Jenis-Jenis Kayu di Indonesia, Penjelasan dan Pemanfaatanya

Jenis -jenis Kayu di Indonesia – Ada banyak jenis-jenis kayu di Indonesia yang memiliki ciri-ciri yang berbeda dan digunakan untuk produk yang berbeda pula. Setiap jenis kayu memiliki sifat fisik tertentu yang menentukan kualitas dan kegunaan dari kayu tersebut.

Sifat fisik kayu seperti lunak (softwood) dan keras (hardwood). Kayu lunak biasanya banyak digunakan untuk pembuatan kertas atau kerajinan yang sifatnya ringan, sedangkan kayu keras (hardwood) digunakan sebagai bahan baku bangunan, seperti tiang, dinding dan lain sebagainya.

Di Indonesia, ada banyak jenis-jenis kayu yang memiliki spesifikasi berbeda-beda. Bahan baku kayu banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memasak, bahan bangunan (pintu, jendela, lantai), membuat perabot (meja, kursi),  bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah dan sovenir lainnya.

Luas wilayah hutan Indonesia adalah 133.300.543,98 Hektar. Dengan luas hutan yang begitu besar, negara kita memiliki salah satu jenis kayu kelas 1 di dunia, yaitu kayu Besi. Kayu ini termasuk salah satu kayu nomor 1 yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan.

Selanjutnya akan kita basa jenis-jenis kayu di Indonesia berdasarkan asal usul dan fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Jenis Kayu Jati

jenis jenis kayu di Indonesia jati
tokoperhutani.com

Pohon Jati banyak berasal dari daerah Jawa Tengan dan Jawa Timur. Daerah tersebut merupakan daerah penghasil kayu Jati terbesar di indonesia, terutama daerah Alas Roban Rembang, Blora, Grobogan, dan Pati.

Daerah penghasil kayu jati terbaik di Indonesia berasal dari daerah tanah perkapuran Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Daerah ini merupakan kecamatan yang terletak di bagian paling timur Jawa Tengah, berbatasan dengan provinsi Jawa Timur.

Jenis kayu Jati banyak digunakan untuk konstruksi rumah atau bangunan, terutama di daerah Blora, Pati dan Rembang. Kebanyakan masyarakat setempat menggunakan bahan baku jati untuk membangun rumah secara keseluruhan, mulai dari tiang, usuk, reng dan dinding.

Baca juga :   Jenis Kertas Papercraft untuk Membuat Model yang Kamu Suka

Ada juga yang menggunakannya sebagai atap, meskipun jumalahnya masing sangat jarang.

Bahan kayu jati yang kuat dan mudah dibentuk biasa digunakan para pengrajin untuk membuat mubel dan perabotan rumah tangga, seperti kursi, meja, dan lain-lain.

Masyarakat pesisir pantai Utara Jawa biasa menggunakan kayu jati sebagai bahan baku pembuatan perahu. Karena  kebanyakan masyarakat pesisir pantai Utara berprofesi sebagai nelayan.

Untuk kayu Jati yang berukuran kecil, biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan pagar rumah.

Jenis Kayu Rasamala

jenis jenis kayu di Indonesia rasamala
infohargabahanbangunan.blogspot.com

Pohon Rasamala merupakan pohon hutan yang dapat tumbuh hingga mencapai 40-60 meter. Kayu Rasamala merupakan jenis kayu di Indonesia yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena kuat dan bisa menghasilkan damar.

Damar dari kayu Rasamala berbahu harum, biasa digunakan sebagai campuran parfum ruangan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Jenis pohon Damar memiliki banyak manfaat, selain bisa digunakan sebagai bahan bangunan  dan campuran parfum, daun pohon Damar yang masih muda juga bisa dibuat menjadi sayur , lalapan dan obat batuk. Biasanya daun yang masih muda berwarna merah dan tidak terlalu alot.

Pemanfaatan kayu Damar  di Indonesia biasa digunakan sebagai bahan baku jembatan, penyangga rel kereta api, bahan konstruksi bangunan, lantai hingga perahu. Pastinya masih banyak lagi manfaat dari jenis kayu ini karena bahannya yang kuat.

Jenis Kayu Rotan

jenis jenis kayu di Indonesia kayu rotan
sudewi2000.wordpress.com

Pohon Rotan merupakan tumbuhan sejenis palma yang hidup memanjat atau merambat. Rotan banyak tersebar negara-negara tropis, seperti Afrika, Asia dan Australia.

Indonesia merupakan pemasuk terbesar kayu Rotan dunia dengan memasok sekitar 70% kebutuhan rotan dunia. Kayu Rotan di Indonesia banyak dihasilkan dari daerah, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Boerneo, dan Nusa Tenggara.

Jenis kayu Rotan banyak digunakan sebagai bahan baku  pembuatan mebel, misalnya meja tamu, kursi, serta rak buku. Kelebiahan jenis kayu ini adalah  ringan, kuat, elastis / mudah dibentuk, serta murah. Kelemahan utama rotan adalah gampang terkena kutu bubuk “Pi Hole“.

Baca juga :   BioCypress , 17 Khasiat Ajaib Untuk Menyembuhkan Penyakit Sendi dan Saraf

Adapun sentra industri kerajinan dan mebel rotan terbesar di indonesia terletak di Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

Kita patut bersyukur kepada sang pencipta karena telah dilahirkan di Indonesia, negeri yang kaya akan sumber daya alam. Tinggal kita saja yang harus pintar mengelolanya supaya memberikan manfaat yang luas untuk masyarakat.

Jenis Kayu Sengon

jenis jenis kayu di Indonesia kayu sengon
beritadaerah.co.id

Pohon Sengon/Albasia Falcataria banyak tumbuh secara alami di India, Asia Tenggara, Cina Selatan dan Indonesia. Pohon jenis ini sedang banyak diminati para pembisnis kayu karena pertumbuhannya yang cepat dan kegunaannya yang sangat beragam.

Pohon Sengon merupakan jenis tanaman kayu yang paling cocok ditanam dia area hutan rakyat karena tidak memerlukan tapak tumbuh yang sulit. Pohon kayu Sengon termasuk jenis tanaman tropis dimana ia memerlukan suhu sekitar 18-27 derajat Celcius.

Jenis kayu Sengon biasanya digunakan sebagai bahan pembuat peti, bahan baku membuat kertas (pulp), papan kayu, kayu bakar dan lain sebagainya.

Selain batangnya, daun pohon Sengon juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena memiliki protein yang tinggi.

Jenis Kayu Bambu

jenis jenis kayu di Indonesia kayu bambu
langitperempuan.com

Pohon Bambu merupakan tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di dalam batang. Pohon jenis ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat. Karena memiliki sistem di dalam pohon yang disebut rhizoma-dependen. Dalam satu hari, pohon jenis ini bisa tumbuh sepanjang 60 cm bahkan lebih, hal itu tergantung dengan cuaca dan kondisi tanah yang ditempati.

Pohon Bambu memiliki banyak manfaat, seperti bahan perabotan rumah tangga, bahan kerajinan anyaman, bahan pembuat alat musik, bahan pembuatan rakit dan masih banyak lagi.

Selain itu, pohon jenis ini juga bisa digunakan sebagai makanan hewan terutama hewan Panda dari Cina. Tunas, ranting, dan dedaunan yang empuk merupakan makanan favorit Panda.

Jenis Kayu Meranti Merah

jenis jenis kayu di Indonesia kayu meranti
bahanbangunanhemat.blogspot.com

Kayu Meranti Merah adalah kayu yang populer dikalangan pedagang. Kayu ini merupakan kayu pertukangan yang digunakan untuk bahan bangunan.

Baca juga :   Merek Sepatu Olahraga yang Recomended Untuk Kamu Gunakan Setiap Hari

Kayu jenis ini tergolong kayu yang keras dengan bobot ringan, berat, dan sedang.  Pada umumnya memiliki masa berbuah dan berbunga selama 4-7 tahun sekali.

Beberapa pemanfaatan jenis kayu Sengon di Indonesia seperti :

  • Bahan furniture outdoor maupun indoor
  • menyuburkan tanah
  • Fungsi ekologi
  • Bahan baku pembuat kertas
  • Menjaga sumber air
  • Bahan kosmetik, sabun, obat-obatan, dan makanan olahan

Jenis kayu Meranti juga sangat populer digunakan sebagai bahan pembuat body gitar, kusen, lantai, pintu, atab, dan lain sebagainya.

Jenis Kayu Cendana

jenis jenis kayu di Indonesia kayu cendana
jualbelikayucendana.blogspot.com

Jenis Kayu Cendana merupakan salah jenis komuditas yang cukup menjanjikan di Indonesia. Kayu cendana memiliki tekstru yang kuat dan kokoh, kayu ini merupakan salah satu jenis kayu yang menjadi pilihan alternatif yang biasa digunakan setelah kayu Jati sebagai bahan baku pembuat furniture.

Pohon Cendana memiliki dua jenis Kayu, yaitu jenis kayu Cendana Merah dan kayu Cendana Putih.

Kualitas kayu Cendana putih lebih baik jika dibandingkan kayu Cendana Merah.  Kayu Cendana putih banyak tumbuh di Indonesia, terutama daerah Nusa Tenggara Timur, sedangkan kayu Cendana Merah banyak tumbuh di daerah India, dan Fuan.

Kayu Cendana merupakan tumbuhan parasit yang membutuhkan pohon lain agar bisa hidup, hal ini disebabkan oleh akar dari pohon Cendana yang kurang kuat, sehingga tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri.

Walaupun termasuk jenis tumbuhan parasit, namun pohon ini mampu tumbuh dengan ketinggian 11 – 15 meter, dan termasuk pohon yang besar hingga bisa mencapai diameter 25 – 30 cm.

Beberapa manfaat dari kayu Cendana adalah sebagai berikut :

  • Bahan baku furniture dan meubel
  • Lambang prestise
  • Bahan baku produk kerajinan tangan
  • Sebagai bahan parfum dan wangi-wangian
  • Bahan obat herbal
  • Memperlancar buang air kecil
  • Mengendalikan stress dan kecemasan
  • Antiseptik dan antimikroba
  • Manfaat kecantikan
  • Bahan wewangian/parfum dan obat herbal
  • Sebagai sangkur keris

Demikian jenis-jenis kayu di Indonesia yang bisa menjadi refrensi Anda untuk membangun rumah. Semoga bermanfaat.

Jenis-Jenis Kayu di Indonesia

Leave a Comment