Inilah Top Hobi yang Bikin Kamu Lebih Cerdas

Belajar adalah cara terbaik untuk mengolah otak kita supaya lebih cerdas. Semakin otak kita diasah dengan kopetensi tertentu, maka otak kita akan semakin cerdas. Tidak jarang kita menemukan anak-anak usia belia yang sudah menjadi expert diusia mudanya.

Tapi, kebanyakan anak jaman sekarang pada ndak suka belajar, termasuk saya hehe 🙂

Alasannya beragam, ada yang suka main game, suka nongkrong, suka naik motor  dll. Hal ini bisa membuat masa depan bangsa ini menjadi suram, pasalnya anak mudanya pada bodoh karena ndak mau belajar.

 

Lalu, bagaimana solulinya supaya sobat biasa cerdas tanpa harus belajar dengan keras ?
Jawabannya ada pada hobi  sobat.

Mindset kita selama ini, belajar itu  duduk di depan meja belajar, membaca buku, mengerjakan PR. Tapi sekarang, belajar bisa dilakukan sambil bermain atau melakukan aktifitas sesuai hobi.

Berikut top hobi yang bisa membuat sobat menjadi lebih cerdas.

1. Permainan Rubik

pixabay.com

Memecahkan rubik kubus sering dianggap sebagai salah satu tantangan paling sulit dalam hidup seseorang. Tapi percayalah, kalau sobat sudah suka, sobat akan terus didorong rasa penasaran untuk mencoba tantangan yang lebih sulit.

Tanpa sadar, kemampuan kognitif kita akan semakin meningkat. Sobat akan mulai melihat masalah-masalah dalam hidup sobat dapat diselesaikan dengna muda, serta menentukan solusi yang layak untuk masalah tersebut.

Kubus ini namanya V-Udoku, rubik bagi orang-orang yang penasaran dan haus akan tantangan.

 

orbetinternational.com

2. Menulis Buku

pixabay.com

Kemampuan menulis yang baik pasti akan membuat sobat mengetahui posisi sobat ada dimana. Saat ini, saya suka menulis buku friksi, cerita pendek, serta posting di inspiring.id.

Ketika mau mengerjakan skripsi, kita mungkin akan merasa agak aneh ketika dosen pembimbing kita meminta naskah sebanyak 10 lembar dalam waktu singkat. Kalau kita jarang menulis, pasti kita akan merasa kesusahan untuk menyelesaikannya. Lainhalnya kalau kita memiliki hobi menulis, semakin kita praktek, kemampuan menulis kita akan semakin baik.

Jika sobat pernah menulis novel-mu sendiri, pasti sobat akan dihargai untuk itu, mendapat rasa percaya diri dan banyak lagi manfaat yang didapatkan.

Untuk menunjang tulisan kita supaya menghasilkan tulisan yang bagus, kita juga perlu banyak membaca buku. Manfaat positif dari membaca adalah ketika kita selesai membaca buku dari penulis buku ke penulis yang lainnya. Kita bisa mengetahui kesalahan tata bahasa sehingga kita bisa membedakan mana penulisan yang baik dan mana penulisan yang buruk. Percayalah, ada banyak penulis yang tulisannya buruk yang bertebaran di luar sana.

 

3. Belajar Filosofi

pixabay.com

Sudahkah kamu membaca, The Republic oleh Plato ?

Sudahkah kamu membaca, Introduction to the Philosophy of History oleh Georg Eilhelm friedrich Hege ?

Bagaimana dengan The Power of Your Subconscious Mind oleh Joseph Murphy ?

Jika belum, berarti sobat telah nelewatkan kesempatan emas untuk memperluas fikiran otakmu. Definisi dari filsafat adalah sebagai berikut :

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar.”

Sebelum saya mengambil dan membaca sebuah buku filsafat. Saya berfikir bahwa pekerjaan filsuf adalah salah satu pekerjaan kacangan, duduk di dalam ruangan, sharing untuk memutuskan ide. Sampai saya memutuskan untuk menggali diri saya sendiri.

 

4. Mental Matermatika

alicdn.com

Percaya atau tidak, mental matematika bisa dipelajari. Saya teringat ketika pergi ke sebuah toko buku dan mengambil buku “Mathemagics” yang ditulis oleh seorang matematika terkenal yang sering disebut sebagai, “Mathmagican.”

Sejujurnya saya agak bingung ketika banyak orang tidak menempatkan hal ini pada salah satu  hobi mereka. Mental matematika adalah sebuah seni, semakin kita berlatih pola-pola angka, semakin mengasah otak kita, seperti memasang pendorong turbo pada otak kita. Hal ini juga sangat berguna ketika gurumu memberikan pertanyaan secara tiba-tiba di sekolah.

Leave a Comment