VPN Tarumanagara Untuk Keamanan Ekstra pada Layanan KlikBCA Bisnis 5/5 (3)

7 min read

VPN Tarumanagara Untuk Keamanan Ekstra pada Layanan KlikBCA Bisnis

Perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat saat ini memberi dampak yang begitu besar dalam berbagai sektor, termasuk dalam industri perbankan. Semua aspek bergerak mengikuti perkembangan zaman, serba online, digitalisasi, serta terhubung dengan internet.

Salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi pada industri perbankan adalah munculnya fitur mobile banking ataupun internet banking dari berbagai bank. Di Indonesia sendiri sudah banyak bank yang menawarkan fitur e-banking pada nasabahnya.

Salah satu yang terbaik yakni BCA. Bagi Anda yang merupakan nasabah bank BCA pasti sudah tidak asing dengan layanan m-banking. Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh setiap nasabah dengan mengunduh aplikasi mBCA terlebih dahulu di PlayStore ataupun Google Play kemudian melakukan registrasi ke teller.

Sementara untuk fitur internet banking dari salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ini ada KlikBCA. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi apapun maupun mengakses rekening kapanpun, dan dimanapun hanya dengan menggunakan ponsel atau perangkat lain yang terhubung dengan jaringan internet.

Sementara bagi nasabah yang memiliki rekening bisnis, seperti perusahaan atau instansi lain diperuntukkan menggunakan internet banking KlikBCA dengan VPN (Virtual Private Network) Tarumanagara. VPN Tarumanagara sendiri merupakan fasilitas yang diberikan bank BCA untuk menjamin keamanan transaksi ataupun rekening bisnis Anda.

Penasaran dengan fitur ini dan bagaimana keunggulannya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi atau jaringan private internet. Jadi VPN sendiri semacam teknologi komunikasi yang memungkinkan penggunanya untuk terkoneksi dengan jaringan public.

Meski demikian, namun penggunaan VPN masih tetap aman, sebba bisa menerima maupun mengirim data secara terenskripsi. Dengan begitu nasabah tak perlu khawatir jika kerahasiaan datanya akan bocor atau masuk ke ranah public.

Keunggulan KlikBCA Bisnis dengan VPN Tarumanagara

Dengan jaminan keamanan dari bank BCA, sebagai nasabah bisnis tentu Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan kerahasiaan data dari rekening Anda. Selain itu, penggunaan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis juga memberikan banyak kelebihan lain.

Salah satunya adanya banyaknya fitur KlikBCA Bisnis. Jadi jika dibandingkan dengan KlikBCA pada rekening pribadi, fitur yang ditawarkan disini lebih lengkap dan beragam sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Transaksi Bisnis Lebih Praktis dan Cepat

Menggunakan layanan KlikBCA Bisnis, Anda bisa memperoleh informasi rekening, transfer dana, pembayaran tagihan, multi transfer, mengatur saldo rekening dan lain sebagainya.

Mata uang yang digunakan pada jenis rekening Bisnis tentunya tak hanya satu saja, sehingga memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan mata uang lain seperti US dollar.

Tampilan dari KlikBCA Bisnis juga sangat user friendly, sehingga sama sekali tak akan menyusahkan nasabah. Aksesnya pun bisa dilakukan melalui smartphone ataupun computer/laptop.

2. Membayar Gaji Karyawan

Satu fitur unggulan yang dimiliki KlikBCA Bisnis, yakni sudah dilengkapi dengan fitur untuk membayar gaji karyawan. Untuk perusahaan yang menggunakan rekening BCA Bisnis, kini tak perlu lagi melakukan pembayaran gaji karyawan secara manual, namun bisa melalui fitur payroll ke sesama rekening BCA.

Dengan begitu, perusahaan tak perlu lagi memasukkan data setiap bulannya. Dengan kata lain, rekening dari setiap karyawan sudah masuk dalam daftar gaji sehingga proses bisa dilakukan lebih cepat.

Baca juga :   Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan Cara Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar

Supaya proses transfer gaji bisa lancar jaya, pastikan dana perusahaan sudah siap minimal h-1 sebelum pembayaran. Pastikan semua pembayaran gaji dilakukan dengan teliti dan memasukkan semua data yang masuk sudah benar dan kredit yang dimasukkan pun sudah sesuai.

3. Terjamin Keamanannya

Bisa dikatakan inilah keunggulan yang paling penting untuk rekening bisnis, yakni keamanan yang terjamin. Keamanan yang ditawarkan untuk KlikBCA Bisnis memang lebih maksimal. Seperti akses www.klikbca.com yang hanya bisa diakses jika Anda sudah mendaftar menggunakan VPN terlebih dahulu.

Jadi bagi rekening bisnis yang belum mendaftar VPN Tarumanagara maka tak akan bisa mengakses internet banking dan menggunakannya untuk transaksi.

Dari ulasan di atas, jelas terlihat bagaimana pentingnya penggunaan VPN tersebut pada rekening bisnis.

Keunggulan VPN Tarumanagara

Saran bahkan keharusan pemilik rekening bisnis BCA untuk menggunakan VPN Tarumanagara tentu bukan tanpa sebab., melainkan karena VPN ini memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan VPN lain.

Penasaran apa saja kelebihannya? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Tak Harus Mengunduh

Umumnya untuk menggunakan VPN, nasabah harus mengunduh serta menginstal software VPN tersebut pada komputer atau smartphone yang digunakan. Tapi lain halnya dengan Tarumanagara yangtak harus diunduh dan diinstal pada perangkat Anda.

Anda hanya perlu input di alamat https://vpn.tarumanagara.com/ dan mengikuti langkah sesuai panduan di halaman. Caranya tentu sangat mudah dan tampilan situsnya pun sangat user friendly.

2. Terbuka Untuk SIstem Operasi Apapun

VPN ini sifatnya terbuka dan bisa diakses pada sistem operasi apapun, mulai dari Linux, Windows atau bahkan untuk smartphone Android dan iOS. Dengan sistem yang begitu terbuka, BCA tak memberikan diskriminatif bagi nasabah yang menggunakan sistem operasi apapun.

Cara akses pada setiap sistem operasi tentunya sama, bahkan untuk akses pada PC dan juga ponsel pintar.

3. Koneksi Internet Berfungsi Untuk Kebutuhan Lain

Dengan menggunakan VPN Tarumanagara Anda dijamin tak akan mati gaya. Sebab walaupun Anda sudah mengakses VPN ini, namun jaringan internet tetap bisa digunakan untuk kebutuhan lain, semisal browsing, bermain sosial media atau kegiatan lain yang membutuhkan jaringan internet.

Beberapa jabaran kelebihan VPN Tarumanagara di atas menunjukkan jika para pemilik rekening bisnis memang harus menggunakan VPN ini. Jika pun tak menggunakannya, bisa menyebabkan beberapa kemungkinan buruk.

Kemungkinan Buruk Jika Tak Menggunakan VPN Tarumanagara

Ada begitu banyak kemungkinan buruk jika Anda tetap nekat tidak mau menggunakan VPN ini pada rekening bisnis Anda. walaupun BCA sudah menjamin keamanan KlikBCA namun akan lebih tenang jika Anda mengaktifkan VPN Tarumanagara mengingat jumlah saldo maupun transaksi dari rekening bisnis biasanya jauh lebih besar.

Nah berikut adalah beberapa kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi jika pemilik rekening bisnis tak menggunakan Tarumanagara.

1. Keamanan Tidak Dobel

Jika Anda hendak login kea kun KlikBCA pada rekening pribadi, biasanya hanya membutuhkan satu langkah saja. Namun ketika Anda menggunakan rekening bisnis dan sudah menggunakan VPN Tarumanagara Anda akan melalui dua langkah.

Dimana hal ini berfungsi sebagai proteksi tambahan terhadap akun rekening bisnis Anda. Dengan begitu kerahasiaan data rekening lebih terjamin. Setiap transaksi yang dilakukan melalui KlikBCA bisnis juga jauh lebih aman.

2. Mendapat Peringatan dari Bank

VPN ini merupakan fasilitas terbaik dari bank BCA yang diberikan khusus untuk nasabah dari rekening bisnis. Tentunya ini menjadi fasilitas special yang sebaiknya digunakan karena mampu meningkatkan keamanan dari setiap transaksi maupun data rekening.

Lalu bagaimana dengan rekening bisnis yang tak menggunakan VPN Tarumanagara? Biasanya rekening bisnis ini akan mendapat peringatan dari pihak bank untuk segera mengaktifkannya.

Tak perlu khawatir karena pengaktifan atau penggunaan VPN akan dipandu oleh pihak sampai berhasil, sehingga nasabah tidak akan merasa kerepotan.

Jangan sampai kasus-kasus yang tidak diinginkan semisal bocornya data rekening Anda atau bahkan kemungkinan buruk lain yang berkaitan dengan saldo rekening menimpa Anda. ketika sudah mengaktifkan KlikBCA Bisnis maka Anda harus segera mengaktifkan VPN Tarumanagara juga.

Baca juga :   Kata-Kata Bijak dengan Makna yang Begitu Dalam, Wajib Anda Share Ke Orang Tercinta

Dengan begitu seluruh kemungkinan buruk bisa terminimalisir sejak awal, mengingat ini adalah fasilitas yang telah diberikan oleh bank BCA.

Cara Menggunakan VPN Tarumanagara di KlikBCA Bisnis

Mengingat betapa pentingnya peran VPN ini pada KlikBCA Bisnis, tentu Anda harus segera mengaktifkan dan menggunakannya sesegera mungkin. Berikut ini adalah panduan cara menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis.

1. Memiliki Akun KlikBCA Bisnis

  • Pertama-tama pastikan jika Anda sudah memiliki akun KlikBCA Bisnis. Jika belum memiliki, segera kunjungi kantor bank BCA lalu ajukan pembuatan layanan KlikBCA pada teller.
  • Jika Anda sudah mendapatkan formulir dari pihak bank, isi formulir tersebut sesuai dengan data yang dibutuhkan, semisal fotokopi Kartu Identitas Diri atau KTP, fotokopi Nopo POkok Wajib Pajak (NPWP), serta fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan KeyBCA, User ID, Corporate ID, PIN KeyBCA serta panduan untuk menggunakan KlikBCA Bisnis.

2. Kunjungi Situs Resmi VPN Tarumanagara

  • Langkah berikutnya ialah dengan mengunjungi website dari VPN tersebut untuk melakukan pendaftaran. Disini Anda harus masuk ke website KlikBCA Bisnis terlebih dahulu kemudian login.
  • Setelah masuk ke website KlikBCA Bisnis, Anda akan diminta masuk ke VPN dengan cara klik pada alamat situs https://vpn.tarumanagara.com/CSCOE+/logon.html.

3. Daftar VPN Tarumanagara

Setelah masuk pada situs VPN, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk daftar dan mengakses VPN Tarumanagara yakni:

  • Masukkan username Anda. Biasanya username yang digunakan untuk masuk ke VPN merupakan gabungan dari Corporate ID dan juga User ID yang telah diberikan pihak bank BCA ketika Anda melakukan pengajuan KlikBCA Bisnis sebelumnya.

    Setelah memasukkan nama Corporate ID dan juga User ID tanpa menambahkan spasi, Anda juga harus mengisi password pada kolom berikutnya. Password ini bisa didapatkan dari token BCA atau KeyBCA Anda kemudian tekan APPLI 1. Selanjutnya akan muncul 8 digit angka yang bisa dimasukkan ketika melakukan login.

  • Selanjutnya, Anda akan diminta login kembali sama seperti langkah pertama tadi. Namun untuk tahap ini Anda juga akan diminta mencantumkan Corporate ID serta User ID di kolom yang terpisah. Selanjutnya password yang Anda tentukan sebelumnya bisa digunakan sama seperti ketika login pertama tadi.

Langkah-langkah di atas bisa dilakukan sangat praktis dan cepat, jadi tak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan VPN Tarumanagara bukan? Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan tentu akan sangat rugi jika Anda tak memanfaatkan fasilitas khusus dari bank BCA ini.

Tips Menggunakan VPN Tarumanagara

Sudah daftar namun masih mengalami kendala? Tak perlu khawatir, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan aktivasi dan penggunaan VPN ini terkenada. Oleh sebab itu, Anda perlu perhatikan beberapa tips berikut agar proses pendaftaran dan penggunaan VPN Tarumanagara pada akun KlikBCA Bisnis Anda lancar.

1. Jaringan Internet Stabil

Salah satu faktor yang kerap menjadi kendala pada proses pendaftaran maupun penggunaan VPN yakni jaringan internet yang tidak stabil. Ketika jaringan internet putus-putus, secara otomatis VPN akan sulit diakses.

Pasalnya, ketika koneksi internet putus saat transaksi belum selesai, maka akun KlikBCA akan secara otomatis keluar melalui sistem VPN, sehingga untuk melakukan transaksi Anda harus login dari awal lagi.

2. Tunggu 10 Menit

Setelah mengakses KlikBCA Bisnis dan melakukan transaksi Anda ingin mengaksesnya kembali, cobalah masuk dari awal lagi. Namun untuk kelancaran proses, sebaiknya login dilakukan setelah 10 menit dari waktu sebelumnya.

Jadi setelah Anda logout dari akun KlikBCA Bisnis, Anda harus menunggu 10 menit dahulu baru kemudian bisa kembali login dengan cara yang sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa kemungkinan, salah satunya adalah akun yang mendadak lag.

3. Logout Akun

Salah satu kecerobohan yang kerap kali dilakukan nasabah, yakni tidak logout akun setelah selesai mengakses KlikBCA Bisnis. Padahal hal ini sangat penting untuk menjaga kerahasiaan data rekening maupun saldo rekening. Terlebih lagi jika Anda mengakses KlikBCA Bisnis menggunakan perangkat orang lain.

Setelah selesai melakukan transaksi atau akses KlikBCA Bisnis, pastikan Anda melakukan logout sesuai prosedur, yakni klik tombol logout yang terdapat pada halaman utamanya. Tunggu sampai proses selesai dan baru tutup tab browsernya. Ingat jangan langsung tutup tab browser karena cara ini sama saja belum logout akun ya.

Bisnis Terasa Lebih Mudah Dengan Layanan KlikBCA Bisnis

Dengan beragam fasilitas yang diberikan oleh BCA untuk jenis rekening bisnis, Anda tak perlu lagi merasa kerepotan dengan transaksi perbankan. Semua bisa diakses dengan sangat mudah, praktis dan juga cepat.

Hanya dengan memanfaatkan layanan KlikBCA Bisnis yang sudah dibekali dengan VPN Tarumanagara, semua transaksi bisa Anda lakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Keamanan transaksi sudah sangat terjamin.

Layanan ini juga akan menjadikan Anda sebagai pebisnis lebih mudah transaksi dengan perusahaan dari lain negara. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika rekening BCA Bisnis menawarkan lebih dari satu mata uang. Jadi bagi perusahaan yang kerap melakukan transaksi dengan perusahaan asing, tak perlu kerepotan dengan mata uang transaksi.

Lalu adakah ketentuan lain yang ditetapkan BCA bagi para pemilik rekening BCA Bisnis? Nah khusu untuk rekening BCA Bisnis ini, biasanya akan diberlakukan saldo minimum setiap bulannya. Jumlah saldo minimum atau saldo mengendap setiap bulannya pun jauh lebih besar dibanding saldo untuk rekening pribadi.

Kemudian untuk biaya administrasi pun akan ditetapkan. Jika saldo minimum pada rekening bisnis Anda kurang dari yang sudah ditentukan, maka akan dikenai biaya administrasi tambahan dengan nominal bisa dua kali lipat dari biaya administrasi bulanan.

Selain itu, rekening bisnis juga masih tetap harus membayarkan biaya administrasi bulanan dengan nominal yang relatif kecil. Biaya administrasi ini akan dipotong meskipun saldo rekening lebih dari saldo minimal yang ditentukan.

Walau begitu, tapi nasabah tetap masih akan mendapatkan kelebihan lain yakni suku bunga pertahun yang relatif besar. Terlebih lagi dengan saldo yang nominalnya banyak tentu bunga yang didapatkan pun akan jauh lebih besar.

Jadi, kapan Anda akan membuat rekening BCA Bisnis dan menggunakan layanan e-bankingnya? Daftar sekarang juga di kantor bank BCA terdekat dan rasakan semua kelebihannya. Dijamin pengelolaan dana bisnis Anda akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *