Gunakan air tersebut untuk mandi dan bilas dengan air dingin, dijamin kamu akan merasakan kesegaran setelah melakukan hal ini.

7. Merawat Infeksi Kulit

fungsi garam untuk infeksi kulit

ytimg.com

Mitos tentang garam yang bisa menyembuhkan luka ternyata adalah benar. Garam dapur yang bisa kita konsumsi bisa menyembuhkan kulit yang sedang luka.

Kandungan kromium pada garam mampu mencegah infeksi pada kulit yang terluka. Air garam dapat membunuh bakteri pada luka yang menjadi penyebab infeksi. Cara menggunakannya dengan membasuhkan air garam hangat ke kulit yang luka. Meskipun agak sedikit perih, tapi luka pada kulit akan sembuh dengan cepat. Pastikan garam yang digunakan memiliki yodium yang tinggi.

Fungsi Garam Pada Tanaman

fungsi garm untuk tanaman

ytimg.com

Garam ternyata bisa juta berfungsi sebagai pupuk. Secara kimiawi, tanaman membutuhkan unsur Kalium, makro Nitrogen dan Phospat, dari ketiga unsur inilah lahirlah pupuk Kcl, pupuk Urea dan pupuk Phospat yang bisa digunakan sebagai pupuk oleh petani. Beberapa unsur tersebut digunakan tanaman untuk berkembang.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah garam bisa memenuhi kebutuhan akan unsur makro (N,P,K) dan unsur mikro dalam tanaman ?. Beberapa petani di Sulawesi menggunakan Garam (NaCl/Natium Chlorida) sebagai pupuk baik untuk tanaman padi, coklat, merica, kelapa, atau tanaman lainnya. Hasil pertaniannya pun menjadi subur dan bisa panen seperti petani yang menggunakan pupuk konvensional pada umumnya.

Pengkajian secara ilmiah tentang fungsi garam sebagai pupuk tanaman bisa kamu lihat pada buku Sea Energy Agriculture yang ditulis oleh DR.Maynard Murray MD. Beliau banyak melakukan penelian tentang air garam yang digunakan sebagai pupuk tanaman.

Fungsi Garam Untuk Gigi

fungsi garam untuk membersihkan gigi

foxnews.com

Ketika gigi kamu tanggal atau mengalami pendarahan, air garam bisa membantu kamu mengatasinya. Terbukti ketika gusi mengalami pendarahan, darah akan segera berhenti ketika kamu selesai berkumur dengan air garam.

Selain menghentikan pendarahan pada gusi, garm juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut dan sariawan. Kuman yang bersarang di sela-sela gigi mengakibatkan bau yang tidak sedap pada mulut. Kandungan antiseptik pada garam bisa mematikan kuman-kuman yang bersarang pada gigi sehingga mengurangi bau tidak sesap pada mulut.

Tips-tips merawat gigi dengan air garam

Pada dasarnya berkumur dengan menggunakan air garam tidak memiliki efek sambing secara spesifik. Bahkan, berkumur dengan ari garam secara rutin bisa mempertatahankan lapisan email gigi.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan air garam untuk merawat gigi :

  • Pastikan garam yang kamu pakai mengandung yodium tinggi. Hindari garam krosok atau garam meja karena  garam tersebut mengandung mineral yang lemah.
  • Gunakan 2-3 sendok garam untuk satu gelas, campur dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur-kumur.
  • Lakukan sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena selama tidur mulut kita tidak terisi makanan apapun.

Efek samping berkumur menggunakan air garam pada dasarnya tidak ada. Kamu cuama akan merasakan sedikit perih pada mulut yang sakit dan mulut terasa agak kering, tapi hal itu merupakan suatu kewajaran.

Fungsi Garam dalam Pembuatan Roti

fungsi garam untuk membuat roti

theconversation.com

Garam atau disebut juga Natium Klorida (NaCl) memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan roti yaitu : memberikan rasa guris, meningkatkan eksibilitas adonan, mengontrol aktifitas ragi dalam proses fermentasi, membangkitkan arom dari bahan-bahan lain dan berfungsi sebagi pengawet.

Pemakian garam pada roti juga bisa memberikan astringern pada roti, yakini memperkecil pori-pori roti. Kadar pemakaian garam pada roti juga harus di perhatikan, apabila kadar garam dibawah 1.5% roti akan terasa hambar, apabila kadar garam di atas 2% maka anak menghambat laju fermentasi. Jadi, sebaiknya pemakaian garam pada roti berada pada kisaran 1,5-2% supaya roti bisa terbentuk dengan sempurna.

Demikian info mengenai fungsi garam yang bisa saya bagikan. Semoga info ini bermanfaat dan menjadi refrensi untuk bisa memanfaatkan garam dalam kehidupan kita sehari-hari. Jangan lupa share ke teman terdekatmu supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.

baca juga : Cara Membuat Garam dari Berbagai Metode

Leave a Reply