Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah dengan Harga Tiket yang Murah

PANTAI INDRAYANTI – Indonesia adalah negara kepulauan petualangan tanpa batas pantai. Pantai Indrayanti yang romantis  terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi pasangan yang berniat berlibur, pantai Indrayanti bisa memberikan pengalaman liburan yang romantis – damai dengan panorama yang unik jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pantai Indrayani memiliki pasir putih yang dikelilingi oleh batuan besar yang sangat kuat, warna biru lautan yang bening menghipnotis para wisatawan untuk datang berkunjung dan menyelam di bawah laut.

Lautannya masih jernih dan indah, karena pantai ini terletak di daerah terpencil sehingga sampah atau limbah belum merusak keindahan Pantai Indrayanti.

Sejarah Pantai Indrayanti

sejarah pantai indrayanti
sejarah pantai indrayanti ©gotravelania.com

Cerita di balik nama pantai ini cukup menarik. Bagi orang Indonesia, Indrayanti adalah nama yang sering digunakan untuk wanita. Semua berawal dari sebuah restoran bernama ‘Indrayanti’, yang juga merupakan nama pemilik restoran tersebut.

Restoran memasang panan namanya di depan pantai,  kemudian banyak orang yang merekomendasikan pantai yang tak bernama tersebut dengna sebutan Pantai Indrayanti.

Orang kemudian menyebut pantai ini sebagai pantai Indrayanti, meski Pemkab Gunungkidul secara resmi menamainya dengan nama Pantai Pulang Syawal.

Lokasi Pantai Indrayanti

lokasi pantai indrayanti
lokasi pantai indrayanti ©omahdalemjengweing.com

Lokasi Pantai Indrayanti terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya, di bagian timur Pantai Sundak.

LOKASI:

  • Desa (Desa):  Sidoharjo
  • Kecamatan : Tepus
  • Kabupaten : Gunung Kidul
  • Provinsi : Yogyakarta

Pantai ini sebenarnya adalah pantai baru. Selain itu, kamu bisa melihat tebing dan bebatuan yang indah mengelilingi pantai, hal itu menambah keindahan pantai tersebut.

Terutama air jernih dari air laut dan ombak pantai yang menggoda, sehingga pengunjung sangat menikmati pemandangan paling menakjubkan di tempat wisata Jogja ini.

Pantainya tidak terlalu besar, dan hanya ada sedikit pengunjung di pantai ini. Hal ini membuat pantai ini begitu damai, dan enak untuk di kunjungi.

Cara Menuju Pantai Indrayanti

cara menuju pantai indrayanti
cara menuju pantai indrayanti ©pixabay.com

Untuk mencapai Pantai Indrayanti Gunung Kidul, perjalanan cukup mudah diakses, jalan menuju pantai ini sudah di perbaiki dan bagus.

Tapi kamu tetap disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, karena dari pusat kota Yogyakarta tidak tersedia angkutan umum yang bisa langsung membawa kamu ke pantai Indrayanti.

Jika kamu memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, maka jalan menuju Pantai Indrayanti sebagai berikut;

YOGYAKARTA- Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyoni – Bundaran Tugu BPD – Jalan Kyai Legi – Jlaan Lingkar Selatan – Jalan KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – WONOSARI – Jalan Saptosari – Tepus (sebelum memasuki Pantai Baron menuju ke timur menuju Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.

Baca juga :   Kue Ulang Tahun Anak Lucu dan Unik Beserta Cara Menghiasinya

Menggunakan Angkutan Umum :

Tidak ada angkutan umum yang langsung menuju Pantai Indrayanti. Pertama, kamu kamu bisa  menggunakan Trans Jogja ke terminal Bus Giwangan , tiketnya sekitar Rp4000.

Kemudian ganti bus, dari terminal bus Giwangan ke kota Wonosari. Kemudian, kamu beralih ke bus kecil dari terminal bus Wonosari ke Desa Tepus. Kemudian,  kamu bisa menggunakan motor  atau Taksi ke Pantai Indrayanti.

Dari Bandara Adi Sutjipto:

Dari Bandara Adi Sutjipto kamu bisa ambil Trans Jogja Route 3B – berhenti di Terminal Giwangan (Terminal Bis Giwangan).

Kemudian naik bus arah ke kota Wonosari – Berhenti di terminal bus Wonosari.
Kemudian, naik bus kecil ke desa Tepus – Berhenti di “Pertigaan Tepus”. Dari situ kamu bisa naik motor (ojek) atau Taxi untuk menuju ke pantai Indrayanti.

Dari Stasiun Kereta Tugu:

Jika kamu dari Stasiun Kereta Tugu, pertama kamu ambil Trans Jogja dengan rute Route 2A – Berhenti di tempat penampungan / halte Tungkak.

Kemudian, ambil Route 4A – Berhenti di Terminal Bus Giwangan, setelah itu naik bus dengan jurusan kota Wonosari – Berhenti di terminal bus Wonosari.

Kemudian, naik bus kecil ke desa Tepus – Berhenti di “Pertigaan Tepus” , disana tersedia ojek (motor) dan Taxi yang bisa mengantar kamu menuju Pantai Indrayanti.

Dari Terminal Bus Jombor:

Kalau kamu dari Terminal Bus Jombor, kamu bisa ambil Route 2A – Berhenti di shelter Tungkak / halte.

Kemudian, ambil Route 4A – Berhenti di Terminal Giwangan (Terminal Bis Giwangan), setelah itu, kamu bisa naik bus ke kota Wonosari – Berhenti di terminal bus Wonosari.

Kemudian, naik bus kecil ke desa Tepus – Berhenti di “Pertigaan Tepus”, di sana kamu bisa pilih menggunakan ojek (motor) atau Taxi untuk bisa sampai ke Pantai Indrayanti.

Dari Terminal Giwangan:

Kalau kamu berada di Terminal Giwangan, kamu bisa naik bus ke kota Wonosari – Berhenti di terminal bus Wonosari.

Kemudian, naik bus kecil ke desa Tepus – Berhenti di “Pertigaan Tepus”. Lalu, naik motor taksi – Berhenti di pantai Indrayanti.

*)  Perlu kamu tetahui, kalau Bus Trans Jogja beroperasi dari jam 5:30 pagi sampai 21:30.

**) Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, kamu akan banyak kehilangan waktu, karena kamu harus berganti-ganti bus. Terkadang bus angkutan umum juga menunggu penumpang yang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Lebih baik kamu menyewa mobil atau menyewa motor dengan harga yang murah. Mintalah orang setempat sebagai pemandu kamu. Kamu akan banyak mengemat waktu. Hanya butuh 1,4-2 jam untuk sampai ke Pantai Indrayanti kalau kamu menggunakan jasa sewa mobil.

Baca juga :   Menikmati Kecantikan Ciptaan Allah SWT - Part II

Jika kamu membutuhkan transportasi, kamu bisa menghubungi nomor kami +6285640152025 (call/WA). Kami bisa mengantar kamu dan menjadi Tour Guide dalam satu paket.

Peta Pantai Indrayanti


Jika kamu bingung dimana lokasi tempat Pantai Indrayanti. Kamu bisa menggunakan google maps dengan letak geografi di titik -8.150311, 110.612201. 

Kamu juga bisa search di google dengan kata kunci “Pantai Indrayanti”, arahkan pada menu pada maps. Kamu akan langsung di arahkan pada lokasi Pantai Indrayanti.

Wisata Pantai Indrayanti

wisata pantai indrayanti
wisata pantai indrayanti ©sukatravel.info

Saat malam tiba, pengunjung bisa menikmati pemandangan cakrawala yang indah mengubah warnanya dari biru cerah, menjadi orangnye-merah dan akhirnya kegelapan dengan kilauan bintang berkelap-kelip di atas awan.

Hal ini membuat pemandangan yang sangat romantis bagi pasangan yang berkunjung ke pantai ini. Di darat, pemandangan tak kalah hebat, puluhan gazebos restoran yang melapisi kilau pantai dengan pencahayaan warna-warni.

Mau tahu kenapa penduduk setempat berhasil melestarikan pantai ini? Mereka memberikan denda kepada pengunjung dengan denda yang tinggi kalau pengunjung membuang sampah sembarangan!

Pantai Indrayanti adalah hamparan pasir panjang yang dilapisi dengan samudera di salah satu ujungnya, di sana tersedia gazebos restoran, toko-toko kecil dan lain-lain di ujung ke ujung.

Kamu bisa berjalan-jalan santai dan menikmati pantai ini tanpa menggunakan alas kaki.

Sangat mudah menuju pantai Indrayanti, karena jalan yang menuju ke sana sudah dalam kondisi bagus. Jarak antara pusat Kota Yogyakarta dengan Pantai Indrayanti sekitar 65,8 km. Perjalanan kira-kira  akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Untuk menuju ke sana, kamu harus berwisata ke kota Yogyakarta terlebih dahulu.Kemudian, sebaiknya menggunakan mobil sendiri atau menyewa kendaraan untuk berkendara ke pantai karena tidak ada angkutan umum yang mengarah langsung ke pantai.

Mengapa Backpacer Harus Berkunjung Ke Pantai Ini?

pantai indrayanti
pantai indrayanti ©pixabay.com

Bagi kamu yang suka traveling, pasti kamu sudah banyak mejelajah ke tempat-temat menarik di dunia ini. Tapi kamu jangan sampai menyesal seumur hidup karena melewatkan temat ini.

Pantai Indrayanti dan jajaran pantai selatan Jawa ini menjanjikan keindahan yang tiada duanya. Deburan ombak, jernihnya air laut, dan indahnya alam Gunung Kidul akan membuatmu rugi kalau tidak berkunjung ke tempat ini.

Pantai Indrayanti wisata pantai paling populer di Gunung Kidul

Pantai ini menjadi populer setelah pengusaha mendesainnya seperti pantai yang ada di bali Bali.
Restoran dan asrama dirancang cukup nyaman untuk tempat istirahat kamu.

Tiket masuk Pantai Indrayanti sangat murah

Tiket masuk sangat murah, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar  Rp. 10.000,- untuk bisa menikmati pemandangan Pantai Indrayanti yang indah.

Tempat eksotis

Di pantai ini, kamu bisa mengunjungi pemandangan alam yang eksotis, indah, tenang, dan damai. Kamu juga bisa mendengar suara ombak, burung, dan suara hembusan angin laut.

Baca juga :   Wisata Kuliner Surabaya yang Maknyus dan Murah Meriah

Pokoknya keren banget deh…, rugi banget kalau kamu melewatkan suasana pantai yang indah ini.

Pantai Indrayanti dekat dengan tempat-tempat yang unmainstream

Pantai ini dekat dengan tempat unmainstream yang indah seperti, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, dll.

Hanya ada satu jalan untuk menuju tempat ini. Jadi, manfaatkan waktumu secara efektif untuk menikmati seluruh pantai selatan yang indah.

Penginapan Pantai Indrayanti

pantai indrayanti
pantai indrayanti ©pusaka-indonesia.com

Ada banyak penginapan dan hotel dekat Pantai Indrayanti. Berikut ini kami share hote-hotel yang bisa kamu gunakan untuk stay sejenak dan berlibur menikmati keindahan Pantai Indarayanti.

Dafter Hotel Dekat Pantai Indrayanti :

  1. Bamboo Lengkung Indrayanti
    Watu Kelir / Komplek Penginapan Pantai Indrayanti, Tepus, Gunung Kidul, Indonesia
  2. Value Room in Indrayanti Beach at Joglo Watukelir
    Jalan Krakal Indrayanti KM 8, Tepus, Gunung Kidul, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  3. Royal Family Style near Pantai Sundak at Homestay Omah Sundak 3
    Pantai Sundak, Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  4. Sunrise View Room at Omah Sundak 1
    Pantai Sundak, Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  5. Comfort Room near Pantai Sundak at Guesthouse Omah Sundak 2
    Pantai Sundak, Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  6. Rock Garden Homestay
    Jalan Raya Sundak, Tepus, Gunung Kidul, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  7. Clean Room at Sundak Indraprastha
    Pantai Sundak, Pulegundes, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  8. Bamboo Sadranan
    Pantai Sadranan, Tepus, Gunung Kidul, Indonesia
  9. 2 Bedroom Cottage B in Pantai Kukup at Winahyu Resort
    Pantai Kukup, Wanosari, Gunung Kidul , Desa Tanjung Sari, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  10. Spacious Pendopo in Pantai Kukup at Winahyu Resort
    Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Gunung Kidul, Indonesia, 55854
  11. Eco Room in Pantai Kukup at Winahyu Resorts
    Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Gunung Kidul, Indonesia,
  12. Smart Room in Pantai Kukup at Winahyu Resorts
    Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Gunung Kidul, Indonesia,
  13. 1 Bedroom Cottage in Pantai Kukup at Winahyu Resort
    Pantai Kukup, Wanosari , Gunung Kidul, Des.Tanjungsari, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  14. Value Room in Pantai Kukup at Winahyu Resorts
    Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Gunung Kidul, Indonesia,
  15. Villa Tirtasari 1
    Jl. Ke Puncak Tim., Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  16. Villa Tirtasari 2
    Jl. Ke Puncak Tim., Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Gunung Kidul, Indonesia, 55881
  17. Kampoeng Baron Guest House
    Jalan Baron KM 21, Gunung Kidul 55881, Gunung Kidul, Indonesia, 55881

Bagaimana? udah tahu kan bagaimana cara datang ke Pantai Indrayanti. Ada banyak cara untuk datang ke sana. Kalau kamu ndak berkunjung ke tempat ini, kamu bakalan nyesel seumur hidup. 🙂

Related post:

PANTAI IDRAYANTI

Leave a Comment