Ingin Memiliki Rumah Minimalis? Temukan Banyak Tips MURAH di Sini No ratings yet.

7 min read

Ingin Memiliki Rumah Minimalis Temukan Banyak Tips Di Sini

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi manusia. rumah dijadikan sebagai tempat untuk tinggal, berlindung dan juga tempat untuk beristirahat. Karena fungsinya yang sangat penting ini, maka rumah harus nyaman dan layak untuk ditinggali.

Bicara soal rumah, saat ini ada desain rumah yang sedang banyak dibicarakan dan banyak diminati oleh masyarakat. Jenis rumah ini adalah desain rumah minimalis. Sesuai dengan namanya, rumah yang satu ini memiliki bentuk yang minimalis yang mana tidak membutuhkan lahan yang besar namun terlihat cantik dan elegan.

Nah, untuk Anda para pecinta rumah minimalis, kali ini akan dibahas informasi seputar rumah ini secara lengkap, sehingga bagi Anda yang berencana untuk memilikinya sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan.

Pengertian Rumah Minimalis

Anda pastinya sudah sering mendengar ada rumah yang memiliki desain minimalis. Sebenarnya, tahukah Anda apa sih yang dimaksud dengan rumah minimalis itu? Banyak orang yang bisa menyebut suatu rumah memiliki desain yang minimalis namun ketika ditanya apa itu rumah minimalis banyak yang tidak tahu.

Jadi, rumah minimalis adalah sebuah rumah yang memiliki konsep yang mana lebih menekankan pada kesederhanaan bentuk serta menyesuaikan dengan kondisi lahan yang tidak begitu luas. Rumah jenis ini juga memiliki desain yang tidak begitu kompleks namun tetap rapi tanpa mengurangi nilai keindahannya.

Cara Membuat Rumah Minimalis yang Indah dan Nyaman

Setiap orang tentunya mengidamkan memiliki rumah yang indah dan nyaman. Lantas, bagaimana sih cara untuk membuat rumah Anda terlihat minimalis, rapi, indah dan nyaman. Untuk Anda yang menginginkan rumah yang demikian, maka Anda bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Buatlah Rencana yang Matang

Ketika Anda akan membuat rumah, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan bangunan yang matang terlebih dahulu. Terlebih rumah yang akan dibuat adalah rumah minimalis yang mana lahan yang tersedia hanya pas-pasan.

Dalam membuat rumah, Ana tidak hanya membutuhkan konsep saja, namun biaya, tenaga dan juga waktu harus Anda keluarkan dan itupun tidak sedikit. Karena itu, pastikan bahwa perencanaan yang dibuat harus benar mulai dari biaya yang dibutuhkan hingga waktu pengerjaannya berapa. Dengan demikian, Anda bisa memiliki rumah sesuai dengan keinginan.

Perhatikan Kondisi Tanah dan Lingkungan Sekitar

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat rumah minimalis, maka yang harus Anda pastikan pertama kali adalah lahannya. Lihatlah kondisi lahan tersebut mulai dari ukuran hingga kondisi tanah apakah sesuai dengan tipe rumah yang akan dibangun.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Apakah lingkungan tersebut nyaman untuk dijadikan rumah atau tidak. Sebab, di rumah itulah Anda dan keluarga akan tinggal dalam waktu yang lama atau bahkan seumur hidup.

Menentukan Konsep

Jika kedua langkah di atas sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan konsep. Konsep rumah minimalis itu ada banyak yang mana biasanya akan disesuaikan dengan jumlah penghuninya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat rumah dengan konsep rumah minimalis sederhana ataupun rumah minimalis modern sesuai dengan kebutuhan. Sebab, biasanya beda orang akan berbeda pula seleranya.

Baca juga :   Pengen Cepet Kaya? Ini Tips Terbaik Untuk Bisnismu

Jika Anda masih sendiri, maka Anda bisa mengusung konsep rumah satu lantai saja. Namun, jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka konsep rumah minimalis yang bisa dipilih adalah rumah minimalis bertingkat.

Menentukan Tipe Rumah

Setelah menentukan konsep, Anda jangan sampai lupa untuk menentukan tipe rumahnya. Tipe rumah ini harus Anda sesuaikan dengan lahan dan kebutuhan. Selain itu, tipe rumah ini juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Membuat Estimasi Biaya dan Denah

Ketika Anda memutuskan untuk membuat rumah. Maka membuat estimasi biaya adalah hal yang paling wajib. Sebab, dari perhitungan estimasi biaya ini maka Anda dapat menentukan berapa jumlah biaya yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis impian.

Nah, untuk menghitung estimasi biayanya, maka Anda harus membuat denah rumah terlebih dahulu. Ada berapa kamar yang dibutuhkan lengkap dengan ukuran setiap ruangnya. Sehingga Anda bisa menentukan

Pastikan Mengukur Lahan dengan Akurat

Agar rumah yang dibangun sesuai dengan harapan dan budget yang dimiliki maka Anda harus mengukur lahan dengan akurat. Mengapa? Salah dalam mengukur saja bisa mempengaruhi budget yang dibutuhkan.

Selain itu, pastikan bahwa ukuran lurus dan jangan sampai bangunan miring atau tidak sejajar. Sebab, hal ini akan mempengaruhi keindahan rumah pada saat sudah jadi atau menyulitkan pada saat pemasangan keramik.

Pilihlah Material yang Terjangkau tapi Berkualitas

Agar lebih hemat budget, maka Anda harus memilih material yang tepat. Sebab, material inilah yang menentukan kualitas dari rumah yang dibangun. Salah dalam memilih rumah, maka hal ini bisa membuat rumah menjadi tidak awet dan kuat.

Jika budget yang Anda miliki pas-pasan, maka yang perlu Anda perhatikan di sini adalah memilih material tidak harus mahal. Namun, Anda harus tetap mempertahankan kualitasnya, sehingga saat sudah jadi bangunan tersebut tetap akan bagus.

Gunakan Jasa Arsitek yang Profesional

Siapa saja bisa membuat rumah minimalis, namun agar rumah yang dibuat sesuai dengan keinginan ada baiknya jika Anda menggunakan arsitek yang profesional. Dengan menggunakan arsitek yang profesional, Anda bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan harapan.

Selain itu, arsitek yang profesional juga biasanya tidak akan meleset dalam perhitungan budget yang dibutuhkan. Dengan demikian, rumah yang Anda inginkan lebih terorganisir.

Pastikan Pondasi Kuat

Hal yang paling utama dan paling penting ketika Anda akan membuat rumah adalah pondasi. Pondasi yang kuat akan membuat rumah juga menjadi lebih kuat. Karena itu, pada saat Anda membuat rumah terlebih rumah dua lantai, maka perhatian penuh harus diberikan pada pondasi.

Saat Anda membuat rumah dengan pondasi yang biasa saja, maka rawan bagi rumah tersebut akan cepat rusak karena bangunannya tidak kuat. Lain halnya jika Anda membuat pondasi yang kuat, maka rumah tersebut bisa berdiri kokoh dalam waktu puluhan tahun.

Tepat Dalam Memilih Sekat

Rumah yang rapi, cantik, dan indah ditentukan dalam peletakan sekat rumah. rumah yang terlalu banyak sekat hanya akan membuatnya terlihat sempit. Namun, terlalu sedikit sekat juga membuatnya tampak tak ada sisinya.

Karena itu, pastikan penempatan sekat harus pas dan tepat. Dengan begitu, rumah tidak hanya cantik dari luarnya saja, namun juga cantik dari dalamnya juga.

Gunakan Tangga yang Sesuai

Jika Anda akan membuat rumah minimalis yang berlantai dua, maka pemilihan tangga harus diperhatikan. Seperti yang diketahui bahwa rumah minimalis ini lahannya pas. Sehingga ruangannya juga pas.

Karena itu, pilihlah tangga yang sesuai dengan peletakan yang sesuai. Dengan begitu, tangga tidak akan membuat ruangan terasa penuh. Jadikan pula tangga sebagai interior rumah yang bisa Anda buat sesuai dengan selera.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Konsep

Ketika rumah yang Anda buat sudah jadi, maka finishing dari rumah tentunya harus dicat sebagus mungkin. Nah, dalam mengecat rumah, maka Anda juga harus menyesuaikannya dengan konsep.

Baca juga :   Informasi Terlengkap BPJS Ketenagakerjaan Secara Detail dan Jelas

Jika Anda memilih rumah yang simple, maka Anda bisa menggunakan warna-warna stel. Atau jika konsep rumah Anda monokrom, maka Ada bisa menggunakan warna putih, hitam atau abu-abu sesuai dengan selera.

Maksimalkan Terasnya

Bentuk rumah minimalis sudah pasti minimalis. Agar rumah minimalis ini terlihat lebih indah, maka Anda bisa memaksimalkan bagian teranya. Buatlah teras rumah semaksimal dan senyaman mungkin.

Dengan demikian, saat orang melihatnya dari luar, maka mereka sudah bisa menilai seperti apa bagian dalamnya hanya dari teras rumahnya saja. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus memaksimalkan bagian teras rumah.

Buat Taman yang Cantik

Agar rumah Anda semakin cantik, jangan lupa untuk menambahkan taman di sana. Taman ini tidak harus luas, namun kecil juga bisa tapi tetap cantik. Jika lahan terlalu sempit, Anda bisa membuat taman vertikal atau taman gantung juga bisa sesuai dengan selera.

Tips Memiliki Rumah Minimalis

Untuk memiliki rumah minimalis terbaru idaman maka itu bukan hanya mimpi. Apalagi jika Anda memilikinya tanpa harus berhutang. Lantas, bagaimana sih cara untuk memiliki rumah idaman sendiri tanpa berhutang?

Caranya sangat mudah yakni diawali dengan menabung. Dengan menabung, maka Anda bisa memiliki rumah impian tanpa harus berhutang. Mungkin waktunya akan lama, tapi percayalah semua itu akan membuahkan hasil.

Seperti apa tips menabung untuk memiliki rumah dalam jangka 5 tahun? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Perhitungan Kebutuhan Dalam Satu Bulan

Untuk memulai menabung, maka Anda harus memperhitungkan kebutuhan yang diperlukan dalam waktu satu bulan. Dengan memperhitungkan kebutuhan dengan segala kemungkinan kebutuhan tak terduga, maka Anda bisa menabung lebih banyak.

Nah, uang sisa dari kebutuhan itu bisa Anda tabung untuk memiliki rumah. dengan menyisihkan uang yang tidak digunakan, maka kemungkinan untuk Anda memiliki rumah dalam waktu yang singkat akan terwujud.

Buka Rekening Baru Tanpa Membuat ATM

Kesalahan yang sering terjadi pada banyak orang adalah mencampur uang pribadi dengan uang tabungan dalam satu rekening. Hal ini tidak boleh karena uang tabungan bisa habis digunakan untuk kebutuhan.

Karena itu, Anda harus membuat rekening baru, sehingga ada saat menabung uang tersebut ditabung pada rekening baru itu. Dengan tidak membuat ATM, maka kemungkinan untuk mengambil uang juga akan lebih kecil.

Menabunglah di Banyak Bank

Dengan menabung di banyak bank, hal ini menandakan bahwa tabungan Anda semakin banyak. Menabung di banyak bank tidak harus nominalnya besar. namun lakukan dengan rutin, dengan begitu Anda akan lebih cepat untuk memiliki rumah sendiri.

Tekad yang Kuat

Ini adalah hal yang sangat penting ketika Anda ingin menabung untuk memiliki rumah. Anda harus menabung dengan istiqomah dimana uang tersebut tidak boleh digunakan untuk keperluan apapun selain memiliki rumah.

Sebab, banyak orang yang sering khilaf dan menggunakan uang tabungan untuk kepentingan yang lain. saat Anda demikian, maka apa yang Anda targetkan akan lebih lama tercapai.

Cara Merawat Rumah Minimalis

Ketika Anda sudah memiliki rumah idaman, tentunya rumah tersebut harus terus dirawat agar dia lebih awet dan tetap indah meskipun termakan usia. Lantas, bagaimana sih cara merawat rumah minimalis? Mau tahu caranya? Simak di bawah ini.

Membersihkannya Setiap Hari

Untuk merawat rumah, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkannya setiap hari. Rumah yang bersih menjadi salah satu bentuk rumah yang sehat.

Ketika rumah bersih, maka ia akan terlihat lebih kuat dan kokoh. Lain halnya dengan rumah yang kotor, maka ia akan terlihat seperti rumah yang terbengkalai.

Memilih Furniture yang Sesuai

Agar rumah terlihat lebih indah, maka pemilihan furniture yang digunakan juga harus sesuai. Pastikan bahwa furniture yang digunakan juga tidak memenuhi ruangan dan cocok dengan konsep rumah milik Anda.

Baca juga :   Mau Beli Mobil Bekas? Anda Perlu Punya Ilmu Ini Dulu Sebelum Membelinya

Selalu Rapikan Barang Setelah Selesai Digunakan

Agar rumah selalu terlihat rapi, maka Anda harus rajin merapikannya. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan membiasakan diri selalu meletakkan kembali barang pada tempat dimana Anda mengambilnya setelah selesai digunakan.

Dengan begitu tidak ada yang namanya ruang berantakan. Sebab, semuanya harus ditata seperti sedia kala sebelum Anda menggunakannya. Dengan begitu, rumah akan terlihat rapi setiap saat.

Sirkulasi Udara Harus Lancar

Ciri-ciri rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Jadi pastikan saat Anda membuat rumah minimalis, tetap perhatikan sirkulasi udaranya. Dengan begitu, akan ada pertukaran udara yang ada di dalam ruangan dengan yang ada di luar ruangan.

Buang Benda-Benda yang Tidak Terpakai

Agar benda-benda yang tidak terpakai tidak memenuhi rumah, maka singkirkan benda-benda tersebut. Mengapa? Sebab, benda-benda ini hanya akan membuat penampilan rumah menjadi tidak sesuai dengan konsep yang Anda harapkan. Jadi, gunakan saja benda yang memang benar-benar dibutuhkan.

Jasa Desain Rumah Minimalis

Untuk memiliki rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan, maka Anda bisa menggunakan jasa desain rumah minimalis. Dengan menggunakan jasa yang profesional, maka profit rumah juga akan semakin bagus dan tentunya hasilnya juga akan lebih memuaskan.

Saat Anda menggunakan jasa desain, maka desain yang Anda inginkan benar-benar akan terwujud sesuai dengan harapan. Bahkan, jika Anda bingung dalam menentukan desain mana yang akan digunakan, jasa ini akan merekomendasikan desain terbaik milik mereka.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari desain rumah minimalis, kunjungi saja Instagram milik @jualrumahminimalis. Di sana Anda bisa menemukan desain rumah impian sekaligus bisa memilih rumah jika itu cocok.

Yang pastinya, Instagram tersebut akan memberikan banyak informasi seputar rumah minimalis untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang masih menabung atau sudah berencana untuk memiliki rumah akan sangat terbantu saat melihat postingan dari Instagram tersebut.

Memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan adalah dambaan setiap orang. Nah, salah satu rumah yang lagi hits banget di dunia properti adalah rumah minimalis. Rumah ini simpel namun tetap terlihat elegan. Ya, di zaman yang serba padat, sibuk dan melelahkan ini. desain rumah seperti ini memang menjadi salah satu pilihan yang paling tepat.

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah tipe ini, tentunya informasi di atas sangat membantu. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui apa saja si yang harus dipersiapkan untuk membangun rumah hingga merawatnya. Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat dan memberikan Anda banyak gambaran dalam hal rumah minimalis.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *