8 Mobil Balap / Mobil Super dari Pabrikan Ferrari yang Keren Abis

MOBIL BALAP – Di antara banyaknya jenis mobil, ada satu jenis mobil yang paling sporty dan menjadi mobil yang diidam-idamkan oleh para kalangan muda, jenis mobil tersebut yaitu jenis mobil balap atau mobil sport. Mobil-mobil jenis ini di desain dengan tampilan yang sangat keren, namun tidak bisa dikatakan mobil balap jika hanya tampilannya saja yang keren. Mesin yang digunakan mobil-mobil jenis ini pasti memiliki power yang luar biasa.

Salah satu produsen mobil balap yang sangat terkenal di seluruh yaitu Ferrari. Nama produsen mobil yang satu ini hanya fokus memproduksi mobil balap dan mobil super saja, Ferrari didirikan di Italia oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929 sebagai Suderia Ferrari, yaitu sebuah perusahaan yang mensponsori pembal-pembalap mobil pada ajang balapan mobil yang diadakan secara resmi.

Sepanjang sejarahnya, Ferrari sangat lama menggeluti dunia balap, seperti yang sekarang masih aktif dan sangat populer, yaitu ajang balap mobil Formula 1. Pada tahun 1946 perusahaan ini mulai memproduksi mobil independen yang sekarang menjadi Ferrari S.p.A, sekarang dikuasai sama Fiat. Perusahaan tersebut bermarkas di Maranello, Italia.

Demikian adalah sedikit penjelasan tentang salah satu produsen mobil balap terbesar di Dunia. Pada kesempatan ini, kita akan melampirkan beberapa mobil balap atau mobil sport yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Penasaran? Langsung saja kita lihat gambar mobil balap atau mobil sport dari Ferrari.

Mobil Balap atau Mobil Super dari Ferrari

Dalam kiprahnya di dunia produksi mobil, Ferrari sudah menciptakan banyak mobil dengan tipe yang berbeda-beda, namun masih satu basis yaitu mobil balap atau mobil super. Namun ada satu tipe mobil Ferrari yang spesial, yaitu Ferrari Enzo. Namanya diambil dari nama pendiri Ferrari yaitu Enzo, yang menandakan tipe ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Ferrari Enzo diluncurkan di saat berjayanya Scuderia Ferrari di ajang balap Formula 1. Pada waktu itu pembalap Ferrari dari Jerman yang bernama Michael Schumacher meraih gelar juara dunia sepanjang musim 2000 sampai 2004. Sebanyak 400 mobil tipe Enzo diproduksi di Italia. Dan ke-400 mobil tersebut sudah tersebar di seluruh dunia.

Selain itu, ada beberapa mobil yang berbasis Enzo, diantaranya yaitu Ferrari FXX, Ferrari P4/5, dan Maserati MC12. Enzo adalah salah satu tipe mobil buatan Ferrari, masih ada beberapa tipe mobil Ferrari lainnya yang tidak kalah kerennya. Supaya tidak terlalu penasaran, berikut ini adalah beberapa tipe mobil buatan Ferrari.

Baca juga :   Search BL

1. Ferrari Enzo

Mobil Balap Ferrari Enzo
Sumber: wikipedia.org

Seperti yang sudah disinggung di atas, mobil Ferrari yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi pendirinya. Mobil Ferrari Enzo ini diproduksi oleh perusahaan Fiat Group, dan masa produksi mobil tipe ini yaitu di tahun 2002-2004.

Dengan menggunakan sistem kerangka Berniletta dua kursi, ini adalah khas mobil Ferrari yaitu hanya dua kursi saja. Mesin yang dipakai oleh mobil ini yaitu Tipo F140B V12 6.0 L menggunakan sistem transmisi 6 gigi. Tata letak mesin mobil ini berada di bagian tengah belakang dan roda penggeraknya yaitu roda belakang.

Dengan mesin tersebut Ferrari Enzo bisa mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam dan 60 mph dalam waktu 3,14 detik. Sebuah kecepatan yang hanya bisa dimiliki oleh jenis mobil balap saja.

Bentuknya sangat ceper, ditambah warna cantik khas Ferrari yaitu merah muda, membuat mobil ini semakin terlihat sporty dan keren abis. Tentu dengan specs tersebut mobil ini memiliki harga yang sangat mahal.

2. Ferrari F430

Mobil Balap
Sumber: wikipedia.org

Mobil Ferrari tipe ini diproduksi oleh Fiat Group pada tahun 2004 dan berakhir pada tahun 2009. F430 merupakan generasi penerus Ferrari 360, yaitu tipe Ferrari yang mengisi segment pasar murah. Tetapi semurah-murahnya mobil Ferrari tentu tidak murahan.

Ada sedikit kemiripan dengan Ferrari Enzo yaitu pada bagian lampu belakang. Pada bodinya dibuat lebih aerodinamik dari generasi Ferrari sebelumnya, dan desain bumper Ferrari F430 sedikit menyerupai mobil balap Formula 1, yaitu yang sering disebut dengan desain hidung hiu.

Mesin yang digunakan yaitu tipe 4.3 L V8 yang diletakkan dibagian tengah belakang mobil. Sistem transmisinya 6 speed manual, 6 speed F1 yaitu manual elektrohidrolik. Kelebihan Ferrari tipe ini adalah memiliki E-Diff, yaitu teknologi yang mengatur putaran roda pada saat berbelok dengan fungsi untuk menjaga traksi mobil.

Tipe Ferrari F430 memiliki edisi spesial, yaitu F430 Scuderia. Ada cukup banyak perbedaan pada edisi spesial ini, salah satunya yaitu dari beberapa bahannya diganti dengan serat karbon sehingga beratnya berkurang sampai 100 kg. Pada sistemnya ada pengembangan, sehingga lebih cepat dalam perpindahan gigi. Selain itu, ada beberapa teknologi mobil balap Formula 1 yang diterapkan pada mobil F430 edisi spesial ini.

Dengan perbedaan tersebut, mobil ini memiliki kecepatan yang luar biasa, sampai-sampai dalam uji waktu lap yang dilakukan di sirkuit, kecepatannya mampu mengalahkan waktu lap tercepat dari Ferrari Enzo. Yang mana Ferrari Enzo adalah Ferrari tercepat pada waktu itu.

3. Ferrari F50

771px-1995_Ferrari_F50
Sumber: wikipedia.org

Ferrari F50 merupakan mobil generasi dari Ferrari F40 yang menempati produk Ferrari paling mahal karena didukung dengan teknologi yang termaju pada masa pembuatannya. Sama seperti tipe lainnya, Ferrari tipe F50 juga diproduksi oleh perusahaan Fiat Group pada tahun 1995-1997.

Baca juga :   Mendapatkan Gambar Resoulis Tinggi dengan Mudah [Google Custom Search]

Mesin yang digunakan pada mobil ini adalah mesin 4.7 V12F50, yaitu sebuah mesin asli dari mobil balap Formula 1 yang sedikit sudah dimodifikasi. Bentuk kerangka yaitu Berlinetta dengan tata letak mesin RMR layout. Kecepatan maksimal mobil ini yaitu 325 km/jam. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 349 unit saja, dan didominasi oleh warna khas Ferrari yaitu merah muda.

4. Ferrari F40

800px-F40_Ferrari_20090509
Sumber: wikipedia.org

Mobil yang memiliki harga paling mahal pada tahun 1987-1992 ini merupakan generasi penerus Ferrari 288 GTO. Mobil ini  memiliki sejarah yang sangat ikonis, karena pada masa pembuatan mobil ini adalah masa terakhir sang pendiri Ferrari masih bisa menghirup udara di dunia ini.

Tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1988 dan menginjak usia yang ke-90 Enzo Ferrari menghembuskan nafas terakhir. Namun sebelum meninggal Enzo Ferrari sempat menyaksikan balapan F40 ini. Di ujung usianya sempat mengatakan bahwa mobil F40 adalah mobil terbaik yang pernah dibuatnya. Ferrari F40 diproduksi sebanyak 1.315 unit yang sudah tersebar di banyak negara.

Mesin yang digunakan pada mobil ini yaitu Mesin 2.9 L twin turbo V8, tata letak mesinnya yaitu pada bagian tengah belakang. Memiliki berat 1.100 kg, sehingga menjadi mobil yang teringan pada masanya. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 325 km/jam.

5. Ferrari FF

800px-Ferrari_FF_Autosalon_Genf_1
Sumber: wikipedia.org

Ferrari Four atau yang disingkat dengan FF ini merupakan sebuah mobil jenis Grand tourer yang mulai dipublikasikan pada tanggal 21 Januari 2011, dan resmi dipresentasikan pada tanggal 1 Maret 2011 di Geneva Motor Show. Mobil ini menggunakan sistem pergerakan empat roda, dan shooting-brake yang pertama kalinya dibuat oleh Ferrari. Mobil ini memiliki posisi menggantikan 612 Scaglietti.

Mesin pada mobil ini berkapasitas 6.262 cc, merupakan sebuah mesin yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis mobil Ferrari lainnya. Memiliki jenis naturally aspired dengan dilengakapi sistem injeksi langsung dan 65º V12. Dengan jenis itu maka tenaga yang dihasilkan sebesar 660 PS di 8000 rpm dengan torsi 683 Nm di 6000 rpm.

Sistem transmisi pada mobil Ferrari yang satu ini juga memiliki perbedaan dengan Ferrari umumnya. Yaitu menggunakn transmisi semi otomatis 7 dengan kopling ganda dan sistem paddle shift yang sama digunakan oleh 458 Italia.

Perbedaan lainnya lagi yaitu pada sistem penggerak rodanya, dengan menggunakan sistem penggerak 4 roda yang dibuat sendiri oleh Ferrari dan dipatenkan dengan nama 4RM: 50%. Tentunya memiliki kelebihan sendiri dengan menggunakan sistem penggerak 4 roda ini.

6. Ferrari 458 Italia

mobil balap ferrari-458-dct-S2946090-1
Sumber: pistonheads.com

Mobil ini adalah jenis mobil super yang dibuat oleh Ferrari dan diperkenalkan ke publiki pada tahun 2009. Generasi dari mobil Ferrari tipe F430 yang merupakan mobil super dengan mesin di tengah. Seperti pada umumnya mobil Ferrari didesain oleh Pininfarina dengan bodi dibuat aerodinamis.

Ferrari 458 Italia ini merupakan mboil yang dirancang atas inspirasi dari mobil Ferrari Enzo. Interior mobil ini dirancang oleh mantan pembalap Formula 1 yang berjaya pada masa mobil Ferrari Enzo. Dilengkapi dengan banyak fitur canggih membuat mobil tipe ini memiliki kehebatan tersendiri.

Baca juga :   Mobil Offroad Terbaik dan Paling Bandel Di Dunia Beserta Gambarnya

Mesin yang digunakan yaitu jenis mesin 4.499 CC V8.80%. Ferrari 458 ini merupakan mobil yang bermesin di tengah pertama dengan menggunakan direct fuel injection. Teknologi yang dimiliki oleh mobil ini salah satunya adalah F1 traction control dan E-diff yang berfungsi untuk menjaga kestabilan pada waktu berbelok dengan kecepatan tinggi. Kecepatan maksimal mobil Ferrari 458 ini yaitu 325 km/jam.

7. Ferrari LA

800px-2013-03-05_Geneva_Motor_Show_8275
Sumber: wikipedia.org

Ferrari LA merupakan mobil ferrari yang diperkenalkan pada tahun 2013 dan diluncurkan di Geneva International Motor Show. Seperti dengan jenis Ferrari lainnya, mobil ini juga diproduksi tidak terlalu banyak, yaitu diproduksi sebanyak 499 unit.

Mobil Ferrari ini ditunjukan kepada kolektor dengan percaya akan solusi yang dimasukkan pada setiap mobil Ferrari berjalan dengan bertahap kemudin. Salah satu teknologi yang digunakan oleh mobil ini yaitu teknologi Hybird atau yang memiliki sebutan lain HV-KERS, sehingga menjamin mobil Ferrari akan memberikan kinerja maksimum dengan emisi yang lebih rendah.

Semua ini menggabungkan dengan tujuan memberikan sensasi yang lebih dari mobil lainnya di saat mengemudi. Kinerja seperti ini memang diakui benar-benar top-notch: 62 mph yang dicapai dengan waktu 3 detik, dengan demikian mobil ini telah menjadi mobil jalan raya tercepat.

8. Ferrari California

800px-Ferrari_California1
Sumber: wikipedia.org

Ferrari California merupakan sebuah mobil sports jenis Gran Turismo yang diproduksi pada tahun 2008 dan sampai saat ini. California memiliki konfigurasi FR dengan mesin yang digunakan adalah mesin V8 dengan injeksi langsung. Nama California pada mobil ini memiliki maksud untuk menghidupkan kembali nama California yang pernah hidup atauu digunakan pada tahun 1950-an pada mobil Ferrari 250 GT.

Mobil ini dikenalkan ke publik pada tahun 2008 yang bertempat di Paris Motor Show. Beberapa fitur yang dipakai diantaranya yaitu mesin V8 depan, gearbook 7 speed dan dua kopling, suspensi multipoint, dan merupakan Ferrari pertama dengan injeksi bensin langsung. Torsi maksimum mobil ini yaitu 485 Nm di rpm 5000. mesin ini merupakan salah satu aspirasi tinggi, karena pabrikan selain ini menggunakan dengan paksa demi mencapai tingkat daya yang sama.

Demikian informasi tentang beberapa mobil balap atau mobil sport atau juga mobil super dari pabrikan mobil balap Ferrari.

MOBIL BALAP

Leave a Comment