Sepeda Listrik Tiger yang Bisa Anda Beli Untuk Keluarga

Sepeda listrik tiger adalah salah satu jenis sepeda listrik yang banyak diminati di Indonesia. Popularitas sepeda listrik di Indonesia semakin hari semakin naik. Sejalan dengan gencarnya kampanye untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan, sepeda ini menjadi salah satu sepeda listrik yang banyak dilirik peminatnya.

Kegitan bersepeda saat ini menjadi gaya hidup yang dimuncul kembali dimasyarakat. Jika pada zaman dulu bersepeda merupaka alat transportasi utama, sekarang bersepeda hanya menjadi hobi untuk menghabiskan waktu santi, terutama dihari Minggu.

Penggunaan kendaraan bahan bakar minyak yang lebih bertenaga, menggeser perah sepeda sebagai alat transportasi  utama, sehingga saat ini sepeda sangat jarang digunakan untuk aktifitas rutin, terutama di Indonesia.

Tidak seperti di negara manju seperti China, Jepang dan Belanda, mereka menggunakan sepeda untuk beraktifitas sehari-hari. Kita dapat menjumpai orang-orang dengan pakaian rapi mengendari sepeda untuk berangkat ke kantor. Bahkan ada juga yang menggunakan sepeda untuk pergi ke acara-acara pesta.

Sepeda listrik adalah kendaraan yang digerakan tanpa bahan bakar minyak, melainkan menggunakan dinamo sebagai mesin penggerak dan akumulator sebagai sumber ternaganya.

Semakin santernya isu tentang pemanasan global dan kelangkaan BBM, pra pelaku usaha kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida yang ramah lingkungan.

Kendaraan hibrida sendiri adalah kendaraan yang menggunakan minimal dua sumber tenaga untuk tenaga gerak, salah satunya adalah sepeda listrik Tiger.

Sepeda listrik Tiger menggunakan dua sumber tenaga, yaitu sumber tenaga listrik dan sumber tenaga manual yang berasal dari manusia. Jadi, kalau kehabisan daya listrik, Anda tetap bisa menggerakan sepeda ini dengan mengayuh pedal menggunakan kaki.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak jenis-jenis sepeda listik yang beredar di pasaran. Selain sepeda listrik Tiger, ada juga sepeda listrik merek Selisir, sepeda listrik Mars dan lain sebagainya. Modelnyapun bermacam-macam, yang umum kita temui selama ini adalah sepeda listrik roda dua, tapi ada juga yang modelnya roda tida bahkan ada yang hanya menggunakan satu roda.

Apakah Sepeda Listrik Perlu STNK dan BPKB ?

sepeda motor tiger stnk bpkb

tstatic.net

Pertanyaan ini kadang sering membuat para calon pembeli sepeda listrik bertanaya tanya, “Perlu ndak sih, STNK dan BPKB untuk sepeda listrik?”, pasalnya beberapa model sepeda listrik tiger seperti Evergreen, Sekutec, Enjoy dan model lainnya memiliki bentuk seperti kendaraan bermotor bensin. Untuk mengetahui hal tersebut mari kita simak penjelasan berikut.

Saat di komfirmasi kepada oleh detikcom, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nurachman menyatakan bahwa, motor listri seperti itu bukan termasuk kendaraan bermotor, melainkan termasuk kendaraan kecil.

“Itu cuma sepeda kecil, jadi ya tidak perlu STNK atau BPKB” ujarnya Pak Nurachman (Senin,9/7/2007).

Saat ditanya apakah pengendara sepeda listrik perlu memakai helem atau tidak, beliau menjawab kalau kendaraan tersebut tergolong kendaraan yang memiliki cc kecil. Jadi terserah kita, mau pakai helem atau  tidak. Tapi untuk menjaga kemanan, bagusnya kita menggunakan helem saat berkendara.

“Kan itu kendaraan yang tergolong cc-nya kecil. Kalaupun mau pakai helm atau tidak ya terserah”, ujar beliu.

Saat ini belum ada aturan mengenai sepeda listrik, Pak Nurachman menyarankan agar menghubungi Polda Metro Jaya AKBP Giri Purwanto untuk keterangan lebih lanjut.

Sejarah Sepeda Listrik

sepeda listrik tiger

wikimedia.org

Sebuh riset dan pengembangan EV (Electrick Vehicle) sebagai pengganti motor bensin telah dimulai sejak tahun 1990 an. Pada saat itu harga kendaraan listrik belum menembus pasar karena harganya yang relarif mahal.

Beragam jenis kendaraan listrik dikembangkan pada saat itu, tapi yang paling sukes perkembangannya adalah sepeda motor listrik. Perkembangan sepeda listrik ini dipublikasikan keseluruh dunia, terutama di negara-negara besar seperti Amerika, Eropa, Cina dan Jepang.

Di negara tersebut, pemakaian sepeda listrik sudah sangat meluas. Digunakan untuk bepergian kemana-mana, mulai dari kerja, sekolah, hingga untuk aktifitas sehari-hari.

Harganya yang murah dan ramah lingkunga membuat sepeda listrik ini menjadi trend dimasyarakat, selin itu juga  bisa menghemat biaya. Menurut keterangan dari penjual sepeda motor listrik di negara tersebut, penjualan sepeda listrik mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

Kebanyakan dari masyarakat menyebutnya sebagai motor listrik. Tapi bodinya yang ramping menyerupai sepeda, dengan dilengkapi dinamo dan Accu untuk menyimpan daya, membuat sepeda motor ini lebih cocok disebut sebagai sepeda listrik.

Anda bisa melihat timeline sejah perkembangan sepeda listrik pada halaman berikut : Sejarah Sepeda Listrik.

Kelebidan dan Kelemahan Sepeda Listrik

sepeda listrik tiger kelebihan dan kekurangan

combiboilersleeds.com

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk sepeda listrk tiger. Berikut beberapa point  kelebihan dan kekurangan sepeda listrik yang bisa Anda guakan sebagai pertimbangan sebelum membeli sepeda listrik.

Kelebiahan Sepda Listrik

  • Kecepatan sepeda listrik bisa disesuaikan dengan pemakaian.
  • Secara elektrik dan elektronik jauh lebih sederhana dibandingkan motor bensin Stasiun penyediaan energi listrik yang lebih murah dari SPBU, jika dimasa depan kendaraan listrik mendominasi alat transportasi.
  • Merukaan kendaraan hibrida, yaitu kendaraan yang memiliki dua tenaga penggerak, yaitu elektrik dan manual.
  • Biaya pemeliharaan yang mudah, tidak seperti pemeliharaan sepeda motor bensin yang harus service setiap bulan. Sepeda listrik cukup diganti komponennya jika performanya tidak maksimal, kebanyakan kasus karena baterai melemah.
  • Dalam sekali pengisisan baterai, bisa menempuh jarak sekitar 40-50 Km. Jika jarak rumah dan kantor anda sekitar 1 Km, berarti sepeda listrik anda bisa digunakan selama 2 hari dalam sekali pengisian.
  • Aaman bagi lingkungan, karena sepeda listrik tidak mengeluarga asap yang bisa mencemari lingkungan.
  • Tidak terkena pajak. Sepeda listrik tidak memerlukan surat izin berkendara seperti STNK dan BPKB, karena sepeda listrik ini termasuk kendaraan kecil dengan kecepatan 30-40 km/jam.

Kekurangan Sepeda Listrik

  • Kapasitas Aki atau sumber tenaga yang masih terbatas.
  • Berat aki yang lebih berat dibanding komponen yang lainnya, tapi sebenarnya jika dibandingkan dengan komponen mesin motor bensin, aki sepeda listik jauh lebih ringan.
  • Usia aki yang terbatas. Semakin bagus kualitas aki yang digunakan, maka performa yang didapatkan juga semakin baik. Biasanya aki yang harganya malal dan terkenal, kualitasnya juga semakin bagus.

Kesimpulan, jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar muinyak, kendaraan yang menggunakan tenaga listrik jauh lebih unggul. Desain yang sederhana membuat perakitan sepeda listrik terasa lebih mudah. Besar kemungkinan, dimasa depan, perkembangan alat transportasi yang saat ini didominasi oleh kendaraan berbahan bakar motor bensin akan digantikan dengan motor listrik.

Model Sepeda Listrik Tiger

Sebelum menbeli sepeda listrik Tiger, pastikan Anda sudah tahu jenis sepeda listrik mana yang akan kamu pilih beserta spesifikasinya. Berikut beberap model speda listrik tiger yang bisa Anda pilih.

Sepeda Listrik Tiger Evergreen (Hot)

sepeda listrik tiger evergreen

lazada.co.id

Sepeda listrik Tiger New Evergreen memiliki tenakan 350W-48V 12A. Anda bisa menggunakan sepeda ini unguk kegiatan sehari-hari. Modelnya seperti motor matic, membuat teman Anda tidak menyangka kalau sepeda ini adalah sepeda listrik.

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger Evergreen :

Accu Kering 48V 12A

  • Dinamo type Brushless
  • Power Motor 350 Watt
  • Daya Angkut + 125 Kg
  • Jarak Tempuh + 50 Km
  • Kecepatan Max 35 Km/Jam
  • Digital Display Spedometer

Sepeda Listirk Tiger Sekutec (New)

sepeda listrik tiger sekutec

lazada.co.id

Sepeda listrik Tiger Secutec lebih mirip dengan sepeda motor Scoopy Honda. Desainnya yang penuh dengan motif bulat membuat pengguna sepeda ini memberikan unsur santai dan tenang. Anda bisa menggunakan sepeda ini untuk berjalan-jalan bersama keluarga.

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger Sekutec :

  • Accu Kering 48V 12A
  • Power Motor  350 Watt
  • Jarak Tempuh + 50 Km
  • Dinamo type Brushless
  • Daya Angkut + 125 Kg
  • Digital Display Spedometer
  • Kecepatan Max 35 Km/Jam

Sepeda Listrik Tiger ENJOY

sepeda listrik tiger enjoy

tumblr.com

Seperti namanya, sepeda listrik Tiger yang satu ini memang dirancang untuk bersantai. Bentuknya yang lucu membuat penggunanya merasakan kebahagian jika menggunakan sepeda ini.

Berikus sepesifikasi sepeda listrik tiger Enjoy :

  • Accu Kering 48V-12A
  • Dinamo type Brushless
  • Power Motor 350 Watt
  • Daya Angkut + 95 Kg
  • Jarak Tempuh + 40 Km
  • Kecepatan Max 35 Km/Jam

Sepeda Listrik Tiger MOTEC R3 (Mombil Electric Roda 3)

sepeda listrik tiger r3

youtube.com

Sepeda listrik Tiger R3 merupakan sepeda listrik yang memiliki 3roda. Dapat menampung 3 orang, 2 penumpang dan 1 sopir. Sepeda ini bisa menempuh pesajanan sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 50 Km. Sangat cocok digunakan untuk daerah yang sering hujan atau daerah perkotaan yang terik.

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger R3 :

  • Accu Kering 48V-20A
  • Dinamo type Brushless
  • Power Dinamo 1000 Watt
  • Jarak Tempuh +50 Km
  • Kecepatan Max 40 Km/jam
  • Daya Angkut + 125 Kg
  • Roda Sepeda 3

Sepeda Listrik Tiger POWER 07

sepeda listrik tiger power 07

arjunasepedalistrik.com

Sepeda listrik Tiger Power 07 memiliki desain yang hampir mirip dengan motor Vario Honda. Jika Anda termasuk pecinta sepeda motor Vario yang mengeluhkan borosnya pemakaian bahan bakar, sepeda listrik ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk lebih berhemat tapi tetap stylis.

Berikut spesifikasi sepeda motor Tiger Power 07 :

  • Accu Kering 48V-12A
  • Dinamo type Brushless
  • Power 350 Watt
  • Jarak Tempuh + 50 Km
  • Kecepatan Max 35 Km/Jam
  • Daya Angkut +125 Kg

Sepeda Listrik Tiger POWER 08

sepeda listrik tiger 08

designstations.com

Hampir sama dengan versi terdahulunya, sepeda listrik Tiger Power 08 memiliki bentuk yang mirip dengan sepeda listrik Tiger Power 07. Sepeda ini mendapatkan peningkatan kapasitas dari versi sebelumnya, harganya pun sedikit lebih mahal. Anda bisa mendapatkannya dengan merogok kocek sebesar Rp. 9.500.000, cukup murah untuk kendaraan yang ramah lingkungan.

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger Power 08 :

  • Power Motor 800 Watt
  • Accu Kering 48V-20A
  • Dinamo type Brushless
  • Daya Angkut + 125 Kg
  • Jarak Tempuh + 50 Km
  • Kecepatan Max 45 Km/Jam

Sepeda Listrik Tiger MIAO

designstations.com

Jika Anda salah satu anggota SOMMAY (Scooter Mio Metro Asyik) yang ngandrung sama motro Mio, sepeda listrik ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Tidak ada salahnya Anda memiliki sepeda listrik ini. Selain memiliki sepeda motor Mio untuk berbagai event SIOMMAY, Anda juga bisa memiliki sepesa listrik ini untuk aktifitas ringan dan tetap menunjukkan jatidiri anda sebagai seorang pecinta motor Mio :-).

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger MIAO :

  • Power 350 Watt
  • Accu Kering 48V-12A
  • Jarak Tempuh + 40 Km
  • Dinamo type Brushless
  • Daya Angkut + 95 Kg
  • Kecepatan Max 30 Km/Jam

Sepeda Listrik Tiger V6

sepeda listrik tiger v6

designstations.com

Sepeda listrik Tiger V6 memiliki bentuk sama seperti sepeda pada umumnya. Accu sepeda diletakkan di bawah tempat duduk pengemudai sehingga keseimbangan sepeda terjaga ketika melaju di jalan. Anda bisa mendapatkan sepeda ini dengan harga Rp. 3.950.000.

Berikut spesifikasi sepeda listrik Tiger V6 :

  • Power 250 Watt
  • Accu kering 36V-10A
  • Dinamo type Brushless
  • Daya angkut + 95 Kg
  • Jarak tempuh + 40 Km
  • Kecepatan Max 30 Km/jam

Sepeda Listrik Tiger UNICYCLE

sepeda listrik tiger unicycle

slatic.net

Tiger Electruc Unicycl merupaka sepeda paling pintar dari jenis-jenis yang lainnya. Sepda ini mengdopsi teori aerospace yang dikontrol oleh sikap penggunanya. Diprogram dengan alogaritma fuzzy yang mempertimbangkan keseimbangan melaui sensor gyroscope. Bentuknya ringan dan simpel, sehingga bisa Anda bawa kemana-mana sesuai aktifitas Anda.

Berikut spesifikasi Tiger Electick Unicycle :

  • Power Motor 350 W
  • Jarak tempuh + 20 KM
  • Daya Angkut + 125 Kg.
  • Kecepatan Max 16 Km/jam
  • Kapasitas berat + 12 Kg
  •  BATTERY 130 W Lithium-Ion Battery

 

Carger Sepeda Listrik Tiger

sepeda listrik tiger carger

designstations.com

Carger Sepeda Listrik Tiger digunakan untuk mencarge/mengisi baterai sepeda apabila bateri sudah habis. Pastikan jauhkan dari jangkauan anak-anak ketika menggunakan alat ini,supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Accu (Aki) Sepeda Listrik Tiger

sepeda listrik tiger accu

designstations.com

Aki sepeda listrik TIGER memiliki 3 jenis dengan spesifikasi yang berbeda. Anda bisa memilih aki sesuai kebutuhan . Semakin besar daya yang Anda pilih, maka semain jauh pula daya jangkau sepeda. Berikut jenis aki yang bisa Anda pilih :

  • 48V-20A
  • 48V-12A
  • 36V-12A

 

Setelah membaca mengetahui beberapa informasi di atas, pastinya Anda akan semakin cerdas memilih sepeda listrik mana yang akan Anda beli. Jangan sampai menyesal setelah membeli karena sepeda yang Anda beli tidak sesui dengan spesifikasi Anda.

Demikian sharing pada kalai ini, apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong bagikan kepada teman-teman Anda supaya mereka juga tahu. Terimakasih :-).

Leave a Reply