jenis genteng indah

Jenis Genteng yang Harus Adan Ketahui Sebelum Membelinya

Genteng adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam membuat rumah. Karena genteng digunakan sebagai pertahanan pertama dalam menghadapi  hujan dan teriknya sinar matahari. Dengan menggunakan jenis genteng yang bagus untuk rumah Anda, maka keluarga Anda akan aman dari cuaca yang ekstrim.

Ada banyak jenis genteng yang bisa Anda pilih, ada yang berasal dari tanah liat, beton, metal, asbes dan masih banyak lagi. Jenis genteng yang Anda gunakan juga harus menyesuaikan kebutuhan.

Apabila Anda ingin membuat rumah untuk keluarga, pastinya Anda menginginkan kondisi rumah yang sejuk dan nyaman. Biasanya genteng yang cocok digunakan adalah yang berasal dari tanah liat atau kayu.

Kalau Anda ingin membangun gudang penyaimpan barang, pastinya Anda membutuhkan genteng yang tidak membuat ruangan menjadi lembab, jenis genteng yang cocok untuk Anda adalah genteng dari metal atau dari seng.

Berikut beberapa jenis genteng yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Jenis Genteng Kayu Uli

jenis genteng kayu uli
birobangunan.blogspot.com

Kayu Uli atau Kayu Besi memang sangat bagus untuk dijadikan sebagai genteng rumah. Bahanya yang kuat dan bentuknya yang sederhana, memberikan kesan damai dalam hati. Kayu Uli biasa tahan digunakan sampai puluhan tahun.

Jenis Genteng Kayu Uli biasa digunakan untuk rumah-rumah yang sederhanan tapi tetap mewah seperti, villa, pendopo, gazebo, gedung pertemuan dan lain sebagainya.

Genteng Kayu Uli lebih menonjolkan kesan alami dan hayati. Genteng jenis ini juga bisa mengalirkan sirkulasi udara dengan baik. Pada umumnya, genteng Kayu Uli berbentuk memanjang dengan lancip segitiga pada unjungnya.

Penggunaan genteng Kayu Uli juga memiliki kekurangan. Harga kayu yang cukup mahal membut penggunaan genteng kayu uli perlu mengeluarga biaya yang cukup besar, selain itu, bahan kayu yang mudah terbakar juga harus diperhatikan, sehingga perlu pemeliharaan yang ekstra.

Jenis Genteng Tanah Liat

jenis genteng tanah liat
jualgentengjepara.com

Jenis Genteng tanah liat adalah genteng yang paling lama dipakai di Indonesia. Jaman dahulu, simbah-simbah kita sudah menggunakan tanah liat sebagai bahan untuk membuat genteng.

Bahan tanah liat yang murah dan mudah didapat membuat jenis genteng ini pupuler digunakan di Indonesia. Genteng tanah liat memiliki kemanpuan meredam panas yang sepurna, sehingga rumah Anda tidak terasa panas kalau menggunaan jenis genteng ini.

Perlu diperhatikan, ketika Anda memilih genteng jenis tanah liat, konstruksi penopang genteng harus disusun dengan kual, karena genteng ini memiliki beban yang cukup berat.

Jenis Genteng Beton

jenis genteng beton
ducotile.com

Genteng dari bahan beton sekarang banyak diminati oleh para developer, terutama untuk perumahan minimalis. Jenis genteng ini terbuat dari semen yang dicampur dengan serat dan bahan adiktif lainnya. Genteng beton memiliki ketahanan tinggi terhadap cuaca panas, kebakaran, hujan badan dan lumut.

Perlu diperhatikan, genteng beton meiliki beban yang berat, bahkan lebih berat dari genteng dari tanah. Jadi perlu dirancang rangka penyangga yang kuat.

Jenis Genteng Seng

jenis genteng seng
alicdn.com

Jenis genteng dari seng merupakan jenis genteng yang paling ekonomis. Genteng ini terbuat dari bahan seng yang ringan. Biasanya banyak digunakan di pedesaan.

Meskipun harganya yang ekonomis, genteng ini memiliki banyak kekurangan. Genteng seng dapat membuat ruangan terasa panas karena sifatnya yang menyerap pasas, selain itu genteng dari bahan seng mudah rusak dan berkarat, sehingga cuma bisa dipakai beberapa tahun saja.

Jenis Genteng Metal

jenis genteng metal
wihartaprametal.com

Genteng metal merupakan inoavasi terbaru untuk menutupi rumah Anda. Terbuat  dari logam anti karat dan memiliki bobot  yang ringan. Kelebihan dari genteng ini adalah bisa memantulkan panas, ringan dan kalau dilihat sekilas dari kejauhan, genteng ini nampak seperti genteng tanah liat pada umunya.

Jenis Genteng Metal Pasir

jenis genteng metal pasir
bajaringan-tegal.com

Genteng metal pasir atau juga disebut Genteng Metal Batuan FULO ROOF memiliki lapisan Polypropylene dan serbuk batuan untuk meredam panas sinar matahari dan meredam suara air hujan yang jatuh di atas genteng.

Terbuat dair bahan dasar zinc alume dengan bagian bawah dilapisi dengan back coat zinc allimunium coating, primary epoxy, synthetic resin, zinc phosphat, dan stone chip serta acrilic finishing.

Keunggulan dari genteng metal pasir adalah bisa mereduksi udara panas dan suara gaduh dari air hujan karena menggunakan lapisan batu alami (warna asli).

Jenis Genteng Asbes

jenis genteng asbes
infobisnisproperti.com

Genteng Asbes memiliki bentuk yang hampir sama dengan genteng  dari seng. Bentuknya yang lebar dan ringan membuat genteng asbes mudah untuk dipasang, karena genteng tidak membutuhkan penyangga (reng) yang banyak. Kelebihannya Genteng Asbes dibanding Genteng dari Seng adalah genteng asbes bisa menahan panas dari terik sinar matahari sehingga rumah terasa sejuk.

Jenis Genteng Keramik/Glazur

jenis genteng keramik
materialbangunanku.com

Jenis Genteng Keramik terbuat dari bahan keramik, namun genteng ini sudah mengalami proses finishing glazur. Bahan bakunya yang terbuat dari keramik, bisa diberi warna sesuai keinginan kita tanpa harus takut kehilangan warna karena tergerus air hujan dan panas.

Kelebihan jenis genteng keramik adalah tahan lama dan kuat menahan cuaca ekstrim. Warna genteng yang tahan lama disebabkan oleh proses pembuatan genteng  yang dibakar hingga mencapai suhu 1100 derajat.

Sedangakan kelemahannya yang dimiliki genteng keramik yakni, diperlukan ketelitian ketika pemasangan genteng. Kemiringan minimum sekitar 30 derajat supaya air hujan bisa mengalir dengan sempurna. Genteng Keramik memerlukan baut  sewaktu pemasangan, supaya genteng tidak lepas saat digunakan.

Jenis Genteng Aspal

jenis genteng aspal
bangunan.depo.coid

Genteng aspal terbuat dari berbagai macam bahan kimia yang dicampur menjadi satu dengan bahan utamannya adalah aspal .

Ada dua jenis genteng aspal yang tersedia, yaitu genteng aspal datar dan bergelombang. Genteng aspal datar pemasangannya bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka, sedangkan genteng aspal bergelombang bentuknya seperi genteng seng, memanjang dan pemasangannya cukup dibebankan pada reng yang agak besar sebagai tumpuan genteng.

Genteng Aspal memiliki kelebihan lebih ringan dari genteng beton maupun keramik. Posisi genteng bisa dipasang pada kemiringan 22,5-90 derajat.

Selain itu, genteng aspal mampu menahan tekanan angin dan panas api. Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Anda tidak perlu kahawatir warna genteng cepat memudar, karena sudah dilapisi dengan lapisan anti jamur dan anti pudar.

Kelemahan genteng aspal yaitu harga genteng yang relatif mahal, sehingga Anda perlu merogoh kocek lebih dalam.

 Jenis-jenis Genteng yang Banyak Diminati

Indonesia merupakan negara yang memiliki kualitas tanah yang bagus untuk dijadikan  sebagai bahan baku genteng. Banyak daerah-daerah yang sudah memprosuksi genteng dengan kualitas ekspor, seperti di daerah Jatiwangi, Karang Pilang dan masih banyak lagi. Berikut jenis-jenis genteng yang banyak diminati di Indonesia.

Genteng Jatiwangi

jenis genteng jatiwangi
indonesiabusinesscenter.com

Genteng Jatiwangi merupakan genteng yang diproduksi dari daerah Jatiwangi, Majalengka, Jawa barat. Hampir semua masyarakat Jatiwangi berprofesi sebagai pembuat genteng. Sudah turun-temurun mereka memproduksi genteng dari tanah liat.

Genteng Jatiwani terkenal memiliki kualitas yang bagus. Terbuat dari bahan baku tanah liat yang dilembutkan dan dicampur dengan sedikit pasir. Dalam porses pembuatan genteng, tanah liat yang sudah diproses dimasukkan ke dalam cetakan lalu dipress sesuai bentuk yang diinginkan.

Ada 2 jenis genteng yang dibuat oleh masyarakat Jatiwangi, yaitu genteng Natural (tanpa warna) dan genteng Glazur/Keramik. Genteng Jatiwangi Glazur sebenarnya sama seperti genteng Natural, tapi pada proses finishing, genteng Glazur dilapisi dengan lapisan keramik sehingga terlihat mengkilat dan lebih tahan lama.

Genteng Karang Pilang

jenis genteng karang pilang
genteng-karng-pilang.blogspot.com

Genteng Karang pilang adalah genteng yang diproduksi oleh masayarakat kecamatan karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Genteng Karang Pilang merupakan salah satu genteng yang berkualitas di Indonesia.

Ada banyak model gentenga yang bisa Anda dapatkan, seperti Genteng Karang Pilang Portugis, Genteng Karang Pilang Grade, Duco Tile Genteng Beton, Genteng Karang Pilang Good Year, Genteng Karang Pilang Grand Gemini, dan masih banyak lagi. Adan tinggal pilih sesuai kebutuhan Anda.

Genteng Kanmuri

Jenis Genteng Keramiktokogentengbintangtiga.blogspot.co.id

Genteng Kanmuri merupakan salah satu merek genteng keramik yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Kelebihan dari genteng keramik adalah tidak dapat berkarat, kedap suara, tidak terlalu berat, pemasangan mudah, dan warnanya tidak mudah pudar.

Bentuk Genteng Kanmuri yang elegan dengan proses produksi cetakan tertutup, membuat genteng Kanmuri mudah dilakukan pemotongan di tepi genteng. Terdapat kait ganda dengan nip stabilizer yang memastikan genteng terpasang pada reng dengan aman.

Genteng Kanmuri memiliki 3 jenis profil, yaitu Genteng Kanmuri Milenio, Genteng Kanmuri  Full Flat, dan Genteng Kanmuri Espanica. Terdapat banyak pilihan warna genteng yang tersedi , yakni warna Standard/Natural (Brown, Satin Black, Green), warna Medi (Medi Red, Medi Orange, Medi Brown, Medi Magnolia, Medi Grey, Medi Black), dan warna Exclusive (Maroon, Blue, Tosca).  Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan yang Anda.

Demikian beberapa jenis genteng yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan untuk Anda, sehingga Anda bisa lebih cerdas dalam memilih genteng yang akan Adan gunakan untuk rumah Anda. Apabila artikel ini bermanfaat, tolong share keteman-teman Adan supaya mereka juga mendapatkan manfaatnya.
Terimakasih 🙂

Leave a Comment