kuliner jogja angkringan pak man

Kuliner Jogja Murah yang Tersedia di Malam dan Siang Hari

KULINER JOGJA –  Jogja merupakan salah satu Kota Istimewa di Indonesia yang memiliki kesultanan dan kerajaan. Dimana, Sultan Hamengkubuwono memiliki dua tugas, yaitu berperan sebagai seorang sultan dan sebagai Gubernur DIY. Istiewa kotanya, istimewa juga budanyanya, termasuk masalah kulinernya. 

Kuliner Jogja

Menjadi salah satu daerah istimewa di Indonesia maka secara otomatis Jogja menjadi kota yang memiliki kekayaan wisata kuliner yang melimpah. Bukan begitu? Yup, pada kesempatan kali ini saya akan share review tempat makan enak yang wajib kamu kunjungi kalau mampir di kota pelajar ini. 

1. Rumah Raminten

kuliner jogja rumah raminten
kuliner jogja rumah raminten jogjarove.blogspot.com

Tempat Kuliner yang pertama yang akan kita bahas adalah Rumah Raminten. Jika kita baca nama restoran ini maka yang terbenak dalam pikiran kita adalah restoran yang terkesan western yang njowo. Tempat wisata Jogja yang satu ini menyediakan aneka makanan tradisional namun disajikan dengan cara berkelas nan eksklusif.

Jika kamu datang kesini maka kamu akan disajikan makanan tradisional seperti wedang, nasi kucing dan masih banyak lagi makanan tradisional yang disajikan ditempat ini.

Jika kamu datang ke tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang klasik dan santai. Gua jami, kamu bakalan betah di tempat kuliner ini.

Disini kamu akan dimanjakan dengan makanan-makanan yang sangat menggiurkan yang bisa menggoyang lidah.

2. Sate Klathak Pak Pong

kuliner jogja sate klathak pak pong yogyakarta
kuliner jogja sate klathak pak pong yogyakarta ©happy-bus.id

Buat kamu para penggemar sate, kamu harus coba sate yang satu ini. Sate ini tidak akan kamu temukan selain di Jogja. Sate klathak adalah salah satu sate yang terbuat dari daging kambing yang ditusuk dengan menggunakan jeruji.

Selain itu, dengan menggunakan jeruji, dapat menghemat penggunaan bambu tusuk sehingga dapat ramah lingkungan karena jeruji ini bisa digunakan berkali-kali. Selain unik dan memiliki rasa yang nikmat sate ini juga memiliki rasa yang enak banget. Kalau kamu ke Jogja, wajib mapir ke tempat ini, karena sate ini tidak ada di tempat lain.

3. Nasi Goreng Beringharjo

kuliner jogja nasi goreng beringharjo
kuliner jogja nasi goreng beringharjo ©wisatamu.com

Wisata kuliner Jogja yang selanjutnya adalah nasi goreng Beringharjo. Tempat makan yang satu ini sudah sangat dikenal oleh para masyarakat Jogja. Karena warung makan ini sudah ada sejak tahun 1960 sampai sekarang.

Cinta sudah berganti generasi, tetapi tetap saja cita rasa nasi goreng Beringharjo tidak akan lapuk di makan usia.

Meski tempat makan ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung, kamu tidak perlu khawatir untuk mengantri karena nasi goreng disini sudah distok dari sebelumnya. 

Jika menurut kamu dengan makan 1 porsi saja tidak cukup, maka kamu tidak perlu malu-malu pesan nasi goreng dengan porsi 1,5 atau langsung memesan 2 porsi. Tempat makan ini mulai buka dari pukul 19.00 sampai habis.

4. Mie Telap 12

kuliner jogja mie telap 12
kuliner jogja mie telap 12 ©anishidayah.com

Tempat kuliner Jogja yang selanjutnya adalah mie telap 12. Ditempat ini kita akan disajikan mie instan yang disajikan dengan rasa yang lebih nikmat dari mie instan biasanya.

Banyak mie instan menawarkan berbagai rasa. Jika kita melihat di televisi maka terlihat sangat enak. Dan ternyata kalau kita buat mie instan sendiri tidak sesuai dengan gambar yang ada di televisi.

Kalau kamu datang tempat ini, maka kamu akan mendapatkan mie instan yang sesuai dengan yang ada di iklan televisi. Salah satu contohnya adalah,  jika kamu memesan mie instan rasa redang, maka kamu  juga bisa menikmati daging rendang secara langsung. 

5. Angkringan Pak Man

kuliner jogja angkringan pak man
kuliner jogja angkringan pak man ©paketwisatajogja75.com

Kuliner Jogja selanjutnya yang harus kamu  kunjungi adalah angkringan Pak Man. Ditempat ini kita bisa menikmati berbagai variasi kuliner yang ada di Jogja. Angkringan dalam bahasa indonesia adalah nongkrong menjadi salah satu pilihan warga Jogja untuk mengisi perut yang lagi kosong.

Jika kita ke Jogja, maka kita akan menemukan banyak sekali tempat angkringan. Tempat angkringan yang paling terkenal dan selalu ramai pengunjung adalah angkringan pak man ini. Selain itu ternyata angkringan Pak Man ini sudah berdiri sejak tahun 1969.

Menu yang disajikan ditempat ini ada banyak variannya, mulai dari nasi kucing, sate telur puyuh dan masih banyak lagi varian makanan khas Jogja yang lainnya. 

Gaya penyajian makanan yang seperti angkringan banyak disukai di Jogja. Meskipun begitu, tidak jarang para pengusaha kuliner daerah lain sering menggunakan style angringan untuk sajiannya, seperti yang dilakukan oleh para pengusaha catering Bandung.

6. Gudeg Pawon

kuliner jogja gudeg pawon
kuliner jogja gudeg pawon ©panduanwisatajogja.com

Kuliner khas Jogja yang selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Gudeg Pawon ini sudah berdiri lebih dari setengah abad atau lebih tepatnya adalah 1958. Tidak heran jika gudeg pawon ini memiliki pelanggan setia yang rela mengantri untuk merasakan nikmatnya gudeg pawon.

Sesuai dengan namanya, gudeg ini memiliki keunikan rasa yang berbeda dengan gudeg yang lainnya. Meski  memiliki tampilan yang sederhana, akan tetapi tidak mengubah cita rasa yang dimiliki gudeg pawon ini.

Gudeg pawon ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu jika sedang kelaparan dimalam hari. Dengan menikmati gudeg dengan ditambah ayam dan teh hangat di Jogja lebih hangat dan nikmat.

Jika kamu ingin menikmati gudeg pawon ini, kamu harus rela mengantri berlama-lama. Kalau kamu ingin menikmati kuliner gudeg ini, kamu dapat langsung berkunjung ke Jl. Soepomo.

Sekian sharing kali ini tentang kuliner Jogja. Masih banyak lagi wisata kuliner di Indonesia yang perlu kita cicipi. Kalau kamu berkunjung ke Bogor, kamu wajib mengicipi juga wisata kuliner Bogor yang ada di sana.

Demikian, semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa mampir kalau berkunjung ke Jogja 🙂

Leave a Comment