Tempat Wisata Kuliner di Malang di Pagi dan Malam Hari Yang Pastinya Mantap!

KULINER MALANG – Paling tidak terdapat tiga alasan Mengapa mayoritas pelancong atau pendatang mau datang menuju kota Malang Raya. Alasan pertama adalah sebab kota Malang bagian selatan mempunyai sederet pantai yang memukau.

Sepanjang pesisir, para pelancong dapat merasakan deburan ombak, melihat pantai pasir warna putih, sampai snorkeling ketika ingin mengamati keindahan bawah laut.

Alasan berikutnya kenapa Malang jadi buruan ialah karena saking banyaknya hiburan dan tempat wisata yang ada di sana, terutama Kota Batu.

Sebenarnya Malang terdapat banyak sekali tempat wisata kuliner yang mempersembahkan hidangan yang unik, nikmat dan tentunya amat sayang apabila kita lewatkan begitu saja.

Ketika ke Malang, jangan lewatkan juga untuk pergi ke wisata kuliner khususnya di tempat tempat terbaik yang tersaji di bawah ini.

1. Kuliner Malang Bakso President

bakso presiden malang
wisata kuliner malang bakso presiden / dolandolen.com

Untuk para wisatawan yang sering berkunjung ke Malang, bakso presiden pilihannya. Lantaran di sana merupakan tempat kuliner legendaris dan harus dikunjungi. Di tempat kuliner Malang tersebut, Anda dapat merasakan kenikmatan berbagai aneka olahan bakso khas Malang yang pastinya rasanya sudah cocok dan juara.

Jenisnya pun bermacam-macam dan tidak bikin bosan, diantaranya yaitu bakso beserta jeroan, bakso bakar yang disajikan dengan bumbu khas, dan bakso orisinal yang rasanya akan bikin Anda mau lagi dan lagi.

Adapun Kedai Bakso President berlokasi di Jalan Batanghari No. 5 Malang. Tempatnya ada pada pinggir rel kereta, dengan begitu ketika dijumpai kereta lewat, anda dapat merasakan sensasi bergetar yang lumayan kuat.

Baca juga :   Kuliner Jogja Murah yang Tersedia di Malam dan Siang Hari

Adapun harga bakso ini berkisar antara harga Rp10.000-25.000 ini.

2. Kuliner Malang Pecel Kawi

kuliner malang pecel kawi
kuliner malang pecel kawi / travelingyuk.com

Untuk kalangan orang Jawa Timur sendiri, tentunya pecel telah termasuk kuliner khas yang pada umumnya dikonsumsi di pagi hari. Malang sendiri, pecel telah mengalami perkembangan yang lumayan cepat dan salah satu rekomendasi wisata kuliner di Malang yaitu pecel Kawi yang berlokasi di Jalan Kawi atau berdekatan dengan perempatan arah Jalan Besar Ijen.

Pecel Kawi sendiri sudah dibuka pertama kali di tahun 1975. Semenjak puluhan tahun yang lalu kedai ini selalu menghidangkan sajian pecel yang otentik, lengkap dengan lauknya yang beraneka macam. Beberapa lauk yang bisa Anda nikmati di sana yaitu tahu, ayam goreng, sapi, jeroan sampai empal goreng garing dan rasanya yang nikmat.

Tidak hanya jual pecel saja, tempat kuliner Malang yang senantiasa rame didatangi ketika jam sarapan ini sekaligus juga menyediakan rawon, lodeh, serta berbagai makanan tradisional Jawa yang lain. Harganya lumayan beragam sesuai dengan pesanan makanan anda. paket pecel lengkap memiliki harga tidak lebih dari Rp20.000 per porsi.

Pecel selin menjadi makanan khas di kota Malang, pencel juga bisa ditemui di tempat-tempat kuliner Bandung, Madiun, catering Bandung, dan daerah-daerah lainnya.

3. Kuliner Malang Hok Lay

hok lay malang
kuliner hok lay malang / cdns.klimg.com

Kuliner Malang tentunya amatlah beraneka ragam, dari yang tradisional sampai yang peranakan Tionghoa. Di salah satu sudut Kota Malang tepatnya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10, terdapat satu buah kedai tradisional yang sudah jadi legenda sampai saat kini. Pertama kali resmi dibuka tahun 1946, seiring perkembangan waktu terus saja Hok Lay mempersembahkan kuliner-kuliner otentik yang tidak cuma saja rasanya lezat namun juga termasuk murah.

Baca juga :   Wisata Kuliner Bogor yang Terkenal, Makanan Khas dan Tempat Nongkrong yang Asyik dan Enak

Beberapa makanan khas dari Hok Lay sampai dapat bertahan lebih dari 70 tahun yaitu 3 jenis makanan. Pertama adalah cwiemie yang pengolahannya dengan presisi sekali. Kuah olahan mie tersebut memiliki rasa yang gurih sekali dan mie yang dipakai pun lembut. Berikutnya topping yang dipakai pula dapat menyatu dengan sempurna sampai anda tidak merasa puas bilamana sekedar makan 1 mangkuk saja.

Berikutnya lumpia khas Hok Lay yang rasanya tidak kalah enak. 1 porsi lumpia memuat 2 lumpia goreng yang berisi ayam serta rebung yang tidak ada baunya. Lumpia tersebut sama persis rasanya seperti yang ada di kota Semarang walau acar dan sausnya lumayan khas.

Kemudian yang paling akhir, Hok Lay yang lokasinya berdekatan dengann alun-alun ini mempunyai minuman yang disebut fosco. Pembuatan minuman tersebut amatlah tradisional dan biasa setiap hari sajiannya senantiasa berganti-ganti. Campuran cokelat dan susu yang terdapatpada fosco bisa bikin lumpia dan cwiwmie dan lumpia yang Anda makan jadi bertambah mantap.

4. Kuliner Malang Soto Geprak Mbah Djo

Kuliner Malang Soto Geprak Mbah Djo
kuliner malang soto geprak mbah djo / pinimng.com

Biasanya bukanya antara jam 08.00 hingga 18.00. Lokasi Soto Gebrak Mbah Djo yang berada di Jalan M.T. Haryono ini menghidangkan soto yang begitu enak sekali. Campuran antara bumbu yang penuh rempah dan lembutnya daging yang dipakai bisa bikin siapa saja akan ketagihan dan ingin berkunjung lagi menuju kuliner Malang yang sudah ada semenjak tahun 1936 silam.

Disamping menyediakan soto daging sekaligus ayam yang enak dan telah jadi legenda, kedai ini pula jual berbagai kuliner tradisional. Anda dapat beli nasi ayam penyet, nasi gurami, pecel, bakso, dan berbagai minuman seperti teh dan jus. Satu porsi soto di sini kira kira dipatok dengan harga antara Rp20.000-an lengkap beserta minumannya.

Baca juga :   Cara Membuat Molen Aneka Rasa yang Mudah dan Praktis

Oh iya, bilamana anda bertanya-tanya kenapa kedai tersebut dinamakan geprak. Sejak waktu dulu, Mbah Djo biasa menggeprak meja ketika lagi motong daging sotonya. Kebiasaannya memotong dan membuat empuk daging tersebut lah yang membuat kedai ini kemudian diberi nama soto geprak dan dapat eksis sampai saat kini.

Leave a Comment