Wisata Kuliner Bogor yang Terkenal, Makanan Khas dan Tempat Nongkrong yang Asyik dan Enak

Kuliner Bogor – Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga memiliki hal lain lain yang perlu kita gali lebih dalam lagi. Selain tempat wisata dan pemandangan alamnya, Bogor juga memiliki banyak jenis kuliner yang mempunyai cita rasa khas.

1. Laksa Kp Cincau

kuliner bogor laksa kp cincau
kuliner bogor laksa kp cincau ©wisatabogor.id

Laksa adalah salah satu kuliner khas Sunda yang terbuat dari campuran toge, telur rebus, tahu kuning, dan oncom. Bahan tersbut kemudian diguyur dengan kuah kuning yang masih mendidih.

Sebagai pelengkap, bagian atas laksa diberi taburan bawang goreng dan juga daun kemangi. Di Bogor, laksa kp Cincau mulai merintis usaha kuliner ini sejak 1950.

Hingga saat ini, laksa kp Cincau masih eksis di Kota Bogor. Lokasinya ada di belakang supermarket Grand Suryakencana atau di depan Jl. Ranggading depan Kampus Kesatuan.

Laksa kp Cincau mulai buka pada pkl 07.00 – 11.00. Laksanya sendiri dijual dengan harga Rp 8.000 per porsinya.

2. Nasi Uduk Bansus

nasi uduk bansus
nasi uduk bansus ©hellobogor.com

Salah satu yang menjadi ciri khas Nasi Uduk Bansus adalah penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Bansus sendiri adalah singkatan dari brandek susu yang menjadi ciri khas dari tempat makan yang satu ini.

Nasi Uduk Bansus dapat kamu temukan di Jl Pahlawan dekat Ramayana atau Bogor Trade Mall. Salah satu yang jadi daya tarik lain dari Nasi Uduk Bansus adalah sambal kacangya yang enak.

Baca juga :   Makanan Enak di Dunia yang Bikin Ketagihan, 2 Di Antaranya Dari Indonesia!

3. Ayam Goreng Resto Mbok Berek

kuliner bogor ayam goreng resto mbok berek
kuliner bogor ayam goreng resto mbok berek ©paprika.co.id

Kuliner yang satu ini wajib kalian coba ketika mengunjungi daerah Puncak. Lokasi Resto Mbok Berek ada di Jl Raya Puncak – Tugu Selatan, Cisarua Bogor. Ayam goreng yang disajikan lebih gurih dan mempunyai aroma yang khas.

Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat antara Rp 30.00 – Rp 50.000. Resto Mbok Berek mulai buka jam 10.00 – 22.00.

4. Bakso Seuseupan Bantarjati

kuliner bogor bakso seuseupan bantarjati ©indonesiana.co.id

Bakso Seuseupan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan kedai bakso pada umumnya. Tempat yang luas, bersih, nyaman, rapih, dan tekstur daging bakso yang lembut serta aroma kuah kaldu gurih.

Selain itu, rasanya juga lebih enak dibandingkan bakso pada umumnya. Kedai Bakso Seuseupan ada di Jl Bangbarung Raya No 51, Bogor. Hatga bakso per porsinya adalah Rp 15.000.

5. Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak OO

kuliner bogor sate sumsum dan ginjal sapi pak OO
kuliner bogor sate sumsum dan ginjal sapi pak OO ©ulinulin.com

Biasanya penjual kuliner sate hanya menyediakan menu sate ayam, kambing, dan sapi saja. Bogor mempunyai tempat kuliner unik yang menawarkan sate sumsum dan ginjal sapi.

Kalau kamu penasaran bagaimana rasanya, datang saja ke Jl Suryakencana No 193 Bogor. Sate sumsum dan ginjal Pak OO dihargai Rp 22.000 per porsinya.

6. Mie Rampok

kuliner bogor mie rampok
kuliner bogor mie rampok ©makanan-indonesia.blogspot.com

Namanya saja sudah terdengar unik. Mie Rampok sendiri adalah singkatan dari Ramen Depok. Mie Rampok berisi mie basah, sayap ayam, kuah kari dan daun bawang.

Setiap porsi Mie Rampok juga diberi tambahan kerupuk lho. Lokasinya ada di depan Cibinong City Mall dengan konsep emperan. Cabang lainnya ada di ruko dekat SMP 2 Cibinong.

7. Martabak Air Mancur

kuliner bogor martabak air mancur
kuliner bogor martabak air mancur ©martabak-airmancur.web.id

Air Mancur Bogor adalah salah satu tempat paling ramai karena terkenal dengan banyaknya pedagang kuliner di sana. Salah satu kuliner enaknya adalah Martabak Air Mancur.

Baca juga :   Cara Membuat Molen Aneka Rasa yang Mudah dan Praktis

Martabak Air Mancur menawarkan berbagai jenis ukuran dan rasa martabak yang berbeda. Lokasi Martabak Air Mancur berada di samping Air Mancur Bogor.

8. Bakso Setan

kuliner bogor bakso setan
kuliner bogor bakso setan ©qrafed.com

Nama bakso yang satu ini memang terdengar serem. Bakso Setan ini sebenarnya memiliki ukuran yang tidak biasa alias jumbo. Saking besarnya, 1 porsi Bakso Setan harus disimpan pada 2 mangkok yang berbeda.

Di Bogor terdapat 2 tempat Bakso Setan yang bisa kamu kunjungi. Pertama adalah di pertigaan Taman Safari Puncak, dan ke-2 di daerah Cimanggu.

9. Soto Bogor Pak Salam

kuliner bogor soto bogor pak salam
kuliner bogor soto bogor pak salam ©goodindonesianfood.com

Soto Bogor Pak Salam beralamat di Jl. Siliwangi atau gang Aut Surya Kencana. Masalah rasa, Soto Bogor Pak Salam tidak perlu diragukan lagi. Warung yang mulai buka pkl 16.30 ini biasanya sudah tutup pkl 19.00.

Alasannya adalah karena dagangan kuliner yang dijajakan sudah habis. Pada akhir pekan, Soto Bogor Pak Salam biasanya diserbu pelanggan dari luar kota. Hasilnya, hanya dalam beberapa jam saja Soto Bogor Pak Salam sudah habis terjual.

10. Bebek Pak Ndut

kuliner bogor bebek pak ndut
kuliner bogor bebek pak ndut ©pakndut.co

Bebek Pak Ndut letaknya dekat dengan Air Mancur Bogor, tepatnya beralamat di Jl Pemuda No 9A, Bogor. Restoran ini juga menyediakan menu olahan ayam yang tidak kalah enak dengan menu bebeknya.

Rasa sambal yang khas dan bumbu yang meresap menjadi daya tarik pelanggan untuk makan di tempat ini. Suasana makan di atas meja, saung, dan lesehan juga ditawarkan untuk memuaskan pelanggan.

11. Resto Cimory

kuliner bogor resto cimory
kuliner bogor resto cimory ©jalan2.com

Salah satu tempat makan yang memiliki desain futuristik adalah Resto Cimory yang ada di Puncak. Cimory adalah salah satu brand yang terkenal dengan produk susu dan yoghurtnya. Cimory sendiri adalah singkatan dari Cisarua Montain Dairy.

Baca juga :   Fakta Kain Sutra yang Harus Anda Ketahui

Pemandangan di sekitar resto yang dekat dengan alam menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Di Bogor terdapat 2 resto Cimori. Pertama ada di Cimory Mountview dengan pemandangan gunung dan Cimory Riverside dengan pemandangan sungai.

Itulah beberapa kuliner yang bisa kalian coba ketika berkunjung ke Bogor. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya terkait catering Bandung atau kuliner Malang yang bisa membangkitkan gairah makan kalian.

3 thoughts on “Wisata Kuliner Bogor yang Terkenal, Makanan Khas dan Tempat Nongkrong yang Asyik dan Enak

  1. tempatnya nyaman masakannya juga enak, saya perna nyobain bakso setannya mantap banget, super besar sekali, jadi pengen lagi…

Leave a Comment