Cek Tagihan Listrik? Ini Tips Menghemat Listrik dan Alat Modern Untuk Menghemat Energi Listrik 5/5 (5)

7 min read

Cek Tagihan Listrik Tips Menghemat Listrik dan Alat Modern Untuk Menghe

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sebagai penerangan di malam hari. Tanpa adanya listrik rumah akan gelap dan membuat aktivitas malam terasa kurang nyaman.

Untuk dapat menikmati penerangan dari listrik ini, Anda harus membayar tagihan rekening listrik yang dibayarkan setiap bulannya. Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik setiap saat agar bisa mengetahui seberapa banyaknya pemakaian listrik Anda.

Berbicara tentang cek tagihan listrik, kini pengecekan pemakaian listrik bisa dilakukan secara lebih mudah hanya dengan menggunakan Psaja loh! Bagaimana ya caranya? Ingin tahu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Rekening Listrik

Bagi Anda yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber penerangan pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan yang satu ini, rekening listrik. Bagi setiap pengguna tenaga listrik akan mendapatkan tagihan rekening listrik setiap bulannya. Lalu apa pengertian rekening listrik itu sendiri? Dapatkah Anda menjawabnya?

Pengertian secara singkatnya, rekening listrik merupakan tagihan biaya yang harus dibayar dari pemakaian energi listrik, berisi jumlah pemakaian energi listrik yang diakumulasikan dalam satu bulan.

Di dalam rekening listrik Anda dapat melihat detail pemakaian energi listrik secara lebih jelas. Anda harus membayar tagihan listrik ini sesuai dengan catatan yang ada dalam rekening listrik. Saat Anda sudah membayarkan tagihan rekening listrik yang diberikan dalam sebuah kertas, petugas pembayaran iuran listrik akan memberikan tanda bahwa Anda sudah melunasinya.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda menyimpan catatan pembayaran tersebut sebagai bukti bahwa Anda sudah membayarkan tagihan pemakaian listrik. Jika terjadi penarikan pembayaran kembali dalam bulan yang sama, catatan yang telah disimpan tadi bisa dijadikan bukti bahwa pembayaran sudah pernah dilakukan dalam satu bulan itu.

Listrik Prabayar dan Pascabayar

Sebelum menuju pembahasan yang lebih inti yaitu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek tagihan listrik, ada baiknya Anda memahami info penting yang satu ini, yaitu perbedaan listrik prabayar dan pascabayar beserta keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Apa itu listrik prabayar dan pascabayar dan apa keunggulannya masing-masing dari kedua cara ini?

1. Listrik Prabayar

Pembahasan yang pertama adalah mengenal apa itu listrik prabayar. Bagi yang yang sudah menggunakannya pasti sudah tau apa yang disebut dengan listrik prabayar. Namun bagi sebagian kalangan masih belum memahami bagaimana perbedaan listrik prabayar dan listrik pascabayar.

Saat ini sudah banyak rumah yang memutuskan untuk beralih ke sistem penggunaan listrik prabayar. Sambungan listrik prabayar merupakan salah satu layanan listrik dari PLN atau Perusahaan Listrik Negara dimana Anda bisa mengatur sendiri pemakaian listrik sesuai budget yang dimiliki. Dalam arti Anda mau menggunakan banyak atau sedikitnya tenaga listrik di rumah bisa dimanajemen sendiri.

Sistem pembayaran untuk listrik prabayar ini sama dengan pembelian pulsa untuk simcard di ponsel genggam Anda. Orang lebih mengenal listrik prabayar ini dengan sebutan pulsa listrik. Jika Anda ingin menggunakan listrik maka Anda harus mengisinya dengan pulsa listrik, jika pulsa listrik habis maka Anda harus melakukan pengisian ulang.

Mirip sekali bukan dengan sistem isi ulang pulsa untuk ponsel genggam? Bedanya jika Anda melakukan pengisian pulsa di Hp untuk keperluan sms, telepon atau pemaketan data internet, sedangkan pulsa listrik ini dikhususkan untuk pemakaian daya listrik. Bagi Anda yang ingin mengatur sendiri jumlah pemakaian listrik maka cara ini sangat tepat digunakan.

Baca juga :   Jenis Kertas Stiker yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan dengan menggunakan sistem listrik prabayar ini. Berikut beberapa keunggulan listrik prabayar.

  • Keamanan Terjamin

20 digit pulsa listrik hanya bisa digunakan di meteran listrik Anda, sehingga keamanannya sangat terjamin dari penggunaan listrik secara manual.

  • Kecilnya Risiko Kesalahan Pencatatan

Jika dengan cara manual bisa saja petugas listrik melakukan kesalahan dalam pencatatan, namun jika dengan listrik prabayar ini tidak akan terjadi kesalahan pencatatan karena akan secara otomatis.

  • Rekomendasi Untuk Kos atau Kontrakan

Penggunaan listrik prabayar ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kontrakan atau rumah kos.

  • Tidak Ada Denda Telat Bayar

Anda sendiri yang mengatur banyaknya pemakaian listrik sehingga tidak ada yang akan mendenda karena telat bayar. Jikalau pun tidak memiliki biaya untuk membeli pulsa listrik Anda bisa memutuskan untuk hidup tanpa listrik beberapa saat.

  • Pemakaian Bisa Ditentukan

Pelanggan listrik prabayar ini bisa menentukan sendiri banyaknya jumlah konsumsi tenaga listrik setiap bulannya.

Selain beberapa keunggulan di atas, penggunaan listrik prabayar juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika pemakaian daya listrik terlalu besar maka listrik bisa tiba-tiba mati dari kisaran yang Anda perkirakan, sehingga sebaiknya Anda memiliki voucher pulsa listrik cadangan.
  • Meteran listrik prabayar sifatnya lebih sensitif dan mudah terjadi kerusakan.

2. Listrik Pascabayar

Jika tadi sudah mengetahui beberapa keunggulan dan kelemahan dari pemakaian listrik prabayar, lalu bagaimana sih perbedaannya dengan listrik pascabayar?

Sistem layanan listrik pascabayar ini merupakan layanan listrik dimana tagihan listriknya per bulan dan sistem pembayarannya setelah listrik digunakan. Pembayaran listrik bisa dilakukan secara langsung lewat loket ataupun dengan menggunakan sistem online dengan aplikasi khusus atau smartphone saja.

Keunggulan Listrik Pascabayar

Penggunaan listrik pascabayar ini memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai berikut:

  • Listrik selalu tersedia, tidak ada risiko tiba-tiba listrik mati karena kehabisan pulsa listrik seperti penggunaan listrik prabayar
  • Anda tidak perlu repot-repot memikirkan untuk melakukan pengisian ulang pulsa listrik.

Kelemahan Listrik Pascabayar

Selain dua keunggulan di atas, pemakaian listrik pascabayar juga memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:

  • Jika menunggak pembayaran setiap bulannya, Anda bisa dikenakan denda bahkan pemadaman listrik.
  • Jika kurang hati-hati dalam pemakaian, maka Anda bisa kaget karena terjadi pemakaian listrik yang overbudget
  • Petugas PLN harus datang ke rumah Anda untuk melakukan cek tagihan listrik meteran, namun saat ini Anda juga bisa melakukan pengecekan pemakaian tenaga listrik via online.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Saat ini hampir semua hal bisa dilakukan online. Pemanfaatan sistem online yang hanya mengandalkan jaringan internet ini memang memberikan kemudahan ekstra untuk berbagai kegiatan. Bahkan untuk melakukan cek tagihan listrik PLN pun bisa Anda lakukan dengan sistem online tanpa menunggu kedatangan petugas PLN untuk mengecek pemakaian listrik Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek tagihan listrik ini, mulai dari pemakaian aplikasi khusus, sms hingga jaringan internet. Dulu mengecek jumlah pemakaian listrik bisa dilakukan dengan berlangganan email e-billing, saat ini layanan tersebut sudah tidak ada lagi.

Jika Anda sekarang mencoba mengakses link untuk mengakses e-billing di www.pln.co.id/info-rekening/ kemudian akan diarahkan untuk masuk ke beranda situs pln.co.id.

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Cara yang pertama adalah melakukan cek tagihan listrik hanya dengan mengandalkan telepon genggam. Anda bisa menghubungi PLN untuk cek tagihan listrik yaitu di nomor 123. Sedangkan jika Anda menggunakan maka formatnya adalah kode area, misalnya jika berada di Jakarta maka formatnya adalah 021-123.

Jika sudah terhubung, silahkan Anda ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan telepon ke layanan call center PLN dikenakan tarif normal. Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja karena layanan call center PLN dibuka 1×24 jam nonstop.

Baca juga :   Pengertian Debit dan Kredit dalam Laporan Keuangan

Cara cek tagihan listrik yang satu ini sangat mudah, praktis dan tidak merepotkan. Pastikan Anda memiliki sedia pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan supaya pembicaraan tidak terputus sebelum selesai.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Website

Cara cek tagihan listrik juga bisa Anda lakukan dengan mengunjungi sebuah alamat website. Anda tidak akan mengunjungi website milik PLN tetapi hasil pengecekan tetap akurat dan dapat dipercaya. Untuk melakukan cek tagihan listrik via website ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Masuk ke laman www.cekbil.com/cek-tagihan-listrik-online
  • Anda akan menemukan kolom untuk pengisian ID
  • Masukkan ID pelanggan PLN
  • Masukkan 6 digit captcha lalu klik “cek tagihan”
  • Nominal tagihan listrik Anda akan muncul.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS

Cara cek tagihan listrik yang ketiga merupakan cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan pesan singkat atau SMS. Dengan cara yang ketiga ini Anda tidak memerlukan telepon pintar, menggunakan telepon jadul juga bisa kok! Layanan cek tagihan listrik via sms ini tersedia untuk pengguna simcard Telkomsel, XL, Indosat dan T-Flexi.

Adapun format yang bisa Anda gunakan untuk cek tagihan listrik via SMS ini adalah sebagai berikut:

  • REK(spasi)No ID Pelanggan Kirim ke 8123

Bagi Anda yang ingin berlangganan SMS Secara otomatis bisa mengirimkan pesan dengan format:

  • PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan Kirim ke 8123

Jika Anda ingin berhenti berlangganan untuk layanan ini, silahkan mengirimkan pesan dengan format:

  • PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan Kirim ke 8123

Hanya saja cek tagihan listrik dengan cara yang satu ini tidaklah gratis. Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 500 untuk setiap pengiriman pesan, apapun operator seluler yang digunakan.

Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi

Yang terakhir, Anda bisa melakukan cek tagihan listrik dengan menggunakan aplikasi khusus. Tentu saja layanan PLN tidak mau ketinggalan untuk dengan kemajuan teknologi demi memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya. PLN memiliki aplikasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan.

Aplikasi ini bernama PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PT. PLN yang dihadirkan guna memudahkan para pengguna PLN untuk melakukan pengecekan tagihan listrik. Untuk dapat menggunakan aplikasi cek tagihan listrik PLN ini ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu seperti di bawah ini:

  • Pertama, Anda harus mendownload aplikasi PLN Mobile lewat Google PlayStore
  • Setelah aplikasi terdownload, lakukan instalasi aplikasi PLN Mobile di smartphone android
  • Lakukan juga set up profil untuk mendaftar
  • Jika Anda menggunakan aplikasi lama maka bisa berpindah ke aplikasi PLN Mobile
  • Untuk pengguna baru, Anda bisa mengklik “Daftar” kemudian isi semua data yan diminta, klik “Simpan”
  • Selanjutnya, Anda tinggal Log In setiap kali ingin menggunakan aplikasi cek tagihan listrik atau aplikasi PLN Mobile ini maka profil beserta tagihan listrik secara otomatis akan muncul
  • Bagi Anda yang masuk tanpa login dan tidak memiliki profil, bisa memilih “Masuk Tanpa Login” lalu klik ikon “Informasi’’
  • Anda akan diarahkan ke pilihan halaman informasi apa yang Anda inginkan
  • Untuk mengetahui informasi cek tagihan listrik, klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
  • Selanjutnya Anda akan melihat pop up yang meminta informasi nomor pelanggan atau IDPEL atau nomor meteran Anda, lalu klik “Cari”
  • Jumlah tagihan listrik akan muncul di layar smartphone Anda.

Selain berguna untuk melakukan cek tagihan listrik, aplikasi PLN Mobile juga berguna untuk layanan PLN lainnya seperti melihat transaksi token, lokasi pembayaran terdekat, pemakaian kwh listrik dan juga status pengaduan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik bulan lalu jika sudah lupa tetapi ingin mengetahuinya kembali.

Baca juga :   11+ Contoh Surat Permohonan Berbagai Bidang yang Benar dan Berkualitas

Cara Menghemat Listrik

Mengingat listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan sedangkan pemakaiannya berbayar, maka sebaiknya Anda harus pandai-pandai dalam menghemat penggunaan energy listrik. Karena kebutuhan rumah tangga sangatlah beragam dan semuanya itu penting.

Salah satu cara menghemat pengeluaran rumah tangga adalah dengan menghemat penggunaan energi listrik. Selain boros biaya, tidak baik juga kan menggunakan sesuatu secara berlebihan? Dengan berhemat pemakaian listrik berarti Anda sudah berupa menekan kebutuhan rumah tangga yang beragam jenisnya dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini sebagai upaya menghemat pengeluaran biaya listrik:

  • Gunakan listrik prabayar agar penggunaan bisa dimanajemen sendiri
  • Cabut kabel dan peralatan elektronik yang menggunakan energi listrik saat sedang tidak digunakan
  • Nyalakan lampu seperlunya, bila perlu gunakan lampu yang hemat energi
  • Gunakan AC atau pendingin ruangan dengan bijak
  • Jika Anda menggunakan mesin cuci, pilihlah mesin cuci dengan fitur sesuai kebutuhan
  • Minimalisir penggunaan dispenser
  • Gunakan kulkas dengan bijak
  • Pilih setrika yang memiliki kemampuan mengatur panas otomatis
  • Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan ketika tidur
  • Gunakan ventilasi udara yang baik
  • Gunakan listrik seperlunya sesuai kebutuhan
  • Matikan peralatan elektronik dengan daya listrik jika sedang tidak digunakan
  • Gunakan alat khusus untuk menghemat listrik.

Alat-Alat Untuk Menghemat Listrik

Selain beberapa upaya di atas yang bisa dilakukan secara manual dalam menghemat pemakaian energi listrik, Anda juga bisa meminimalisir penggunaan energy listrik dengan bantuan alat-alat penghemat listrik seperti di bawah ini;

  • Original home electric saver atau alat penghemat listrik 5500-8800 Watt
  • I-SORJ Soft Starter 2A/440 Watt atau alat untuk penghemat listrik tarikan awal
  • Menghemat listrik dengan Dragon Power
  • HANNESC Intelligent Power Server
  • Enter Indonesia Alat Penghemat Listrik
  • Labanja Kingsaver Penghemat Listrik
  • Penghemat Listrik Merk Power Star Saver Energy Stabilizer PLN
  • Penghemat Listrik Zenco 40A
  • Lumina Penghemat Listrik Teknologi Germany
  • Alat Penghemat Listrik HES Type 1 (450 Watt-1.300 Watt).

Itulah informasi yang telah disajikan secara lengkap dan akurat tentang beberapa cek tagihan listrik, cara menghemat energi listrik serta beberapa peralatan modern yang bisa Anda gunakan untuk menekan biaya pemakaian listrik di rumah. Semoga bermanfaat!

 

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *