Komputer Generasi Ketiga | Sejaran, Penjelasan, dan Kelebian Disertai Gambar

KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964 – 1971) – Komputer generasi ketiga muncul dengan pengembangan IC (Integrated Circuits). Penemuan IC merupakan prestasi terbesar yang dilakukan pada periode. IC diciptakan oleh Robert Noyce dan Jack Kilby pada tahun 1958-59. IC adalah komponen tunggal yang memiliki jumlah transistor.

Transistor dibuat menjadi lebih kecil dan ditempatkan pada chipsilikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Keyboard dan monitor dikembangkan selama komputer generasi ketiga.

Komputer generasi ketiga dengan sistem yang sedang berjalan.

Tehnologi kegita Perangkat keras komputer Mulai diimplementasikan PADA Pertengahan Tahun 1960an, DENGAN Banyak Dukungan Dari IBM . Perkembangan teknologi tergantung pada dua pengembangan, yaitu pengembangan rekaman data dan penyimpanan rekaman data, yang mana teknologi komputer saling tergantung antara kedua teknologi ini.

Pemrosesan dan penyimpanan data jangaka pendek (untuk pekerjaan yang sedang berjalan) yang digunakan oleh komputer, menjadi murni elektronik. Karena sirkuit elektronik tidak menggunakan komponen mekanis, data bus bergerak sangat cepat dan dapat dimanipulasi. Kelemahannya adalah informasi itu lenyap begitu saja.

Media magnetik dari elektronik mulai digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang, karena begitu media dimagnetisasi sesuai pola penyimpanan data, data tetap terjaga, dan bisa disimpan secara off-line dan dibaca kembali ke komputer tahan-tahun kemudian.

Kelemahannya adalah membaca dan menulis media yang dikuasai untuk diangkut secara fisik /. Dan / atau kepala yang diposisikan secara fisik.

Cara membandingkannya dengan. Dalam bentuk elektronik, proses penyimpanan magnetik lambat dan menjenuhkan, hanya bisa merekam atau mengakses informasi dalam urutan linier, yang berarti arti atau standar.

Pada tahun 1964, IBM memperkenalkan komputer model System / 360 dengan prosesor “Solid Logic Technology”, namun masih menggunakan memori inti ferit.

Baca juga :   Akankah Manusia Masih Dibutuhkan dengan Munculnya Robot-Robot Ini ?

Papan sirkuit tercetak dan teknik. Proses 4, 400 bit, pada tahun 1971 96.

Ini dimulai pada tahun 1972 oleh prosesor 8 bit 8008 yang mendukung mikrokomputer pribadi pertama, dan yang dihadirkan oleh Paul Allen dan Bill Gates dengan percombaan pemograman mikroprosesor pertama mereka (Delany 1997).

Integrasi memori  dengan chip tunggal mampu menyimpan data dalam jumlah besar.

Pada tahun 1971, IBM juga mengenalkan mesin ketik Magnetic Tape Selectric, sebuah produk yang mempelopori penerapan perangkat perekaman magnetik dan elektronika transistor untuk mengetik, dan memunculkan konsep yang sekarang dikenal sebagai pengolah kata.

Disebut sebagai “power typing”, fitur untuk merevisi teks yang tersimpan memperbaiki dokumen dengan. Tidak seperti mesin yang manual dan yang sudah selesai

Alat ini dibangun pada mesin tik elektrik elektrik sebelumnya yang sering dipakai. Perangkat input / output untuk komputer generasi awal, menggunakan pita kertas sebagai mekanisme perekaman (Eisenberg 1992).

Mikroprosesor Komputer Generasi Ketiga

Kerangka komputer generasi ketiga
Komputer generasi ketiga | Orgs-evolution-knowledge.net

Mikroprosesor Intel 4004 98 (kiri) dari 1971 – mikroprosesor. Prosesor yang memiliki 2.300 transistor, logika 4 bit dan mampu. 640 byte memori Kemudian keluar versi terbaru pada tahun 1972 dengan mikroprosesor 8008 (kanan) dengan 3.500 transistor dan 8 bit logika dan mampu mengatasi memori sebesar 16 KB.

Dengan tiga komponen yang hadir sebelum mikroprosesor: modul tabung hampa udara dari sekitar tahun 1950, transistor tunggal di papan sirkuit tercetak dari tahun 1964 yang diilustrasikan oleh da Cruz (2001). Panjang kata 4004 adalah 4 bit dengan kecepatan selang sekitar 100.000 Hz. Ini tidak berisi RAM internal.

Baca juga :   Jenis-jenis Pesawat Tempur Tercanggih Dunia Lengkap dengan Video

Dimana penyimpanan magnet diperhatikan, IBM sistemnya yang pertama kali menggunakan – RAMAC – pada tahun 1957. Berdasarkan praktik sewa IBM pada waktu dan harga yang saat ini, maka biaya $ 100.000.000 (jutaan) untuk membeli penyimpanan RAMAC sedang tersedia data gigabyte

Pada tahun 1998, biaya penyimpanan disk sekitar $ 50 per gigabyte (Gilheany 1998). IBM meluncurkan penyimpanan disket yang bisa dilepas pada tahun 1962, dengan IBM 1311.

Ini “mempercepat akhir era kartu punched”. Paket disk tunggal bisa menampung sebanyak 25.000 kartu punched (2 MB) 100. Tabel Disk / Trend menunjukkan peningkatan kapasitas penyimpanan dan ukuran media yang berkurang dari tahun 1950 sampai 2000. Apa yang tidak penting satuan satuan ini juga menjadi semakin murah.

Gilheany (1998) juga menabulasikan penurunan biaya penyimpanan tahunan untuk setiap tahun sejak tahun 1992 dan tingkat penurunan harga per unit penyimpanan sekitar 37,5 persen.

Komputer generasi ketiga
Komputer generasi ketiga | Orgs-evolution-knowledge.net

Foto di atas menunjukkan operator memuat paket disk memori IBM 1311 pada komputer IBM 1440. Dalam urutan gambar, operator membawa sebuah paket disk yang berisi enam disk memori 14 inci ke IBM 1440. Dia mengalami disk pada drive disk drive spindle, hapus penutup kemasannya, dan Unit ini siap oper.

Waktu yang dibutuhkan kurang dari satu menit. Paket disk bisa dilepas dengan cara yang sama dan disimpan seperti buku di rak perpustakaan sampai dibutuhkan lagi. Teknologi penyimpanan data ini agar pengguna untuk menyimpan paket disk terpisah untuk setiap pekerjaan.

Paket disk yang beratnya kurang dari 10 kilogram, memiliki kapasitas penyimpanan hampir 3.000.000 karakter alfanumerik. IBM 1311 disk drive dengan removable storage. Sebuah unit menelan biaya $ 90.000 ke atas untuk tambahan pada tahun 1964.

Baca juga :   Cara Cerdas Mengelola Pinterest dengan Viraltag

Karakteristik Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga
Kavindaseasath.blogspot.com
  1. IC digunakan sebagai ganti transistor pada komputer generasi ketiga;
  2. Komputer generasi ketiga lebih kecil dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi kedua;
  3. Mereka cepat dan lebih bisa diandalkan;
  4. Bahasa tingkat tinggi;
  5. Inti magnetik dan solid state sebagai penyimpanan utama;
  6. Komputer generasi ketiga mampu mengurangi waktu dan biaya perawatan yang rendah;
  7. Perangkat Input / Output menjadi lebih canggih.

Kelebihan Komputer Generasi Ketiga

Kelebihan komputer generasi ketiga
Kelebihan komputer generasi ketiga | Lifehack.org
  1. Ukuran komputer generasi ketiga lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran komputer generasi pertama dan kedua;
  2. Menghasilkan panas lebih sedikit dari pada komputer generasi sebelumnya;
  3. Komputer generasi ketiga bisa melakukan perhitungan dalam nanodetik;
  4. Biaya perawatannya rendah dibanding komputer generasi sebelumnya;
  5. Membutuhkan lebih sedikit daya dari komputer generasi pertama dan kedua;
  6. Lebih terpercaya;
  7. Tujuannya benar-benar umum;
  8. Biaya rendah;
  9. Penyimpanan yang baik.

Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

Kekurangn komputer generasi ketiga
Kekurangn komputer generasi ketiga | Webbybuzz.com
  1. Memerlukan AC untuk mendinginkan Komputer;
  2. Biaya mahal (pada saat itu).

Contoh Nama-nama Komputer Geberasi Ketiga

Komputer genersi ketiga Ibm370
Komputer generasi ketiga | Western.edu
  1. Seri IBM-360
  2. Seri Honeywell-6000
  3. PDP (Personal Data Processor)
  4. IBM-370/168
  5. TDC-316

Pemograman Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga bahasa pemograman
Gurumagazine.com.au
  1. FORTRAN-II KE IV
  2. COBOL
  3. PASCAL PL / 1
  4. DASAR
  5. ALGOL-68
  6. Dll.

Demikian Pembahasan mengenai komputer Generasi Ketiga, Yang kitd industri tahu itu komputer Generasi Penyanyi mengalmi pengembangan Yang signifikan PADA SENYAAN komputer nya dibandingkan dengan komputer Generasi sebelumnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga: Trik Mencari Teman di Facebook

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Leave a Comment