Yuk! Kenali Gambar Buah, Nama, dan Kegunaannya. [ Lengkap dengan Penjelasannya ]

GAMBAR BUAH – Hallo kawan-kawan, sudah kamu mengenal nama-nama buah? Pengting banget lho buat kamu mengenal nama-nama buah. Kalau belum, ini hih. Kita bagikan nama-nama buah beserta gambarnya supaya kamu bisa mengenal nama-nama buah yang ada disekitarmu.

Dengan gambar-gambar buah ini, kamu bisa mengenal jenis-jenis buah yang ada di sekitarmu untuk dimanfaatkan buat aktivitas sehari-hari. Yup, tanpa berlama-lama, langsung saja kenali nama dan gambar buah yang ada di bawah ini.¬†Chek this out! ūüôā

Ganbar Buah Strawberry Merah Merona

gambar buah strawberry
gambar buah strawberry | unsplash.com

Buah strawberry atau stroberi merupakan buah-buahan herbal yang ditemukan pertama kali di daerah Chili, Amerika. Buah stoberi  yang paling sering dikembang biakkan  adalah buah stroberi kebun (Fragaria ×ananassa).

Buah stroberi memiliki banyak kandungan zat-zat yang bermanfaat seperti vitamin C, kalori, Antioksidan, dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh.

Selain kandungan zat-zat bermanfaat yang dimiliki oleh buah ini, buah stroberi juga memiliki berbagai macam khasial, diantarannya adalah :

  1. memutihkan gigi
  2. mencegah kangker
  3. mengobati jerawat
  4. menghaluskan kulit
  5. dapat mencegah terjadinya radang dan alergi
  6. meningkatkan kesehatan mata
  7. mencegah kerusakan fungsi otak
  8. menekan darah tinggi
  9. mencegah terjadinya penyakit jantung

Gambar Buah Mangga yang Masih di Pohonnya

gambar buah mangga
gambar buah mangga | pixabay.com

Pada gambar buah mangga di atas, kita bisa melihat bahwa buah mangga ada yang berbentuk lonjong, ada juga yang berbentuk bulat.

Perbedaan jenis bentuk buah mangga tersebut tergantung jenis buah mangga.

Di Indonesia, buah mangga yang populer di konsumsi oleh masyarakat adalah buah mangga madu, mangga nam dok mai, mangga podang, mangga indramayu, dan masih banyak jenis mangga yang memiliki aroma yang lezat.

Pohon mangga sendiri merupakan tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) merupakan kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang bisa tumbuh sampai lebih dari 5 meter. Pohon mangga bisa tumbuh hingga mencapai 10-40 meter.

Gambar Buah Naga yang Masih Segar

gambar buah naga
gambar buah naga | pixabay.com

Buah naga atau pitaya (Bahasa Inggris) merupakan buah jenis kaktus dari marga  Selenicereus dan Hylocereus.

Buah Naga berasal dari daerah Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah, akan tetapi sekarang buah naga ini banyak di budidayakan di negara-negara Asia seperti Vietnam, Taiwan, Malaysia, dan Indonesia.

Buah ini juga tumbuh di Negara Australia Utara, Okinawa, Israel, dan Tiongkok Selatan. Buah naga hanya mekar pada malam hari.

Gambar Buah Anggur yang Matang Sebagaian

gambar buah anggur
gambar buah anggur | pixabay.com

Tanaman buah anggur tumbuh dengan merambat pada batang kayu atau dahan pohon, tumbuh dengan menggantung. Buah anggur termasuk dalam keluarga Vitaceae.

Di Indonesia, buah anggur sering digunakan untuk makanan dan minuman lezat seperti jelly, jus anggur, minyak biji anggur, minyak biji anggur, dan kismis. Selain diolah menjadi makanan yang enak, buah anggur juga enak dikonsumsi secara langsung.

Buah anggur mengandung banyak senyawa reveratol dan pilifenol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan penyakit lainnya.

Baca juga :   7 Jenis Suara Manusia Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Gambar Buah Apel yang Terlihat Begitu Lezat

gambar buah apel
gambar buah apel | pixabay.com

Apel merupakan salah satu jenis buah yang dihasilkan dari pohon buah apel.

Pada gambar buah apel di atas, kita bisa melihat bahwa buah apel memiliki warna merah jika sudah matang.

Akan tetapi, buah apel juga bisa berwarna kuning dan hijau meskipun sudah matang. Perbedaan warna kulit pada buah apel tergantung dari jenis dan tempat berkembangnya.

Buah apel memiliki kulit yang lembek dan tipis, apabila berbenturan dengan benda keras sedikit saja, maka daging buah apel akan terkelupas.

Daging buah apel sangatlah tebal, hampir 90 dari buah apel adalah daging, sedangkan biji buah apel sangatlah kecil yang terletak di tengah-tengah buah.

Gambar Buah Semangka yang Masih Tergeletak di Kebun

gambar buah semangka
gambar buah semangka | pixabay.com

Buah semangka atau bisa juga disebut dengan (Citrullus lanatus) merupakan tanaman dari keluarga ketimun-ketimunan.

Buah semangka tumbuh dengan cara merambat pada permukaan tanah. Buah semangka berasal dari daerah setengah gurun di Negara Afrika bagian selatan.

Buah semangka masih termasuk kerabat dengan ketimun (Cucumis sativus), melon (Cucumis melo), dan labu-labuan (Cucurbitaceae).

Buah semangka sering dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut atau es buah pada acara pernikahan, pesta, syukuran, dan acara-acara lainnya.

Selain buahnya, biji semangka juga sering dimakan sebagai kuaci.

Gambar Buah Durian yang Barusaja Dipanen

gambar buah durian
gambar buah durian | pixabay.com

Buah durian adalah tubuhan yang hidup pada daerah topis, berasal dari daerah Asia Tenggara.

Nama buah “durian” sendiri diambil dari karakteristik buahnya yang seperti duri.

Kulit buahnya keras, melekuk-lekuk tajam yang menyerupai bentuk duri.

Buah durian juga sering disebut dengan sebutan “raja dari segala buah” (King of Fruit).

Buah ini merupakan buah yang kontroversial, selain banyak yang suka karena cita rasa buahnya, banyak juga orang yang tidak suka dengan aroma buah ini.

Terlihat dalam Gambar, Buah Pepaya Masak yang Dimakan Burung

gambar buah pepaya
gambar buah pepaya | pixabay.com

Buah Pepaya (Carica Papaya L.) , atau betik adalah tanaman yang berasal dari wilayah utara Amerika Serikat dan wilayah selatan dari Meksiko.

Sekarang, buah pepaya sudah menyebar luas ke berbagai wilayah dan sekarang banyak dibudidayakan di daerah tropis untuk dipanen hasil buahnya.

Buah pepaya bisa dikonsumsi baik saat masih muda maupun sudah matang. Buah pepaya yang masih mudah bisa dikonsumsi dengan cara dimasak menjadi sayuran, sedangkan buah pepaya yang sudah masak bisa konsumsi dengan dimakan secara langsung dimakan atau diolah menjadi es buah atau bisa juga dibuat menjadi olahan masakan lainnya.

Daun dari pohon pepaya bisa dimanfaatkan untuk pelunak daging dan sayuran. Daun pepaya juga enak dimakan sebagai lalapan setelah direbus atau dilayukan dengan air panas.

Masyarakat Manado, biasa mengolah bunga pepaya menjadi urap atau sayuran yang bisa dimakan.

Getah dari pohon pepaya yang terkandung dalam batang, buah, dan daun mengandung enzim papain (sejenis protease) yang bisa digunakan untuk melunakan daging dan merubah konformasi protein lainnya.

Buah Nanas, Terlihat dalam Gambar Bahwa Buah Nanas Bisa Tumbuh Berdampingan dengan Tanaman Lain

gambar buah nanas
gambar buah nanas | pixabay.com

Buah nanas merupakan tumbuhan topis yang berasal dari daerah Bolivia, Brasil, dan Paraguay. Buah nanas termasuk dalam keluarga nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).

Buah nanas tumbuh rendah dengan lama waktu tumbuh menahun (herba) dengan daun sekitar 30 lembar atau lebih untuk setiap pohonnya.

Pada setiap sisi buah dan daun dari buah nanas, terdapat duri-duri yang tipis dan tajam pada seluruh permukannya.

Provinsi Lampung adalah daerah penghasil buah nanas terbesar di Indonesia. Pada provinsi ini juga terdapat pabrik-pabrik yang banyak mengolah nanas menjadi aneka olahan makanan dari bahan baku nanas.

Gambar Buah Manggis yang Terlihat Bigitu Menggiurkan

gambar buah manggis
gambar buah manggis | pixabay.com

Buah manggis merupakan buah yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi di dunia.

Baca juga :   35+ Gambar Kayu Jati yang Unik, Terbesar, Termahal di Dunia

Buah manggis berkerabat dengan asam kandis, asam gelugur, dan kokam yang merupakan bumbu rempah-rempah dapur dari tradisi Sumatera dan boga India.

Dalam dunia perdagangan, buah manggis terkenal dengan istilah “ratu buah” yang bisa disandingkan dengan buah durian “raja buah”.

Pohon dari buah manggis sendiri banyak tumbuh di daerah tropis terutama di negara kita Indonesia. Pohon mangis bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 sampai 25 meter.

Gambar Buah Melon Beserta Polongan Melon yang Sudah Dibersihkan

gambar buah melon
gambar buah melon | pixabay.com

Buah melon merupakan buah yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae (labu-labuan). Biasa dikonsumsi sebagai buah meja atau diolah menjadi es buah.

Bagian buah melon yang bisa dimakan langsung adalah bagian daging(mesokrap). Berwarna putih, dan ada juga merwarna merah, tersktur lunak dan segar.

Buah Tin, Makanan Sunnah yang Terdapat dalam Al Quran dan Hadis

gambar buah tin
gambar buah tin | pixabay.com

Buah tin tubuh di daerah Asia Barat, mulai dari Afganistan hingga pantai Balkan. Sekarang buah tin banyak dibudidayakan di daerah Argentina, Australia, Cile, dan Amerika Srikat.

Pohon buah tin bisa tumbuh hingga mencapai 10 meter dengan batang berwarna abu-abu dan bertekstur lunak. Daunnya lebar dan berukuran dalam, 3 sampai 5 cuping.

Buah tin bisa dimakan secara langsung, dibuat selai, atau dikeringkan. Buah yang sudah dipanen harus segera dimanfaatkan karena buah tin mudah rusak jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Buah Alpukat, Terlihat di gambar berwarna hijau, tapi kalau dibuka daging alpukat berwarna kuning

gambar buah
gambar buah aplukat | pixabay.com

Buah alpukan merupakan buah yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Meksiko dan sekarang banyak dibudidayakan di daerah Amerika Tengah dan Selatan sebagai tanaman pekarangan untuk daerah tropika dan tanaman perkebunan monokultur.

Buah alpukan memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat dari pohon buah alpukan adalah sebagai berikut :

  1. Bijinya digunakan untuk industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur.
  2. Batang pohonnya bisa digunakan untuk bahan bakar.
  3. Kulit pohonnya digunakan untuk pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit.
  4. Daging buahnya bisa diolah menjadi makanan yang lezat serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan.
  5. Daging buah apokat bisa  mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering.
  6. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, sakit kepala,  darah tinggi, nyeri saraf,  saluran napas membengkak, nyeri lambung, dan menstruasi yang tidak teratur.
  7. Biji buah tin bisa digunakan untuk mengobati  kencing manis dan sakit gigi.

Gambar Buah Salak yang Hendak Dipanen

gambar buah salak
gambar buah salak | manfaat33.blogspot.com

Buah salak merupakan jenis buah palma dengan dengan buah yang bisa konsumsi. Kulit buah salak bersisik seperti sisik ular sehingga buah ini disebut juga dengan snack fruit (buah ualar).

Buah salak banyak digunakan sebagai buah meja atau makanan pencuci mulut. Selain bisa dimakan secara langsung, buah salak biasa diolah menjadi makanan yang lezat, seperti asinan, manisan, keripik slak, dan olahan makanan lezat lainnya.

Helai-helaian dari anak buah salak bisa digunakan untuk membuat bahan anyaman dengan membersihkan duri-duri yang menempel terlebih dahulu.

Pohon salak yang berduri dan tumbuh berdempetan hampir tidak bisa ditembus, membuat pohon salak sering digunakan untuk pagar rumah atau halaman.

Gambar Buah Jambu Air yang Matang di Pohon

gambar buah jambu air
gambar buah jambu air | wendiland.com

Buah jambu adalah tanaman yang termasuk dalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan yang berasal dari daerah Asia Tenggara.

Buah jambu ada dua jenis, yaitu jambu air dan jambu basah. Jambu air berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarngense), kerabat dekat pohon tersebut yang memiliki karakteristik pohon yang hampir serupa.

Antara jambu air dan jambu semarang susah di bedakan sehingga kedua jenis ini sering disebut dengan jambu air dan jambu basah.

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, buah jambu air sering digunakan sebagai buah meja. Jambu air, jambu bol, dan jambu semarang adalah buah yang memiliki pemanfaatan yang sama dan bisa saling menggantikan.

Selain enak dimakan secara langsung, buah jambu sering diolah menjadi rujak ataupun asinan.

Baca juga :   Jenis-jenis Pesawat Tempur Tercanggih Dunia Lengkap dengan Video

Gambar Buah Bit yang Baru saja Dipanen

gambar buah bit
gambar buah bit | unsplash.com

Buah bit atau yang menyerupai dengan ubi merah, merupakan tanaman yang termasuk dalam kelas subpecies group vulgaris  Conditivia dan Beta vulgaris.

Pada gambar buah bit di atas, kamu bisa melihat kalau buah bit berwarna merah. Dengan warna merah yang dimilikinya, buah bit sering digunakan sebagai pewarna makanan dan juga pengobatan.

Buah bit atau ubi merah ini selain rasanya yang lezat juga memiliki berbagai macam manfaat, diantarannya adalah :

  1. sebagai obat hari, pembersih alami untuk ginjal dan kandungan empedu
  2. memperkuat fungsi darah
  3. menghancurkan sel tumor dan sel kanker
  4. memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh
  5. mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah
  6. memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh
  7. menurunkan kadar kelesterol
  8. mengatasi masalah ketombe
  9. mengatasi masalah pencernaan
  10. pewarna makanan alami
  11. menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
  12. gradsi warna burgundy pada pewarna rambut

Buah Delima, Bermanfaat untuk menyembuhan beberapa penyakit kulit

 gambar buah delima
gambar buah delima | healthline.com

Tanaman buah delima adalah tanaman yang berasal dari daerah Iran, akan tetapi lebih lama dikembangkan di daerah Mediterania.

Pohon buah delima bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 sampai 8 meter.

Buah delima berasal dari kawasan Timur Tengah yang tersebar di daerah sub tropik sampai tropik. Pohon buah delima bisa tumbuh pada daratan rendah sampai daratan dibawah 1.000 meter dpl.

Buah delima memiliki banyak manfaat. Berbagai manfaat dari buah delima bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi sari buahnya atau bijinya. Bisa berbentuk sirup, pasta, atau konsentrat delima.

Secara tradisional, buah delima banyak dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan pada kulit dan untuk membersihkan kulit.

Buah delima yang diolah dengan cara jus, juga bisa mengurangi radang tenggorokan apabila dikonsumsi oleh penderitanya.

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas, buah delima juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit, diantarannya adalah : mengobati ganguan jantung, mengobati gangguan perut, perawatan gigi, kanker, kurang darah, rematik, dan diabetes.

Terlihat dalam gambar buah belimbing yang siap untuk dipanen

gambar buah belimbing
gambar buah belimbing | tamanbawangmerah.blogspot.com

Pada gambar buah belimbing di atas, kita bisa melihat buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Ketika belum masak, buah belimbing berwarna hijau, dan ketika sudah matang buahnya berwarna kuning atau orange.

Jika dipotong, buah belimbing akan memiliki penampang yang meyerupai bentuk bintang. Di dalamnya terdapat biji dari buah belimbing yang berukuran sangat kecil.

Buah belimbing terasa renyah saat dimakan, sedikit asam, dan rasanya manis.

Buah belimbing mengandung banyak vitamin C.

Salah satu jenis buah belimbing yang sering digunakan untuk memasak adalah buah belimbing wuluh. Kadar asam yang sangat tinggi pada belimbing ini sangat cocok digunakan sebagai bumbu masakan.

Di Indonesia, daerah penghasil belimbing terbesar adalah di daerah Demak, Jawa Tengah. Buah belimbing dari kabupaten ini terkenal berukuran besar, rasanya manis, dan berwarna kuning cerah.

Buah Kelapa yang segar ketika dinikmati disaat cuaca terik

gambar buah kelapa
gambar buah kelapa| youtube.com

Buah kelapa merupakan anggota tunggal dari marga Cocos dari suku Arecaceae atau suku aren-arenan.

Setiap bagian dari pohon buah kelapa bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, terutama untuk masyarakat yang hidup di wilayah pesisir.

Beberapa manfaat dari buah kelapa adalah sebagai berikut :

  1. air kelapa hijau dapat menetralisir racun dalam tubuh
  2. kelapa hijau bisa membantu menurunkan berat badan
  3. sebaga anti penyakit untuk ibu hamil dan janin
  4. menghilangkan dehidrasi
  5. menambah kandungan gizi di dalam tubuh
  6. menambah energi di dalam tubuh
  7. menjaga kesehatan menjaga kesehatan ginjal
  8. menjaga kesehatan jantung
  9. menjaga tekanan darah agar tetap stabil
  10. mengkal radikal bebas
  11. menjaga sistem pencernaan
  12. menjaga kadar kolesterol
  13. mengkal radikal bebas

Selain beberapa manfaat dari buah kelapa di atas, masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil dari pohon dan buah kelapa.

Demikianlah pembahasan mengenai gambar-gambar buah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment