Jenis Kertas Papercraft untuk Membuat Model yang Kamu Suka

Jenis Kertas Papercraft –  Kertas adalah salah satu bahan yang paling familiar dengan manusia, selain harganya yang mudah dan melimpah, kertas juga sangat bagus digunakan untuk membuat karya seni.

Dengan teknik yang tepat, kamu dapat menggunakannya untuk membuat prototipe model objek tertentu. Kamu bisa membuat miniatur perahu, hewan, bangunan dan masih banyak lagi. Kamu bisa berkreasi sesukamu.

Berikut beberapa jenis kertas papercraft yang bisa kamu gunakan untuk membuat kreasimu.

1. Jenis Kertas Papercraft – Copy Paper

jenis kertas papercraft copy paper
ok-news.net

Kertas copy paper memiliki berat sedang dan memiliki permukaan yang cukup halus. Bagus digunakan untuk menulis dengan tangan dan untuk printer. Kertas ini juga cukup kaku kalau mau digunakan untuk membuat model objek yang kecil.

2. Jenis Kertas Papercraft – Art Paper

jenis kertas papercraft art paper
stationeryinfo.com | Jenis Kertas Papercraft

Harga kertas ini sedikit agak mahal, tebal dan bisanya agak kasar pada permukaannya. Kertas ini cocok digunakan untuk membuat papercraft dengan pensil, tinta, dan cat air. Memotongnya dengan cara mengurangi pinggir-pinggirnya yang rapuh.

3. Jenis Kertas Papercraft – Cardstock

jenis kertas papercraft Cardstock
a1craftsupply.blogspot.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas Cardstock memiliki permukaan yang halus dan tipis, terdapat garis diantara kertas karton. Kertas ini bagus digunakan untuk membuat kerajinan papercraft seperti kartu ucapan, model dari kertas, dan model-model yang bisa berdiri sendiri lainnya.

4. Jenis Kertas Papercraft – Construction

jenis kertas papercraft construction
shopify.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas Konstruksi bersifat lentur, kasar, dan berwarna cerah. Warnanya yang tidak kaku seperti kertas cardstock tapi masih bagus untuk pop-up anak-anak dan kerajinan papercraft 3D lainnya.

Baca juga :   Jenis-Jenis Kayu di Indonesia, Penjelasan dan Pemanfaatanya

Kertas Construction sangat bagus untuk anak-anak untuk melatih tangan kecilnya dalam menggunting ketrampilan papercraft.

5. Jenis Kertas Papercraft – Tisu

jenis kertas papercraft tisu
mirsa-simply-craft.blogspot.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas Tisu yang tipis dan berwarna cerah biasanya digunakan untuk menciptakan efek kaca pada objek dan bisa memberikan efek menyala pada cat air.

6. Jenis Kertas Papercraft – Origami

jenis kertas papercraft origami
pinimg.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas Origami sifatnya yang ringan dan kaku mampu menahan lipatan yang kuat dan bisa dibuat lipatan baru saat terjadi kesalahan. Umumnya berwarna pada salah satu sisinya saja.

7. Jenis Kertas Papercraft – HVS

jenis kertas papercraft hvs
ytimg.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas ini memiliki ketebalan 70 hingga 100 Gsm. Biasa dipakai oleh pemula sampai expert untuk membuat kerajinan papercraft. Jenis kertas ini paling banyak digunakan, karena untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit. Namun, kalau hendak digunakan untuk membuat papercraft, kertas ini perlu di potong terlebih dahulu supaya ukurannya tidak terlalu ketinggian.

8. Jenis Kertas Papercraft – WF Paper

jenis kertas papercraft wp paper
etsystatic.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas WF Paper atau sering disebut juga dengan kertas buku gambar memiliki ketebalan 120 sampai 160 Gsm. Kertas ini mudah ditemukan di toko-toko buku maupun percetakan.

Bentuk kertas yang sedikit agak tebal dan jenis kertas yang tiak mudah bulukkan saat dibentuk, membuat kertas ini menjadi kertas alternatif untuk membuat kerajinan papercraf.

9. Jenis Kertas Papercraft – Inkjet Paper

jenis kertas papercraft inkjet
ytimg.com | Jenis Kertas Papercraft

Injet Paper merupakan salah satu jenis kertas papercraft yang cocok digunakan untuk membuat model yang mengutamakan warna. Kertas ini meiliki ketebalan 100 sampai 135 Gsm dan bisa digunakan untuk pemula sampai yang paling mahir.

10. Jenis Kertas Papercraft – Briefcard /BC

jenis kertas papercraft biefcard
ytimg.com | Jenis Kertas Papercraft
Kalau kamu suka membuat replika papercraft dengan ketinggian sampai 30 cm, jenis kertas papercraft ini paling pas untuk kamu. Kertas Briefcard memiliki ketebalan 160 samapi 220 Gsm. Bagi kamu yang sudah mahir dan expert dalam membuat papercraft, kamu pasti tidak akan kesulitan membuat objek dengan kertas ini.

11. Jenis Kertas Papercraft – Glossy Photopaper

jenis kertas papercraft Glossy Photopaper
duklabs.com | Jenis Kertas Papercraft
Kertas Glossy Photopaer memiliki ketebalan 100-220 Gsm. Kertas jenis ini digunakan untuk membuat paper model dengan kualitas foto, kualitas cetak kertas sangat terang, sangat cocok untuk membuat paper model yang mengutamakan warna.
Kertas ini bisa digunakan untuk membuat model mengkilap dan bisa digunakan untuk membuat papercraft ukuran kecil sampai besar.

12. Jenis Kertas Papercraft – Jasmine

jenis kertas papercraft jasmine
ytimg.com | Jenis Kertas Papercraft

Kertas papercraft Jasmine mempunyai ketebalan 120 sampai 175 Gsm. Sedikit berbeda dengan kertas StarDream, kertas jenis ini selain bisa digunakan untuk membuat model mengkilap, kertas ini juga dapat dicetak dengan inject printer.

Baca juga :   Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Di tingkat internasional, paper Jasmine sering dipakai oleh para papermodeller untuk membuat robot seperti robot Gundam. Sangat cocok untuk para papermoleller yang mengutamakan warna dan ketebalan model. Model yang dihasilkan dengan menggunakan kertas Jasmin akan mengkilap dan blink-blink dengan model bisa mencapai tinggi 30 cm.

13. Jenis Kertas Papercraft – Star Dream

jenis kertas papercraft star dream
theawesomer.com
Kerta StarDream memiliki ketebalan 120-220 Gsm. Bagi kamu yang sudah expert dalam bidang papercraft, kertas StartDream sangat cocok untuk kamu. Kertas StarDream terlihat mengkilap dan mempunyai berbagai macam warna dengan tekstur yang licin dan cukup kaku.
Tampilan kertas lebih bagus kalau dicetak dengan laser printer dengan menggunakan lem UHU. Kertas StarDream sering digunakan untuk membuat gundam blank template. Bisa digunakan untuk membuat model sampai ketinggian 40 cm.

 Tips dan Trik Membuat Papercraft

jenis kertas papercraft
ytimg.com

Kamu baru mau belajar papercraft?, atau pengen tahu tips-tip dalam membuat papercraft yang benar?. Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu belajarmu menjadi lebih mudah.

Sebelumnya, ada beberapa point-point yang akan menjadi topik pembahasan kita, yaitu :

1. Berat dan ukuran kertas yang digunakan.

2. Penggunaan lem yang bagus untuk membuat papercraft.

3. Alat-alat apa saja yang digunakan untuk membuat papercraft.

4.  Hal-hal lain yang perlu kamu tahu tentang papercraft.

Oke, dari beberapa point di atas, coba kita jabarkan satu-persatu supaya bisa memahaminya lebih menyeluruh.

1. Berat dan ukuran kertas yang digunakan.

Para modeler dalam membuat pattern menggunakan kertas ukuran A4. Untuk berat yang bagus digunakan antara 100 gr sampai 150 gr. Bisa menggunakan kertas inkjet, bisanya harganya sekitar Rp. 37.500 sampai 40.000 ukuran A4 100 gr.

2. Penggunaan lem yang bagus untuk membuat papercraft

Lem yang digunakan usahakan pilih lem yang tidak terlalu encer dan tidak terlalu lama keringnya. Kalau kamu terbiasa menggunakan yang glue stick, keuntungannya lem ini tidak cepat kering, jadi kalau kamu melakukan kesalahan saat menempel model, kamu bisa lepas kembali.

Baca juga :   Fungsi Garam dengan Berjuta Manfaat Yang Belum Kamu Ketahui

Kalau kamu sudah expert dalam membuat papercraft, menggunakan lem PVC fox sangat membantu karena karakteristik lemnya yang cepat mengering.

3. Alat-alat apa saja yang digunakan untuk membuat papercraft

Alat-alat yang digunakan pada umumnya sama saja kalau kamu mau membuat kerajinan dari kertas, yaitu :

  1. Gunting, bisa sesuai selera dan kebutuhan. Fungsinya digunakan untuk memotong kertas menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan.
  2. Pisau Cutter, patikan cutter yang dipakai yang tajam dan tidak berkarat, karena kita akan memotong kertas dengan presisi.
  3. Cutting Mat
  4. Lem kayu putih atau Lem cair putih.
  5. Pinset hobbyist untuk tekukan yang kecil
  6. Pensil mekanik untuk trace folds

4.  Hal-hal lain yang perlu kamu tahu tentang papercraft.

Sebelumnya,  kamu perlu tahu kalau papercraft adalah pengembangan dari Origami, yang mana Origami merupakan seni melipat dengan menggunakan 1 lembar kertas. Sedangkan papercraft adalah seni membentuk model dengan beberapa kertas menjadi karakter tertentu. Beberapa teknik yang digunakan cukup banyak seperti menggunting, melipat, memotong, membuat kurva dengan kertas, mengelem,  dan membentuk kertas itu sendiri.

Keunggulan papercrat adalah :

  1. Lebih murah daripada model plastik, resin, atau besi.
  2. Banyak bentuk yang bisa dibuat.
  3. Flexibel.
  4. Mudah dimodifikasi sendiri.
  5. Ada kepuasan batin ketika bisa memuat karya sendiri :-).

Sedangkan kelemahan dari papercraft adalah :

  1. Ringkih atau tidak kuat.
  2. Tingkat kerapian dan kehalusan model tergantung pembuatnya.
  3. Sering luntur kalau terpecik air.

Demikian sedikit share tentang jenis-jenis kertas papercraft dan beberapa tips membuat papercraft. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya, thanks :-).

Baca juga :

Jenis Kertas Papercraft

Leave a Comment