Power full Strategi Pemasaran? Temukan Pejelasan, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Contohnya

Dalam dunia bisnis, istilah strategi pemasaran tentunya bukan hal yang asing lagi. Bahkan, keberadaan dari strategi ini sangat penting dalam membangun sebuah usaha baik itu usaha kelas kecil ataupun besar.

Pentingnya strategi ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan dan keberhasilan dari suatu usaha. Karena itu, untuk Anda yang berencana untuk membuka usaha, Anda harus tahu dan menguasai strategi pemasaran terlebih dahulu.

Mengapa? Sebab, sebaik apapun produk yang Anda miliki namun Anda tidak memiliki strategi yang pas, maka produk tersebut tidak akan laku di pasaran. Namun, ketika Anda memiliki strategi yang tepat meskipun produk tersebut tidak terlalu bagus, mana produk ini bisa diterima di pasaran.

Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai strategi ini baik secara pengertiannya, fungsi, tujuan, konsep, hingga contohnya. Penasaran dengan penjelasannya? Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Strategi Pemasaran

Berdasarkan pengertiannya, strategi pemasaran adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk ataupun barang dan jasa dengan menggunakan rencana dan taktik tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Selain itu, strategi pemasaran juga sering diartikan sebagai sebuah rangkaian upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan tertentu yang mana untuk menjual proporsi yang terbatas kepada orang yang mengetahui hal tersebut.

Dalam dunia usaha, strategi ini memiliki peranan yang sangat penting. Mengapa? Sebab ia berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi dari suatu perusahan baik harga suatu barang maupun jasa. Nah, adapun untuk faktor penentu harga barang dan jasa meliputi produksi, pemasaran dan konsumsi. Dalam hal ini, emasaranlah yang memiliki kekuatan yang besar untuk meningkatkan konsumsi dan produksi.

Adapun untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak pengertian strategi pemasaran menurut para ahli di bawah ini.

Kolter dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong, pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana didalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran dan budget untuk pemasaran.

Kurtz

Menurut Kurtz, pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elegan dari marketing, misalnya produk, distribusi, promosi dan harga.

Stanton

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

Fungsi Strategi Pemasaran

Setelah Anda mengetahui pengertiannya di atas, bukankah Anda juga perlu apa sebenarnya fungsi dari strategi pemasaran itu. Secara garis besar, strategi ini memiliki 4 buah fungsi yang sangat penting. Diantara fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Mengkoordinasikan Pemasaran agar Lebih Efektif

Fungsi pertama dari strategi ini adalah untuk mengatur jalan dan arah suatu perusahaan mau seperti apa. Sehingga dibentuklah sebuah tim koordinasi agar proses pemasaran jauh lebih efektif dan tepat sasaran. Nah, dalam hal ini tentunya setiap perusahaan memiliki strategi pemasarannya masing-masing.

Baca juga :   Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Beserta Jenis dan Keuntungannya

Meningkatkan Motivasi untuk Menatap Masa Depan

Sedangkan fungsi kedua dari adanya strategi ini digunakan untuk memotivasi manajemen suatu perusahaan agar nantinya bisa berpikir dan melihat masa depan dengan menggunakan cara yang berbeda. Tahukah Anda ternyata hal ini sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga kelangsungan dari perusahaan tersebut di masa yang akan datang.

Dalam hal ini, suatu perusahaan harus mampu mengikuti ritme pasar. Bahkan, perlu juga suatu perusahan harus melakukan gerakan dengan membuat sesuatu yang baru.

Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Adanya strategi pemasaran juga memiliki fungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran yang terjadi di pasar. Sebab, dengan adanya strategi lini suatu perusahaan akan memiliki sebuah standar prestasi kerja di mata anggotanya.

Dengan adanya strategi ini, pemasaran yang dilakukan oleh para anggota juga jauh lebih terpantau, sehingga nantinya perusahaan tersebut akan mendapatkan mutu serta kualitas kerja yang lebih efektif dan efisien.

Merumuskan Tujuan Perusahaan

Sedangkan fungsi yang keempat adalah untuk merumuskan tujuan perusahaan. Tentunya, setiap pelaku usaha menginginkan sebuah perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas. Nah, dengan adanya strategi pemasaran ini maka pelaku usaha bisa membuat tujuan apa saja yang akan dicapai sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Tujuan Strategi Pemasaran

Selain memiliki fungsi yang jelas, adanya strategi ini juga memiliki tujuan yang jelas bagi sebuah perusahaan. Adapun tujuan strategi pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Strategi pemasaran dijadikan sebagai alat ukur untuk menentukan hasil pemasaran sesuai dengan standar prestasi yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  2. Strategi pemasaran memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas koordinasi yang terjadi antar individu dalam suatu tim pemasaran.
  3. Strategi pemasaran digunakan sebagai dasar logis dalam segala bentuk pengambilan keputusan dalam pemasaran produk.
  4. Strategi pemasaran produk digunakan untuk meningkatkan kemampuan terutama dalam beradaptasi jika terjadi perubahan dalam proses pemasaran.

Konsep Strategi Pemasaran

Banyak para pengusaha besar atau ahli marketing yang mengatakan jika kepuasan pelanggan merupakan konsep utama dari strategi pemasaran. Dalam hal ini, berarti perusahaan memiliki wewenang dan caranya sendiri dalam melakukan proses pemasaran sesuai dengan kesanggupan dan karakteristik dari perusahaan.

Sebab, pada dasarnya, tujuan akhir dari pemasaran adalah tercapainya kepuasan pada pelanggan. Nah, di bawah ini ada lima konsep strategi pemasaran yang harus Anda tahu.

Segmentasi Pasar

Dalam sebuah strategi pemasaran, setiap pekonsumen tentunya memiliki kebutuhan serta kebiasaan yang berbeda-beda. Namun, di sini tugas dari perusahaan adalah melakukan klasifikasi pasar yang memiliki sifat heterogen menjadi satu-satunya pasar yang bersifat homogen.

Oleh karenanya, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Saat strategi ini tepat, maka Anda bisa mengubah kebutuhan yang heterogen menjadi homogen.

Market Entry Strategi

Apa yang dimaksud dengan market entry strategi itu? Ini adalah sebuah strategi pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan agar bisa masuk ke dalam segmen suatu pasar tertentu.

Jika Anda akan menggunakan konsep strategi yang satu ini, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantara cara tersebut adalah dengan membeli perusahaan lain, bekerja sama dengan perusahaan lain maupun internal development.

Saat Anda melakukan hal ini, maka Anda bisa menguasai pangsa pasar tanpa harus takut bersaing. Sebab, Andalah yang memiliki wewenang dalam pasar sesuai dengan target yang diinginkan.

Market Positioning

Anda perlu tahu bahwa tidak ada satu perusahaan pun yang bisa menguasai seluruh pasar. Hal inilah yang menjadi suatu alasan mengapa sebuah perusahaan harus memiliki pola spesifik untuk mendapatkan posisi yang kuat dan besar dalam pasar.

Baca juga :   35+ Gambar Kayu Jati yang Unik, Terbesar, Termahal di Dunia

Salah satu caranya adalah dengan memilih segmen yang paling menguntungkan. Coba buat produk yang banyak dicari oleh banyak orang. Maka produk Anda bisa diterima di pasar dengan mudah.

Marketing Mix strategi

Ini adalah sebuah strategi pemasaran yang mana merupakan bagian kumpulan dari beberapa variabel yang sudah digunakan oleh suatu perusahaan, dengan tujuan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

Adapun diantara variabel-variabel ini antara lain adalah product, place, price, promotion, participant, people physical evidence, serta process. Dengan menerapkan variabel ini, maka Anda bisa menguasai pasar dengan mudah.

Timing Strategi

Dalam menerapkan strategi pemasaran, maka Anda juga harus menggunakan timing strategi. Maksudnya adalah pemilihan waktu yang paling tepat untuk melakukan pemasaran. Dalam hal ini, sebuah perusahan harus melakukan berbagai macam partisipan terutama dalam hal produksi.

Dalam hal ini, Anda Harus memikirkan kapan waktu yang tepat untuk melakukan distribusi produk ke pasar. Saat Anda berhasil mendapatkan timing yang tepat, maka di sini Anda bisa menguasai pasar dengan mudah.

Ada banyak konsep strategi yang bisa dijalankan untuk melakukan pemasaran, tentunya setiap skonsep memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dalam hal ini konsep ini nyatanya sama pentingnya dan bahkan bisa dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui pengertian, konsep, tujuan dan fungsi strategi pemasaran, akan lebih baik jika Anda perlu tahu contoh strategi pemasaran. Tujuanya adalah untuk melakukan analisis sebelum melakukan eksekusi dalam menentukan strategi mana yang pas untuk digunakan.

Dalam dunia marketing, ada beberapa strategi yang sangat populer dan banyak diterapkan pada berbagai perusahaan besar. Diantara beberapa strategi tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.

Partnership

Contoh strategi pemasaran pertama yang bisa Anda terapkan adalah partnership. Ini adalah sebuah marketing strategi yang menawarkan sejumlah keuntungan yang besar. Adapun caranya adalah dengan berkolaborasi atau melakukan kerja sama dengan pihak lain.

Dikatakan bahwa strategi ini lebih menguntungkan. Mengapa? Sebab dinilai strategi ini lebih murah dan bahkan memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses. Mungkin Anda bisa menerapkan strategi ini.

Melibatkan Karyawan

Pernahkah Anda Melibatkan karyawan dalam menjalankan suatu proyek. Kini tidak ada salahnya jika Anda Melibatkan karyawan dalam menjalankan projek Anda. Salah satu caranya dengan mencoba membuat iklan yang lucu dengan melibatkan para karyawan.

Hal ini tentunya akan memberikan efek ganda. Pertama para karyawan akan merasa senang karena bisa berpartisipasi dan bahwa videonya akan di-share ke berbagai media. Hal ini tentunya secara langsung dapat meningkatkan efektifitas kerja. Bahkan, banyak karyawan yang merasa bangga saat dilibatkan secara langsung dalam suatu proyek.

Bekerja Sama Dengan Influencer

Di zaman yang serba online dan modern ini, tahukah Anda Bahwa peran influencer sangat penting dan berpengaruh. Influencer sekelas selebgram memiliki pengaruh terhadap penjualan Ada. Sebab, mereka memiliki jangkauan follower yang lebih besar.

Oleh karenanya, Anda bisa mengontrak influencer tersebut kemudian memasarkan produk yang Anda miliki. Dari sini, Ada bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Nah, perlu Anda Tahu bahwa influencer tidak melulu hanya selebgram saja.

Disini, Ada bisa memilih influencer yang sesuai dengan produk yang akan dijual. Misalnya saja seperti blogger ataupun flogger juga memiliki pengaruh yang besar dan bisa Anda coba.

Menjaga Pelanggan Lama

Contoh strategi pemasaran yang berikutnya adalah menjaga pelanggan lama. Tahukah Anda keberadaan pelanggan lama ini sangat penting? Hal ini menandakan bahwa ada orang yang percaya dengan produk yang Anda tawarkan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga :   Jenis-Jenis Kayu di Indonesia, Penjelasan dan Pemanfaatanya

Jika Anda memiliki pelanggan ini, maka manjakan dia dengan pengalaman belajar yang menyenangkan. Berikan keramahan dan sedikit bonus ketika mereka membeli produk yang Anda tawarkan. Perlu diingat bahwa bonus yang diberikan tidak harus besar.

Saat Anda memanjakan pelanggan lama, maka mereka akan mempromosikan produk Anda tanpa diminta, biasanya proses promosi ini akan berlaku dari mulut ke mulut dengan membicarakan hal yang baik-baik. Mulai dari inilah produk yang Anda tawarkan mulai dikenal banyak orang melalui pelanggan lama.

Membuat Logo Merek

Tahukah Anda logo merek itu sangat penting mau sekecil apapun bisnis yang Anda jalani? Saat Anda menggunakan logo merek, maka hal ini menandakan bahwa usaha yang Anda tekuni ini serius.

Untuk membuat logo merek juga mudah, bahkan kini hadir banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, jika Anda ingin membuat logo ini lebih meyakinkan, ada baiknya meminta bantuan profesional saja.

Jangan Terlalu Memberikan Banyak Perhatian pada Pesaing

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah mereka terlalu fokus terhadap pesaing. Hal ini sebenarnya perlu, namun jangan terlalu fokus, sebab hanya akan membuat pekerjaan rancau saja.

Di sini, yang harus Anda lakukan adalah melakukan apapun yang menurut Anda benar. Dengan begitu, Ada bisa memicu bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih maju.

Coba Gunakan Iklan Facebook untuk Melakukan Riset Pasar

Melakukan reset ashar menjadi langkah yang paling penting ketika Anda akan melakukan sebuah usaha. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan keberadaan Facebook.

Sebagai suatu media sosial yang banyak digandrungi dari kalangan muda hingga tua, Facebook memiliki peran yang enteng. Bahkan ia menjadi platform yang hebat yang bisa Anda manfaatkan. Karena itu, coba deh memanfaatkan keberadaan Facebook untuk melakukan pemasaran.

Menggunakan Sistem Outsourcing

Strategi pemasaran berikut ya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan outsourced. Saat ini sudah banyak perusahan besar yang memanfaatkan hal ini pada bisnisnya. Menggunakan sistem ini ternyata memiliki banyak manfaat dimana Anda menjadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Tidak hanya itu, namun risiko yang buruk terjadi juga bisa dihindari. Sebab, pihak outsourcing hanya bekerja sama dan pihak perusahaan yang banyak diuntungkan. Ara pegawai yang direkrut oleh pihak outsourcing tetsuya tidak memiliki keterkaitan dengan perusahaan.

Sebab, mereka biasanya dikontrak dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Nah, apabila melanggar kontrak, maka biasanya akan dikenakan sanksi atau penalti.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan pada suatu perusahaan. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang pas. Sebab, sukses atau tidaknya suatu perusahaan dalam menciptakan produk sangat dipengaruhi oleh strategi ini. karena itu, buatlah strategi yang aps sehingga mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Leave a Comment