jenis kertas stiker beutiful sticker alicdn.com

Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Jenis Kertas Stiker –  Stiker merupakan media yang paling diminati oleh para pelaku usaha maupun NGO (Non Governmental Organization). Bagi para pelaku usaha, stiker digunakan sebagai media promosi offline yang cukup efektif, karena harganya yang murah dan bahannya mudah didapat.

Sedangkan untuk organisasi non pemerintah seperti ACT dan IZI, bisanya mereka menggunakan stiker sebagai media promosi untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.

Orang-orang yang menggunakan stiker tidak hanya pelaku usaha atau NGO. Banyak personal yang suka menggunakan stiker untuk berkreasi atau cuma sekedar menyalurkan hobi.

Stiker itu sendiri merupakan kertas yang memiliki daya rekat yang kuat untuk merepresentasikan berbagai macam bentuk maupun gambar. Kegunaannya pun beragam, seperti aksesoris kendaraan, barcode, penanda, dan lain sebagainya.

Banyak jenis kertas stiker yang mempunyai karakteristik sendiri-sendiri yang penggunaannya disesuaikan dengan media yang akan ditempel. Lalu, ada berapakah jenis kertas stiker?, simak pembahasan tentang jenis-jenis kertas stiker berikut ini.

 Jenis Kertas Stiker Tahan Air

jenis kertas stiker beutiful sticker alicdn.com
alicdn.com | jenis kertas stiker

Mungkin kamu orang yang suka turing atau suka bepergian bareng komunitas. Biasanya kamu sering buat logo-logo gitu kan?, kalau iya, beberapa jenis kertas stiker berikut ini sangat recomended untuk kamu yang mau membuat stiker buat komunitasmu supaya tahan dari cuaca panas maupun hujan. Berikut jenis-jenisnya :

Kertas Stiker Vinyl

jenis kertas stiker vinyl stickervinyl.wordpress.com
stickervinyl.wordpress.com | jenis kertas stiker

Kertas Vinyl merupakan salah satu jenis kertas stiker yang tahan air. Memiliki permukaan yaang glossy dan bertekstur plastik yang lentur. Daya tahan terhadap air dan cuaca panas pun sangat baik. Pas banget buat kamu yang suka berpergian dalam segala kondisi.

Dalam proses percetakannya, stiker dengan kertas Vinyl harus menggunakan Laser Printer, karena kertas Vinyl tidak bisa dicetak menggunakan printer Inkjet biasa.

Kertas Stiker Yupo

jenis kertas stiker yupo ytimg.com
ytimg.com | jenis kertas stiker

Kertas Yupo terbuat dari bahan baku sintetis. Kertas jenis ini sangat tahan air, minyak, maupun bahan kimia lainnya. Jenis kertas ini pas banget bagi kamu yang mau membuat stiker untuk aktivitas di luar. Kertas Yupo biasa digunakan untuk membuat stiker label, barcode ataupun brosur.

Kertas Stiker Gold Foil

jenis kertas stiker gold foil alicdn.com
alicdn.com | jenis kertas stiker

Jenis kertas stiker yang akan kita bahas selanjutnya adalah kertas stiker Gold Foil atau biasa disebut juga dengan Gold Leaf (kertas emas). Kertas Gold Foil berbentuk pigmen tipis dan kuat.

Baca juga :   Jenis Genteng yang Harus Adan Ketahui Sebelum Membelinya

Kalau biasanya perekat stiker itu sudah gabung dengan kertas stiker, tapi untuk kertas jenis ini, perekat tidak gabung menjadi satu. Cara menggunakannya dengan cara merekatkan kertas pada obyek yang mau ditempel menggunakan lem khusus.

Kertas Gold Foil biasanya digunakan dengan tujuan supaya objek yang ditempel berwarna keemasan. Stiker Gold Foil digunakan  pada objek yang beragam, seperti untuk ukiran kayu, kaligrafi, kubah Masjid, tembok, gypsum, lesplang, plafond, tenteng rumah , daun pintu dan masih banyak lagi.

Kertas Stiker Chrome

jenis kertas stiker chrome ytimg.com
ytimg.com | jenis kertas stiker

Jenis kertas ini mungkin tidak asing untuk kamu, apalagi kamu seorang anak motor. Ya, jenis kertas stiker ini sering digunakan untuk melapisi kendaraan bermotor supaya body motor tidak mengalami lecet parah saat tergores.

Kertas Chrome memiliki lapisan Glitter atau berkilau yang bisa membuat body motor terlihat mengkilap.

Jenis Kertas Stiker Lainnya

Jenis Kertas Stiker Bontax

jenis ketas stiker bontax jualo.com
jualo.com | jenis kertas stiker

Kertas stiker Bontax memiliki tekstur seperti kertas biasa, namun ia memiliki daya rekat yang tinggi. Dengan daya rekatnya yang tinggi, jenis stiker ini biasa digunakan untuk stiker pada berbagai macam kemasan suatu produk.

Jenis kertas ini bisa dicetak dengan printer Inkjet dengan dipotong terlebih dahulu dengan ukuran kertas HVS. Untuk menambah daya tahan jenis stiker ini, bisa ditambahkan laminasi saat proses finishing.

Stiker Cromo

jenis kertas stiker cromo tokopedia.net
tokopedia.net | jenis kertas stiker

Jenis kertas stiker Chromo merupakan jenis kertas stiker yang terbuat dari bahan kertas licin. Kertas stiker ini bagus digunakan untuk dicetak separasi, memiliki daya lengket yang tinggi dan biasa digunakan untuk promosi, label botol, atau bisa digunakan sebagai stiker pilkada.

Jenis kertas stiker ini memiliki kekurangan apabila terkena air hujan maka stiker akan cepat luntur sehingga paling cocok digunakan untuk indor atau jauh dari air.

Jenis Kertas Stiker HVS

jenis kertas stiker hvs tokopedia.com
tokopedia.com | jenis kertas stiker

Jenis kertas stiker HVS memiliki ukuran A4 217X299 cm atau sama seperti kertas HVS. Jenis kertas ini mudah digunakan karena bisa dicetak menggunakan printer Inkject biasa.

Kekurangan kertas stiker HVS memiliki daya tahan yang rendah karena mudah mengelupas jika terkena air. Jenis kertas stiker ini sangat cocok digunakan untuk membuat souvenir di dalam rumah atau stiker yang digunakan di dalam ruangan.

Jenis Kertas Stiker Motor

jenis ketas stiker motor pinimg.com
pinimg.com | jenis kertas stiker

Para peninta motor pastinya menginginkan motornya terlihat indah dan trendi. Untuk  menjadikan motor tampil trendi, ada banyak cara yang digunakan untuk memodifikasi motornya, seperti memodifikasi ban, velek, body motro dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang mudah dan bayak diminati oleh para pecinta motor adalah dengan melapisi body motor mereka menggunakan stiker. Penggunaan stiker pada motor banyak diminati karena penanganannya yang tergolong cukup praktis dan mudah. Warnanya pun bervariasi, kamu bisa memilih berbagai warna yang kamu suka.

Cutting sticker merupakan jenis stiker yang cukup populer untuk keperluan aksesoris motor, karena proses pembentukan model dan pemotongan stiker yang mudah. Berikut jenis-jenis cutting stiker yang banyak diminati pengendara sepeda motor.

Baca juga :   Daerah Penghasil Kayu Jati Terbesar di Indonesia

Jenis Stiker Ritrama

jenis kertas stiker ritrama mulpix.com
mulpix.com.jpg | jenis kertas stiker

Jenis stiker motor Ritram paling banyak digunakan karena harganya terjangkau dan memiliki banyak warna. Harga stiker Ritram sekitar 400-900 ribu rupiah untuk satu motornya.

Kekurangan dari stiker ini yaitu kertas lebih tipis dari pada kertas stiker Oracal dan warnanya mudah pudar. Jenis setiker ini cocok banget untuk kamu yang baru pertama kalinya mencoba mengubah tampilan motor.

Jenis Stiker Oracal

jenis kertas stiker oracal ms-sticer.com
ms-sticer.com | jenis kertas stiker

Stiker Oracal memiliki karakteristik lentur, tidak memantulkan cahaya dan memiliki ketahanan warna yang kuat. Jenis stiker ini sangat mudah dipasang pada badan motor karena sifat kelenturan yang dimiliki.

Harga stiker Oracal sekitar Rp.  80.000. Untuk menutupi seluruh body motor, dibutuhkan biaya sekitar 600 ribu – 2,5 juta rupiah.

Jenis Stiker Scotchlite

jenis kertas stiker Scotchlite lemuelcreativeprinting.wordpress.com
lemuelcreativeprinting.wordpress.com | jenis kertas stiker

Jika kamu mencari stiker yang memiliki daya rekat tinggi,  stiker Scotchlite adalah jenis stiker yang kamu cari. Stiker ini merupakan jenis stiker yang tidak mudah mengelupas, jadi kamu harus hati-hati kalau mau menempelkan pada body motor.

Harga kertas stiker Scotchlite sekitar 40 ribu rupiah untuk setiap meternya. Bahan stiker Scotchlite agak tipis dan bisa memantulkan cahaya, pas banget untuk kamu yang suka dengan tampilan motor yang berkilau.

Jenis Stiker Glitter

jenis kertas stiker glitter ytimg.com
ytimg.com | jenis kertas stiker

Kamu ingin tampilan motor yang elegan?. Jika iya, stiker Glittre merupakan pilihan yang tepat sebagai stiker yang menghiasi motor kamu.

Motor kamu akan terlihat lebih elegan karena warna yang ditampilkan dari stiker Glittre cukup bersinar. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 40.000 untuk setiap meternya.

Jenis Stiker D-Cifix

jenis kertas stier dc fix inspiring.id
ebay.co.uk | jenis kertas stiker

Jenis stiker untuk motor yang selanjutnya adalah stiker D-Cifix. Stiker ini biasanya digunakan sebagai lapisan dasar body motor. Meskipun jenis stiker ini digunakan sebagai lapisan dasar, kamu bisa menggunakannya untuk membuat motif yang minimalis.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau, hanya berkisar  Rp.20.000 untuk setiap meternya.

Cara Membuat Stiker dengan Printer Inkject Biasa

jenis kertas stiker membuat stiker sendiri inspiring.id
edexpressnews.wordpress.com | jenis kertas stiker

Membuat stiker tidak cuma percetakan saya yang bisa. Kamu juga bisa membuatnya di rumah dengan peralatan seadanya. Dengan modal sedikit, kamu bisa membuat stiker yang berkualitas.

Mencetak stiker sendiri di rumah bisa menghemat biaya, hal ini juga bisa mengasah skill desainmu sendiri saat mendesain model stiker yang kamu inginkan.

Perencanaan dan persiapan yang matang sangat penting agar kamu tidak membuang tinta atau kertas saat mencetak. Jika kamu berencana mencetak beberapa ratus stiker sekaligus, baiknya kamu periksa terlebih dahulu kadar tinta yang tersedia dalam catrid printer supaya tidak kehabisan saat mencetaknya.

Berikut langkah-langkah cara membuat stiker dengan printer Inkject biasa :

1. Siapkan kertas stiker

jenis kertas stiker persiapan alat inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Gunakanlah kerts stiker yang berkwalits, kamu bisa memilih beberapa kertas yang sudah dipaparkan sebelumnya dan temukan sesuai yang kamu butuhkan. Kamu bisa membelinya di toko kertas atau percetakan terdekat, biasanya dijual dengan ukuran letter dalam kemasan 50 lembar.

Baca juga :   Manfaat Kayu Jati dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

2. Edit foto yang anda inginkan menggunakan software

jenis kertas stiker design inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Desain stiker yang ingin kamu buat dengan aplikasi apa saja yang kamu bisa. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Inkscape, GIMP, Photoshop, Microsoft Word atau software lain yang memungkinkan kamu mengedit gambar dan tulisan.

Gunakan dokumen berukuran letter standar. Jika kamu ingin membuat beberapa stiker dalam satu kertas, maksimalkan penggunan kertas dengan mengatur tataletak gambar supaya muat dalam satu kertas. Pastikan masih ada space diantara gambar sebagai tempat memotong stiker.

3. Atur warna

jenis kertas stiker memilih software inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Periksa warna yang kamu gunakan dalam desain stikermu. Penggunaan warna yang berat akan mengurangi pasokan tinta printer kamu. Misalnya jika desainmu lebih dominan warna merah, maka tinta merah dalam printermu akan cepat habis.

4. Lakukan percobaan dengan kertas biasa

jenis kertas stiker uji coba inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Lakukanlah percetakan pengujian dengan mencetak gambar pada kertas bisa untuk memastikan hasil cetakanmu sesuai dengan yang kamu harapkan.

Kertas stiker biasanya harganya lebih mahal, maka dari itu lebih baik menggunakan kertas biasa terlebih dahulu untuk mengujinya karena harganya lebih murah.

Jika ada kesalahan saat percobaan, berilah tanda pada satu sisi kertas sebelum memasukkannya lagi ke dalam printer, ulangi beberapa kali sampai kamu merasakan yakin.

6. Cetak stiker

jenis kertas stiker tes warma inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Masukkan selembar kertas stiker ke dalam printer untuk mencetanya. Usahakan jangan memasukkan kertas terlalu banyak, karena bisa membuat printer kamu rusak.

Biarkan tinta hasil cetakan mengering, karena jenis kertas stiker tidak seperti kertas dokumen pada umumnya , dibutuhkan beberapa menit untuk bisa kering.

7. Potong stiker sesuai keinginan

jenis kertas stiker potong kertas inspiring.id
techwalla.com | jenis kertas stiker

Potong stiker menggunakan gunting kertas jika kamu ingin memotongnya satu-persatu. Tapi kalau kamu memiliki pemotong yang tajam, kamu bisa memotongnya sekaligus.  Jika stikermu memiliki pola tertentu, maka potonglah satu-persatu dengan sabar.

Bagaimana ?, setelah membaca artikel ini pasti kamu sudah lebih tahu tentang jenis-jenis kertas stiker yang pas untuk kamu. Jangan lupa, like share artikel ini supaya memberikan manfaat kepada orang lain.

Baca juga :

Jenis Kertas Papercraft

2 thoughts on “Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Leave a Comment