Fasilitas Mandiri Bisnis, Keuntungan, Kekurangan dan Prosedur Pembuatannya 5/5 (2)

7 min read

Fasilitas Mandiri Bisnis Keuntungan Kekurangan dan Prosedur Pembuatannya

Memiliki rekening bank merupakan salah satu fasilitas terbaik untuk menjaga aset secara aman. Terlebih lagi dalam dunia bisnis, dimana dana yang masuk maupun keluar jumlahnya cukup besar, sehingga akan sangat rentan jika tidak disimpan dalam bank.

Selain jumlah saldo atau nominal yang cukup besar, transaksi yang dilakukan dalam sebuah bisnis tentu akan lebih sering dibandingkan transaksi pribadi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Tentunya hal ini juga akan membuat perusahaan atau bisnis Anda semakin terlihat professional.

Saat ini pun sudah banyak bank yang menawarkan layanan rekening bisnis, salah satunya adalah bank Mandiri. Anda bisa memanfaatkan rekening Mandiri Bisnis dengan banyak kemudahan dan pelayanan yang lebih menarik pastinya.

Jenis rekening yang diperuntukkan khusus bagi para pebisnis ini menawarkan banyak kelebihan, dan salah satu yang paling menarik ialah menyediakan 2 jenis mata uang yang bisa digunakan, yaitu IDR dan juga USD.

Fasilitas Tabungan Mandiri Bisnis

Mengapa jenis rekening tabungan ini sangat disarankan untuk Anda para pembisnis yang kerap melakukan transaksi via bank? Tentu saja karena banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh. Benar sekali, tabungan Mandiri Bisnis sendiri memiliki beragam fasilitas menarik yang dapat memberikan keuntungan lebih bagi nasabah.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas utama yang ditawarkan tabungan bisnis Mandiri.

1. Tersedia 2 Mata Uang

Salah satu yang paling menarik yakni adanya 2 mata uang yang bisa digunakan. Dengan begitu nasabah bisa bebas memilih menggunakan mata uang yang diinginkan, baik IDR ataupun US Dollar.

Keunggulan utama dari jenis tabungan ini tentunya sangat menguntungkan nasabah, terlebih lagi bagi para pebisnis yang lingkupnya sudah antar negara. Tentunya transaksi yang terjadi tidak selalu menggunakan mata uang rupiah, dan bahkan lebih banyak menggunakan mata uang US dollar.

2. E-banking

Sebagai fasilitas tambahan bagi para nasabah, Mandiri sudah membekali jenis tabungan ini dengan fasilitas i-banking, m-banking maupun SMS banking. Fasilitas ini akan memudahkan nasabah melakukan transaksi dimana pun dan kapanpun tanpa harus pergi ke kasir bank ataupun ATM.

Biaya administrasi untuk transfer sesama bank Mandiri pun gratis, jadi sama sekali tidak akan membebani nasabah. Menariknya, setiap detail transaksi melalui i-banking, m-banking ataupun SMS banking Mandiri Bisnis bisa dilihat dengan jelas.

Jadi sekalipun Anda melakukan transaksi dalam jumlah besar, namun tak perlu lagi mengkhawatirkan detail transaksi. Selain itu mutasi atau pencatatan transaksi juga bisa diakses dengan mudah tanpa harus mencetak buku tabungan terlebih dahulu.

3. Dilengkapi Kartu Debit

Meskipun sudah disediakan layanan e-banking Mandiri, namun bank Mandiri tetap memberikan fasilitas Kartu Mandiri Debit pada nasabah. Fasilitas ini difungsikan untuk alat penarikan dana, transfer ataupun transaksi lain melalui ATM.

Cara penggunaan dan ATM yang bisa digunakan pun sama dengan ATM untuk jenis rekening tabungan lain. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya di seluruh daerah di Indonesia.

Biaya transfer yang ditetapkan untuk transaksi melalui Kartu Mandiri Debit pun sama seperti transaksi melalui layanan e-banking, yakni gratis biaya transfer ke sesama Mandiri.

Baca juga :   Cek Tagihan Listrik? Ini Tips Menghemat Listrik dan Alat Modern Untuk Menghemat Energi Listrik

Tiga fasilitas utama di atas bisa langsung Anda dapatkan begitu membuka rekening dengan setoran awal 1 juta. Sementara untuk fasilitas e-banking sendiri Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu melalui Teller bank Mandiri. Prosesnya sendiri sangat mudah dan cepat, jadi dijamin tak akan merepotkan nasabah.

Keuntungan Menggunakan Mandiri Bisnis

Selain menawarkan fasilitas yang begitu beragam, tabungan ini juga memberikan banyak keuntungan bagi nasabahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Mandiri Bisnis.

1. Langkah Mudah Mengontrol Keuangan

Untuk menjaga kestabilan bisnis, keuangan menjadi kunci utama yang perlu dikontrol dengan baik. Dengan control yang maksimal, sebuah bisnis akan mampu menjaga asetnya secara lebih baik.

Berbanding terbalik dengan bisnis yang tak memiliki kontrol keuangan secara baik, maka perkembangannya akan terancam bahkan bisa berpotensi menyebabkan kebangkrutan.

Oleh sebab itu, pihak bank Mandiri menawarkan fasilitas unggulan bagi para pebisnis yang membutuhkan media untuk penyimpanan dana perusahaan sekaligus sebagai media untuk pengontrolan dana.

2. Keamanan Terjamin

Sudah bukan hal aneh jika nominal saldo dari rekening bisnis jauh lebih besar dibandingkan dengan nominal saldo pada rekening pribadi. Hal ini bisa terjadi karena aset perusahaan memang kerap kali lebih besar, dan tingginya transaksi yang dilakukan setiap hari, minggu atau bulannya.

Dengan nominal saldo yang begitu besar dan transaksi yang relatif sering, tentunya nasabah membutuhkan rekening tabungan dengan keamanan terbaik. Seperti Mandiri Bisnis ini yang sudah memberikan jaminan keamanan terbaik.

Dengan begitu Anda tak perlu khawatir dengan dana Anda di rekening. Berbagai percobaan pembobolan ataupun masalah keamanan lain sudah diantisipasi sebaik mungkin oleh pihak bank Mandiri.

3. Transaksi Lebih Rinci

Berbeda dengan transaksi yang Anda lakukan bersama keluarga, semisal seorang suami transfer ke istri. Transaksi semacam ini biasanya tak membutuhkan rincian detail karena menyebabkan untung rugi pada salah satu pihak.

Akan tetapi berbeda halnya ketika transaksi terjadi antar perusahaan, tentunya rincian yang detail harus ada. Semua transaksi yang terjadi baik masuk ataupun keluar harus memiliki rincian yang jelas, mulai dari nominal, penerima atau pengirim, detail transaksi, tanggal dan waktu transaksi serta lainnya.

Dengan detail transaksi yang begitu rinci, permasalahan yang berkaitan dengan dana akan terminimalisir. Semisal masalah dana perusahaan yang berkurang atau tidak sesuai dengan pembukuan.

Masalah seperti ini akan lebih mudah dipecahkan melalui rincian transaksi tersebut. Cara mengakses detail transaksi secara rinci pun sangat mudah, Anda bisa melihatnya melalui layanan e-banking ataupun melalui cetak buku tabungan secara masal.

4. Kemudahan Transaksi

Selain keamanan rekening, fasilitas lain yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis atau perusahaan ialah layanan bank yang memudahkan transaksi. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, jika Mandiri Bisnis pun sudah dilengkapi dengan fitur e-banking.

Dengan fitur ini nasabah dapat melakukan transaksi kapans aja dan dimana saja tanpa harus mencari kantor bank Mandiri ataupun ATM bank Mandiri. Jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui fitur e-banking pun sangat beragam, mulai dari cek saldo, cek mutasi rekening, transfer dan lain sebagainya.

Beberapa jenis transaksi utama tersebut juga berfungsi untuk control keuangan perusahaan. Dengan memanfaatkan fitur mutasi rekening dan info saldo, nasabah bisa melakukan pengecekan dana sewaktu-waktu tanpa harus repot mencetak buku tabungan.

5. Bonus dan Hadiah

Siapa sih yang tak tertarik dengan bonus dan hadiah? Tampaknya semua orang sangat suka dengan yang namanya bonus dan hadiah. Nah dari jenis tabungan bisnis ini, nasabah pun bisa mengumpulkan bonus dan hadiah menarik lho.

Perhitungannya sendiri cukup simple, dimana nasabah akan mendapatkan bonus dari perhitungan poin yang diberlakukan setiap kali melakukan beragam transaksi dengan nominal tertentu. Selanjutnya poin tersebut akan diakumulasi hingga bisa ditukarkan dengan reward yang sudah disiapkan oleh pihak bank Mandiri.

Baca juga :   5+ Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar Beserta Ulasan Lengkapnya

Yakin masih tidak tertarik membuat rekening Mandiri Bisnis untuk usaha Anda? Disini tentu Anda akan dibantu mengelola keuangan perusahaan secara lebih mudah, praktis dan tentunya penuh keamanan. Jadi rasanya tak ada alasan lagi untuk Anda tak memanfaatkan layanan tabungan spesial dari Mandiri ini.

Kekurangan dari Tabungan Mandiri Bisnis

Walaupun digadang-gadang memiliki begitu banyak sisi menarik yang menguntungkan nasabah, namun jenis tabungan bisnis dari bank Mandiri ini masih memiliki beberapa kelemahan yang bisa dikatakan sebagai kekurangannya.

Apa sajakah kekurangan dari tabungan Mandiri Bisnis? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Minimum Saldo

Salah satu kelemahan jenis tabungan ini adalah adanya penetapan minimum saldo untuk setiap nasabah. Dimana Mandiri menetapkan nominal sebesar Rp. 10.000.000 sebagai saldo minimum setiap akhir bulan.

Lalu apa yang akan terjadi jika ternyata saldo Anda kurang dari saldo minimum yang sudah ditetapkan tersebut? Anda akan mendapatkan potongan biaya administrasi sebagai bentuk sanksi atau retribusi nasabah untuk pihak bank.

Tentunya jumlah minimum saldo tersebut bisa dikatakan cukup besar untuk bisnis kelas menengah ke bawah. Oleh sebab itu, kalangan pebisnis kelas menengah ke bawah masih berpikir berkali-kali untuk membuka tabungan bisnis ini.

Selain saldo minimum sebesar 10 juta rupiah, Mandiri juga menetapkan tambahan saldo sebesar Rp. 10.000. memang penahanan saldo tersebut cukup kecil dan bisa dikatakan tidak seimbang dengan jumlah minimum saldo yang harus ada setiap bulannya.

2. Potongan Biaya

Beragam fasilitas yang ditawarkan bank Mandiri seakan tidak gratis begitu saja. Ada beberapa membayar untuk biaya penitipan uang ataupun media untuk bersosialisasi melalui dunia maya.

Jumlah potongan biaya yang ditetapkan untuk rekening Mandiri Bisnis pun lebih besar dibandingkan potongan biaya untuk rekening milik pribadi. Beberapa biaya yang akan dipotongkan rutin setiap bulan dari saldo tabungan rekening antara lain ada:

  • Potongan biaya administrasi jika saldo rekening ANda kurang dari saldo minimum yang sudah ditentukan yaitu Rp. 10.000.000. jumlah potongan untuk biaya admin ini adalah Rp. 25.000.
  • Potongan biaya admin rutin yang wajib dibayarkan setiap bulannya yaitu Rp. 12.500. potongan ini akan tetap diberlakukan meskipun jumlah saldo rekening Anda lebih dari jumlah minimal yang ditentukan.

Potongan biaya administrasi di atas hanya bisa dibayarkan dengan memotong saldo rekening dan tidak dapat dibayarkan secara cash. Jadi untuk menghindari pemotongan biaya admin sebesar Rp. 25.000, pastikan jika saldo rekening Anda selalu lebih dari Rp. 10.000.000.

Jika dicermati lebih dalam dari ulasan di atas, mungkin Anda akan merasakan jika potongan biaya administrasi untuk jenis rekening tabungan ini lebih besar dibandingkan dengan rekening pribadi. Akan tetapi perlu Anda ketahui jika suku bunga pertahun yang bisa Anda dapatkan juga cukup besar.

Dari hitungan persentase, jumlah suku bunga pertahun yang akan didapatkan oleh nasabah yakni sebesar 0.80%. jumlah tersebut bisa dikatakan cukup besar mengingat saldo rekening Anda pun relatif banyak dan tak pernah memasuki jumlah limit.

Pembuatan dan Biaya Lain-Lain untuk Jenis Tabungan Mandiri Bisnis

Nah bagi Anda yang ingin membuka tabungan bisnis dan mungkin masih belum mengetahui apa syarat dan langkah-langkahnya, sebenarnya tak ada yang jauh berbeda dengan langkah membuka rekening pribadi.

Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Datang ke Kantor Bank Mandiri

Salah satu bank terbesar di Indonesia ini sudah memiliki begitu banyak cabang di seluruh Indonesia. Hampir di setiap kota kabupaten terdapat kantor bank Mandiri yang dapat Anda kunjungi untuk melakukan pendaftaran rekening. Bahkan tak jarang dalam satu kota terdapat lebih dari satu kantor bank Mandiri.

Baca juga :   Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Beserta Jenis dan Keuntungannya

Setelah menemukan kantor bank Mandiri terdekat, langsung tanyakan pada satpam bagaimana prosedur pendaftaran atau pembuatan rekening Mandiri Bisnis. Selanjutnya satpam akan mengarahkan Anda untuk mengambil nomor antrian teller dan Anda harus menunggu beberapa saat hingga masuk ke giliran Anda.

2. Daftar di Teller Bank

Jika sudah berada di teller bank, Anda bisa mengutarakan keinginan Anda untuk membuat rekening bisnis. Maka teller akan memberikan formulir yang harus diisi dengan data seperti nama perusahaan, alamat dan lain sebagainya.

Saat mendaftar di teller, pastikan juga Anda sudah membawa seluruh berkas yang dibutuhkan, yakni berupa berkas-berkas penting perusahaan dan juga berkas pribadi Anda sebagai pemilik atau pengurus perusahaan (jika dibutuhkan).

Berkas-berkas tersebut dibutuhkan oleh pihak bank untuk verifikasi dan juga pertanggungjawaban. Sehingga semua berkas yang diajukan harus masih dalam masa berlaku (jika sudah habis masa berlakunya tidak bisa digunakan atau harus diperpanjang terlebih dahulu).

3. Setoran Awal

Setelah semua berkas masuk dan pendaftaran rekening diproses, selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal minimum Rp. 1.000.000. Memang jumlah saldo awal atau setoran awal ini lebih banyak dibandingkan dengan minimal setoran awal untuk rekening pribadi yang hanya Rp. 500.000 saja.

Tapi tak perlu khawatir, setoran awal ini nantinya akan masuk ke saldo rekening Anda sehingga bisa digunakan untuk melakukan transaksi sesuai kebutuhan. Jadi uang yang Anda setorkan tidak akan digunakan untuk biaya pendaftaran ataupun administrasi.

4. Usia Nasabah

Satu lagi yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin membuka rekening Mandiri Bisnis, yakni usia nasabah. Untuk rekening bisnis ini nasabah harus berumur minimal 18 tahun dan maksimal 65 tahun.

Jika persyaratan umur tersebut tidak terpenuhi, maka pengajuan pembuatan rekening pun tak bisa diproses oleh pihak bank.

5. Rekening Jadi

Terakhir, Anda akan diminta tanda tangan lengkap dengan stempel perusahaan dan rekening pun sudah bisa digunakan. Dalam saat bersamaan, Anda juga akan langsung diberi kartu Debit untuk keperluan transaksi. Namun kartu debit ini bisa digunakan setelah aktivasi yang kadang bisa memakan waktu sampai 24 jam.

Selain itu, Anda juga bisa langsung meminta aktivasi e-banking di teller yang sama. Teller akan memandu Anda melakukan pendaftaran e-banking. Selain itu beberapa teknik penggunaan e-banking juga akan dijelaskan secara singkat.

Semisal Anda ingin mengganti password untuk m-banking. Kemudian cara transaksi menggunakan e-banking, cara cek saldo dan lain sebagainya. Jika masih ada yang belum Anda pahami, Anda bisa meminta teller untuk menjelaskan lebih rinci.

*

Masih merasa kesulitan untuk membuat Mandiri Bisnis? Jangan tunda-tunda lagi dan segera buat rekening bisnis Anda sekarang juga. Perlu ditekankan sekali lagi jika pemisahan antara dana pribadi dan dana bisnis itu sifatnya wajib.

Anda tak bisa menggabungkan antara dana milik pribadi dengan dana perusahaan, karena ini akan mengganggu kestabilan keuangan perusahaan. Selain itu penggabungan dana pribadi dan perusahaan juga akan menyulitkan proses pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *