Contoh Surat Pernyataan, Jenis, Fungsi dan Strukturnya Lengkap! 5/5 (2)

7 min read

Contoh Surat Pernyataan Jenis Fungsi dan Strukturnya Lengkap

Dalam kehidupan ini, manusia memang selalu dibebani dengan tanggung jawab dalam berbagai hal, termasuk salah satunya adalah dalam sektor pekerjaan. Ketika seseorang sudah memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya, maka semua harus terselesaikan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Namun, dalam beberapa situasi, halangan bisa saja datang dan membuat Anda tak bisa menyelesaikan apa yang sudah menjadi tanggung jawab Anda tersebut. Meskipun bukan sesuatu yang disengaja, akan tetapi dengan adanya halangan tersebut Anda tetap harus memberikan keterangan atau pernyataan terkait tugas Anda yang tak bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Sebagai formalitas, keterangan Anda harus dibuat dalam sebuah surat pernyataan yang berisikan penjelasan terkait keadaan yang sedang Anda alami saat ini. Sesuai namanya, surat ini juga memuat pernyataan lengkap dari Anda terkait bagaimana tanggung jawab Anda terhadap pekerjaan/tugas tersebut.

Pembuatan surat pernyataan ini bertujuan agar alasan mengapa Anda tak bisa menyelesaikan tugas ataupun tak dapat menghadiri kegiatan tertentu bisa tersampaikan lebih jelas dan bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu, surat pernyataan juga dibuat untuk menjadi bukti tentang suatu yang yang perlu diakui oleh pihak yang membuat surat pernyataan. Sehingga ketika surat pernyataan sudah dibuat, maka pihak yang menulis surat pernyataan tersebut pun sudah mengakuinya.

Dengan dibubuhi materai dan juga tanda tangan dari beberapa pihak yang bersangkutan, surat pernyataan tersebut sudah memiliki sifat yang formil serta memiliki kekuatan hukum. Jadi jika terjadi sesuatu yang bertentangan dengan isi surat pernyataan tersebut dan merugikan salah satu pihak, maka dapat diproses ke ranah hukum.

Fungsi surat pernyataan yang begitu beragam dan penting, tak heran jika banyak masyarakat dari berbagai kalangan diwajibkan membuat surat pernyataan, tentunya dengan tujuan masing-masing.

Nah bagi Anda yang ingin membuat surat pernyataan atau ingin tahu bagaimana cara membuatnya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Surat Pernyataan?

Pada ulasan di atas sudah dijelaskan secara singkat, bahwa surat pengakuan atau surat pernyataan merupakan sebuah penjelasan tertulis terkait situasi maupun kondisi seseorang yang membuat pihak terkait berhalangan menyelesaikan sebuah tanggung jawab atau berhalangan hadir pada acara tertentu. Surat pernyataan ini dibuat dengan maksud untuk memberi keterangan terkait suatu hal yang dianggap penting.

Surat pernyataan sendiri bisa dibuat oleh berbagai kalangan masyarakat, baik individu, organisasi, kelompok ataupun perusahaan besar. Setiap pihak tentunya memiliki tujuan yang beragam sesuai dengan keperluannya.

Beberapa yang termasuk tujuan dari pembuatan surat pernyataan yakni untuk memberikan ikatan pada seseorang atau kelompok untuk menyanggupi, mengakui maupun menjelaskan sesuatu hal penting.

Sifatnya yang resmi, membuat surat ini harus ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar alias baku. Selain itu, pembuatan surat pernyataan juga harus disertai dengan tanda tangan dari setiap pihak yang bersangkutan.

PEnggunaan materai juga dibutuhkan dalam proses penandatanganan surat pernyataan untuk memberikan kesan kesungguh-sungguhan isi pernyataan pada surat tersebut.

Dengan penggunaan materai, pihak pembuat surat pernyataan bisa memperkuat makna atau maksud dari surat tersebut. Pihak yang menerima juga bisa mendapatkan keterangan yang diberikan oleh pembuat surat secara resmi karena sifatnya yang formal.

Jenis Surat Pernyataan

Berdasarkan tujuannya yang beragam, surat pernyataan terdiri dari beberapa jenis berbeda. struktur atau formatnya pun bervariasi dan tergantung dari jenisnya. Dilihat dari jenisnya secara umum, surat pernyataan dibedakan menjadi 4 jenis yaitu surat pernyataan kesanggupan, surat pernyataan diri, surat pernyataan hutang dan surat pernyataan kerja.

Baca juga :   Cara Membuat Anak Untuk yang Baru Menikah dan Anda Yang SUSAH Memiliki Keturunan

Untuk lebih jelasnya, berikut tujuan dari setiap jenis surat pernyataan.

1. Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan dibuat untuk mengikat pihak baik perseorangan, kelompok ataupun organisasi pada sebuah situasi tertentu. Dengan begitu, melalui pembuatan surat pernyataan tersebut, pihak yang berkaitan sudah terikat pada pihak tertentu hingga suatu hal yang sudah dinyatakan sanggup untuk dijalankan tersebut terselesaikan (hingga batas waktu yang sudah tertera pada surat).

2. Surat Pernyataan Dini

Surat pernyataan ini dibuat sebagai keterangan serta penjelasan seseorang. Umumnya surat pernyataan diri ini berisikan tentang kondisi pribadi dan/atau penjelasan terkait suatu hal yang dianggap penting untuk diinfokan pada pihak yang bersangkutan.

3. Surat Pernyataan Hutan

Sesuai namanya, surat pernyataan ini dibuat menjadi indikasi jika pembuat surat sedang ada dalam kondisi memiliki hutang dengan jumlah tertentu. Dengan begitu, pihak yang bersangkutan bisa memaklumi kondisi perekonomian pihak yang membuat atau memberi pernyataan hutan tersebut.

4. Surat Pernyatan Kerja

Terakhir surat pernyataan kerja yang digunakan untuk menjelaskan situasi jika seseorang sedang menjalani pekerjaan ataupun tanggung jawab serupa. Selain itu, surat pernyataan kerja pun dibuat guna menyampaikan jika seseorang sanggup melaksanakan sebuah pekerjaan tertentu (sesuai dengan apa yang tertera pada surat ataupun yang sudah disepakati).

Dari keempat jenis surat pernyataan di atas, bisa dilihat jelas jika masing-masing memiliki tujuan yang berbeda serta melalui proses pembuatan yang berbeda. oleh sebab itu, sebelum membuat surat pernyataan pastikan tujuan dari pembuatan surat tersebut sudah jelas. Dengan begitu struktur yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan jenisnya.

Fungsi Surat Pernyataan

Ulasan sebelumnya mungkin menjelaskan jika surat pernyataan memiliki fungsi yang beragam, tergantung jenisnya. Akan tetapi sura ini pun memiliki fungsi umum yang ditujukan pada pihak penerima, pihak pembuat serta pihak lain yang dinyatakan pada surat pernyataan tersebut

Fungsi untuk setiap pihak yang bersangkutan dengan isi surat pernyataan tersebut pun cukup penting. Seperti fungsinya bagi pihak pembuat, yakni surat bisa dijadikan sebagai dalil atau bukti terkait suatu hal yang dituliskan di dalamnya. Dengan menggunakan surat pernyataan ini pembuat surat bisa menyampaikan maksud yang ditujukan pada pihak penerima secara serius.

Sementara untuk pihak penerima, surat pernyataan bisa dijadikan sebagai dalil atau barang bukti jikalau isi surat pengakuan yang sudah disepakati di awal ternyata tak sesuai dengan kesepakatan awal yang telah dilakukan antara pihak penerima dan pihak pengirim. Dengan begitu penerima surat pernyataan bisa mengajukan pertanggungjawaban secara resmi pada pihak pembuat atau pihak yang bersangkutan.

Bukan hanya untuk pihak pembuat dan penerima saja, surat pernyataan juga memiliki fungsi tersendiri untuk pihak yang dinyatakan atau pihak yang tertera pada surat tersebut. Biasanya pihak ketiga ini memiliki kepentingan atau tanggung jawab yang perlu dipenuhi.

Selain itu, surat pernyataan juga berfungsi untuk penguat keadaan pihak ketiga atau pihak yang disebutkan dalam surat tersebut jika terjadi suatu hal yang tak sesuai. Dengan adanya surat pernyataan tersebut, pihak ketiga bisa menjadikannya barang bukti kuat ketika ada sengketa atau perkara yang kurang tepat oleh pihak yang bersangkutan.

Struktur Umum Surat Pernyataan

Pada dasarnya, struktur surat pernyataan tidak jauh berbeda dengan struktur surat lainnya. Hanya saja karena sifat surat ini remi, mka surat pernyataan wajib dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan struktur yang baik dan benar.

Jika dilihat secara runtut, struktur surat pernyataan dimulai dari bagian paling atas yakni judul surat atau nama. Penulisan dari judul surat atau nama ini menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal. Posisinya ada di bagian tengah atas.

Setelah penulisan judul, surat pernyataan dilanjutkan dengan isi. Isi dari surat pernyataan sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni identitas pembuat, pernyataan atau keterangan yang ingin diberikan pada pihak penerima serta identitas dari pihak penerima atau yang dinyatakan.

Baca juga :   Cari Contoh Makalah yang Baik dan Benar? Ini dia, Pembahasannya yang Sudah Teruji

Pastinya isi pernyataan atau keterangan dari surat pernyataan harus sesuai dengan fakta yang ada. Dengan begitu tak ada pihak manapun yang merasa dirugikan atas pembuatan surat pernyataan tersebut.

Terakhir ada bagian penutup. Bagian penutup biasanya diisi dengan tempat dan tanggal ditulisnya surat pernyataan tersebut, nama terang, tanda tangan atau paraf serta penjelasan tambahan semisal Nomor Induk Kependudukan (KTP) ataupun Nomor Induk Mahasiswa dari pihak pembuat surat pernyataan.

Sebagai pelengkap dan bagian yang menjadikan surat ini memiliki nilai hukum yakni materai. Pembubuhan materai pada bagian paraf ini memang sifatnya tidak wajib karena hanya untuk meningkatkan keabsahan dari surat. Dengan begitu pembubuhan materai bisa dilakukan atau tidak sesuai dengan kebutuhan serta tujuan surat pernyataan itu.

Contoh Surat Pernyataan

Dengan mengetahui struktur surat pernyataan, tampaknya Anda sudah tak kesulitan lagi bukan untuk membuat surat resmi ini? Nah agar lebih jelasnya, yuk simak contoh surat pernyataan di bawah ini sebagai referensi.

Contoh Surat Pernyataan Diri


SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yahya

Alamat : Karang Gondang

No KTP : 357990976999

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Sama sekali tidak pernah terlibat penggunaan narkotika atau zat adiktif lain.
  2. Sama sekali tidak pernah terlibat dalam kegiatan untuk menggunakan, memasarkan atau menyebarluaskan narkotika.
  3. Tidak pernah  diberhentikan atau dipecat dari status sebagai pegawai di instansi saya bekerja sebelumnya.
  4. Tidak terlibat  aktivitas partai politik baik sebagai anggota maupun sebagai pengurus.

Demikian surat pernyataan ini saya  buat dengan sebenar-benarnya sebagai persyaratan untuk mengikuti Tes Masuk Sekolah Pelayaran. Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila pernyataan diri ini di kemudian hari terdapat kesalahan.

Malang, 15 Oktober 2015

Yahya

(tanda tangan di atas Materai)

Contoh Surat Pernyataan Hutang


SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ridwan
No. KTP : 7655483872772112
Alamat : Jalan Mangi 67 Magelang

Dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa, pada tanggal 17 April 2018 saya telah meminjam uang kepada saudara Abdul Rosyid sebesar Rp. 35.000.000 (tiga puluh juta rupiah) dan berjanji  mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 50 (lima puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 29 Juni 2018;
  2. Bahwa, jika pada saat tanggal jatuh tempo tersebut saya belum mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Abdul Kodir;
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Ahmad Aliansyah supaya diberi perpanjangan waktu untuk dapat melunasi pinjaman hutang saya. Batas waktu untuk 90 (Sembilan puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 27 September 2018;
  4. Bahwa, jika saya tidak bisa melunasi pinjaman  sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan hal tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya unsur paksaan maupun tekanan dari berbagai pihak.

Medan, 18 Juni 2018
Ttd

Ridwan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR
UANG KULIAH TUNGGAL (UKT ) TAHUN AKADEMIK 2016-2017
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama Orang Tua/Wali : Arini Kusuma
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat : Jalan Triunojoyo 13 Surabaya

No.Telp./HP : 0867999900

Adalah Orang Tua /Wali Calon Mahasiswa/i,

Nama : Retno
Nomor Tes : D123456
No.Telp./HP Mhs/I : 0867999900

Program Studi Pilihan : Akuntansi
Jalur Seleksi : Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk mendukung kelangsungan operasional pembinaan serta untuk  peningkatan mutu akademik serta jaminan kepastian ketertiban administrasi berkaitan dengan mekanisme pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diberlakukan di Universitas Airlangga. Maka dengan ini saya menyatakan, jika anak saya diterima di Universitas Airlangga,  saya akan sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan secara tunai pada saat registrasi dan di setiap awal semester.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan semestinya, secara sadar, penuh tanggung jawab  dan tanpa paksaan berbagai pihak.

Baca juga :   11+ Contoh Surat Permohonan Berbagai Bidang yang Benar dan Berkualitas

Surabaya, 7 Juli 2016
Yang membuat pernyataan
Orang Tua/Wali

(Arini Kusuma)

Contoh Surat Pernyataan Kelakuan Baik


SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Riziq
Tempat dan tanggal lahir : Sumedang, 29 Agustus 1997
Agama : Islam
Alamat : Jalan Ahmad Yani No. 78 Sumedang

Dengan ini menyatakan:

  1. Tidak pernah tertera melakukan suatu tindak kriminal.
  2. Tidak pernah memperoleh hukuman penjara yang disebabkan karena perbuatan melanggar yang hukum.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan secara tidak hormat saat bekerja.

Demikian surat pernyataan kelakuan baik ini saya buat dengan benar. Dan jika kemudian hari, terdapat pernyataan yang tidak benar dari pernyataan tersebut, saya bersedia menerima segala konsekuensinya.

Sumedang, 1 Juli 2019
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
Ahmad Riziq

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah


SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bambang Agung
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat/ Tanggal Lahir : Padang, 4 Mei 1990
Agama : Islam
Warga Negara : Indonesia
Alamat : Jalan Pahlawan No 5 Lampung

Menyatakan bahwa hingga saat ini, saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum agama, ataupun hukum Negara dan dengan demikian masih benar-benar lajang.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Jika surat pernyataan ini tidak sesuai, dengan ini maka saya bersedia untuk dituntut sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.

Lampung, 3 Maret 2017

Bambung Agung:

Contoh Surat Kepemilikan Harta


SURAT PENGAKUAN KEPEMILIKAN HARTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Aris

NPWP : 11.222.3355556449

NIK : 5555544444444

Alamat : Jalan Jend Sudirman No 64 Medan

Dengan ini menyatakan bahwa:

Atas Tanah dan Bangunan seluas 1000 m2 (seribu meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik/Hak Guna Bangunan *) Nomor 88 yang terletak di Jl. Surabaya No. 34, Surabaya Adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini  saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Semarang, 3 Januari 2018
Yang menyatakan,
Materai 6000,-
Aris
NPWP: 11.222.3355556449.

Semoga dengan contoh surat pernyataan di atas, Anda bisa mendapat gambaran lebih gamblang dan dapat membuat surat pernyataan yang benar dan sesuai tujuan.

Please rate this

One Reply to “Contoh Surat Pernyataan, Jenis, Fungsi dan Strukturnya Lengkap!”

  1. Terimakasih udah sharing, atas contoh surat ini saya juga berani untuk memasukkan perusahaan saya sebagai non terkena pajak, wong juga penghasilan ngga seberapa.

    Yang penting lapor saja.

    Makasih admin yang ganteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *