Jenis-jenis Pesawat Tempur Tercanggih Dunia Lengkap dengan Video No ratings yet.

5 Shares

PESAWAT TEMPUR –  Siapa sih yang nggak tau pesawat tempur? tentu kalian banyak yang sudah mengetahuinya walaupun hanya sedikit. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan lebih lanjut agar kamu dapat memahami secara kaffah.

Pengertian pesawat tempur adalah pesawat militer yang dirancang dengan tujuan untuk menyerang pesawat lain di udara. Ada yang mirip dengan pesawat tempur yaitu pesawat pengebom, yang membedakan adalah pesawat pengebom hanya dirancang untuk menyerang target di permukaan saja.

Body dari pesawat tempur lebih kecil, oleh karena itu ia mampu bergerak sangat cepat dan lincah.

Pesawat tempur mulai dikembangkan pada Perang Dunia I. Penelitian dan pengembangan pesawat tempur ini bertujuan untuk menghalau pesawat pengebom musuh dan juga balon udara yang digunakan untuk melaukan pengintaian kondisi lawan dan serangan darat.

Pesawat tempur pertama kali berwujud pesawat yang mempunyai sayap ganda dari kayu dan dipasang senapan mesin ringan. Kemudian pada Perang Dunia II pesawat tempur sudah mulai banyak diproduksi dengan menggunakan logam, bersayap tunggal, serta memakai senapan mesin yang sudah tertanam di bagian sayapnya.

Sesudah Perang Dunia II mesin piston mulai menghilang digantikan mesin turbojet dan peluru kendali mulai digunakan guna menggantikan senapan mesin yang pada awalnya dijadikan sebahai senjata utama.

Klasifikasi pesawat tempur dibuat berdasarkan generasi. Penggunaannya diawali oleh petinggi pertahanan di Rusia yang disebut dengan pesawat F-22 Raptor Amerika Serikat yang merupakan pesawat tempur generasi ke-5.

Secara umum pesawat tempur berbentuk ramping, mampu bergerak lincah, membawa senjata rudal, bom, canon, dan sebagainya, serta berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan peralatan avionik lebih banyak ketimbang pesawat biasa seperti radar untuk mendeteksi lawan jarak jauh, mengunci sasaran lawan dan dilengkapi dengan peralatan pengecoh, pengacu radar berkemampuan mirip siluman.

Sejarah Pesawat Tempur

gambar pesawat tempur
gambar pesawat tempur | walldevil.com

Pada mulanya, manusia memanfaatkan layang-layang untuk menyampaikan informasi mengenai posisi kawan, lawan, dan sebagai media untuk menakut-nakuti musuh. Kebiasaan seperti ini kerap kali dilakukan oleh bangsa Cina kuno.

Penemuan zeppelin dan balon udara ini sangat mewarnai perkembangan pesawat militer. Penggunaannya mulai dari pengintaian dan pengeboman terhadap musuh. Tercatat dalam Perang Dunia I bahwa Jerman menggunakan zeppelin untuk pengeboman Inggris. Seiring berjalannya waktu kemudian dibuatlah pesawat-pesawat yang dikembangkan sedemikian rupa demi kepentingan peperangan dan pertempuran udara.

Berdasarkan Era

gambar pesawat tempur
gambar pesawat tempur | wikipedia.org

Setidaknya ada 4 era yang bertahan samapai saat ini antara lain yaitu:

  1. Pada era Perang Dunia I yang bertepatan pada tahun (1911 – 1935).
  2. Perang Dunia II yang bertepatan pada tahun (1939 – 1945).
  3. Era pesawat jet yang bertepatan pada tahun (1959 – 1070).
  4. Dan terakhir era penyempurnaan, mulai dari tahun ( 1970 hingga saat ini).

Beradasrkan Fungsinya

gambar pesawat tempur
kaskus.co.id

Berdasarkan fungsinya setidaknya ada 7 fungsi dari pesawat tempur ini di antaranya:

  1. Sebagai pesawat buru sergap.
  2. Sebagai pesawat serang darat.
  3. Sebagai pesawat intai.
  4. Sebagai pesawat pengebom (bomber).
  5. Sebagai pesawat tempur latih.
  6. Sebagai pesawat tempur anti gerilya (COIN).
  7. Sebagai pesawat tempur multifungsi.

Cara Kerja Teknologi Canggih Pesawat Siluman

pesawat tempur siluman
wikipedia.org

Seiring berkembangnya zaman membuat teknologi dirgantara semakin modern, saat ini terdapat 3 kubu terkuat di dunia yang mempunyai teknologi pesawat sangat maju. Pertama adalah Amerika Serikat (AS), kedua Eropa, dan ketiga yaitu Rusia.

Saat ini ke 3 kubu tersebut sedang berlomba menciptakan pesawat terbaik dari yang lain. Namun sampai saat ini yang paling canggih masih diraih oleh Rusia yang biasa disebut dengan pesawat Stealth atau dalam bahasa Indonesia Siluman.

Berikut adalah cara kerja pesawat siluman yang dilengkapi dengan gambar.

pesawat tempur
via itats.ac.id

Gambar pesawat F-117. Seperti pada gambar dapat menghindari radar karena bentuk pesawat minus lekukan sehingga radar yang datang dari arah musuh akan dipantulkan dan yang muncul pada monitor RCS musuh hanyalah titik-titik kecil. Oleh karena itu musuh akan menganggap itu hanyalah sebuah gerombolan burung dan bukan sebuah pesawat yang sedang menyelinap.

pesawat tempur
via itats . co . id

Yang ke dua adalah pesawat F-15 Eagle. Berbeda jauh dengan pesawat sebelumnya di mana desain dari pesawat ini terdapat lekukan-lekukan tajam di bagian body-nya, sehingga radar mampu menangkap dengan baik dan muncul dalam monitor RCS sebagai titik-titik pesawat tempur yang sedang menyusup.

Itulah sedikit penjelasan mengapa sebuah pesawat mampu meloloskan diri dari monitor pengawas musuh, walau sudah sedemikian rupa pesawat F-117 masih mempunyai kelemahan. Terlihat ketika konflik Yugoslavia di mana pesawat ini tertembak jatuh karena tertangkapnya radar oleh misil SA-3 SAM buatan Russia.

Posisi dari pesawat ini bisa tertangkap radar karena pintu bom dalam keadaan terbuka, sehingga diprediksi setiap sudut tajam itulah yang terdeteksi oleh radar dan dilakukanlah serangan menggunakan misil dari darat ke udara.

Jenis-jenis Pesawat Tempur

Setelah mempelajari apa itu pesawat tempur selanjutnya kita akan bahas jenis-jenis pesawat tempur. Perlu kalian ketahui ternyata jenis pesawat tempur ini banyak sekali, untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

F-14 Tomcat

gambar pesawat tempur
jakartagreater.com

F-14 Tomcat merupakan pesawat tempur suersonik bersayap tinggi, bermesin, dan berkursi ganda. Pesawat F-14 adalah pesawat tempur superioritas udara utama milik Angkatan Laut AS sejak tahun 1972 hingga 2005. Tak hanya itu, pesawat ini juga mempunyai kemampuan serangan darat setelah dilengkapi sistem LANTIRN.

Pesawat ini merupakan pesawat tempur generasi ke-4 pertama AS, rancangannya didasari dengan jam tempur yang sudah berpengalaman dengan pesawat-pesawat MiG bikinan Soviet pada Perang Vietnam.

F-15 Eagle

gambar pesawat tempur F 15 Eagle
prokimal-online.blogspot.com

F-15 Eagle merupakan pesawat tempur taktis supersonik untuk berbagai macam cuaca yang dirancang untuk menciptakan dan mempertahankan superioritas udara dalam pertempuran di langit. Pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Udara AS, pertama terbang pada bulan Juli 1972.

Varian lain dari pesawat F-15 Eagle adalah  F-15 Strike Eagle, pesawat ini  merupakan pesawat tempur serang yang mulai digunakan tahun 1989, Angkatan Udara AS mempunyai rencana agar tetap memakai F-15 sampai pada tahun 2005 mendatang.

F-16 Fighting Falcon

gambar pesawat tempur F-16 Fighting Falcon
worldtribune.com

Pesawat F-16 Fighting Falcon ini, merupakan jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh general dynamics yang kemudian diakuisisi oleh lockheed Martin, untuk Angkatan Udara (AS).

Awalnya pesawat ini hanya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas uadara, akan tetapi berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang begitu populer. Kemampuan pesawat ini yaitu bisa digunakan untuk menjalankan berbagai misi, hal inilah yang menjadikan penjualannya sangat laris di pasar ekspor.

Tak hanya itu, pesawat ini juga sudah dipakai oleh 24 begara selain Amerika Serikat (AS). F-16 ini adalah salah satu proyek pesawat tempur Barat paling signifikan dan besar, ada sekitar 4.000 unit yang sudah diproduksi sejak tahun 1976.

Saat ini F-16 sudah tidak diproduksi untuk AU Amerika Serikat, namun tetap diproduksi untuk tujuan ekspor. Kemudian pada tahun 1993 General Dynamics menjual bisnisnya kepada Lockheed Corporation, setelah melakukan marger dengan Martiin Marietta tahun 1995 lalu menjadi bagian dari Lockheed Martiin.

F-22 Rapor

gambar pesawat tempur F-22 Rapor
eu.org

F-22 Rapor merupakan salah satu pesawat siluman bikinan AS. Awalnya pesawat ini direncanakan sebagai pesawat tempur superioritas uadara yang bertujuan untuk menghadapi pesawat tempur milik Uni Soviet. Pesawat ini juga dilengkapi dengan alat penyerang darat, perang elektronik, dan intelijen sinyal.

Dalam pengembangannya pesawat ini melewati proses yang amat panjang, versi prototipnya bernama YF-22, 3 tahun sebelum resmi digunakan pesawat ini dinamakan F/A-22, dan ketika resmi berakhir di nama F-22A, setelah resmi mulai digunakan pada bulan Desember 2005.

Lockheed Martin Aeronautics merupakan kontraktor utama yang bertanggungjawab dalam memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22.

Lalu mitranya Boeing Integrated Defense Systems memproduksi peralatan avionik, sayap, dan pelatihan pilot serta serta perawatannya.

Sukhoi Su-27

pesawat tempur Sukhoi Su-27
redit.com

Sukhoi Su-27 merupakan sebuah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini dibuat untuk menyaingi F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Falcon, dan F/A-18 Hornet milik Amerika Serikat.

Kelebihan Su-27 ini memiliki jarak jangkau yang jauh, dilengkapi persenjataan berat, serta mempunyai kelincahan yang begitu mengagumkan. Selain Su-27, pesawat ini juga kerap disebut sebagai pesawat dari hasil persaingan antara Sukhoi dan Mikoyan-Gurevich, dikarenakan Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip.

Pemahaman seperti itu amatlah keliru, karena Su-27 didesain sebagai pesawat interseptor dan tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG -29 dirancang untuk tujuan mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak jauh.

Northrop F-5

pesawat tempur Northrop F-5
wikimedia.org

F-5A/B Freedom Fighter dan F-5E/F Tiger II termasuk dari bagian pesawat tempur supersonik ringan yang diproduksi oleh Northrop di AS di mulai pada tahun 1960-an. Pesawat ini tetap dipakai oleh berbagai Angkatan Udara dunia hingga abad ke-21, kemudian pesawat ini  juga menjadi dasar sebagai pengembangan untuk beberapa pesawat jenis lain, dan pada akhirnya kedua pesawat ini (F-5A dan F-5E) berakhir produksi di tahun 1972 dan 1987.

Pesawat ini dikembangkan berdasarkan pesawat tempur ringan Northtrop yang didanai oleh swasta tahun 1050-an. Generasi pertama F-5 Freedom mulai dipakai sejak tahun 1960-an hingga 1972, diproduksi 800 lebih pesawat yang ditujukan untuk negara sekutu AS dalam Perang Dingin, sedangkan Angkatan Udara AS membeli kurang lebih ada sekitar 1100 pesawat.

Dassault Rafae

pesawat tempur Dassault Rafae
AviationsMilitaires.net

Pesawat ini disebut juga dengan julukan squall yang merupakan pesawat serbaguna generasi ke-4,5, yang memiliki mesin ganda, bersayap delta buatan Dassault Aviation berasal dari Perancis. Rafae dirancang sebagai pesawat yang berpangkalan di darat maupun di kapal induk.

Program pesawat ini didasari oleh 3 versi pesawat tempur bermesin kembar multi peran, versi yang memiliki satu tempat duduk Rafale C, versi dua tempat duduk Rafale B, dab versi terakhir AL kapal induk yaitu Rafale M.

Dari ke tiga jumlah versi tersebut, semuannya dilengkapi dengan masin, sistem tempur, navigasi, managemen pesawat, dan juga sistem kontrol penerbangan yang sama. Ketiganya mampu melakukan semua jenis misi dari penyerangan darat hingga superioritas udara.

Pada akhir tahun 1970-an, Angakatan Udara dan Angkatan Laut Perancis berusaha menggantikan dan mengkonsolidasikan armada pesawat mereka. Untuk mengurangi biaya pembangunan dan meningkatkan penjualan secara prospektif. Kemudian Perancis mengadakan perjanjian dengan Jerman, Inggris, Spanyol, dan Italia.

Diadakannya perjanjian tersebut yaitu untuk menghasilkan pesawat tempur multinasional tangkas, Eurofighter Typhoon. Dalam perjalanan terjadilah ketidaksepakatan, sehingga menyebabkan Perancis membuat program pengembangan sendiri.

Dessault membangun sebuah demonstran teknologi yang terbang pertama kali pada bulan Juli 1986 yang merupakan bagian dari program uji terbang 8 tahun, hal ini membuka jalan bagi kemajuan proyek tersebut.

Eurofighter Typhoon

pesawat tempur Eurofighter Typhoon
jonvilma.com

Pesawat ini merupakan pesawat tempur yang mempunyai multi peran sayap delta dan sayap kanard bermesin ganda super lincah. Pesawat ini dibuat oleh sebuah konsorsium nergara-negara di Eropa yang dibikin pada yahun 1983. Secara rancangan mirip dengan pesawat modern Eropa lainnya.

Karena terdapat kombinasi kelincahan, fasilitas stealth, dan sistem modern ia dinilai sebagai pesawat tempur hebat.

Penjelasan

  • Tipe : Pesawat tempur multi peran.
  • Terbang perdana : 27 Maret 1994.
  • Diperkenalkan : 2003.
  • Status : Aktif.
  • Pengguna utama : Britania Raya.
  • Pengguna lian : Jerman, Italia, Spanyol.
  • Jumlah produksi : 114 (Ferbruari 2007).

Video Pesawat Grumman F-14 Tomcat – Last Official Flight

Vedo Pesawat F-15 Eagle

Video Pesawat F-22 Raptor Flight

Demikianlah beberapa penjelasan dan jenis-jenis dari pesawat tempur tercanggih, semoga bisa memberikan inspirasi ilmu untuk kamu, terima kasih 🙂

Please rate this

5 Shares

Leave a Comment