Tips Memilih Souvenir Pernikahan + Rekomendasi Souvenir Pernikahan Murah, Souvenir Pernikahan Unik Terlengkap 5/5 (1)

Pernikahan merupakan acara sakral dalam fase hidup manusia. Pada perayaan ini dua orang manusia saling mengikat janji suci di hadapan Tuhan dengan disaksikan keluarga dan orang-orang terdekat.

Pernikahan adalah moment yang hanya dilaksanakan sekali seumur hidup. Semua orang berharap perayaan janji suci ini merupakan moment yang berkesan dan tidak mengecewakan. Oleh karenanya, berbagai persiapan dirancang oleh kedua mempelai dan keluarga besar.

Harapannya, agar perayaan cinta sekali seumur hidup ini bisa berhasil. Banyak persiapan yang harus dipikirkan oleh pihak yang akan melangsungkan pernikahan. Mulai dari dekorasi, baju pengantin yang dikenakan, catering atau konsumsi sampai souvenir pernikahan.

Ada sebuah kisah tentang pesta pernikahan yang membuat tamu undangan kecewa. Pesta pernikahan itu diadakan di sebuah gedung mewah di Yogyakarta.

Pada undangan pernikahan tertulis dilaksanakan dari jam 11.00-13.00 WIB. Akan tetapi pada pukul 12.30 souvenir pernikahan sudah habis persediaannya.

Akibatnya para tamu yang tidak kebagian souvenir pernikahan itu lantas mengungkapkan kekecewaannya. Mulai dari mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas sampai raut muka yang cemberut.

Padahal dekorasi dan baju pengantin terlihat sangat match dan mempesona. Namun, tampaknya para tamu yang tidak kebagian souvenir pernikahan tersebut tidak menghiraukan semua hal itu. Mereka tetap kecewa dan marah dengan pesta pernikahan tersebut.

Terlebih bagi mereka yang jauh-jauh pergi ke pesta pernikahan, harapannya sederhana bisa menikmati hidangan catering yang lezat, melihat mempelai yang cantik dan tampan di atas panggung.

Dan ketika pulang membawa souvenir pernikahan sebagai kenang-kenangan setelah menghadiri perayaan sakral sekali seumur hidup itu.

Kisah di atas merupakan contoh kegagalan dalam mempersiapkan pernikahan. Terkadang mempelai lebih berfokus pada persiapan dekorasi dan baju pengantin. Lalu, mengabaikan perihal souvenir pernikahan karena dianggap sebagai hal yang remeh.

Padahal bagi tamu undangan, souvenir pernikahan merupakan kenang-kenangan yang akan diingatnya seumur hidup. Souvenir menjadi oleh-oleh tersendiri bagi keluarga yang menunggu kepulangan selepas menghadiri resepsi pernikahan.

Jika souvenir pernikahan unik dan bagus maka tamu undangan pun akan mengenangnya dan selalu mengingat bahwa souvenir ini berasal dari pernikahanmu.Namun bagaimana jika dalam penyediaan souvenir justru tamu tidak optimal?

Yang terjadi tamu undangan akan merasa kecewa. Dan, secara naluriah manusia para tamu undangan tersebut akan memberitahukan kekecewaannya pada orang lain.

Hasilnya apa? image pernikahanmu akan menjadi buruk. Padahal kamu sudah susah payah mengeluarkan budget besar untuk dekorasi dan baju pengantin. Namun, gara-gara souvenir yang mengecewakan semua persiapan tadi menjadi sia-sia.

Coba bayangkanlah…

Resepsi pernikahanmu yang menelan budget besar dan menguras tenaga. Tidak dihargai bahkan di cap buruk oleh tamu, gara-gara souvenir pernikahan yang kamu siapkan tidak maksimal.

Tapi tenanglah …

Kamu masih belum terlambat. Kamu masih mempunyai waktu untuk menjadikan resepsi pernikahanmu menjadi sangat berkesan bagi para tamu undangan.

Nah, berikut ini merupakan tips bagaimana cara mempersiapkan souvenir pernikahanmu. Simak baik-baik ya

Table of Contents

1. Menentukan Budget

Hal paling awal yang harus kamu lakukan saat hendak memilih souvenir adalah menentukan budget. Untuk perhitungannya coba simak contoh di bawah ini :

Kamu merencanakan sebuah resepsi pernikahan untuk 300 undangan dengan budget Rp. 100.000.000. Kemudian budget souvenir dipatok sebesar 3-5% dari total anggaran. Maka budget untuk souvenir berkisar sebesar Rp. 3.000.000 s/d 5.000.000. Lalu budget ini kemudian dibagi lagi dengan 300 ( jumlah tamu yang diundang ). Sehingga budget souvenirnya kisaran harga Rp.10.000 s/d Rp.15.000.

2. Mencari Souvenir Pernikahan Unik

Untuk hal ini, kamu bisa melakukan pengamatan souvenir apa yang sekiranya sedang trend. Kamu bisa mengamati secara langsung di pernikahan teman atau saudaramu. Atau cara yang lebih mudah adalah dengan browsing mengenai souvenir unik di internet.

3. Memilih Souvenir di Berbagai Toko

Kamu bisa mendatangi toko souvenir secara langsung. Kamu bisa melakukan survei harga pada beberapa toko souvenir. Namun, cara ini agaknya akan menyita waktumu. Kamu masih harus mempersiapkan yang lain seperti dekorasi, catering dan baju pengantin. Untuk mempersingkat waktumu kamu bisa melakukan cek harga dan souvenir melalui online.

4. Sesuaikan dengan Tema / Konsep Pernikahan

Ketika kamu sudah mempunyai tema / konsep pada pernikahanmu maka pemilihan souvenir juga harus mengikuti tema / konsep yang ditentukan. Kini, sedang trend warna-warna soft. Tetapi ada pula yang menyukai warna menyala atau strong. Misalkan warna baju pernikahanmu atau dekorasinya itu pink, hijau,merah atau gold. Maka kamu bisa memilih souvenir yang mendekati dengan warna atau tema pernikahanmu. Agar souvenir pernikahan mu selaras dengan tema / konsep pernikahanmu.

5. Perhatikan Ukuran Souvenir

Ada cerita nyata tentang sebuah resepsi pernikahan. Petugas cateringnya banyak menemukan souvenir yang berserakan di lantai. Konon, banyak tamu yang meninggalkan souvenir yang ditinggal oleh para tamu undangan. Alasannya terlalu besar ukurannya.

Bayangkan… kamu sudah capek-capek menyiapkan dan keluar budget mahal untuk membeli souvenir dengan ukuran jumbo.

Ternyata malah ditinggal. Pasti menyakitkan kan ?

Maka dari itu perhatikan ukuran souvenir yang kamu pilih. Pastikan souvenirmu itu mudah, praktis serta fleksibel saat dibawa.

  • Memilih Kemasan Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Menarik

Percaya atau tidak, kemasan souvenir pernikahan yang unik akan semakin menambah souvenirmu menjadi menarik. Tentukanlah apakah kemasan yang cocok untuk souvenirmu. Apakah memakai tile, kotak atau plastik?. Coba selaraskan dengan jenis souvenirmu yang telah dipilih.

  • Jangan lupa perhatikan demografi atau karakteristik tamu yang diundang

Biasanya tamu yang diundang bukan hanya teman-temanmu saja. Orang tuamu akan mengundang sanak saudara atau rekannya. Tentu ada perbedaan usia dan selera. Oleh karena itu pilihlah jenis souvenir pernikahan unik yang cocok untuk segala usia.

Nah, selanjutnya kami akan ada beberapa rekomendasi souvenir pernikahan. Mulai dari souvenir pernikahan unik, dan souvenir pernikahan murah. Yang akan membuat tamu berkesan.

1. Bibit/ Benih Tanaman Mini, Bocok bagi Kalian Pasangan Pecinta Alam

Buat kalian pasangan pengantin pecinta alam, bibit atau benih tanaman mini bisa jadi souvenir pernikahan unik. Bayangkanlah jika setiap tamu yang hadir menanam bibit itu di rumah mereka masing-masing. Maka kalian sudah berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Menyenangkan bukan ?

2. Pouch Dompet Lucu Yang Serba Guna

Pouch si dompet lucu ini tidak hanya trend untuk souvenir pernikahan saja. Akan tetapi jika kamu berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, maka akan banyak ditemui produsen kosmetik atau makanan yang memberi hadiah berupa pouch.

Selain bentuknya yang simpel, pouch juga multi fungsi. Bisa dijadikan untuk menyimpan uang receh, kosmetik maupun alat tulis.

Tentunya souvenir pernikahan murah, tetapi tidak murahan. Mengingat fungsinya yang begitu banyak. Juga cocok untuk segala usia.

3. Kipas Couple Bisa Digunakan Anti Gerah Saat Resepsi

Pada resepsi pernikahan biasanya banyak dihadiri oleh para tamu undangan. Nah, di sinilah kadang kita merasa gerah. Gerah karena oksigen dihirup oleh banyak orang.

Baca juga :   Refrensi Kado Pernikahan, Inspirasi Hadiah Buat Sahabat Mu

Kalau ruangannya full AC tidak menjadi masalah berarti. Bagaimana jika ruangan hanya menggunakan kipas angin biasa. Sekarang, banyak yang menyulap gedung olahraga menjadi lokasi pernikahan. Alhasil, sumber pendinginan hanya berasal dari kipas angin besar yang ditaruh di pojok-pojok ruangan.

Bagi kamu yang menggelar resepsi tidak menggunakan gedung full AC. Souvenir pernikahan unik ini bisa jadi pilihan, supaya tamu tidak gerah dan kepanasan.

4. Notes Yang Bikin Tamu Selalu Inget Sama Nikahanmu

Notes biasa digunakan untuk mencatat seseatu yang penting. Biasanya juga akan dibawa kemana-mana agar tidak lupa. Coba bayangin deh, souvenir pernikahanmu berupa notes yang bertuliskan nama kamu dan pasanganmu. Maka tamu undangan yang menerima souvenir darimu akan selalu teringat akan pernikahanmu, kapan tanggalnya.

5. Kopi Bali bagi Penggemar Kopi

Souvenir pernikahan unik tidak selalu barang yang awet, dan tidak cepat habis. Malahan justru, bahan yang langsung bisa dikonsumsi menjadi ide souvenir pernikahan unik yang out the box. Terlebih jika makanan atau minuman yang unik dan eksentrik justru akan langsung dimanfaatkan.

F:\produktif titin\malang article\107423_6c236d29-a4c7-4665-8829-c8e2a17bf7fd.jpg

Misalkan saja kopi Bali. Bagi, kamu yang menggelar resepsi pernikahan di luar pulau dewata ini. Maka, souvenir pernikahan ini akan terkesan sebagai souvenir pernikahan unik. Terlebih, mayoritas orang menyukai kopi. Souvenir pernikahan berupa kopi bali cocok untuk segala segment usia.

6. Centong Favoritnya Para Kaum Hawa

Apa makanan pokok orang Indonesia ?. Pastinya mayoritas, orang Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Meskipun ada beberapa yang mengonsumsi sagu dan papeda. Ada guyonan menarik “ Belum makan, kalau belum makan nasi”.

F:\produktif titin\malang article\313287516_a1f7bacf-1576-4b8c-94d9-e231ca76aa82_720_720.jpg

Untuk memasak beras menjadi nasi, butuh pengaduk dari kayu maupun stainless steel. Barang itu dinamakan centong. Centong tidak hanya bisa digunakan untuk mengaduk saat memasak beras menjadi nasi, tetapi juga digunakan untuk mengambil nasi saat akan makan.

Udah kebayang kan ?. Bagaimana souvenir pernikahan murah ini, justru dipakai oleh semua orang. Karena selagi orang Indonesia makan nasi, maka akan butuh centong. Kecuali kalau orang Indonesia sudah mengganti makanan pokoknya dari nasi jadi roti hehe.

7. Sendok Box Yang Cantik

Makan adalah kebutuhan hidup manusia. Nah, souvenir berupa sendok box ini bisa jadi salah satu pilihanmu. Tentunya kamu tidak bisa asal memilih souvenir sendok box ini. Cobalah pilih sendok box yang memiliki tampilan menarik.

F:\produktif titin\malang article\6333995_84e0862e-0b1b-4df5-93bc-cfa4857f678f.jpg

Cirinya ada ornamen di bagian pegangannya. Jika kamu asal memilih sendok box yang biasa, atau bermotif polos maka souvenir pernikahanmu akan terkesan biasa-biasa saja. Cobalah pilih sendok box yang berwarna-warni dan memiliki ornamen unik supaya mengesankan bahwa souvenir pernikahan unik.

8. Telenan Hias, Bisa Dipajang atau Untuk Merajang.

F:\produktif titin\malang article\329423638_c066871d-45dd-4489-927f-54cc35aa87f8_992_992.jpg

Telenan hias juga cocok dijadikan souvenir pernikahan unik pada hari bahagiamu. Souvenir ini juga terkesan “luwes” atau fleksibel untuk segala usia. Kaum muda telenan hias biasanya dijadikan hiasan dinding. Bagi, kaum tua souvenir pernikahan unik ini mungkin bisa digunakan untuk merajang bumbu dapur. Karena tidak semua tamu undangan itu adalah temanmu yang notabene berusia masih muda-muda. Akan tetapi tamu undangan juga berasal dari keluargamu, sanak saudara dan teman-teman orang tuamu ataupun mertuamu. Notabene usia mereka sudah senior alias tua.

9. Taplak Meja Simpel Untuk Dibawa Saat Resepsi

Kebanyakan orang saat resepsi hanya membawa tas kecil. Bahkan tamu undangan pria terkadang tidak membawa tas. Souvenir pernikahan berupa taplak meja ini sangat cocok buat kamu yang menghendaki tamu undangan mudah dalam membawa.

F:\produktif titin\malang article\0_7330ab6d-a374-43c1-b742-905d3017bf77_800_800.jpg

Taplak meja hias biasanya digulung menjadi ukuran kecil. Ini memungkinkan tamu mudah untuk membawanya. Apalagi untuk tamu undangan pernikahan pria yang biasanya hanya memakai baju batik atau jas. Taplak meja bisa langsung dimasukkan ke dalam kantong. Simpel kan.

Baca juga :   10 Prinsip Ekonomi Lengkap Dengan Penjelasan dan Contohnya

10. Tote Bag ( Tas Blacu ) yang Zero Waste

Isu tentang lingkungan hidup seakan menjadi isu yang tidak akan basi untuk dibahas. Termasuk soal trend yang kini sedang berkembang berupa diet kantong plastik atau lebih dikenal dengan istilah Zero Waste. Di samping itu isu ini juga memunculkan market tersendiri, sebagai contoh melonjaknya permintaan tote bag di pasaran. Terlebih masyarakat modern yang kini mulai sadar akan bahaya kantong plastik.

F:\produktif titin\malang article\16686382_3b0f31b2-c79b-430d-b71d-691cdd8e75da_480_480.jpg

Nah, kamu bisa sekalian kampanye soal diet kantong plastik atau lebih dikenal dengan Zero Waste. Kamu bisa memanfaatkan moment resepsi pernikahanmu, untuk membagikan tote bag ( tas blacu ) yang ramah lingkungan. Dijamin semua tamu undangan pasti akan suka dan bahagia menerima souvenir pernikahan unik darimu.

11. Tempat Tisu

Tempat tisu bisa dijadikan alternatif pilihan souvenir selanjutnya. Souvenir pernikahan ini tergolong bersifat fleksibel. Karena semua orang tentunya menggunakan tisu, dan untuk mempercantik tampilan biasanya tisu dimasukkan ke tempat tisu khusus.

Souvenir pernikahan ini termasuk jenis souvenir pernikahan yang banyak digemari. Karena harga souvenir pernikahan murah. Jika kamu ingin memilih tempat tisu sebagai souvenir pernikahanmu. Maka sebaiknya pilihlah desain yang eksklusif.

Banyaknya yang menggemari souvenir pernikahan murah ini. Tempat tisu yang biasa aja menjadi pasaran. Karena sudah banyak yang memakai.

12. Pengupas Buah

Souvenir pernikahan yang punya banyak manfaat ini, juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan souvenir pernikahan pada hari bahagiamu. Souvenir ini justru banyak dijual di pasaran. Kamu bisa menemukannya di toko peralatan memasak atau rumah tangga.

F:\produktif titin\malang article\47831266_d41c6941-fd27-4d61-b6b9-de1e596eb240_984_1260.jpg

Harganya yang terjangkau membuat souvenir ini banyak digemari. Kamu bisa membelinya dengan sistem grosir di toko peralatan memasak. Jika membeli dengan harga grosir kamu akan mendapat harga yang lebih murah.

Akan tetapi di beberapa daerah ada pantangan memberi souvenir berupa benda tajam. Nah, soal ini kamu haru pertimbangkan dalam-dalam. Agar nantinya tidak menimbulkan masalah pada kemudian hari.

Jangan sampai kamu sudah keluar budget untuk membeli souvenir pernikahan, justru para tamu undangan enggan menerima karena alasan “pamali”.

Lebih jeli ya !

Nah, itu tadi tips bagaimana memilih souvenir pernikahan. Juga rekomendasi berbagai macam souvenir pernikahan yang bisa kamu berikan pada hari bahagiamu.

Mulai dari souvenir pernikahan unik sampai souvenir pernikahan murah tapi tidak murahan.

Pernikahan harus direncanakan dengan matang. Karena moment ini hanya sekali seumur hidup. Kamu harus menyiapkan segala seseatunya dengan maksimal, termasuk soal souvenir. Jangan sampai mengecewakan hanya karena kamu salah pilih souvenir pernikahan.

Kini semakin majunya teknologi, order souvenir tidak harus dilakukan dengan mendatangi toko secara langsung. Apalagi kamu harus menyurvei satu demi toko untuk menemukan souvenir yang cocok.

Melalui gadgetmu, kini kamu bisa memilih souvenir yang pas untuk hari bahagiamu. Lebih efisien waktu karena kamu juga harus memikirkan hal-hal lain, seperti baju pengantin, catering, dekorasi, gedung, cetak undangan, dan kebutuhan lain yang kadang tidak terduga dan bersifat insidental.

Oleh karenanya kami ingin membantu Anda, dengan memilihkan souvenir terbaik untuk hari bahagiamu. Kami mempunyai banyak pilihan, dengan harga yang bersaing dan kualitas terjamin bagus.

Kami tidak menyarankan kamu untuk membeli produk kami. Kecuali jika kamu tidak mau kecewa karena salah memilih produk souvenir pernikahan melalui layanan online lainnya.

Please rate this

Leave a Comment