Cara Membuat Software di Komputer dan Android

CARA MEMBUAT SOFTWARE – Menjadi software developer adalah rencana karir yang sangat menggiurkan. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keterampilan yang sangat penting.

Tapi apa yang sebenarnya mereka lakukan? Karena Anda mungkin tidak bisa mengalahkan mereka, Anda harus bergabung dengan mereka. Apakah Anda memiliki kemampuan teknologi dan hubungan kehumasan untuk mengembangkan produk yang bagus? Dengan sedikit langkah ini mungkin Andan akan memulainnya !

1. Pelajari Alur Cara Membuat Software

cara membuat aplikasi alur
athtek.com

A. Tentukan jenis pengembangan software dasar yang menjadi kepentingan Anda.

Ada dua jenis dasar pengembangan perangkat lunak: Pengembangan Aplikasi dan Pengembangan Sistem .

Pengembangan Aplikasi difokuskan pada pembuatan program yang memenuhi kebutuhan pengguna.Beberapa contohnya seperti aplikasi ponsel, video game berkapasitas tinggi, perangkat lunak akuntansi tingkat enterprise.

Pengembangan Sistem difokuskan pada penciptaan dan pemeliharaan sistem operasi yang mengatur jalannya program. Pengembangan Sistem sering berkaitan dengan pengoperasian jaringan dan keamanan data.

B. Ajari Diri Anda Bahasa Pemrograman Software

Cara membuat software adalah dengan menguasai bahasa pemograman. Siapa pun bisa menemukan ide, tapi seorang developer bisa mengubah gagasan itu menjadi sesuatu yang nyata.

Bahkan jika Anda hanya ingin mengerjakan aspek desain perangkat lunak, Anda harus terbiasa dengan pengkodean dan dapat membuat prototip dasar. Ada berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari sendiri. Beberapa yang cukup penting dipelajari seperti :

  • C – C adalah salah satu bahasa pemograman cukup tua yang masih digunakan, merupakan dasar atau cikal bakal dari bahasa pemograman yang lainnya. Bahasa C digunakan untuk mengembangkan program tingkat rendah, dan lebih sering digunakan untuk perangkat keras komputer.
  • C ++ – Ini adalah hasil pengembangan dari bahasa C, merupakan versi Objek orientaed dari C, dan merupakan bahasa pemrograman terpopuler di dunia. Program seperti Chrome, Firefox, Photoshop, dan program populer lainya semuanya dibangun dengan C ++. Ini juga bahasa yang sangat populer untuk membuat video game. Developer C ++ hampir selalu diminati.
  • Java – Ini adalah evolusi dari bahasa C ++, dan digunakan karena kemudahan portabilitasnya. Hampir semua sistem dapat menjalankan Java Virtual Machine yang memungkinkannya untuk menjalankan perangkat lunak Java. Ini banyak digunakan dalam permainan video dan perangkat lunak bisnis, dan banyak orang merekomendasikannya sebagai bahasa yang penting.
  • C # – C # adalah bahasa berbasis Windows yang merupakan bagian dari framework .NET dari Microsoft. Hal ini terkait erat dengan Java dan C ++, dan jika Anda belajar Java, Anda dapat dengan cepat beralih ke C #. Bahasa ini sangat berguna bagi pengembang yang bekerja dengan perangkat lunak Windows atau Windows Phone.
  • Objective-C – Ini adalah sepupu bahasa C lainnya yang dirancang khusus untuk sistem Apple. Ini melihat popularitas besar di aplikasi iPhone dan iPad. Ini adalah bahasa yang bagus untuk dipelajari sebagai freelancer.
  • Python – Ini adalah bahasa yang sangat mudah dipelajari, salah satu yang paling mudah. Python mengkhususkan diri dalam pengembangan web.
  • PHP – Ini bukan pengembangan perangkat lunak, tapi PHP sangat penting jika Anda tertarik untuk terjun ke pengembangan web. Selalu ada banyak pekerjaan untuk pengembang PHP.
Baca juga :   Cara Mencari Teman di Facebook Menggunakan Extention Inteligence Search

C. Tentukan Refrensi Anda dalam Belajar Membuat Software

Sebagian besar toko buku memiliki bagian khusus utnuk buku pemrograman, dan ada banyak tersedia buku yang tersedia seperti Amazon dan e-tailers lainnya. Buku pemrograman yang ditulis dengan baik kemungkinan akan menjadi sumber terbaik yang dapat Anda miliki, dan akan memudahkan Anda dalam menemukan refrensi dalam mengerjakan proyek.

  • Selain buku, internet adalah tempat refrensi yang tak ada habisnya utnuk mencari panduan dan tutorial. Cari panduan tentang bahasa pilihan Anda di situs seperti CodeAcademy, Code.org, Bento, Udacity, Udemy, Akademi Khan, W3Schools, dan masih banyak lagi.

D. Ikutilah Beberapa Kelas Pengermbangan Software

Meskipun Anda tidak memerlukan gelar khusus untuk bisa mengikuti kelas pengembangan sofrware, Anda tidak perlu repot-repot mengambil beberapa kelas khusus dalam belajar membuat software. Cara paling gampang ikutilah event-event singkat yang membahas cara membuat software secara kelesuruhan.

Ini akan memberi Anda keuntungan dari satu-satu instruksi, dan Anda akan ditantang untuk memecahkan masalah yang akan menuntut Anda untuk belajar sendiri.

  • Kelas menghabiskan biaya, jadi pastikan Anda mendaftar ke kelas yang akan membantu Anda mempelajari apa yang ingin Anda ketahui.
  • Sementara banyak developer dapat memilih jenis industri khusus sesuai dengna keahlian mereka, Anda akan mendapat keahliahn yang menonjol kika anda memiliki gelar sarjana di Universistas tertentu. Gelar akan memberi Anda pengetahuan yang lebih luas dan akan memberi Anda akses ke kelas tambahan yang bermanfaat seperti matematika dan logika.

 

E. Selesaikanlah Beberapa Projek Uji Coba

Sebelum Anda mulai mencoba menerapkan keterampilan pemrograman baru Anda ke pekerjaan dunia nyata, kerjakanlah beberapa proyek untuk Anda sendiri. Tantang diri Anda untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman Anda. Hal itu tidak hanya akan membantu mengembangkan keterampilan Anda, ini juga akan membantu membangun resume Anda.

  • Misalnya, alih-alih menggunakan program kalender komputer Anda untuk mengatur schedule Anda, cobalah merancang sendiri!
  • Jika Anda tertarik dengan pengembangan video game, kerjakanlah permainan sederhana yang tidak fokus pada grafis atau mekanika kompleks. Sebagai gantinya, buatlah software yang sederhana, menyenangkan dan unik. Kumpulan game kecil yang Anda buat sendiri akan terlihat bagus dalam portofolio Anda.

F. Bertanyalah di Forum Pengembangan Software

Cara ini cukup efektif untuk menambah pengetahuan kita tentang bagaimana cara membaut software. Internet adalah cara yang fantastis untuk terhubung dengan pengembang lain. Jika Anda menemukan kendala pada proyek Anda, mintalah bantuan di situs seperti StackOverflow. Pastikan Anda bertanya secara cerdas dan bisa membuktikan bahwa Anda telah mencoba beberapa solusi yang mungkin.

Baca juga :   Cara Cerdas Mengelola Pinterest dengan Viraltag

G. Berlatihlah setiap hari

Bekerja pada proyek uji coba Anda setiap hari, meskipun hanya satu jam dalam sehari. Ini akan membantu Anda tetap segar dan terus belajar teknik baru. Banyak developer yang telah berhasil mempraktekan cara ini, karena cara ini merupakan cara yang efektif dalam belajar membuat software.

  • Tetapkan waktu setiap hari yang bisa Anda kerjakan untuk belajar coding, atau tetapkanlah waktu yang harus Anda selesaikan. Cobalah untuk mengerjakan proyek Anda setiap hari selama seminggu sehingga Anda dapat bersantai di akhir pekan Anda.

2. Mengembangkan Sebuah Software

cara membuat software aplikasi
unsplash.com

A. Buka Wawasan Anda

Program yang bagus akan melakukan tugas yang membuat aktifitas sehari-hari lebih mudah bagi penggunannya. Liharlah software yang sekarang sedang Anda kembangkan, dan lihat apakah ada cara agar prosesnya bisa lebih mudah atau lancar. Program yang sukses adalah program yang akan memberikan utilitas yang banyak pada penggunanya.

  • Periksa tugas harian Anda di komputer Anda. Apakah ada cara agar Anda bisa mengotomatisasi sebagian dari tugas-tugas itu dengan sebuah program?
  • Tuliskan setiap ide. Bahkan jika nampaknya konyol atau aneh pada saat itu, bisa berubah menjadi sesuatu yang berguna atau bahkan brilian.
  • Periksa program lain. Apa yang mereka lakukan? Bagaimana mereka bisa melakukannya dengan lebih baik?, jawablah pertanyan-pertanyan tadi dengna gagasan Anda untuk memberikan solusi yang brilian.

B. Tulis Dokument Software Anda

Dengan membuat dokumen ini, akan menjelaskan fitur dan apa saja yang ingin Anda capai . Mengacu pada dokumen desain selama proses pengembangan akan membantu proyek Anda tetap berjalan dan fokus.

C. Membuat Prototipe Software

Ini adalah program dasar yang menunjukkan fungsionalitas yang ingin Anda capai. Prototipe adalah program cepat, dan harus diulangi sampai Anda menemukan desain yang sesuai. Misalnya, jika Anda membuat program kalender, prototipe Anda akan menjadi kalender dasar (dengan tanggal yang benar!) dan cara untuk menambahkan setiap acara dalam kalender tersebut.

  • Prototipe Anda akan sering berubah selama siklus pengembangan saat Anda menemukan cara baru untuk mengatasi masalah atau memikirkan gagasan yang akan Anda gabungkan.
  • Prototipe itu tidak harus cantik. Sebenarnya, seni dan desain harus menjadi salah satu hal terakhir yang Anda fokuskan. Dengan menggunakan contoh kalender lagi, prototipe Anda kemungkinan besar hanya teks saja.

D. Ujilah Berulang-ulang Software Anda

Bug adalah masalah bagi setiap developer. Kesalahan dalam pengkodean dan penggunaan user yang bermacam-macam dapat menimbulkan problem yang beraneka ragam.

Seiring Anda terus mengerjakan software Anda, ujilah sebanyak mungkin sampai tidak menemukan sebuah kesalahan. Lakukanlah semua yang Anda bisa untuk memecahkannya. Mintalah teman dan keluarga Anda untuk menguji program Anda dan catatlah semua keluhan yang mereka alami. Lakukan uji coba dengan cara apapun, karena itu akan membuat aplikasi Anda semakin sempurna.

  • Cobalah memasukkan data tanggal yang tidak masuk akal, misalnya tanggal masal atau masa depan yang sangat jauh. Reaksi apa yang akan Anda dapatkan terhadap software Anda.
  • Masukkan variabel yang salah. Misalnya, jika Anda memiliki formulir yang meminta usia pengguna, masuk ke dalam sebuah kata dan lihatlah, apa yang terjadi pada software Anda.
  • Jika program Anda memiliki interface grafis, klik semuanya. Apa yang terjadi saat Anda kembali ke layar sebelumnya, atau klik tombol dengan urutan yang salah?
Baca juga :   Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC Tanpa Software dengan Mudah

E. Tanyakan Pendapat Teman, Tentang Software Anda

Meskipun software yang Anda buat masih kasar, coba bagikan kepada teman Anda untuk mengetahui bagaimana kenyamanan dan kelancara dari program yang Anda buat. Ini berarti untuk memastikan menu berjalan secara logis, User Interface (UI) bersih dan mudah digunakan, tidak ada bug mencolok atau mencolok, dan dilapisi dengan hasil akhir yang bagus.

  • Desain dan fungsionalitas UI bisa sangat sulit dan rumit. Pastikan bahwa proyek pribadi Anda mudah digunakan dan mudah di mata. UI profesional mungkin tidak dapat dilakukan tanpa anggaran dan tim.
  • Jika Anda memiliki anggaran, ada banyak desainer grafis freelance yang berpotensi merancang UI untuk kontrak bagi Anda. Jika Anda memiliki proyek padat yang Anda harapkan akan menjadi hal besar berikutnya, carilah perancang UI yang baik dan jadikan mereka bagian dari tim Anda.

F. Letakkan proyek Anda di GitHub

GitHub adalah komunitas open source yang memungkinkan Anda berbagi kode dengan orang lain. Ini akan memudahkan pengupdatean code Anda dan juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang mencari solusi tentang suatu projek yang mungkin Anda miliki. GitHub adalah tempat belajar yang hebat, Anda bisa belajar disana sekaligus membangun portofolio Anda.

G. Bagikan Software yang Telah Anda Buat

Begitu Software yang Anda buat telah jdi, Anda dapat memilih untuk membagikannya atau tidak. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membagian software yang telah anda buat.

  • Salah satu cara yang paling umum bagi start up atau developer independen untuk membagikan perangkat lunak mereka adalah melalui situs web pribadi. Pastikan semua fitur Anda terdokumentasi dengan benar, dan sertakan beberapa tangkapan layar dan tutorial. Jika Anda menjual perangkat lunak Anda, pastikan Anda memiliki sistem pembayaran digital yang bagus dan server untuk mendistribusikan perangkat lunak.
  • Jika Anda mengembangkan perangkat lunak untuk perangkat atau sistem operasi tertentu, ada beberapa toko digital yang mungkin dapat Anda gunakan. Misalnya, jika Anda membuat perangkat lunak untuk perangkat Android, Anda dapat menjual aplikasi Anda melalui Google Play Store, Amazon App Store, atau situs web pribadi Anda.

Refrensi :

-wikihow.com

Baca juga: Cara Upload Gambar Lewat PC dengan Mudah

CARA MEMBUAT SOFTWARE

Leave a Comment