kuliner surabaya sate klopo ondomohen

Wisata Kuliner Surabaya yang Maknyus dan Murah Meriah

KULINER SURABAYA – Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Hal ini karena pernah terjadi peristiwa bersejarah pada era kemerdekaan yang terjadi di Surabaya. Sebagai Kota terbesar nomor 2 dan ibukota Jawa Timur, menjadikan Surabaya banyak dikunjungi oleh masyarakat yang tinggal di Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut akhirnya mempengaruhi ragam kuliner atau masakan yang terdapat di Surabaya. Sehingga bagi Anda yang ingin merasakan masakan-masakan khas Jawa Timur bisa mengunjungi Surabaya sebagai pusatnya kuliner khas Jawa Timur.

Agar anda semakin mudah dan terbantu dalam mengunjungi berbagai wisata kuliner Surabaya, berikut Inspiring.id akan menyajikan beberapa tempat wisata kuliner Surabaya yang wajib Anda kunjungi. Berbagai tempat kuliner Surabaya yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota Pahlawan.

1. Kuliner Surabaya Nasi Goreng Jancuk

kuliner surabaya nasi goreng jancuk
kuliner surabaya nasi goreng jancuk ©ulinulin.com

Nama nasi goreng ini memang terbilang cukup unik karena menggunakan suatu kata yang menjadi ciri khas orang Surabaya. Kata terakhir dalam tempat wisata kuliner Surabaya ini jadi suatu pengingat yang begitu menggambarkan Kota Surabaya.

Sehingga anda tidak bisa melewatkan makanan yang satu ini ketika berkunjung ke Surabaya. Asal muasal nama nasi goreng ini berasal dari reaksi spontan orang yang pertama kali mencicipi masakan ini. Ketika itu koki yang menciptakan resep nasi goreng ini menyuruh teman-temannya untuk memakan nasi goreng yang yang diberi cabe rawit dalam jumlah yang banyak.

Sehingga pada sendokan pertama nasi goreng ini teman-teman koki itu mengeluarkan umpatan secara spontan “Jancuk! Pedes, Cuk!“.

Apabila hendak menyantap nasi goreng khas Surabaya ini sebaiknya ajaklah beberapa teman anda karena nasi goreng disajikan dengan porsi yang cukup banyak sehingga bisa dihabiskan oleh empat sampai lima orang. Anda dapat membeli makanan ini dengan harga Rp150.000 per porsi dan dapat menjumpai nasi goreng jancuk di Royal Plaza.

2. Kuliner Surabaya Es Krim Zangrandi

kuliner surabaya es krim zangrandi
kuliner surabaya es krim zangrandi ©pegipegi.com

Misalkan tidak ada pencemaran di Surabaya, kota Ini sebenarnya tetap memiliki cuaca panas karena lokasinya yang berada di dekat laut seperti halnya Jakarta. Panasnya temperatur Kota Pahlawan ini membuat banyak orang mencari makanan yang menyegarkan.

Sehingga bagi Anda yang mengunjungi Kota Surabaya juga tidak ada salahnya untuk mencari kudapan yang menyegarkan guna mengurangi sedikit kegerahan karena cuaca yang begitu panas.

Untuk itu Anda bisa mengunjungi kedai es krim Zangrandi. Sebuah kedai es krim yang sudah lama berdiri di Kota Surabaya sejak tahun 1930. Sehingga kedai es krim legendaris ini seakan-akan telah menjadi bagian dari kota Surabaya.

Zangrandi sendiri pertama kali didirikan oleh Roberto Zangrandi yang merupakan seorang lelaki dengan kewarganegaraan Italia. Es krim yang disajikan dibuat memakai resep es krim milik sang istri. Saat Zangrandi memutuskan pulang ke Italia pada tahun 1960, ada seorang winery bernama Adi Tanumilia yang membeli kedai beserta resep es krim milik zangrandi.

Ketika anda sedang mengunjungi Surabaya silakan singgah sejenak ke kedai es krim yang terletak di Jalan Yos Sudarso nomor 15. Es krim yang dijual dibanderol dengan harga mulai dari Rp 24.000 saja. Anda dapat menikmati lezatnya es krim yang tetap terjaga rasanya selama kurang lebih setengah abad. Ditambah Anda juga bisa menikmati suasana tempo dulu bangunan khas Surabaya yang menjadi tempat kuliner Surabaya satu ini.

3. Kuliner Surabaya Sate Klopo Ondomohen

kuliner surabaya sate klopo ondomohen
kuliner surabaya sate klopo ondomohen ©sultanmart.net

Sate klopo ondomohen adalah salah satu kuliner Surabaya yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung ke Surabaya. Klopo adalah bahasa Jawa yang memiliki arti kelapa, lalu apa yang dimaksud dengan sate klopo? Apakah artinya dibuat dengan kelapa sebagai ganti daging? Atau diberi taburan kelapa sebagai pengganti bawang goreng?

Perlu untuk diketahui sate Kelopo adalah sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan dihidangkan dengan bumbu sate seperti biasanya. Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah irisan sate pada tempat kuliner Surabaya yang ukurannya lebih besar dibandingkan sate pada umumnya.

Perbedaan lainnya adalah pada bumbu sate yang diberikan taburan kelapa yang sudah disangrai terlebih dahulu. Sehingga membuat rasa sate klopo ondomohen ini menjadi lebih gurih dan lebih menggoda. Dijamin Anda akan dimanjakan dengan rasa sate yang begitu lezat ini.

Untuk membelinya Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp 20.000 saja dengan uang tersebut Anda bisa membeli satu porsi sate klopo ondomohen yang terletak di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36 Surabaya.

4. Kuliner Surabaya Soto Lamongan Cak Har

kuliner surabaya soto lamongan cak har
kuliner surabaya soto lamongan cak har ©youtube.com

Soto lamongan ini terletak tidak jauh dari Institut Teknologi Sepuluh November. Tidak hanya mahasiswa saja yang sering berkunjung ke kuliner Surabaya yang satu ini. Pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan juga banyak yang mengunjungi warung soto yang terletak di Jalan Dr. Ir. Haji Soekarno, Surabaya.

Hal ini tidak lain karena rasanya yang begitu menggoda sehingga membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya kembali. Ditambah harganya yang cukup ramah di kantong yaitu sekitar 20 ribuan. Apabila anda tidak menginginkan bagian-bagian daging tertentu Anda bisa menyampaikannya kepada pelayan.

Sebagai contoh Anda dapat memesan satu porsi soto ayam daging tanpa kulit. Maka yang Anda akan mendapatkan soto daging ayam tanpa kulit sesuai keinginan anda.

Demikian artikel mengenai tempat wisata kuliner Surabaya yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke kota pahlawan ini. Selain itu Anda juga membaca artikel lainnya mengenai catering Bandung sebagai referensi makanan khas bandung.

Baca juga : Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah!

Leave a Comment