Mau Beli Mobil Bekas? Anda Perlu Punya Ilmu Ini Dulu Sebelum Membelinya 5/5 (1)

7 min read

Mobil Bekas? Simak Penjelasannya Terlebih Dahulu

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang saat ini dimiliki oleh banyak orang. Jika zaman dulu orang lebih banyak memiliki sepeda motor, maka saat ini orang sudah mulai banyak yang memiliki mobil.

Saat ini juga sudah terdapat mobil dengan harga terjangkau, sehingga lebih ringan untuk dibeli. Selain itu, jenis mobil bekas juga menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin memiliki mobil dengan harga lebih murah.

Kredit mobil bekas juga menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan, karena tidak harus membayar sekaligus sebuah mobil secara tunai. Apakah kredit mobil bekas lebih menguntungkan? Tentu saja iya, karena Anda bisa memiliki sebuah mobil dengan uang muka tertentu, dan selebihnya bisa di angsur sedikit-demi sedikit. Berbeda halnya jika Anda membelinya secara tunai.

Berikut ini ulasan tentang mobil bekas yang dapat Anda simak.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Mobil Bekas

Sebelum membahas lebih jauh tentang mobil bekas, apakah Anda sudah tahu apa itu sebenarnya mobil bekas? Agar tidak keliru silahkan simak pengertian mobil bekas berikut ini. “Mobil” sendiri merupakan jenis kendaraan darat yang digerakkan menggunakan tenaga mesin, memiliki empat roda atau lebih dan biasanya genap. Untuk menghidupkannya menggunakan bahan bakar minyak.

Sedangkan “bekas” adalah sesuatu sesuatu yang sudah pernah digunakan oleh orang lain, sehingga dapat diartikan jika mobil bekas adalah kendaraan roda empat yang sebelumnya sudah dipakai dan dimiliki oleh orang lain. Meskipun dipakai dalam kurun waktu yang tidak lama, tetap saja mobil tersebut disebut mobil bekas.

Situs Jual Beli Mobil Bekas

Untuk Anda yang hendak membeli mobil bekas, sudahkah mendapat gambaran dimana akan membelinya? Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu bingung saat akan membelinya, karena saat ini mobil bekas bisa dibeli secara offline ataupun online. Untuk Anda yang ingin membeli secara offline mungkin terbatas, namun membeli mobil bekas secara online menjadi tidak terbatas.

Saat membelinya secara online, Anda juga bisa mendapatkan mobil bekas murah dengan kualitas yang baik. Agar tidak salah membeli, maka beberapa situs jual beli mobil bekas di bawah ini dapat Anda pilih.

Mobil123

Situs pertama yang dapat Anda pilih adalah Mobil123. Mobil123 merupakan salah satu marketplace otomotif terbesar yang ada di Indonesia. Di situs ini terdapat ratusan ribu kendaraan yang siap dijual, sehingga Anda bisa memilihnya dengan lebih leluasa. Jenis dan harga mobil bekas yang dapat dipilih juga sangat bervariasi, sehingga memudahkan para calon pembelinya.

Mobil123 didirikan oleh Nucky Djatmiko pada tahun 2008, kemudian dibeli oleh iCar Asia asal Australia pada tahun 2012. iCar Asia berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia dan merupakan jaringan otomotif online terbesar yang ada di ASEAN.

Carmudi

Situs jual beli mobil bekas yang selanjutnya adalah Carmudi. Mungkin situs yang satu ini sudah sangat familiar bagi para pecinta otomotif di Indonesia. Carmudi diusung oleh Rocket Internet ke Indonesia pada tahun 2014. Pada awalnya, Carmudi hanya memiliki sekitar empat ribu kendaraan yang siap dijual.

Akan tetapi, dengan dukungan dari Rocket Internet akhirnya Carmudi berkembang menjadi marketplace online terbesar yang ada di Indonesia. Baik itu mobil bekas ataupun mobil baru tersedia secara lengkap di situs ini. Carmudi juga bekerjasama dengan Sky Motor dan Galeri Mobile untuk menambah list jumlah kendaraan yang dijual.

Baca juga :   7+ Contoh CV yang Baik dan Benar di Berbagai Bidang Pekerjaan

RajaMobil

Situs jual beli mobil bekas yang berikutnya adalah RajaMobil. Dimana situs yang satu ini merupakan versi online dari perusahaan retail showroom kendaraan yang sebelumnya sudah ada di Indonesia. RajaMobil diluncurkan pada tahun 2012 oleh Plaza Toyota. Selain Toyota, tersedia juga merek produsen mobil lainnya di situs ini.

Kemudian, pada bulan September 2017 RajaMobil melakukan perubahan pada platformnya. Yang semula berbentuk iklan baris online menjadi marketplace bagi tenaga sales yang ingin menjual inventori dari RajaMobil.

Cara Kredit Mobil Bekas

Saat ini mobil bekas justru menjadi jenis mobil yang banyak dicari oleh masyarakat, hal ini dikarenakan harganya yang lebih terjangkau. Terlebih lagi jika Anda membeli mobil bekas dengan cara kredit, pastinya menjadi lebih ringan.

Pengajuan kredit mobil bekas bisa Anda lakukan melalui dua lembaga, yakni perbankan dan lembaga jasa keuangan. Persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing lembaga tersebut juga berbeda, sehingga Anda harus memperhatikannya. Berikut ini cara kredit mobil bekas yang mudah.

Menentukan Sumber Pembelian Mobil Bekas

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan sumber pembelian mobil bekas. Anda bisa membelinya melalui kenalan yang sudah terpercaya atau dealer mobil bekas. Jika Anda memiliki kenalan yang baik, maka kemungkinan akan mendapatkan pengajuan kredit yang mudah serta cicilannya lebih murah.

Sedangkan untuk Anda yang mengajukan kredit di dealer mobil bekas, maka wajib memenuhi beberapa persyaratan tambahan, seperti biaya asuransi, biaya fiusia, dan biaya provisi.

Menyiapkan Uang Muka

Setelah Anda menentukan sumber pembelian mobil bekas, maka langkah yang selanjutnya adalah menyiapkan uang muka. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan uang muka jauh-jauh hari sebelum membeli mobil bekas.

Pengajuan kredit mobil bekas di diler wajib membayar uang muka terlebih dahulu atau biasa disebut down payment. Uang muka yang harus dikeluarkan juga sangat beragam, tergantung harga mobil yang akan dibeli.

Sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan penawaran uang muka yang murah, karena keamanannya belum terjamin. Pilihlah lembaga kredit mobil bekas yang mensyaratkan uang muka sesuai dengan yang harus dibayarkan.

Pilih Dealer atau Leasing Terpercaya

Cara kredit mobil bekas yang berikutnya adalah dengan memilih dealer atau leasing yang sudah terpercaya. Mengingat saat ini sudah banyak sekali dealer dan leasing, maka Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Pilihlah dealer atau leasing yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang bagus, sehingga lebih terpercaya. Anda juga akan terhindar dari penipuan.

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Apabila semua hal di atas sudah dilakukan, selanjutnya masuk pada tahap yang terakhir yaitu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dalam mengajukan kredit mobil bekas ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, seperti foto copy KTP, KK, surat keterangan domisili, rekening listrik terakhir dan slip gaji.

Tips Membeli Mobil Bekas

Banyak orang yang beranggapan jika membeli mobil bekas banyak risikonya, seperti cepat rusak, perawatan tiba-tiba, dan ganti mesin. Benarkah seperti itu? Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar jika Anda bisa membeli mobil bekas yang masih terjamin kualitasnya.

Anda harus teliti saat hendak membeli mobil bekas agar bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Berikut ini tips membeli mobil bekas yang dapat Anda jadikan pedoman saat hendak membelinya.

Cari Informasi Secara Detail

Sebelum membeli mobil bekas, maka terlebih dahulu Anda harus mencari informasi secara detail. Baik itu secara online ataupun offline. Banyak sekali situs jual beli mobil bekas yang menyediakan merk, harga, tahun keluar, dan juga spesifikasinya seperti contohnya situs jual beli mobil bekas OLX.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi dari kenalan yang mengerti tentang mekanik dan otomotif. Setelah itu, tuliskan spesifikasi, tahun keluar, dan harga mobil yang Anda inginkan. Cara ini akan memudahkan Anda menentukan jenis mobil yang diinginkan dan tentu saja berkualitas.

Baca juga :   Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar/ Kerja/ Sekolah/ Organisasi/ Jabatan/ Bahasa Inggris

Beli dari Orang Pertama

Tips membeli mobil bekas yang selanjutnya adalah dengan membelinya dari orang pertama. Membeli mobil bekas di pemiliknya secara langsung lebih dianjurkan daripada membeli di dealer, makelar, atau showroom. Membeli di showroom memang terdapat banyak pilihan, namun Anda tidak bisa mengetahui latar belakang mobil tersebut.

Membeli langsung ke orang pertama juga menjadikan harga mobil lebih murah, karena tidak ada pihak ketiga seperti makelar ataupun showroom.

Cek Bodi Mobil

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, maka Anda harus mengecek terlebih dahulu bodi mobil. Mintalah izin kepada pemilik mobil untuk agar Anda bisa memeriksa kondisi fisik mobil bekas yang hendak dibeli tersebut.

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan meliputi kondisi cat mobil, masih mulus atau ada titik-titik karat, penyok, goresan, dan bekas tambalan. Perhatikan dengan cermat detail fisik dari mobil tersebut, dari depan ke belakang dan atas ke bawah.

Periksa Mesin Mobil

Mesin merupakan bagian vital dari sebuah mobil. Tanpa adanya mesin maka mobil tidak bisa bergerak. Oleh karena itu, saat akan membeli mobil bekas Anda harus memeriksa kondisi mesinnya dengan cermat.

Namun, untuk Anda yang belum mengerti tentang mobil, sebaiknya minta teman atau ahli mekanik yang tahu betul tentang mesin mobil. Periksalah bagian kap mesin, seperti selang-selangnya. Periksa pula bagian tutup oli dan pastikan tidak ada kebocoran.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas

Sebagai kendaraan dengan harga yang tidak murah, tentu saja menjadikan banyak orang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Mobil bekas yang dapat Anda pilih juga sangat bervariasi. Hal ini dikarenakan adanya trend untuk berganti mobil keluaran yang lebih baru, sehingga mobil yang lama dijual.

Mobil yang dijual tersebut masih dalam kondisi bagus serta memiliki mesin gahar seperti mobil baru. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi orang yang sedang mencari mobil bekas. Berikut ini merupakan keuntungan membeli mobil bekas yang akan Anda dapatkan.

Kualitas Bagus dan Harga Lebih Murah

Dengan munculnya beragam mobil-mobil merek terbaru semakin menambah pula jumlah mobil bekas dengan kondisi yang masih baik pula. Mobil bekas tersebut umumnya relatif masih bagus, baik itu eksterior, interior, maupun mesinnya. Kondisinya yang masih bagus tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah, tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk para pembeli.

Mudah Mendapatkan Pinjaman Kredit

Selain kredit mobil baru, saat ini juga sudah banyak bank dan lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan mobil bekas. Dengan harga mobil bekas yang lebih murah, maka Anda juga akan mendapatkan pinjaman dana dengan lebih mudah. Selain itu, uang muka dan angsuran per bulannya juga lebih ringan, sehingga tingkat bunga juga lebih rendah.

Bisa Langsung Digunakan

Pada saat membeli mobil baru, tentu saja Anda tidak bisa langsung menggunakannya untuk berkendara di jalanan umum, karena harus mengurus berbagai surat kelengkapannya lengkap terlebih dahulu. Untuk Anda yang ingin segera menggunakan mobil, maka mobil bekas menjadi pilihan yang tepat karena dapat segera digunakan.

Penyusutan Nilai Rendah

Keuntungan membeli mobil bekas yang selanjutnya adalah penyusutan nilai harga yang lebih rendah. Pada umumnya sebuah mobil akan mengalami penyusutan harga sekitar 15% sampai 25% setelah lima tahun pembelian. Namun hal ini tidak berlaku untuk mobil bekas. Mobil bekas dapat dijual kembali dengan harga yang relatif sama atau kalau tidak dengan penyusutan harga yang lebih rendah.

Cocok untuk Berbisnis

Untuk Anda yang memiliki bisnis rental mobil, maka mobil bekas menjadi pilihan yang tepat. Memiliki mobil bekas dengan jumlah yang banyak akan lebih menguntungkan daripada membeli mobil baru. Biaya yang harus dikeluarkan juga lebih sedikit, sehingga koleksi mobil juga bisa lebih banyak.

Baca juga :   Mobil Offroad Terbaik dan Paling Bandel Di Dunia Beserta Gambarnya

Jenis Mobil Bekas yang Recommended

Pemburu mobil bekas biasanya mencari mobil dengan harga yang murah dan berkualitas. Ada berbagai jenis mobil yang dengan harga murah namun memiliki kualitas yang dapat diandalkan. Berikut ini jenis mobil bekas yang recommended untuk Anda.

Toyota Avanza

Toyota Avanza sering disebut sebagai mobil sejuta umat, karena banyak sekali masyarakat yang memilikinya. Namun, hingga saat ini Toyota Avanza masih banyak dicari oleh orang yang hendak membeli mobil. Adapun kelebihan Toyota Avanza generasi pertama dengan mesin 1300 cc ini adalah bahan bakarnya yang hemat.

Peugeot 206

Di Indonesia mobil produksi Jepang lebih banyak diminati dari pada mobil produksi Eropa. Akan tetapi ada satu jenis mobil produksi Eropa yang diminati, yaitu Peugeot. Mobil Peugeot tipe 206 merupakan yang paling banyak diminati. Mobil ini memiliki suspensi yang nyaman, bodi ringan, dan kapasitas mesin besar. Selain itu, bodinya juga khas dengan anak muda.

Honda Jazz

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Honda Jazz langsung menarik perhatian, karena memiliki desain eksterior yang stylish dan sporty. Mobil yang satu ini juga memiliki interior yang luas, sehingga nyaman digunakan. Selain itu, tarikan tenaganya juga kuat, mencapai 5.500 rpm. Anda bisa mendapatkan Honda Jazz bekas dengan harga yang terjangkau.

Honda Civic

Honda memang dikenal selalu mengeluarkan sedan dengan tampilan yang stylish dan elegan. Honda Civic ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan tampilan mewah namun harganya murah. Honda Civic memiliki desain yang menarik, interior dan bagasi yang luas, serta transmisi matic yang responsive. Tenaga yang dihasilkan juga kuat, yaitu 6500 rpm.

Isuzu Panther

Isuzu Panther merupakan mobil yang diminati oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 1990-an. Hal ini dikarenakan kekuatan dan ketahanannya terhadap segala medan. Namun, Panther merupakan mobil yang hemat bahan bakar, karena menggunakan mesin diesel dan tarikan turbo.

Anda bisa mendapatkan Isuzu Panther dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan Isuzu Panther generasi kedua dapat dibeli dengan harga 50 jutaan.

Sudah lengkap bukan? Ulasan tentang mobil bekas, mulai dari pengertian, situs jual beli, cara kredit, tips membeli, keuntungan, dan jenis mobil bekas yang recommended. Dengan membaca penjelasan di atas semoga dapat menambah wawasan Anda tentang mobil bekas dan bisa dijadikan referensi saat hendak membelinya. Pastikan agar selalu teliti saat akan membeli mobil bekas, agar tidak menyesal setelah membelinya.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *