Akankah Manusia Masih Dibutuhkan dengan Munculnya Robot-Robot Ini ?

Tehnologi robot merupakan tehnologi yang tengah berkembang saat ini. Hampir semua bagian dari hidup kita bisa diselesaikan oleh robot.

Dengan tehnologi robot, memudahkan kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Misalnya membersihkan debu pada karpet, mencuci baju, mencuci piring dll.

Mungkin bebrapa tahun yang lalu, pekerjaan seperti itu masih ditangani oleh manusia secara manual. Tapi sekarang, pekerjaan rumah bisa didiselesaikan oleh robot, sehingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan mudah.

Perkembangan tehnologi robot juga menjadi indikator perkembangan suatu bangasa. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh International Federatiaon of Robotics, negara yang paling maju tehnologi robotnya adalah Jepang, Repubik Korea dan Jerman.

Dari ketiga negara itu, banyak sekali tehnologi yang diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan secara ototmatis. Contohnya pada industri otomotif di Jepang. Di negara ini membutuhkan 1.436 unit robot untuk setiap 10.000 pekerja.

Sejarah robot

www.pinterest.com

Awal munculnya istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal dari kosa kata “Robota” yang berarti “Kerja Cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec.

Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rosssum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.

Kata Robotika juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah sistem atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan menggantikan dan mempermudah kerja manusia.

Untuk bisa dikatakan sebagai robot, sebuah sistem tidak perlu meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem yang dapat megadopsi salah satu dari perilaku manusia saja,  sudah bisa dianggap sebagai sebuah robot.

Baca juga :   Komputer Generasi Ketiga | Sejaran, Penjelasan, dan Kelebian Disertai Gambar

Robot dimasa depan

www.pixelstalk.net/

Masing ingat dengan filem Transformer, I-Robot, Ironman atau Doraeman?

Dalam filem tersebut, manusia digambarkan hidup berdampingan dengan robot.

Bisa saja hal seperti itu akan terjadi di dunia nyata.

Dalam filem Doraemon pada seri “Doraemon dan lairin kaleng”, digambarkan pada abad 22 versi dunia Doraemon, manusia membuat robot yang  mirip seperti manusi untuk membantu pekerjaan manusia.

Lalu ada ilmuan yang membuat robot lebih canggih dari robot yang lainnya. Robot itu memiliki kecerdasar di atas rata-rata dari robot yang lain.

Robot ini didesain sebagai robot ilmuan untuk membantu sang ilmuan melakukan pekerjaan-pekerjaan dalam menemukan penemuan-penemuan barunya.

Robot tersebut berubah menjad jahat karena terlalu sempurna, Ia diciptakan dengan fikiran dan ingin menguasai dunia. Dia ingin memperbaiki kasta robot yang hanya diperintah manusia.

Akhirnya dia menciptakan suatu alat untuk manusia sehingga manusia tidak perlu lagi susah-susah mengerjakan rutinitas hariannya.

Alat itu bisa membantu manusia pindah dari tempat satu ke tempat yang lain tanpa harus menggunakan kaki mereka.

Makan, minum, datang ke  pesta, bahakan sampai buang air, cukup dialat itu saja, manusia tidak perlu capek-capek bergerak.

Pada akhirnya, tubuh manusia menjadi lembah dan tidak mampu bergerak.

Dari situlah dimulainya peralihan kekuasaan dari kekuasaan manusia kepada kekuasan robot.

Kejadian seperti itu mungkin bisa saja akan terjadi dimasa mendatang, dimana robot akan mengambil alih semua perkerjaan manusia.

Dikutip dari BBC (13/1), menurut keterangan kepala bidang AI di Singularity University, Neil Jacobstein, mengatakan bahwa pada tahun 2020 nanti, dunia akan dikuasai oleh robot.

Artinya, seluruh pekerjaan normal yang biasa dilakukan oleh manusia akan diambil alih oleh robot.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah, salah satu perusahaan besar yang berasal dari Tiongkok , Hon Hai, yang bergerak dibidang elektro mengungkapka bahwa, pihanya akan membangun pabrik berisi robot yang diproyeksikan dapat mengambil alih 500 ribu pekerja dalam tiga tahun mendatang.

Baca juga :   Cara Cerdas Mengelola Pinterest dengan Viraltag

Jika hal ini akan terjadi, pasti banyak manusia yang tidak mendapatkan lapangan pekerjaan, sehingga mengakibatkan pengangguran masal dan tingkat kejahatan akan meningkat.

Beberapa robot terbaik dunia

Berkut ini adalah beberapa contoh robot yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata dari robot pada umumnya.

BigDog

japanese.engadget.com

Bigdog adalah robot berkaki empat yang dinamis dan stabi, diciptakan pada tahun 2005 oleh Boston Dynamics, Foster-Milerpada  Nasa Jet Propulsion Laboratory, dan the Harvard University Concord Field Station.

Robot ini dirancang untuk kebutuhan militer, bisa melewati jalan yang terjal, melewati daerah bersalju, berlumpur dan daerah yang sulit dilalui oleh robot beroda. Robot ini juga mampu berdiri sendiri ketika terjatuh.

Tetapi robot ini juga memiliki keurangan, yaitu suranya berisik yang berasal dari mesin go-kart yang terpasang pada robot tersebut sebagai mesing penggerak robot.

Asimo

www.youtube.com

Nama ASIMO adalah kepanjangan dari Advanced Step in Innovative Mobility. ASIMO merupakan robot humanoid buatan Honda. Asimo didesain untuk tujuan multifungsi, terinspirasi untuk memudahkan orang yang memiliki sedikit waktu untuk bergerak.

Asimo biasanya digunakan di kantor-kantor sebagai customer service.

Asimo bisa bergerak dengan kecepatan 9 Kilometer per jam dengan tinggi robot 130 cm dan bobot 48 kg.

Asimo diprogram supaya mampu mengenali suara, wajah, dan objek, sehingga bisa diajak berbicara dan bisa mengenali lingkungan sekitar.

Asimo memiliki tas di belakang punggungnya, tapi itu bukan tas untuk menyimpan buku tulis, melainkan tempat baterai sebagai sumber daya bagi Asimo.

Rooomba

www.irobotweb.com

Romba adalah robot penghisap debu yang melekat pada karpet maupun lantai. Romba diciptakan oleh perusahaan yang bernama iRobot.

Roomba mempunyai kemampuan bergerak menyurusi lantai, tanpa harus menabrak perabotan yang ada di rumah. Hal ini bisa terjadi karena pada badan romba terpasang sensor yang mampu mendeteksi benda di sekitarnya.

Baca juga :   Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC Tanpa Software dengan Mudah

Albo

futurecdn.net

Bagi anda yang suka binatang peliharaan, mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda. Pasalnya robot yang satu ini bisa berperilaku layaknya anjing yang menggemaskan.

Aibo merupakan singkatan dari Artificial Inteligence Robot, berasal dari bahasa Jepang yang artinya sahabat atau partner.

Albo merupakan salah satu robot terobosan terbaru dari SONY. Model pertamanya diluncurkan pada tanggal 11 Mei 1999, tapi sayang robot ini tidak dilanjutkan produksinya pada tahun 2006.

Setelah mengeluarkan beberapa versi, akhirnya pada tahun 2013, SONY merilis robot Aibo versi terbaru yang lebih canggih.

Qiro

newlaunches.com

Qiro meupakan salah satu robot cerdas yang bisa mengenali sura dan mimik wajah, sehingga robot ini bisa diajak berbicara dan berdansa.

Karena kecerdasan yang dimiliki oleh Qiro, robot ini pernah mendapatkan Guinness World Record pada tahun 2005.

Qiro (Quest for curiousity) merupakan salah satu robot buatan SONY, namun sayang robot ini tidak dijual secara komersial.

Baca juga: Komponen Komputer Fungsi dan Penjelasannya

Leave a Comment