Wisata Kuliner Bandung yang Enak dan Murah Meriah, Tempat Nongkrong, Cafe, Restoran Recommended

KULINER BANDUNG РSiapa sih yang nggak kenal Bandung! Yaa, ane yakin kalian pasti udah pada tau. Selain terkenal tempat wisatanya ria atau labih sering dikenal dengan istilah Paris van Java ternyata Bandung juga mempunyai sejuta wisata kuliner yang enak-enak dengan harga bersahabat.

Ngomong-ngomong masalah bersahabat tentu nggak lepas dari yang namanya Anak Kos, loh kok bisa? Iya dong “ane kan sesepuh anak kos” hehe. Udah lah dari pada kebanyakan curhat, langsung aja kita liat-liat apa saja wisata kuliner di Bandung yang enak dan cocok buat masa depan dompetmu ūüėÄ

Kuliner Bandung Surabi Paling Recommended

kuliner bandung surabi
kuliner bandung surabi ©nibble.id

Pertama kita akan membahas tentang surabi, iya memang benar bahwa jajanan pasar tradisional ini sangat banyak ditemukan di Bandung. Pada mulanya surabi hanya memiliki 3 varian rasa yaitu original dengan sedikit tambahan toping kinca, telor, dan oncom.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman maka muncul berbegai macam ide di mana banyak berdiri warung-warung baru dengan memodifikasi menu rasa surabi, tak hanya satu varian tetapi ada beberapa toping tersedia yang bisa kamu jumpai pada warung di bawah ini.

Surabi Radja Kedai

Kamu dapat menemukan warung ini di Jl. Pluto Raya No 1 Maragahayu Raya atau sekitar jembatan penyebrangan by pass Jalan Soekarno Hatta.

Surabi Tenda Durian

Ini merupakan surabi khas di mana topingnya memakai durian dengan aroma yang begitu menggoda. Lokasinya ada di Jl. Prof. Eyckman.

Baca juga :   Wisata Pantai Sawarna Banten, Resort Lokasi yang Indah

Surabi Imut

Surabi imut atau bisa dibilang surabi enhaii, surabi ini merupakan pioner dalam pembuatan surabi modern yang dimodifikasi sedemikian rupa. Di namakan enhai karena letaknya yang berdekatan dengan kampus NHI (National Hotel Institute) tepatnya di Jl. Setiabudi no 194 Bandung.

Kuliner Bandung Bajigur

kuliner bandung ajigur
kuliner bandung bajigur ©tournesia.com

Selanjutnya kita akan kenalan dengan minuman hangat khas masyarakat Sunda khususnya daerah Jawa Barat, Indonesia. Untuk membuat minuman macam ini prosesnya cukup mudah dan bahannya juga mudah dicari di warung-warung atau pasar.

Bahan utama untuk membuat bajigur adalah santan dan gula aren, untuk menambah cita rasa khas, campurkan sedikit jahe, garam, serta bubuk vanili.

Pada umumnya bajigur dijajakan menggunakan gerobak yang dipasang kompor di bawahnya. Minuman ini sangat cocok apabila diminum pada saat cuaca dingin atau cuaca basah setelah hujan.

Biasanya orang menjadikan pisang, ubi rebus, atau kacang rebus untuk menemani segelas minuman bajigur ini.

Karena rasanya yang menggoda, tak jarang bajigur ini sering dihidangkan oleh para vendor kuliner catering Bandung pada acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya.

Kuliner Bandung Nasi Kalong

kuliner bandung nasi kalong
©pergikuliner.com

Judulnya bikin kepo hehe, mungkin bagi sebagian kalian banyak yang belum tahu apa itu nasi kalong atau bahkan nggak tau sama sekali. Sesuai namanya warung nasi ini dibuka mulai jam 18.00 dan lokasinya berada di Jl. RE Martadinata.

Nasi kalong sangat cocok dijadikan sebagai menu ketika keroncongan di malam hari, dan nggak perlu takut untuk datang ke sini di malam hari, karena semakin malam tempat ini akan semakin rame dengan menu yang paling digemari yaitu nasi berwarna hitam dan ada 20 lebih jenis lauk yang bisa kamu pilih.

Baca juga :   Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah dengan Harga Tiket yang Murah

Pada dasarnya nasi berwana hitam itu adalah nasi merah yang dimasak menggunakan kluwek, ditambah cabai, daun salam, bawang merah, kelapa parut goreng, dan bumbu lainnya. Apabila kamu enggan memakan nasi hitam ini jangan kuwatir karena juga tersedia banyak nasi putih.

Bandung Maja House

tempta wisata bandung
tempta wisata bandung ©panduwisata.id

Maja house merupakan tempat wisata kuliner yang paling digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitar. Selain menawarnkan masakan yang enak, restoran ini juga sangat cocok untuk makan siang dan makan malam. Dengan pesona keindahan dan hawa sejuk yang ditawarkan.

Restoran ini berlokasi di Jl. Sersan Bajuri no. 72 letaknya satu lokasi dengan hotel Stevie G, tak hanya menyediakan satu tempat duduk saja, tempat ini juga menyediakan kasur dan selimut buat kamu yang nggak tahan dengan hawa dingin di sana.

Kuliner Bandung Colenak

kuliner bandung colenak
kuliner bandung colenak ©tutugo.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang Sunda itu paling seneng dalam singkat-menyingkat, hal ini tercermin dalam setiap makanan khas Sunda seperti yang akan kita bahasa ini. Colenak sendiri merupakan singkatan dari kalimat dicocol enak (bahasa Sunda).

Makanan ini terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar lalu disajikan menggunakan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

Makanan ini mudah sekali untuk gosong karena karena kandungan gula yang ada di dalam tape tersebut, walau begitu bagian yang gosong ini merupakan bagian terenak bagi beberapa orang. Di Bandung sendiri saat ini terlihat sudah jarang terlihat iorang yang menjualnya.

Kuliner Khas Jawa Barat Bandrek

kuliner bandung jawa barat bandrek
kuliner bandung bandrek ©homefood.blogspot.com

Baandrek merupakan salah satu minuman tradisional masyarakat Sunda, minuman ini biasa dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh dan minumnya pun sering dinikmati pada kondisi cuaca dingin, seperti ketika hujan atau gerimis di malam hari.

Baca juga :   Wisata Kuliner Surabaya yang Maknyus dan Murah Meriah

Bahan dasar dari minuman ini adalah jahe dan gula merah, namun di daerah-daerah tertentu mereka menambahkan rempah-rempah tersendiri guna memperkuat rasa rasa hangat, bahan tambahan yang sering digunakan itu biasanya berupa merica, serai, pandan, telur ayam kampung, dan yang semisal.

Tak hanya itu, susu juga bisa ditambahkan dengan ukuran sesuai dengan selera si penikmat minuman. Bandrek dipercaya mempunyai khasiat sebagai penyembuh penyakit ringan seperti sakit tenggorokan.

Baca juga : Masakan Padang yang Menggoyang Lidah!

Leave a Comment