Penyebaran pencak silat yang berkembang dari kegaitan-kegiata Agama

Yasin Fadilah – Jantung Al Qur’an, Inilah Keutamaan Membacanya

Yasin Fadilah –  Surat Yasin dapat dikatakan sebagai surat yang sangat akrab di lisan kaum muslimin di Indonesia. Surat ini sering dibaca dalam berbagai kegiatan di perkampungan, perumahan, bahkan perkantoran. Terlebih ketika malam Jumat, para warga berkumpul dari rumah ke rumah secara bergantian untuk membaca surat Yasin dan tahlil. Namun, barang kali masih ada yang belum paham apa saja keutamaan surat Yasin tersebut.

YASIN FADILAH

yasin fadilah cover

Yasin Fadilah – Halaman 1

yasin fadilah 1

Yasin Fadilah – Halaman 2

yasin fadilah 2

Yasin Fadilah – Halaman 3

yasin fadilah 3

Yasin Fadilah – Halaman 4

yasin fadilah 4

Yasin Fadilah – Halaman 5

yasin fadilah 5

Yasin Fadilah – Halaman 6

yasin fadilah 6

Yasin Fadilah – Halaman 7

yasin fadilah 7

Yasin Fadilah – Halaman 8

yasin fadilah 8

Yasin Fadilah – Halaman 9

yasin fadillah

Yasin Fadilah – Halaman 10

yasin fadillah

Yasin Fadilah – Halaman 11

Yasin Fadilah – Halaman 12

Yasin Fadilah – Halaman 13

 

Baca juga :   Fungsi Al Quran dan Hadis Sebagai Pedoman Hidup

Keutamaan dan Manfaat Surat Yasin

1. Surat Yasin adalah jantung dari Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda,

yasin fadilah menghatamkan 10 kali
yasin fadilah | sama seperti menghatamkan 10 kali Al Quran

2. Membaca Surat Yasin akan menjadikan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Disabdakan oleh Rasulullah SAW :

yasin fadilah diampuni dosa dosa
yasin fadilah | diampuni dosa-dosa hambanya

3. Membaca surat Yasin dapat menjadi kemudahan untuk kita dalam meraih hajat-hajat. Atha’ bin Abi Rabbah berkata bahwa RAsulullah SAW bersabda :

 

yasin fadilah kemudahan hajat
yasin fadilah | kemudahan hajat

Dalam riwayat yang lain dari Abdullah bin Abbas yang berkata, “Siapa yang membaca Surat Yasin pada waktu pagi maka Allah memberinya kemudahan pada hari itu hingga sore harinya. Siapa yang membacanya diawal malam, maka Allah memberinya kemudahan sepanjang malam itu sampai pagi hari.” (HR. Darmi)

4. Surat Yasin sangat baik dibacakan kepada orang yang sekarat.

Ketika ada dari keluarga kita, tetangga, atau siapa saja yang sedang mengalami sekarat, hendaknya kita membacakan surat ini, sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW :

yasin fadilah untuk orang sekarat
yasin fadilah | untuk orang yang sedang sekarat

Sayid Muhammad bin Alwi Al-Maliki mengatakan bahwa Surat Yasin merupakan surat yang sangat banyak mengandung keutamaan di dalamnya, selain tentunya berpahala bagi kita yang membacanya. “Selain sebagai jantung Al Qur’an dan menghilangkan segala kerisauan hati, surat ini juga untuk mencegah segala cobaan dan bencana. Karena itu, para ulama dan wali Allah selalu membaca Surat Yasin”.

5. Mendapaktan kebahagiaan sepanjang hari

Dalam sehari semalam, belum tentu kita mendapatkan segala kebagikan. Sebagai seorang muslim yang menghendaki datangnya kebaikan dalam sehari semalam, hendaknya membaca surat Yasin, terutama di waktu pagi dan malam.

Rasulullah SAW bersabda :

fadilah yasin kebahagiaan sepanjang hari

6. Meringankan siksa kubur

Siksa kubur adalah sesuatu yang sangat mengerikan. Tidak ada seorang pun yang mampu menolongnya atau meninggalkannya, kecuali dengan alam ketika hidup di dunia, do’a, dan ampunan dari Allah SWT.

Baca juga :   Marhaban ya Ramadhan...! Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017

Salah satu do’a yang diajarkan oleh para ulama shaleh adalah membaca surat Yasin, terutama pada saat melaksanakan ziarah kubur. Di dalam kitab Rouh al-Bayan dijelaskan bahwa “Orang yang memasuki area pemakaman, kemudian ia membaca surat Yasin, maka Allah akan meringankan siksa kuburnya”.

7. Dikabulkan seriap do’anya

Jika seorang muslim ingin dikabulkan doanya oleh Allah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca surat Yasin.

Ketika sampai pada ayat ke-13, berhentilah dan berdo’alah kepada Allah. Semikian keterangan yang disampaikan dari Abi Bakr Ash-Shiddiq dan Ibnu ‘Abbas ra dengan sanad hadis yang shahih (Kitab Abwab Al-Faraj).

8. Mendapatkan 20 jenis keberkahan

Berkah adalah bertambahnya kebaikan yang diridhai Allah SWT. Seorang yang hidupnya penuh keberkahan akan merasakan ketenangan.

Imam as-Sanusy ra mengatakan dalam kitab Mujarrobatnya, ketika Rasulullah SAW menasihati Sayyid ‘ Ali bin Abi Thalib ra, “Bacalah surat Yasin karena di dalamnya mengandung 20 keberkahan. Tidaklah seseorang membacanya dalam keadaan lapar, maka Allah akan mengenyangkannya. Jika haus, Allah akan mengenyangkannya. Jika telanjang, Allah akan memberinya pakaian. Jika lajang, Allah akan memberinya pasangan/jodoh. Jika sedang ketakutan, Allah akan menenangkannya. Jika sakit, Allah akan menyembuhkannya. Jika dipenjara Allah akan membebaskannya. Jika bepergian, akan disenangkan allah. Jika sedang bingung , Allah akan menghilangkan kebingungannya. Jika tersesat, Allah akan memberinya petunjuk. Jika kehilangan, Allah akan mengembalikannya.”

9. Dimudahkan ketika menghadap pemuka kaum

Manusia adalah makhluk sosial yang satu sama lain saling membutuhkan. Demikian  pula ketia kita menghadap pemuka kaum untuk dimintai bantuannya, sehingga tujuan baik kita terlaksana dan dicukupi oleh Allah melalui pemuka kaum tersebut, maka biasakanlah membaca surat Yasin sebelumnya sebanyak 25 kali. InsyaAllah dengan berkah dan keagungan surah ini orang yang kita hadapi akan mengagungkan dan mencukupi keperluan kita (Kitab Abwab Al-Faraj).

Baca juga :   Pengertian Iman Kepada Hari Akhir dan Kejadian yang Akan Terjadi

10. Terjaga dari keburukan penguasa yang sombong

Imam Abi Hasan asy-Syadzili ra mengatakan,  “Bagi siapa saja yang khawatir akan keburukan dan kesombongan seseorang, maka bacalah surat Yasin beserta do’anya sebanyak 1 kali.

Insya Allah ketika menghadapinya akan diselamatkan dari keburukan orang yang sombong.

Inilah do’a yang dibaca setelah surah Yasin :

fadilah yasin dilindungi dari orang sombong

fadilah yasin dilindungi dari orang sombong artinya

11. Dicukupi kebutuhan dan semau cita-citanya tercapai

Bagi umat Islam yang mengharapkan agar segala keperluannya dicukupi oleh Allah, maka biasakanlah membaca surat Yasin pada siang hari sebanyak satu kali.

Dari ‘Atha’ bin Abi Rabbaah, Rasulullah SAW bersabda :

yasin fadilah membiasakan membaca surat yasin disiang hari

12. Mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat

Dijelaskan dlaam kitab Khaziinah al-Asraar karya Sayyid Muhammad Haq an-nazily dikatakan, “Orang yang membaca surat Yasin akan mendapatkan syafa’at (pertolongan) dan orang yang mendengarkannya akan diampuni Allah. Ia akan membawa kebaikan yang merata bagi yang membacanya.”

Surat Yasin MP3, latin, Terjemah, dan Artinya

 

Download Yasin Fadilah PDF (klik gambar)

yasin fadilah pdf

Baca juga : Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir oleh Syekh Ali Jaber

Yasin Fadilah

Leave a Comment