jenis suara manusia

7 Jenis Suara Manusia Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Jenis Suara Manusia – Banyak jenis suara manusia yang memiliki kulitas atau karakteristik tertentu dilihat dari jangkauan suara, berat suara, tessitura, timbre suara, dan titik transisi vokal (passaggio), seperti naik turunnya suara.

Pertimbangan lain untuk membedakan jenis suara manusia adalah karakteristik fisik, level pengucapan, pengujian ilmiah, dan vocal register (berbagai nada dalam suara manusia yang dihasilkan oleh pola getar tertentu).

Jenis suara penyanyi diidentifikasi oleh sebuah proses yang dikenal dengan Klasifikasi Suara, dimana suara manusia dievaluasi dan dinilai suaranya, dengan begitu kita bisa membedakan suatu suara kedalam jenis suara tertentu.

Pembagian jenis suara manusia dikembangkan oleh musik klasik Eropa dan umumnya pembagian suara tidak berlaku untuk nyanyian lainnya. Klasifikasi suara sering digunakan dalam opera untuk menghubungkan antara peran dan suara yang berkaitan.

Ada beberapa jenis sistem untuk mengklasifikasi suara manusia, termasuk sistem Facj Jerman,  Musik Choral dan masih banyak lainnya. Tidak ada sistem yang diterima dan diaplikasikan secara universal.

Pembagian suara manusia bisanya digunakan untuk penyanyi, komposer, vemues, dan pendengar musik untuk mengkatergorikan sifat vokal dan mengasisiasikan peran dengan suara.

Meskipun pembagian suara manusia menjadi beberapa jenis ini sangat bermanfaat, tapi sistem pembagian ini dinilai cukup kaku, karena beberapa rumah musik hanya menggunakan penyanyi yang memiliki tipe suara tertentu dan hanya memberikan peran yang mereka anggap berbakat pada tipenya.

Sementara itu, suara penyanyi paduan suara dikelompokkan berdasarkan rentang vokal mereka. Penyanyi solo dikelompokkan berdasarkan tessitura mereka, dimana suara mereka dianggap oleh mayoritas pendengar sebagai suara yang paling nyaman didengar.

Jenis-jenis Suara Manusia

jenis suara manusia
msecnd.net

Jenis-jenis suara yang berbeda sering digunakan dalam vokal pedagogi dalam berbagai jenis klasifikasi suara. Sebagian besar jenis ini dikelompokkan menjadi tujuh kategori suara utama, yang mana, pembagian ini diakui di seluruh sistem klasifikasi suara yang berbeda.

Jenis suara wanita biasanya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Soprano, Mezzo-soprano, dan Alto. Sedangakan jenis suara laki-laki biasanya dibagi menjadi empat kelompok, yaitu Countertenor, Tenor, Bariton, dan Bass.

Baca juga :   Jenis Kertas Papercraft untuk Membuat Model yang Kamu Suka

Beberapa wanita masuk dalam kelompok tenor atau bariton, sementara laki-laki yang diidentifikasi sebagai countertenors terkadang masuk sebagai contralto, mezzo-soprano, atau soprano.

Saat mempertimbangkan suara pre-pubescent (selanjutnya disebut treble), Diterapkan dalam masing-masing kategori utama, sub kategori mengidentifikasi kualitas vokal tertentu seperti fasilitas coloratura dan bobot vokal untuk membedakan antara suara.

Rentang jarak vokal jenis suara manusia mencangkup sekitar lima oktan, dari yang paling rendah G1 sampai yang paling tinggi G6. Beberapa penyanyi bisa tampil lebih dari satu setengah sampai lebih dari dua oktaf.

Rentang vokal dikelompokkan menjadi tipe yang tumpang tindih yang masing-masing rentang sekitar dua oktan.

Jenis Suara Wanita

Suara wanita dibedakan menjadi tiga jens, yaitu Soprano , Mzzo-soprano, dan Contralto. Masing-masing tipe suara memiliki ciri khas dan batas tinggi rendah suatu nada. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lebih lengkap berikut.

Jenis Suara Soprano

jenis suara manusia soprano
pinimg.com

Suara Soprano adalah suara nyanyian paling tinggi. Suara soprano memberikan warna suara yang khas terletak di antara C4 (C tengah) dan C6 ( C tinggi ). Batas paling rendah untuk Soprano kira-kira A3 (diantara tengah C).

Kebanyakan penyanyi tidak banyak yang bisa sampai melebihi C6 walaupun ada beberapa peran Soprano standar yang bisa sampai D6. Pada tingkatan yang paling tinggi, beberapa orang bisa sampai mencapai F6 (F diatas C tinggi).

Soprano Tessitura merupakan suara sopran yang lebih tinggi dari suara-suara lainnya kecuali sopranino . Secara khusus, sopran coloratura memiliki tessitura tertinggi dari semua jenis-jenis suara sopran lainnya.

Seperti jenis suara lainnya, suara soprano sering dibagi ke dalam beberapa sub kategori yang dibedakan berdasarkan rentang, warna vokal atau timbre, berat suara, dan ketangkasan suara. Sopranos sering dipecah menjadi lima kategori, yaitu Soprano Coloratura, Soubrette, Soprano Lyric, Spinto Soprano dan Soprano Dramatis.

Dua jenis sopran yang sangat disukai orang Prancis adalah Dugazon dan Falcon , yang merupakan jenis suara antara soprano dan sopran mezzo. Dugazon adalah soubrette berwarna gelap. Falcon yang berwarna sopran drammatico berwarna gelap.

Berikut video suara Soprano :

Jenis Suara Mezzo-soprano

jenis suara manusia penyanyi mezzosoprano
michellemsimmons.com

Mezzo-soprano adalah jenis suara mid-range untuk wanita. Suara mezzo-soprano terletak di antara suara sopran dan suara contralto. Tentang suara ini adalah antara A3 ( A dibawah C tengah)  sampai A5 (dua oktan lebih tinggi).

Baca juga :   Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Batas ekstrim bagian bawah dan atas dari mezzo-sopranos dapat meluas sampai ke F3 (F di bawah C tengah) dan C6 ( C tinggi).

Meskipun mezzo-contralto  tumpang tindih dengan suara contralto dan soprano, tessitura soprano mezzo lebih rendah daripada soprano dan lebih tinggi dari pada contralto.

Mezzo-soprano sering dibagi menjadi tiga subkategori, yaitu lyric mezzo-soprano, coloratura mezzo-soprano dan mezzo soprano dramatis.

Berikut video suara Mezzo-soprano :

Jenis Suara Contralto

jenis suara manusia penyanyi contralto
wisegeek.com

Suara Cotralto atau Alto merupakan jenis suara wanita yang paling rendah. Opera dengan suara Contralto jarang ditampilkan sehingga jarang yang spesifik pada suara ini. Sehingga peran yang dimasukkan untuk contralto  sering dilakukan oleh mezzo-sopranos.

Rentang Contralto terletak di antara F3 sampai F5 . Batas ekstrem bawah dan atas dari suara contralto berada pada kisaran D3 (D di bawah C tengah) ke B ♭ 5 (kedua B-flat di atas). Untuk suara contralto, memiliki tessitura terendah dari suara wanita.

Contraltos sering dipecah menjadi tiga kategori turunan, yaitu coloratura contralto, lyric contralto, dan contralto dramatis. Sebuah sfogato sopran adalah contralto yang memiliki rentang tinggi diperpanjang mencapai soprano tinggi C .

Berikut video suara Contralto :

Jenis Suara Laki Laki

Jenis suara laki-laki biasanya dibagi menjadi empat kelompk, yaitu Countertenor, Tenor, Bariton, dan Bass. Setiap jenis suara memiliki karakter yang berbeda-beda berdasarkan range, berat suara, warna suara dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Jenis Suara Countertenor

jenis suara manusia Penyayi Countertenor
ytimg.com

Suara Countertenor  adalah suara laki-laki yang paling tinggi. Banyak penyanyi Countertenor yang melakukan peran awalnya dari castrato di opera baroque.

Dalam catatan sejarah, countertenor paling banyak digunakan, setidaknya di Inggris, juga menunjuk suara tenor yang sangat tinggi, setara dengan haute-contre Prancis . Sampai sekitar tahun 1830, semua suara laki-laki menggunakan suara jenis falsetto .

Suara contertenor dibagi menjadi beberapa kategori turunan, yaitu sopranist atau “soprano laki-laki”, haute-contre, dan castrato. Penyanyi castrato terakhir yakni Alessandro Moreschi, meninggal pada tahun 1992.

Berikut video suara Contralto :

Jenis Suara Tenor

jenis suara manusia penyanyi tenor
clearwisdom.net

Tenor adalah suara laki-laki tertinggi dalam register modal. Nada Tenor terletak di antara C3 (satu oktaf di bawah tengah C) sampai C5 ( satu oktaf di atas C). Batas minimum untuk jenis suara Tenor berada pada kisaran ♭ 2 (dua tingkat di bawah  C tengah). Pada tingkat tertinggi, suara Tenor bisa berada pada F5 (F kedua di atas C tengah).

Baca juga :   Jenis Genteng yang Harus Adan Ketahui Sebelum Membelinya

Suara Tenor berada di atas suara Bariton dan di bawah suara Countertenor. Leggero tenor memiliki tessitura tertinggi dalam seluruh jenis turunan Tenor.

Tenor dibagi menjadi beberapa sub turunan berdasarkan rentang, warna vokal atau timber, berat suara, dan ketangkasan suara. Jenis turunan dari suara Tenor ada tujuh jenis, yaitu tenore contraltino , leggero tenor atau tenore di grazia , tenor lirik, tenor spinto atau tenore spinto , tenor dramatis, pegangan, dan baritenor .

Berikut video suara Tenor :

Jenis Suara Baritone

jenis suara manusia penyanyi baritone
bbci.co.uk

Rentang suara Bariton terletak di antara suara Bass dan Tenor, dimana keduanya saling tumpang tindih. Rentang suara Bariton  terletak dari A2 sampai A4. Rentang bariton bisa meluas sampai ke F2 atau sampai C5. Tipe suara Bariton adalah suara laki-laki yang paling umum.

Jenis suara turunan dari Bariton dibagi menjadi 9 jenis, yaitu baryton-Martin, bariton lyric, bel canto atau coloratura baritone, kavalierbariton , heldenbaritone , bariton Verdi, bariton dramatis, baryton-noble , dan bass-bariton .

Berikut video suara Baritone :

Jenis Suara Bass

jenis suara manusia bass
sgnscoops.com

Suara Bass adalah jenis suara laki-laki yang paling rendah. Suara Bass memiliki tessitura terendah dari semua jenis suara. Suara bass terletak dikisaran E2 ( E kedua di bawah tengah C) sampai E4 (E di atas C tengah).

Suara Bass bawah dan atas, biasanya bisa bernyanyi pada C2 (dua oktar di bawah C tengah) sampai G4 (G di atas tengah C).

Berikut video suara Bass :

Bagaimana, pasti kalian sudah pada tahu kan jenis-jenis suara manusia. Semoga artikel ini bisa membantu rasa penasaran kamu dan jangan lupa like dan share. Terimakasih .

Baca juga :

Jenis Suara Manusia

Leave a Comment