Cara Mencari Teman di Facebook Menggunakan Extention Inteligence Search

Mencari teman di facebook – Facebook merupakan jejaring sosial yang paling populer untuk saat ini. Tidak ada anak muda yang tidak memiliki akun facebook. Bahkan sebagian dari mereka memiliki lebih dari 2 akun. Satu sebagai akun resmi, dan yang satu sebagai akun iseng-iseng buat ngepoin orang.

Belum lagi, facebook sekarang digunakan sebagai lapak jualan bagi para pelaku usaha. Ada yang jualan melalui akun official, ada juga yang menggunakan fanspage.

Memang sih, yang di perbolehkan oleh facebook untuk jualan cuma menggunakan fanspage. Tapi pada prakteknya banyak yang menggunakan akun official untuk berjualan.

Kalau melihat aktifitas sosial media di Indonesia, kebanyakan orang menggunakan facebook untuk bersosialisasi dengan kawan-kawan mereka.

Dengan banyaknya fasilitas gratis di facebook, seperti chat, private message, video call dll, memudahkan seseorang untuk bersilaturahmi dengan kawan mereka dari jarak jauh.

Kenapa orang mencari teman di Facebook ?

Facebook terkadang juga menjadi salah satu alat ternatif untuk mencari identitas seseorang.

Beberapa orang mencari identitas orang yang ingin mereka kenal melalui facebook, entah itu teman semasa kecil, teman yang baru bertemu di seminar, kampus dll.

Mereka ingin tahu lebih dalam pribadi dari teman baru mereka. Makannya mereka mencari-cari informasi lewat Google maupun Facebook.

Untuk pencarian melaui facebook, ada extention yang bisa memudahkan kita mencari teman di facebook. Namanya “Intelegence Search”, extention ini bisa membantu kita mencari teman berdasarkan kesukaan (like), hubungan pertemanan, lokasi dll. Lebih detailnya akan kita bahas satu persatu pada artikel ini.

Mencari Teman di Facebook dengan Extention Intelegence Search

unsplash.com

Intelegence search adalah salah satu extention yang ada pada Browser FireFox dan Google Chrome. Extention ini bisa digunakan untuk mencari informasi yang ada di Facebook, Linked dan Twitter. Pencarian bisa mencantumkan beberapa variabel tertentu sehingga kita akan mendapatkan informasi lebih spesifik.

Beberapa variabel dalam aplikasi ini akan kita bahas sebagian yang saya rasa penting untuk dibahas. Sedangkan untuk lebih advancenya Anda bisa mencoba-coba sendiri sesuai dengan kreatifitas anda.

Berikut penjelasan tentang Extention Inteligence Search dari situs resminya.


Sebelum kita membahas beberapa bagian menu dari aplikasi ini. Lebih baik temen-temen tahu terlebih dahulu apa perbedaan “AND” dan “OR” yang digunakan sebagai penyambung beberapa variabel dalam aplikasi ini.

Penggunaan “AND” untuk mencari teman di facebook

penggunaan AND

Ketika kita menggunakan “AND” untuk menggabungkan dua variabel, maka kita akan mendapatkan informasi (orang) yang mensyaratkan dua variabel tersebut harus terpenuhi.

Ibaratnya seperti ini.

kalau kita pernah belajar Matematika waktu SMP, kita pasti pernah menemukan  data yang irisan. Data irisan inilah yang akan kita gunakan, dimana data ini harus menenuhi persyaratan A dan B.

Sama seperti yang akan kita lakukan saat ini.

Kita akan mengambil data yang memenuhi persyaratan A dan B.

Contohnya :
Saya ingin mencari seorang penulis yang tinggal di kota Yogyakarta. Maka saya akan menentukan dua variabel, yaitu “Job” AND “Lives”.

Penggunaan variabel “Job” digunakan untuk mencari seseorang yang memiliki pekerjaan tertentu, pada contoh di atas saya menggunakan contoh pekerjaan penulis. Maka kita akan mendapatkan informasi orang yang memiliki pekerjaan sebagai penulis.

Penggunaan variabel “Lives” digunakan untuk mencari seseorang berdasarkan tempat tinggal. Kondisinya bisa present (sekarang), past (yang lalu), ever (pernah).

Kalau kita memilih present, makan kita akan mencari orang yang sekarang tinggal di kota Yogyakarta saat ini (contoh).

Jadi dalam pencarian yang saya lakukan, saya mencari orang yang pekerjaannya sebagai penulis dan tinggal di kota Yogyakarta.

Penggunaan “OR” untuk mencari teman di facebook

penggunaan OR

Penggunaan variabel “OR” sendiri saya ibaratkan seperti mencampurkan beberapa bola yang jenisnya berbeda-beda.

Misalnya seperti ini :
Saya memiliki tiga jenis bola. Bola tenes, bola golf dan bola biliard, masing-masing berjumlah 100 biji dalam setiap kotaknya.

Kemudian ketiga jenis bola itu dimasukkan dalam satu kotak dan dicampur. Maka hasilnya akan ada satu kotak bola tercampur.

Begitulah ibarat kalau kita menggunakan “OR”. Kita akan mendapat informasi yang campur dan bermacam-macam. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Pada contoh di atas saya mencari orang yang bernama “Ibnu”, semua orang yang bernama ibnu akan dicari oleh aplikasi ini.

Dilain sisi, saya menggabungkan variabel “OR” untuk mencari orang yang umurnya lebih dari 20 tahun.

Jadi semua orang yang namanya Ibnu dan orang yang berumur lebih dari 20 tahun akan di tampilkan.

Pencarian Menggunakan Extention Intiligence Searh

extention inteligence search

 

Ada 6 jenis pencarian yang bisa kita gunakan menglalui apliksi Inteligence Search, yaitu pencarian People, Pages, Groups, Events, Posts dan Photos.

Dari beberapa fasilitas itu kita bisa mendapatkan informasi secara spesifik berdasarkan variabel yang kita masukkan.

Mencari teman di facebook (People)


Bagi yang ingin menambah pertemanan, jenis pencarian ini mungkin yang paling cocok bagi Anda.

Jika Anda ingin mencari teman masa kecil Anda yang sudah lama tidak pernah berjumpa. Anda bisa berikhtiar mencarinya dengan memasukkan hal-hal yang berkaitan dengan teman Anda.

Misal namanya Eko, Dia pernah tinggal di Jakarta, umurnya sekitar 21 tahun. Maka semua orang yang bernama Eko, berusia 21 tahu, dan pernah tinggal di Jakarta akan dimunculkan.

Beberapa valiabel lain juga bisa Anda masukkan untuk mendapatkan data yang lebih spesifik untuk mencari teman Anda.

Mencari teman di facebook berdasarkan Fanspage (Pages)

Tokoh-tokoh terkenal pasti memiliki banyak penggemar. Kalau sudah suka dengan tokoh tersebut, pasti dia akan selalu ingin tahu hal-hal terupdate dari tokoh tersebut, seperti Ustad Salim A Fillah.

Banyak orang yang suka dengan beliau karena ilmu yang beliau miliki. Terbukti bahwa akun beliau sampai tidak bisa menambah pertemanan lagi, beliau sampai membuat 4 akun untuk berteman dengan Jama’ahnya.

Hal ini bisa diatasi dengan membuat akun fanspage yang bisa menampung juatan liker.

Mencari teman di facebook berdasarkan Group (Groups)

Group merupakan pilihan bagi mereka yang memiliki kesukaan atau tujuan yang sama.

Saya ambil contoh group LPDP. Orang-orang yang bergabung di group ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Entah itu di dalam negeri atau di luar negeri. Semua berkumpul dalam satu group untuk saling sharing informasi tentang cara mendapatkan beasiswa dari LPDP.

Dengan aplikasi ini, kita cukup memilih menu groups dan memasukkan nama group yang kita inginkan. Maka akan muncul semua group yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Mencari teman di facebook berdasarkan Even (Events)


Bagi Anda yang memiliki hobi tertentu, bahkan Anda rela mendatanginya meskipun diseluruh penjuru bumi ini. Anda bisa mencarinya even yang anda inginkan dengan aplikasi ini.

Cukup Anda masukkan nama event-nya dan pilih (future) untuk waktunya, maka even yang Anda ingikan akan muncul.

Contohnya jika Anda suka dengan event hacking, Anda bisa cari dengan aplikasi ini, dan hasilnya akan nampak seperti gambar di atas.

Mencari teman di facebook berdasarkan Status (Posts)


Pernah melihat seseorang update status?
Sedangkan staturnya berisi informasi yang penting bagi Anda. Anda baru menyadarinya setelah beberapa beberapa hari berlalu.

Nah… Anda bisa mencarinya menggunakan menu Posts.

Anda cuma perlu mengingat-ingat salah satu kata yang ada distatus tersebut, dan tentukan nama tokoh yang anda tuju dengan menggunakan penghubung “AND” untuk variabelnya. Maka anda akan menemukan hasil pencariannya.

Mencari teman di facebook berdasarkan Gambar (Photos)

Diantara beberapa fasilitas yang ada diaplikasi ini, saya paling suka menggunakan menu ini.

Menu pencarian photos sering saya gunakan untuk meng-kepo-in orang. Biasanya saya gunakan untuk melihat histori dari orang yang baru saya kenal.

Ada pepatah yang mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang”. Maka untuk mengenal seseorang, saya biasanya melihat pribadi orang tersebut berdasarkan sejarah foto-foto yang pernah diupload di facebook.

Variabel yang biasa saya gunakan adalah Tagged With (nama orang yang ingin kita lihat). Maka dari situ, kita bisa lihat pribadi seseorang berdasarkan foto yang dia upload.

Mungkin demikian, sedikit informasi yang bisa saya bagikan.

Dari tulisan saya ini, saya menyadari masih banyak kekurangan dan hal-hal yang belum saya bahas.

Untuk itu,saya minta maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

Jika ada pertanyaan, Adan bisa mengirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected]

Terimakasih.

Leave a Reply