Manfaat Kayu Jati dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

Manfaat kayu jati bagi manusia banyak sekali, kita sering menjumpai kayu jati di sekitar kita digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah, seperti : pintu, jendela, atap, meja, kursi dan masih banyak lagi.

Selain kegunaan kayu jati yang begitu banyak, daun pohon jati juga sering dimanfaatkan oleh warga untuk aktifiatas keseharian mereka.

Pohon Jati sendiri merupakan salah satu pohon penghasil kayu berkwalitas tinggi. Pohon Jati memiliki batang yang besar, lurus, dan dapat tumbuh hingga mencapai 30-40 meter. Memiliki daun yang lebar, apabila musim kemarau daun Jati akan berguguran.

Pohon Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan yang rendah 1500-2000 mm per tahun dan dapat tumbuh di daerah dengan suhu udaha yang panas 27-36 °C. Tanah yang bagus untuk pertumbuhan pohon Jati adalah tanah dengan pH 4.5-7 dan tidak dibanjiri dengan ari. Pohon Jati memiliki daun yang lebar sekitar 30-60 cm dan berbentuk elips.

Kayu Jati mengandung seperti minyak dan endapan di dalam sel-sel kayu senigga bisa awet digunakan outdoor meski tanpa dilapisi dengan vernis, kayu Jati akan semakin awet apabila dipakai di dalam ruangan.

Manfaat Kayu Jati Untuk Membuaat Kapal Laut

manfaat kayu jati untuk kapal

googleusercontent.com

Kayu Jati sejak dulu sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kapal oleh para penjajah, terutama saat penjajahan Belanda. Banyak kapal-kapal VOC yang terbuat dari Kayu Jati yang melayani pelayaranan antar samudra di abad ke-17.

Sebelum itu kayu Jati juga sudah dimanfaatkan nelayan setempat untuk membuat perahu untuk menangkap ikan.

Manfaat Kayu Jati Untuk Rumah

manfaat kayu jati untuk rumah

trendir.com

Kayu Jati merupakan kayu yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan rumah dengan segala perabotannya.

Kalau Anda mengunjungi daerah pedesaan terutama daerah utara Jawa Tengah, Anda akan menemukan banyak banyak rumah-rumah yang dibangun menggunakan kayu Jati dari pondasi, dinding, sampai atapnya.

Penggunaan kayu Jati sebagai rumah menggunakan kayu Jati dinilai lebih murah dan lebih awet. Hal ini juga mempertimbangkan kondisi tanahnya yang kering dan tidak stabil. Apabila musim hujan, tanah menjadi becek, sedangkan musim kemarau tanahnya kering dan terkarang bergeser.

Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu Jait sebagai rumah-rumah menjadi sebuah trend baru. Terbukti banyak tempat wisata dan villa yang menggunakan rumah kayu sebagai rumah peristirahatan.

Kayu Jati untuk Tiang Rumah

manfaat kayu jati untuk tiang

rumahgrobogan.wordpress.com

Tiang rumah memiliki peranan penting untuk berdirinya bangunan rumah kita. Selain bermanfaat menyangga rumah, tiang rumah juga bisa diberi sentuhan seni sehingga rumah Anda akan terlihat lebih indah. Dengan diberikan desikit sentuhan seni pada tiang rumah Anda, maka akan terlihat lebih impresif, menarik dan ikonik.

Kayu Jati Untuk Dekorasi Outdoor

manfaat kayu jati untuk dekorasi outdor

nytexas.com

Kelebihan kayu jati yakni memiliki hue emas indah finish yang alami. Kayu ini memiliki alam perlawanan terhadap unsur-unsur cuaca. Setelah terkena hujan dan sinar matahari, kayu jati akan berubah warna menjadi silver abu-abu yang indah, sehingga dekorai outdor dengan kayu jati akan terlihat elegan.

Kayu Jati untuk Lantai

manfaat kayu jati untuk lantai

vasileflooring.com

Manfaat kayu jati selanjutnya adalah sebagai lantai atau parket. Parket sendiri adalah jenis kayu yang menutupi sebagian lantai rumah, sehingga lantai rumah tidak lagi menggunakan keramik atau tegel yang keras dan licin. Penggunaan kayu sebagai lantai pastinya akan menambah estetika dekorasi rumah Anda.

Manfaat Kayu Jati untuk Gazebo

manfaat kayu jati untuk gazebo

pinimg.com

Rumah yang cantik nan sejuk pasti menjadi idaman setiap kelaurga. banyak keluarga yang membuat taman agar rumah terlihat sejuk. Tapi kalau Anda memiliki lingkungan yang terbatas, membangun gazebo di halaman ada merupakan solusinya.

Gazebo bia memjadi aksesoris perlengkapan sekaligus pemanis dalam sebuah taman atau rumah. Anda bisa bersantai atau berkumpul dengan anak-istri untuk menambah kehangatan keluarga.

Manfaat Kayu Jati Untuk Bantalan Rel Kereta

manfaat kayu jati untuk rel kereta

christianitymalaysia.com

Kayu Jati yang memiliki ketahanan yang tinggi dan sifat jati yang kertas, membuat kayu ini banyak digunakan sebagai bantalan rel kereta api sejak penjajahan Belanda.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu jati sebagai bantalan rel kereta api telah digantikan dengan beton yang lebih tahan lama.

Manfaat Kayu Jati Untuk Rangka Konstruksi Jembatan

manfaat kayu jati untuk jembatan

westernwoodstructures.com

Selemu banyaknya pembuatan jembatan dengan besi dan beton, kayu jati menjadi bahan utama untuk membuat jembatan. Bahkan beberapa jembatan yang dibuat menggunakan kayu jati 20 tahun yang lalu masih bisa diguanakan sampai sekarang.

Kayu Jati untuk Gitar

manfaat kayu jati untuk gitar

monolithguitars.com

Kayu jati atau bisa disebut sebagai Teak Wood ternyata juga bisa digunakan untuk membaut gitar. Dengan perpaduan Top Solid Sitka Spruce tampilan gitar akan terlihat garang dan berkarakter volume high, bright dan low bas.

Kayu Jati untuk Aquascape

manfaat kayu jati untuk aqua space

duniaair.com

Keindahan aquarium sepertinya kurang lengkap rasanya apabila belum terdapat kayu di dalamnya. Penempatan kayu pada aquarium selain bisa menambah keindahan, juga bisa digunakan sebagai media untuk media tumbuh tanaman air. Salah satu kayu yang cocok digunakan hiasan aquaspace adalah kayu jati.

Bagaian dari kayu jati yang banyak digunakan untuk membuat aquaspace adalah pada bagian akar. Berbagai macam bentuk yang unik-unik diahasilkan dari akan pohon jati sehingga aquarium terlihat lebih naturan dan kita dengan mudah menempelkan moss pada kayu.

Kayu Jati untuk Tangga

manfaat kayu jati untuk tangga

bennettstaircompany.com

Kalau Anda memiliki rumah minimalis, kebanyakan pasti Anda menjadikan rumah Anda menjadi dua lntai dan Anda membutuhkan tangga untuk bisa naik ke lantai dua.

Agar tangga Anda terlihat leih elegan dan mewah, Anda bisa menggunakan kayu jati sebagai pelapis tangga Adan. Dibandingkan dengan tangga dari beton atau besi, sewaktu-waktu tangga Anda bisa berkarat dan melaukai Anda.

Manfaat Kayu Jati untuk Mubel dan Furniture

manfaat kayu jati untuk mubel dan furniture

jeparafurniture.co.id

Kayu jati yang memiliki sifat mudah kuat dan mudah diukir, membuat kayu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan mubel dan furniture yang bernilai tinggi.  

Beberapa contoh muber dan furnitur yang terbuat dari kayu jati seperi : meja tamu, kursi, kusen, pintu, jendl, lemari pakaian, tempat tidur dan masih banyak lagi

Manfaat Pohon Jati Lainnya

Selain batangnya yang memiliki banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, ternyata bagian-bagian lain dari pohon jati juta memiliki banyak manfaat yang bisa kita guakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa manfaat pohon jati lainnya seperti :

Digunakan sebagi Vernir (vener)

Vernir merupaka pelapis permukaan kayu yang bisa membuat tampilan kayu lebih bagus dan tahan lama.

Digunakan untuk bahan bakar perapian

Ranting-ranting kayu jati yang tidak terlalu besar banyak diekspor ke mancanegara untuk perapian, terutama pada daerah dingin bersalju. Kayu jati memberikan panas yang tinggi dan tahan lama sehingga sangat cocok digunakan sebagai perapian.

Dalam industri kayu sekarang, jati diolah menjadi venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal; serta dijadikan keping-keping parket (parquet) penutup lantai. Selain itu juga diekspor ke mancanegara dalam bentuk furniture luar-rumah
Ranting-ranting jati dimanfaatkan sebagai kayu bakar kelas satu. Kayu jati menghasilkan panas yang tinggi, sehingga dulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap.

Daun pohon jati digunakan sebagai pembungkus

Di daerah Jawa, sebagian masyarakat masih menggunakan daun jati sebagi pembungkus makanan. Bentuknya yang lebar dan ramah lingkungan, membuat bungkus nasi dari daun pohon jati tidak tergantikan.

Penggunaan daun pohon jati sebagai pembungkus nasi banyak ditemukan di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Nasi yang dibungkus dengna daun pohon jati akan terasa lebih nikmat.

Selain dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi, dauh jati juga bisa dimanfaatkan sebagi pewarna alami yang bisa menghasilkan warna merah, jati penggunaan pewarna sintetis bisa diminimalisir.

Fungsi pojon jati sebagai penyangga ekosistem

Tajuk pepohonan dalam hutan jati dapat menyerap zat-zat polutan dan cahaya bumi yang berlebih. Tajuk pohon jati dalam melakukan fotosintesis dengan menyerap CO2 dari udara dan melepaskanya menjadi O2 yang biasa kita hirup sehari-hari.

Sirkulasi dari karbondioksida menjadi oksigen yang terus menerus membuat iklim di sekitar hutan menjadi stabil.

Akar pohon jati yang menghujam tajam dan menyebar ke dalam tanah mejadikan tanah mejadi subur. Pertumbuhan akan ini akan membantu penggemburan ttanah, sehingga memudahkan udara dan air masuk ke dalam tahan.

Tajuk (mahkota hijau) pohon jati dan semak belukar di dalam hutan akan menghasilkan serasah, yaitu jatuhan  buah, ranting, dan bunga dari tumbuhan yang menutupi permukaan tanah hutan.

Serasah ini dapat menjadi bahan dasar untuk menghasilkan humus tanah dan mikroorganisem hidup akan berkembang dalam serah ini. Uniknya, mikroorganisme ini sendiri yang akan memakan dan menguraikan serasah menjadi humus tanah. Serasah ini akan membantu meredam jatuhnya air hujan sehingga dapat melindungi tanah dari erosi air.

Demikian sedikit share tentang manfaat kayu dari dalam berbagai bidang, semoga membantu. Jangna lupa share ke teman-teman Anda supaya lebih memberikan manfaat. Terimakasih.

MANFAAT KAYU JATI

Leave a Reply